Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asli Hewan Nyata Yang Dikira Palsu Hasil Photoshop

Bumi sebagai pusat kehidupan makhluk hidup menyajikan keindahan alam dan seisinya yang luar biasa. Kekayaan flora dan fauna tak hanya sekedar menambah keanekaragaman alam namun juga saling membutuhkan dan memberikan manfaat antara satu makhluk hidup yang satu dengan yang lain. Apalagi di Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris, puluhan ribu pulau tentu menjadi salah satu negara dengan keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Dari sekian banyaknya hewan indah yang ada, beberapa dari mereka dikatakan rekayasa atau hasil photoshop yang ternyata beberapa dari hewan yang dikira palsu ini adalah binatang asli yang nyata ada di dunia. Berikut ulasannya versi anehdidunia.com


Rusa Vampire



Dari namanya mungkin banyak yang mengira bahwa hewan ini mungkin adalah jelmaan vampire jadi-jadian. Tapi itu hanyalah analogi asal-asalan saja karena rusa vampire atau kashmir musk deer ini benar-benar hewan nyata. Rusa vampire adalah salah satu jenis spesies rusa yang berasal dari daerah Afghanistan, India dan Pakistan. Perbedaan rusa biasa dengan rusa vampire ini adalah pada rusa vampire jantan terdapat gigi taring yang digunakan untuk bertarung memperebutkan rusa vampire betina. Tinggi hewan ini pun mencapai dua meter dank arena tampilan taringnya ya runcing maka dijuluki rusa vampire. Ironisnya keberadaan hewan ini mulai langka dan terancam punah akibat perburuan liar yang dilakukan orang tak bertanggung jawab.


Semut Panda



Kalau mendengar istilah hewan semut panda pasti banyak yang menyimpulkan jika hewan ini merupakan dua nama hewan yakni semut dan panda. Semut panda merupakan satu jenis nama hewan di dunia! Bentuk hewan ini memang mirip semut dan warnanya pun juga seperti panda yakni hitam dan putih, akan tetapi semut panda termasuk spesies serangga yang masih satu keluarga degan tawon atau lebah! Hewan ini pertamakali ditemukan pada tahun 1938 di Cile. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa walaupun hewan ini tak memiliki sayap namun sengatan semut panda mampu melumpuhkan sapi atau cow killer. Istilah ilmiah dari semut panda adalah E Militaris.


Atelopus Frog



Begitu anda melihat langsung tampilan hewan yang satu ini, mungkin lebih banyak yang mengira kalau hewan satu ini dilukis atau digambar. Jika anda melihat melalui gambar pasti sudah mengira kalau gambarnya hasil editan aplikasi tertentu. Atelopus frog bukanlah hewan rekayasa manusia tetapi benar-benar nyata dan merupakan salah satu spesies langka jenis katak. Atelopus frog atau Harlequin Toad biasanya dikenal dengan katakk badut dalam bahasa Indonesia. Dijuluki badut karena dari warna kulitnya saja berbeda dengan katak pada umumnya yakni hitam dengan motif berwara merah muda. Sayangnya hewan yang pertama kali ditemukan di Kosta Rika ini sekarang terancam punah.


Kura-Kura Leher Panjang



Kura-kura adalah salah satu jenis hewan tidak buas yang mudah beradaptasi. Tak heran jika banyak orang memilih kura-kura sebagai hewan peliharaannya di rumah. Ciri khasnya yakni tempurung yang digunakan sebagai rumah dan alat pelindung selalu membuat siapa saja gemas ketika melihat kura-kura masuk dalam tempurungnya. Namun ada hewan aneh yang lain dibandingkan kura-kura “normal” yaitu kura-kura leher panjang. Jika melihat bentuknya yang berleher panjang mungkin banyak yang mengira hewan ini hasil perkawinan kura-kura dan ular karena memang lebih mirip ular yang memiliki tempurung. Di Indonesia sendiri kura-kura leher panjang banyak ditemui di daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Karena lehernya yang panjang ini dia tak bisa masuk atau sembunyi di dalam tempurung. Sepertinya kura-kura jenis ini juga kurang cocok untuk dipelihara karena sering mengeluarkan cairan tak sedap sebagai alat pertahanan diri dari yang ia anggap musuh.


Ikan Parrot Biru



Ikan parrot biru atau blue parrotfish adalah satu jenis ikan di laut yag sering dikira palsu! Mungkin dari namanya yang ada unsur parrot banyak yang mengira hewan ini termasuk jenis burung. Dan bisa saja yang melihatnya juga berpikiran kalau hewan iitu telah diberi pewarna khusus agar warnanya terlihat sempurna. Faktanya tidak demikian, ikan parrot biru merupakan ikan laut yang banyak ditemukan di daerah laut tropis da subtropis seperti di Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Ikan jenis parrot memang punya beberapa jenis warna, namun ikan parrot biru lah yang sering membuat orang bingung dengan keasliannya. Ikan ini bisa memiliki panjang hingga 1,2 meter. Karena kondisinya yang mulai langka, beberapa ikan parrot biru juga dikonservasi agar terlindungi. Ikan parrot biru lebih mirip dengan gambar-gambar ikan dalam film animasi ketimbang hewan nyata.


Ikan Kelelawar Berbibir Merah



Red lipped-batfish adalah nama lain dari ikan kelelawar berbibir merah. Di zaman sekarang yang sedang tren para perempuan bergincu merah mungkin melihat gambar hewan ini dikira meme sindiran untuk mereka dengan editan warna merah pada bagian bibirnya. Tapi ikan kelelawar berbibir merah ini bukan meme atau hewan palsu melainkan benar-benar ada dan nyata! Meski hidupnya di air tapi hewan ini memiliki empat kaki untuk dibuat jalan di dasar laut karena memang tidak bisa berenang. Siripnya yang melebar dan menyatu dengan tulang belakang membuat ikan ini mirip dengan kelelawar serta bentuk bibirnya yang tebal dan seperti perempuan berlipstik. Tak heran jika julukannya adalah ika kelelawar berbibir merah. Ikan ini biasanya memiliki panjang hingga 40 cm dan termasuk predator karena yang ia makan mulai dari ikan kecil-kecil, udang sampai kepiting.

Sahabatanehdidunia.com setelah penjelasan informasi di atas jangan sampai tertipu lagi ya mana hewan yang diedit dan mana yang hewan asli. Ternyata dunia ini menyimpan banyak kekayaan alam yang sudah seharusnya kita rawat dan kita jaga. Semoga keberadaan hewan-hewan tersebut tetap berlangsung kehidupannya dan terhindar dari tangan-tanga tak bertanggung jawab.

sumber referensi:
http://terselubung.in/15-hewan-yang-sering-dituduh-palsu/
https://en.wikipedia.org/wiki/
http://sains.kompas.com/read/2013/12/02/1334088/Semut.Panda.Serangga.Menggemaskan.dengan.Sengatan.Menakutkan
http://www.gadis.co.id/aksi/ikan-kelelawar-berbibir-merah