Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Claudio Manusia Kepala Terbalik Yang Sukses

Terlahir dengan kepala terbalik Claudio Vieira de Oliveira yang saat ini berumur 37 tahun tidak memandang bahwa dirinya mempunyai keterbatasan fisik. Dia mampu membuktiukan bahwa dengan keterbatasan ini, tidak mengurangi semangatnya untuk mencapai kesuksesan. 

Claudio Vieira de Oliveira
Tak hanya kondisi kepala yang terbalik, kaki dan tangannya juga terlahir tidak seperti orang-orang pada umumnya. Ketika masih bayi, dokter pernah mengatakan kepada ibunya, agar berhenti memberikan makan kepada Claudio. Sebab, dokter meyakini, kesempatan hidup Claudio tidak lama.

Kehidupan Claudio

Claudio saat menginspirasi listener
Sebagai pembuktian, bahwa dia menolak bergantung kepada orang lain, pria Brazil ini lulus sebagai akuntan, dan kini jadi pembicara publik.”Sejak saya masih kecil, saya selalu suka menyibukkan diri dan bekerja. Saya tidak suka bergantung sepenuhnya pada orang lain,” ucap Claudio.

”Saya melakukan sedikit pekerjaan akuntansi, penelitian untuk klien dan jadi konsultan,” lanjut dia, seperti dikutip Mirror, kemarin (1/9/2014). ”Saya telah belajar untuk menyalakan televisi, mengambil ponsel saya, menyalakan radio, menggunakan internet, dan menggunakan komputer saya. Ya, saya melakukan semua itu sendiri,” katanya.

"Sepanjang hidup saya bisa beradaptasi dengan dunia. Saya tidak melihat diri saya sebagai yang berbeda. Saya orang normal. Sekarang ini jauh lebih mudah berurusan dengan publik. Saya tidak takut lagi dan saya dapat mengatakan kepada orang bahwa saya seorang pembicara publik profesional," tutup Claudio.

Untuk mengoperasikan alat-alat elektronik itu, Claudio hanya mengandalkan pena yang digerakkan dengan mulutnya. Sedangkan untuk menggerakkan mouse komputer, dia mengandalkan bibirnya. Dia juga memiliki sepatu khusus yang memungkinkan dia untuk bergerak di sekitar kota. Pria Brazil yang terlahir dengan kepala terbalik itu lulus sebagai akuntan di Universitas Negeri Feira de Santana.

Ibunya, Maria Jose, menuturkan perasaan sedih saat merawat Claudio sewaktu bayi.”Orang-orang mulai mengatakan 'bayi saya akan mati' karena ia nyaris tidak bisa bernapas setelah ia lahir,” kata Maria.  ”Beberapa orang berkata: ‘Jangan memberinya makan, dia sudah sekarat’,” lanjut Maria, yang kini bersyukur anaknya bisa jadi orang yang pintar dan bisa membahagiakannya.

"Kini yang saya rasakan adalah kebahagiaan. Claudio sama dengan orang lain, itulah cara saya membesarkannya di rumah ini," kata Maria. "Kami tak pernah berusaha mengubah tubuhnya dan selalu menginginkan dia melakukan banyak hal normal seperti orang lain," lanjut dia.

Hidup Dengan Kesuksesan


Mirror Claudio Vieira de Oliveira saat menjadi pembicara di hadapan para mahasiswa Universitas Feira de Santana, Bahia, Brasil. Dengan cara mendidik seperti itu, kata Maria, Claudio tumbuh dengan rasa percaya diri dan tak pernah malu dengan dirinya sendiri. "Saat berusia delapan tahun, Claudio yang awalnya selalu digendong ke mana-mana mulai berjalan dengan lututnya," kenang Maria.

Akibatnya, keluarga harus mengganti lantai rumah sehingga Claudio bisa berjalan di dalam rumah tanpa harus mencederai dirinya sendiri. Semua tempat di rumah itu dibuat untuk menyesuaikan dengan kondisi fisik Claudio. Tempat tidurnya, semua stop kontak, dan lampu dibuat lebih rendah sehingga dia bisa melakukan semuanya tanpa bantuan orang lain.

Dengan bentuk tubuhnya yang tak lazim ini, bahkan Claudio tak bisa menggunakan kursi roda. Namun, dia memohon kepada ibunya agar diizinkan bersekolah dan belajar dengan anak-anak lainnya. Belakangan, para dokter mendiagnosis kondisi Claudio sebagai congenital arthrogryposis, suatu kondisi tubuh yang sangat langka. "Sepanjang hidup, saya mampu beradaptasi dengan kondisi tubuh saya. Saat ini saya tak memandang diri sebagai orang biasa. Saya manusia normal," ujar Claudio.

"Saya tak melihat dunia secara terbalik. Inilah yang selalu saya sampaikan saat saya berbicara di hadapan publik," tambah dia. "Kini semakin mudah menghadapi publik. Saya sudah tak memiliki ketakutan dan saya bisa katakan, saya profesional, pembicara publik internasional, dan saya mendapat undangan untuk berbicara dari seluruh dunia," tambah Claudio bangga.

Pesan yang disampaikan adalah tetaplah semangat dalam mengarungi hidup ini, bagaimanapun cobaan yang akan kita hadapi, asal dengan semangat dan bersungguh sungguh, semua itu akan dapat kita lalui. 


referensi:http://international.sindonews.com/read/897358/46/terlahir-dengan-kepala-terbalik-pria-brazil-dikagumi/http://populer.giewahyudi.com/claudio-pemilik-kepala-terbalik-yang-menginspirasi-dunia/http://health.detik.com/read/2014/09/02/112958/2678795/763/tubuh-cacat-dan-kepala-terbalik-claudio-berhasil-lulus-dari-universitas?991104topnews/http://suara.com/news/2014/09/01/180006/lelaki-ini-bertahan-hidup-dengan-posisi-kepala-terbalik/http://internasional.kompas.com/read/2014/09/01/19563861/Terlahir.dengan.Kepala.Terbalik.Claudio.Sukses.Taklukkan.Dunia