PLARIUSMODIFIKASI101

Saksi Hidup Peradaban Inilah Pohon Paling Tua Di Dunia

Sunday, June 17, 2012
Tetap kokoh berdiri tanpa bisa menceritakan apa yang terjadi pada dunia. Itulah mungkin bahasa yang keluar jika kita berhadapan dengan sebuah pohon yang diketahui umurnya sampai ribuan tahun. Kita patut bersyukur kepada pohon pohon ini karena telah memberikan kita ilmu pengetahuan karena sang pohon ini diam tidak bergeming entah apa yang terjadi. Inilah Pohon tertua di dunia menjadi saksi hidup peradaban dunia.

Bristlecone Pine 4200 tahun

Pohon Umur Paling Tua

Pohon cemara atau pine (pinus ) merupakan pohon dari family Pinaceae yang bisa kita temukan di mana saja dan kapan saja asalkan daerah itu tanahnya berpasir berkapur , banyak air ataupun yang mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Kita bisa menemukan pohon ini mulai dari Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina, pegunungan Himalaya sampe ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili.

Pohon ini memang tenar karena selain dapat hidup dimana-mana juga mempunyai daya jual yang sangat tinggi dalam industri perkayuan. Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan mulai dari kayu,getah , ranting,biji hingga daunnya mempunyai kegunaan yang bernilai ekonomi aliasnya pohon ini komersil banget. 

Pohon cemara adalah salah satu pohon yang berumur panjang karena bisa mencapai umur sekitar 100-1000 tahun dan bahkan mencatat rekor menjadi pohon tertua di dunia melalui cemara dari spesies Great Basin Bristlecone Pine ( Pinus longaeva ) yang di tahun 2008 ini berumur 4840 tahun!!! Pohon ini tingginya antara 3-80 meter tetapi rata-rata tingginya 15-45 meter. Pohon tertinggi dari spesies Sugar Pine sedangkan yang terpendek adalah cemara Potosi Pinyon dan Siberian Dwarf Pine

Jomon Sugi 2000-7000 tahun

Pohon Umur Paling Tua

menurut wikipedia, Jomon sugi adalah pohon cemara tertua di Jepang ditemukan pada tahun 1968, dengan tinggi 25,3 meter dengan volume 300 m kubik diperkirakan usianya antara 2000 – 7200 tahun terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang 40 menit dengan pesawat dari Bandar Udara Kagoshima. 

Old Tjikko 9550 tahun


Tingginya hanya 4 meter, namun sebatang pohon sejenis cemara, yang masih hidup di Swedia, diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon tersebut tercatat sebagai yang tertua di dunia saat ini.

Spesies pohon spruce Ione Norwegia ini ditemukan tahun 2004. para peneliti menemukannya di sekitar semak-semak pegunungan pada ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ini tidak langka karena penduduk sering menggunakan sebagai pohon Natal.

Pohon ini lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain California yang hanya berusia 5000 tahun. Pinus Bristlecone tertua hanya bertahan hidup hingga 7.500 tahun namun tumbuh menjulang hingga 150 meter. Jika umur pinus Bristlecone diukur dari garis pohon di rantingnya yang dipantau setiap tahun, umur cemara di Swedia diukur dari jejak radiokarbon di akarnya. Kullman menyatakan pohon yang usianya lebih tua dari 9.550 tahun bisa dikatakan mustahil. Sebab, seluruh wilayah Swedia kemungkinan masih diliputi es saat itu.

Jurupa Oak


Sejenis tumbuhan yang telah hidup sejak zaman es, ditemukan oleh peneliti. Jenis pepohonan purba yang masih kuat bertahan hidup hingga sekarang ini, terdapat di lahan gersang, California. Pohon yang kemudian dinamakan "Jurupa Oak" tersebut diyakini telah berusia sekitar 13.000 tahun, sehingga membuatnya berpredikat menjadi tumbuhan tertua yang masih hidup di dunia. Jurupa Oak terdiri dari kumpulan semak-semak belukar. Para ilmuwan meyakini hal tersebut merupakan efek dari perubahan suhu yang sangat ekstrim saat mereka melakukan regenerasi.

Tumbuhan tersebut termasuk dalam spesies Quercus Palmeri atau Oak Palmer. Nama tersebut didapat dari nama sebuah bukit tempat spesies tanaman tersebut tumbuh. Spesies ini juga diketahui dapat tumbuh di wilayah yang lebih dingin dan basah. Lokasi tak umum tempat Jurupa tumbuh, menjadi petunjuk pertama bagi tim peneliti bahwa tumbuhan tersebut memiliki asal-usul yang tidak biasa.

Peneliti juga menemukan, Oak tersebut tidak memproduksi benih ataupun buah. Hal ini menandakan Jurupa Oak memiliki cara yang tidak biasa untuk berkembang biak. Uji coba genetik memperlihatkan, kumpulan batang semak yang berantakan pada Jurupa Oak merupakan individu tunggal yang berkembang biak dengan cara mengkloning diri.

Pando


Pando adalah pohon yang telah hidup selama 80.000 tahun yang hidupnya di dekat Danau Fish di Utah, Amerika Serikat. Di atas tanah pepohonan pando terlihat seperti kumpulan dari 40.000 ribu lebih pohon yang sama.  Namun dibawah tanah, semua pohon ini terhubung oleh satu sistem akar yang sangat besar. Pohon-pohon itu hidup dengan akar yang sama, akar memenuhi area seluas 42 hektar di dalam tanah.   Pohon-pohon yang tumbuh ke atas tanah itu adalah tunas-tunas dari akar tersebut. Tunas itu akan terus tumbuh, jika salah satu pohon mati maka akan tumbuh tunas yang baru di dekatnya. Sebagai organisme hidup tunggal pando menjadi pohon terbesar sekaligus tertua di dunia.

Mampu hidup selama 80.000 tahun, mengartikan bahwa pohon ini telah mampu bertahan hidup dari segala jenis perubahan iklim, ekologi dan lainnya lebih dari mahkluk hidup lainnya. Pohon-pohon ini saling terhubung dengan memiliki kelangsungan hidup yang luar bisa.

referensi
http://www.oldest.org/nature/trees/


close