Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara

Seperti yang kita tahu negri tercinta kita Indonesia memang memiliki kekayaan budaya yang tak terhitung jumlahnya, termasuk pula dalam keragaman kulinernya, hampir tiap daerah memiliki makanan khas yang menjadi kebanggan daerah mereka, berikut ini adalah makanan Indonesia dengan nama unik yang berhasil dirangkum oleh anehdidunia.com

Ketela Bajingan.

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
ketela bajingan via ceremende.blogspot.com
Sepintas tak ada yang aneh dengan makanan yang satu ini, hanya ketela yang dimasak dengan gula jawa dan santan hingga matang dan meresap dan dilengkapi dengan kuah manis yang telah mengental akibat pati yang terkandung dalam ketela, justru yang membuat makanan khas daerah magelang dan temanggung terutama masyarakat yang mendiami lereng gunung sumbing adalah namanya yaitu ketela bajingan, sebenarnya makanan ini dinamai seperti itu bukan bermaksud untuk mengumpat melainkan karena makanan ini memiliki kemiripan dengan bajing (musang) rebus, berbeda dengan sekarang dulu saat memasak ketela bajingan orang biasanya memasukan ampas parutan kelapa sisa dari santan yang di gunakan dalam pembuatan bajingan ke dalam masakan ini, selain itu ketela yang digunakan juga masih utuh tanpa dipotong terlebih dulu, karena itu makanan ini terlihat mirip dengan bajing rebus dan mulai disebut dengan nama ketela bajingan.

Nasi kentut

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
Nasi Kentut via galamedianews.com
Meskipun bernama Nasi kentut tapi makanan ini tak terbuat dari sari kentut ataupun Nasi putih yang diberi lauk kentut, makanan khas Medan ini terbuat dari masi yang dimasak dengan daun kentut (Paederia foetida) atau orang jawa biasa  menyebutnya daun "kesembukan' daun ini memiliki khasiat melancarkan saluran percenaan dan juga obat bagi sariawan, Nasi Kentut biasanya dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti Ikan pepes. Ayam gulung, tahu dan juga tempe sesuai dengan selera, kalau kalian sahabat anehdidunia.com sedang datang ke Medan makanan ini layak dicoba untuk memperkaya pengalaman kuliner kalian.

Kue Dollar

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
Kue Dollar via pinterest.com
Kue kering yang berasal dari Kota Pahlawan Surabaya ini bernama cukup unik yaitu kue dollar, kue yang sepintas berbentuk bundar dan pipih ini memiliki rasa yang mirip dengan kue semprong. bentuknya yang pipih dan bundar ini mungkin menjadi penyebab oleh-oleh khas surabaya ini di sebut kue dollar. Kue berbahan dasar tepung beras, telur, kacang tanah bubuk dan gula palem ini dimasak dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari aluminium ataupun besi. Cetakan inilah yang membuat kue kering ini berbentuk pipih dan kering. Jika dulu kue ini hanya memiliki rasa gula palem biasa, kini kue ini sudah memiliki varian rasa yang lebih banyak yaitu, wijen , jahe dan bahkan rasa keju.

Endog bulus / Telur Kura-Kura

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
endog bulus via kampoengpromo.com
Kembali lagi ke Magelang ada sebuah kue yang bernama unik yaitu endog bulus yang dalam bahasa Indonesia berarti Telur Kura-kura, makanan adaptasi dari kue nopia yang di populerkan oleh  Etnis Thionghoa yang bermukim di banyumas pada tahun 1880, tapi memiliki ukuran yang lebih kecil dan seukuran dengan telur kura-kura, dengan kulit luar yang agak keras dan di dalamnya terdapat adonan gula merah yang manis, kue ini sangat cocok sebagai pendamping teh hangat karena rasanya yang manis. Cara membuat kue ini juga cukup unik yaitu dengan menempelkanya dalam sebuah tungku berbentuk seperti gentong yang sudah di panaskan terlebih dulu dengan bara arang mirip dengan cara membuat ayam tandori dari India, cara memasak seperti ini menghasilkan kulit kue yang renyah di luar sedangkan adonan  dalamnya matang dan lembut.

Amplang Kuku Macan.

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
Amplang Kuku Macan. via bacaajalee.wordpress.com
Macan semua orang pasti tahu dengan binatang yang satu ini, binatang yang di kenal sebagai sang raja rimba ini, tapi apakah kalian pernah berfikir untuk berdekatan, mengelus, atau bahkan memakan kukunya, tentu saja tidak kalau kalian belum gila..tapi tunggu dulu karena ada sebuah makanan khas dari pulau Borneo yang bernama Amplang kuku macan, ya kuku macan..tapi makanan ini tentu saja tak terbuat dari kuku macan, makanan ini terbuat dari adonan tepung dan daging ikan tenggiri yang dicampur dengan bumbu seperti bawang,  merica dan juga telur agar olahan camilan kerupuk ini renyah saat di goreng. Yang menyebabkan makanan khas Kalimantan di sebut sebagai kuku macan adalah bentuknya yang seukuran kuku jari dengan ujung yang runcing, mirip seperti kuku macan.

Kerupuk Melarat

Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se Nusantara
Kerupuk Melarat via top6akpermdn.wordpress.com
Dalam bahasa Indonesia melarat itu berarti miskin atau bahkan sangat miskin, tetapi di Cirebon ada sebuah kudapan khas yang bernama Kerupuk melarat, berbeda dengan kebanyakan kerupuk lain yang biasa di olah dengan cara menggorengnya dengan minyak goreng, Kerupuk Khas Cirebon yang memiliki ciri khas berwarna-warni dengan rasa asin dan gurih yang dominan ini justru, menggunakan pasir sebagai pengganti minyak goreng untuk menggoreng, tentu saja bukan pasir yang diambil di jalanan tapi pasir pegunugan yang sudah melewati proses pengayakan terlebih dulu dan menghasilkan pasir yang bersih dan kering.

Nama kerupuk melarat sendiri lahir karena dulu minyak goreng merupakan barang mewah yang tak bisa di beli oleh semua orang, karena itulah masyarakat Cirebon melakukan inovasi dengan memasak kerupuk menggunakan pasir yang sudah dipanaskan. Kalau kalian sedang melewati daerah Cirebon saat perjalanan mudik lebaran mendatang tak ada salahnya, kalian membeli kerupuk yang satu ini sebagai oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman.


referensi:
wisatamagelang.com
www.bersatulah.com
http://boombastis.com/makanan-unik-indonesia/15225
https://blog.tokopedia.com/2015/03/7-makanan-khas-indonesia-yang-namanya-unik-banget/
http://www.kulinerart.com/article/indonesian/nasi-kentut
https://indypaula.files.wordpress.com
http://ngesti35.blogspot.co.id/2015/12/jajanan-itu-bernama-endog-bulus.html
http://www.pegipegi.com/travel/amplang-kuku-macan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerupuk_melarat
http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/kerupuk-melarat-kerupuknya-warga-cirebon