Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik, Di Lima Kota Ini Tidak Mengenal Hukum Gravitasi

Gaya gravitasi adalah dimana semua partikel yang memiliki massa di alam semesta ini mengalami peristiwa tarik menarik. Hukum gravitasi sendiri pertama kali dikemukakan oleh Sir Isaac Newton yang berujar bahwa suatu benda akan selalu memiliki gaya tarik menarik dengan benda yang lain. Contohnya saja jika melemparkan bola keatas, maka bola tersebut akan melambung naik dan kemudian terjatuh kebawah lagi. Peristiwa itulah yang disebut dengan gaya gravitasi.

Seperti sudah diketahui bahwa bumi dan beberapa planet lain seperti Mars memiliki gravitasi dengan tingkatan masing-masing yang berbeda. Namun di luar angkasa yang hampa udara, hukum gravitasi justru tidak berlaku. Hal inilah yang membuat para astronot menjadi melayang saat melakukan perjalanan ke luar angasa. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa tempat di bumi yang ternyata juga tidak mengenal hukum gravitasi? Berikut keunikan lima kota yang tak mengenal hukum gravitasi versi anehdidunia.com.


Cosmos Mystery Area



Sebuah tempat yang terletak di daerah South Dakota diberi nama Cosmos Mystery Area. Pasalnya di tempat ini dikenal tidak mengenal hukum gravitasi. Hal tersebut dibuktikan dari fenomena-fenomena aneh yang membuat orang-orang meyakini merupakan bagian dari ilusi optik. Beberapa fenomena tersebut adalah pohon-pohon yang ada tumbuh secara miring ke arah tertentu. Tak hanya itu saja, di satu titik di lokasi tersebut jika ada dua orang yang berdiri berdampingan kemudian bertukar posisi, maka tampak bahwa tinggi badan kedua orang itu terlihat berubah. Laluu jika sebuah bola dilemparkan keatas maka yang terjadi bola tersebut jatuhnya akan melenceng. Dan satu lagi yang paling terlihat aneh di tempat ini sebagai akibat tidak adanya gravitasi yakni orang-orang dapat duduk seperti biasa haya dengan kursi yang hanya memiliki dua kaki! Lokasi ini pertama kali ditemukan oleh dua mahasiswa yang awalnya berniat mencari tempat untuk kemah di tahun 1952 hingga akhirnya diberi nama Cosmos Mystery Area.


St. Ignace Mystery Spot



Di tahun 1950 sekelompok peneliti tiba-tiba merasa bingung saat berada di suatu wilayah di kota Michigan tiba-tiba segala macam peralatannya tidak berfungsi dan kepalanya mendadak pusing serta tubuhnya terasa lebih ringan. Setelah beberapa kali mereka menyelidiki fenomena aneh tersebut, maka mereka berkesmipulan bahwa lokasi yang mengalami hal tersebut hanyalah di sekitar area seluas kurang lebih 91 meter. Lokasi itulah yang kemudian diberi nama St. Ignace Mystery Spot dan kemudian menjadi salah satu lokasi di kota Michigan yang tak mengenal hukum gravitasi di dunia. Pasalnya jika terdapat orang berukuran tubuh tinggi mendatangi tersebut, tubuhnya akan terlihat lebih pendek. Kemudian orang-orang akan merasa pusing jika terlalu lama berada di tempat tersebut dan pastinya tubuh menjadi lebih ringan. Meski demikian St. Ignace Mystery Spot justru banyak didatangi para wisatawan baik domestik maupun asing. Bahkan di lokasi tersebut dibangun sebuah padang golf mini. Menariknya dari padang golf yang dibangun diatas area tanpa gravitasi ini akan membuat siapa saja yang mencoba bermain golf merasa jengkel karena ketika bola golf dipukulkan akan selalu bergulir melenceng jauh dari hole.


Santa Cruz Mystery Spot



California adalah salah satu kota di dunia yang juga memiliki area lokasi yang tak mengenal hukum gravitasi. Tempat tersebut diberi nama Santa Cruz Mystery Spot. Di area lingkaran yang memiliki luas tak lebih dari 45 meter ini, orang-orang yang masuk ke dalamnya akan merasakan sensasi seperti sedang berada di luar angkasa. Hal tersebut ditandai dengan tubuh akan terasa lebih ringan hingga dapat berjalan miring di tembok. Tak hanya itu saja jika sebuah benda dengan sengaja digelindingkan ke bawah maka yang akan terjadi justru sebaliknya. Bola yang seharusnya menggelinding dibawah tersebut justru akan melayang keatas. Tempat yang ditemukan pada tahun 1939 ini dibuka secara umum sejak tahun 1940 dan hingga saat ini masih terus mengundang daya tarik para wisatawan yang penasaran ingin mengetahui seperti apakah tempat yang tidak mengenal hukum gravitasi!


House of Mystery



Pernahkah sahabatanehdidunia.com menonton film yang berjudul Supernatural atau The X-Files? Kedua film tersebut ternyata dibuat secara khusus bertujuan untuk menyelidiki suatu tempat yang ada di daerah Oregon Vortex yang terkenal dengan fenomena anehnya dan dianggap sebagai salah satu kota di dunia yang tidak mengenal adanya hukum gravitasi. Lokasi tersebut diberi nama House of Mystery. Keanehan yang terjadi di wilayah tersebut adalah tak ada seekor hewan pun yang bersedia mendekati area tersebut. Bahkan jika ada seseorang yang dengan sengaja membawa hewan peliharaannya ke tempat itu, maka sudah bisa dipastikan lagi jika hewan-hewan tersebut akan panik dan lari terbirit-birit menjauh dari area tersebut. Keanehan itulah yang sejak tahun 1914 hingga saat ini masih menyimpan misteri, bahkan zaman dulu para suku Indian menyebut area tersebut dengan julukan Tempat Terlarang. Meski banyak orang yang menduga tempat tersebut tidak mengenal gaya gravitasi, ada juga yang beranggapan bahwa lokasi tersebut memiliki kekuatan magis.


Spook Hill



Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa tempat tersebut adalah sebuah bukit. Yup, Spook Hill adalah sebuah wilayah berbukit yang terletak di Lake Wales, Florida. Kota tersebut juga dikenal sebagai salah satu dari lima kota yang tidak mengenal hukum gravitasi. Fenomena benda melayang pun dapat ditemukan dengan mudah di tempat ini. Jika pada umumnya seseorang akan merasa berat ketika berjalan keatas bukit, yang terjadi di Spook Hill justru sebaliknya. Orang-orang akan jauh lebih sulit menuruni bukit daripada menaikinya. Pasalnya mereka merasa bahwa tubuhnya seolah selalu ada yang menarik keatas. Keunikkan launya dari tepat ini adalah ketika berkendara menggunakan mobil atau sepeda dan berjalan diatas tanjakan yang tinggi, mesin kendaraan tersebut justru bisa dimatikan karena kendaraan tersebut akan jauh lebih mudah menaiki bukit. Meski secara ilmiah, fenomena tersebut dijelaskan melalui teori gravitasi namun beberapa orang ada saja yang berpendapat bahwa fenomena tersebut berasal dari kekuatan ghaib dimana ada legenda yang menceritakan tentang hantu kepala suku Indian yang mati di daerah tersebut.

Begitulah keunikan-keunikan yang ada di lima kota yang tidak mengenal hukum gravitasi di dunia tersebut. Karena keunikannya yang tidak dimiliki tempat lain inilah yang membuat lokasi-lokasi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Sumber referensi:
http://terselubung.in/hukum-gravitasi-tak-berlaku-di-5-kota-ini/