PLARIUSMODIFIKASI101

Hoax Malu Maluin Teknologi Mutakhir Yang Pernah Menggemparkan Indonesia

Thursday, September 28, 2017
Peredaran hoax di Indonesia sangat banyak karena sang pelaku membuat fenomena ini menjadi sebuah profesi, namun ada juga yang hanya sekedar mencari hiburan. Kitalah yang harus benar benar memilah mana yang hoax dan mana yang benar. Berita menyesatkan atau palsu yang disebut hoax ini merambah kesegala lini entah itu kepercayaan ataupun sampai ke teknologi. Di Indonesia belum hilang dalam ingatan kita beberapa hoax yang memalukan sempat terjadi karena telah mendapat apresiasi pejabat negara dan beberapa telah mendapat bantuan, ternyata tidak sesuai dengan apa yang dikatakan. Tidak panjang lebar lagi berikut Hoax teknologi mutakhir  yang pernah menggembarkan Indonesia versi anehdidunia.com


PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa


 PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa via blog.qualitypower.co.id
Mbah Embing yang bernama asli Slamet Haryanto adalah seorang tukang service dinamo asal Malang. Namanya mencuat setelah pemberitaan heboh tentang penemuannya generator listrik yang diberi nama PLTH Pembangkit Listrik Tenaga Hampa. Pembangkit listrik ciptaannya tersebut bisa menghasilkan listrik tanpa menggunakan energi apapun, dan hanya butuh kehampaan. Gilanya, banyak orang termasuk seorang Menteri BUMN Dahlan Iskan, sampai memesan generator buatan Mbah Embing tersebut. PLTH itu akhirnya diketahui merupakan tipuan murahan karena Mbah Embing ternyata melakukan trik yaitu menyambungkan aliran listrik ke generator lewat bawah tanah.

Andai saja bila penemuan pembangkit listrik tenaga hampa tersebut benar adanya, maka penemu alat tersebut patut mendapat nobel. Revolusi Energi akan terjadi. Umat manusia akan meninggalkan pembangkit listrik konvensional seperti PLTU nuklir, PLTU batubara, dsb. Industri yang selama ini boros energi akan membangun power plant tenaga hampa sendiri untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Transportasi beralih ke kendaraan listrik. Kebutuhan air untuk pertanian akan didapatkan dengan menyuling air laut dan dipompa ke ladang pertanian, karena biaya energi untuk penyulingan air murah. Masih banyak lagi efek yang belum terpikirkan akibat penemuan PLTH ini. Sayangnya itu cuma Tipuan Murahan.


Blue Energy


 Blue Energy via konspirasidunia17.blogspot.com

Berita aneh, Kabar Blue Energy yaitu hoax pengubahan air menjadi bensin pada 2008 sempat ramai di pemberitaan. Bahan bakar non fosil yang berasal dari air laut itu ditemukan oleh seorang pria asal Nganjuk bernama Joko Suprapto. Sama seperti PLTH, Blue energy ini juga mampu menipu pejabat Negara bahkan seorang Presiden. Hingga Presiden memerintahkan membentuk tim untuk pengembangan blue energy, bahkan sudah memberi nama atas temuan itu sebagai "Minyak Indonesia Bersatu". Blue energy bahkan lebih hebat karena Presiden kala itu SBY mengumumkan kepada dunia mengenai proyek energi baru berbahan baku air tersebut. Saat konferensi internasional Global Warming di Bali, akhir 2007, Minyak Indonesia Bersatu turut dipamerkan.

Namun saat akan mulai diproduksi menjelang peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2008 Joko Suprapto sang penemu justru menghilang. Temuan itu mendapat kecaman, terutama dari Universitas Gadjah Mada, karena dianggap bohong. UGM mengungkapkan, mereka sempat diminta membiayai proyek energi alternatif oleh kelompok Joko Suprapto dan kawan-kawan, senilai Rp 3 miliar. Namun, setelah melakukan beberapa pertemuan dan menelusuri latar belakang kelompok ini, UGM menyimpulkan proyek yang ditawarkan itu merupakan upaya penipuan. Dan pada akhirnya joko juga ditangkap oleh pihak berwajib, dan dipernjara selama 3,5 tahun.


Padi Supertoy HL2


 Padi Supertoy HL2 via upstation.id
Eksperimen Proyek Padi Supertoy HL2 yang dikoordinasikan oleh Staf Khusus Presiden SBY, Heru Lelono. Eksperimen ini dilakukan oleh PT Sarana Harapan Indopangan (SHI) yang tak lain, Heru Lelono menjadi komisarisnya. Menurut eksperimen hoax tersebut, padi jenis baru ini dapat menghasilkan 15 ton setiap hektarnya, sementara normalnya, satu hektar lahan sawah hanya mampu memproduksi gabah antara tiga hingga empat ton. Tak aneh lagi banyak petani mencoba untuk menggunakan padi super ini.

Namun apa lacur ratusan petani di Desa Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, kecewa berat. Betapa tidak, mereka mendapati padi unggulan yang digembar-gemborkan sebagai varietas unggul itu ternyata hanya bulir kosong tak berisi. Akibat kegagalan ini, para petani merugi hingga miliaran rupiah. Di tengah-tengah kegagalan panen kedua padi Supertoy dan ketidakpastian mendapatkan ganti rugi dari PT Sarana Harapan Indopangan, sebagian warga Desa Grabag, Purworejo, terpaksa mengais sisa padi dari lahan tanaman padi yang ada.


Pupuk Nutrisi Saputra



Sebuah teknologi baru memungkinkan panen padi mencapai hasil maksimal serta memiliki kandungan gizi. Teknik yang disebut Teknik Saputra ini menghasilkan nutrisi esensial untuk dibubuhkan pada bibit tanaman. Cara ini memungkinkan jenis padi yang sebelumnya sulit panen bisa menghasilkan 17 ton per hektare. Selain itu, cara ini membuat padi kebal hama wereng, batang padi kokoh, dan tidak mudah dirusak angin.

Itulah janji yang digadang gadangkan oleh pupuk nutrisi saputra olahan seorang pemuda bernama Umar Hasan Saputra. Presiden pun terkesima dengan keajaiban pupuk tersebut dan memerintahkan para Menteri dan jajaran Gubernur mendengarkan paparan presentasi si Umar Hasan Saputra. Bukan hanya itu saja, pupuk Nutrisi Saputra itu juga disebar ke para petani. Ternyata apa yang terjadi? Setelah dilakukan penelitian dan uji coba oleh Badan Litbang Pertanian, Pupuk Nutrisi Saputra itu ternyata justru merusak tanaman karena hanya mengandung 1 unsur minimal dari 26 unsur yang wajib ada dalam pupuk.


Iron Man Bali


 Iron Man Bali via kaskus.co.id
Masih ingat ramainya pemberitaan tangan robot dari bali ini? ya saking ramainya sampai menjadi pemberitaan di dalam dan luar negeri. Seorang pria asal Bali berusia 31 tahun bernama I Wayan Sumardana alias Sutawan alias Tawan dijuluki sebagai manusia robot. Julukan itu dia peroleh karena kemampuannya dalam merancang robot. Hebatnya, robot ciptaannya mampu menggerakkan tangan kirinya yang lumpuh karena stroke. Dengan menggunakan perangkat electronik rongsokan, dia berhasil menciptakan robot yang digerakan melalui sensor otak dengan sistem EEG electroencephalography. Bukan main!

Namun setelah diteliti semua itu Hoax karena banyak kejanggalan yang ditemui misalnya robot tersebut tidak bisa dipakai orang lain, malah sempat didatangi oleh ahli sistem saraf otak yang ternyata setelah melihat langsung “elektroda” yang ditempatkan di kepala dan “tangan robot”, bisa pastikan keseluruhannya hanyalah hoax semata. Dan yang terakhir ketika akan di uji dikatakan bahwa robot tersebut sudah rusak.

Alangkah bangganya kita sebagai orang Indonesia jika ternyata memang benar telah ada penemuan penemuan canggih yang ternyata telah jauh melampaui kecanggihan negara lain. Semoga dilain hari benar benar lahir penemuan teknologi mutakhir karya anak bangsa tanpa embel embel hoax. Mari bersatu untuk Indonesia melawan HOAX

Referensi:
https://m.tempo.co/read/839115/begini-kisah-hoax-dari-zaman-sukarno-hingga-jokowi
http://www.kompasiana.com/el_tjandring/dari-blue-energy-super-toy-dan-kini-meirika-franola_5519762ea333112618b65987
https://ayomerdeka.wordpress.com/2008/05/30/ugm-blue-energy-itu-penipuan/
http://nasional.kompas.com/read/2008/09/05/09412559/presiden.sby.dipermalukan.padi.supertoy
https://seword.com/politik/sby-presiden-pemakan-hoax-kok-ngeluhnya-sekarang/
http://www.kompasiana.com/mawalu2/sby-korban-hoax_58875f2af49273ec08bb0873
http://makassar.tribunnews.com/2016/01/28/usai-datangi-tempat-tawan-iron-man-hari-ini-doktor-sistim-saraf-tangan-robot-tawan-hoax