PLARIUSMODIFIKASI101

Watak Kamu Di Balik Uniknya Asal Usul Shio Kalender China

Friday, May 04, 2018
Pastinya anda sekalian sudah tidak asing lagi dengan Shio, di mana Shio sangat terkenal dengan jenis-jenis hewan yang ada di dalam unsurnya. Perlu anda ketahui, bahwa kemunculan shio itu konon pertama kali dicetuskan oleh seorang kaisar China yang berna Kaisar Huang Ti, atau sering disebut dengan “Kaisar Kuning”. Beliau adalah seorang kaisar yang terkenal bersahaja dan sangat agung di sepanjang sejarah caratan China. Juga dianggap sekaligus sebagai seorang Bapak atas berjayanya Budaya Cina. Saat masa berjayanya pemerintahan Kaisar Huang Ti ini, banyak sekali bermunculan keputusan dan kebijakan yang kini menjadi dasar serta landasan kebudaya dan peradaban bangsa Cina. Nah, salah satu wujud maklumat Kaisar Huang Ti ini adalah muncul dan dipakainya siklus zodiak Cina, di mana maklumat itu lahir kira-kira sekitar tahun 61 semenjak masa pemerintahan beliau.

Sebuah Mitos yang Menjadi Legenda Terkenal


Adanya atau dipakainya beragam jenis hewan-hewan pada penanggalan Shio itu tentunya bukan karena tanpa alasan atau tanpa dasar. Ternyata pemakaian hewan-hewan sebagai simbol Shio itu bermula dari cerita mitos yang diturunkan secara bergenerasi. Konon katanya, zaman dahulu di daratan China yang masih liar dan belantara, masyarakat kuno pada masa itu tidak tahu bagaimana untuk menentukan serta menghitung penanggalan. Maka dari itu, masyarakat pada masa itu memohon serta berdoa pada Kaisar Langit untuk mengajarkan mereka bagaimana cara menentukan perhitungan penanggalan tersebut. Kaisar Langit pun kemudian mendengar permohonan para manusia itu, yang kemudian dia menggunakan nama-nama hewan untuk dipakai sebagai nama tahun, dengan tujuan agar para manusia bisa dengan mudah untuk mengingatnya. Karena di bumi itu ada banyak sekali jenis hewan, lantas bagaimana terpilihnya hewan-hewan Shio yang ada kita kenal sekarang ini ?

Diceritakan bahwa sang Kaisar Langit awalnya memutuskan untuk mengadakan sebuah perlombaan menyeberang sungai yang diikuti oleh 12 jenis hewan yang sudah dipilih oleh sang Kaisar Langit. Dengan ketentuan, siapa saja yang berhasil menyeberang lalu berhasil mencapai lokasi akhir perlombaan itu terlebih dahulu, maka dia akan dipilih namanya sebagai nama tahun. Pada saat lomba sudah dilakukan, ternyata Tikus berhasil jadi  yang pertama sampai di titik akhir. Beberapa saat kemudian, ada sang Kerbau yang mendapat urutan ke dua. Kemudian disusul oleh sang Harimau di urutan ke tiga. Sang Naga terlambat sampai ke titik akhir karena dia masih memiliki tugas memberikan hujan di wilayah timur. Maka akhirnya si Kelinci pun berhasil mendapatkan urutan yang ke empat, dan sang Naga mendapat urutan yang ke lima.

Tidak lama setelah itu muncul muncul seekor ular besar dari sebuah padang rumput lalu berhasil meraih urutan yang ke enam. Lalu disusul dengan Kuda pada urutan ke tujuh, kemudian sang Kambing yang akhirnya menduduki posisi ke delapan, kemudian ada sang Monyet di urutan ke sembilan, sang Ayam di urutan ke sepuluh, kemduian ada si Anjing di urutan ke sebelas. Tiba-tiba sesaat kemudian ada terdengar suara si Babi dari kejauhan. Semua hewan menjadi merasa heran, karena si Babi itu terkenal sebagai hewan paling pemalas, dan bagaimana bisa dia dapat mengikuti perlombaan ini. Sesampainya si babi di titik terakhir, dengan sedikit terengah-engah, si Babi berkata pada semua hewan yang ada di sana, “Apakah aku bisa mendapat makanan enak ?”. mendengar itu, semua hewan menertawakan si Babi karena tingkah lucunya. Namun karena kejadian itu, si Babi akhirnya berhasil mendapatkan posisi pada urutan yang ke dua belas dalam deretan Shio.

Siklus Zodiak Shio


Sistem penanggalan dan siklus zodiak pada Shio yang sudah dimaklumatkan sang Kaisar Huang Ti itu sangatlah berhubungan erat dengan penanggalan Cina yang sudah diterapkan semenjak tahun 2637 SM. Di mana satu siklus itu akan berjalan sepanjang 12 tahun lamanya. Satu siklus pada Shio itu akan membutuhkan waktu selama 60 tahun.

Ke 12 siklus itu akhirnya dinamakan sesuai dengan nama hewan-hewan yang ada pada cerita tadi. Di dalam peradaban dan budaya Cina zaman kuno, setiap simbol hewan-hewan itu memiliki predikat sebagai “Cabang Bumi”. Hewan tahun kelahiran itu diyakini akan sangat mempengaruhi segi kepribadian serta kehidupan dari seseorang, serta mempengaruhi gejala alam semesta beserta seluruh yang ada di dalamnya. Terkait dengan nama hewan-hewan di dalam Shio itu, ada terdapat sebuah pepatah China kuno yang berkata, “Inilah hewan yang ada tersembunyi di balik lubuk hatimu”. Keberadaan dari setiap hewan-hewan itu akan selalu terpadu bersama di dalam lima unsur. Lima unsur itu adalah unsur Kayu yang diwakili planet Jupiter, kemudian ada unsur Api yang diwakili oleh planet Mars, unsur Tanah dipimpin oleh planet Saturnus, unsur Logam yang diwakili oleh planet Venus, dan unsur Air yang dipimpin oleh planet Merkurius.

Selain adanya perhitungan Shio tahunan, di dalam perhitungan penanggalan Shio itu juga sangat memperhatikan jam-jam kelahiran manusia, atau terkenal disebut dengan penghitungan Shio Harian. Perhitungan Shio yang Harian yang ada di dalam sistem zodiak budaya Cina itu dimulai dari jam 11 malam hingga jam 11 malam di hari yang berikutnya, alias perhitungan 24 jam. Dan sampai pada akhirnya pemakaian simbol hewan-hewan pada Shio itu masih terpakai dan dilestarikan hingga kini. Tidak hanya itu, sampai hari ini penanggalan dan sistem penghitungan keberuntungan pada tradisi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia juga masih berpatokan pada penghitungan Shio tersebut.

Watak Seseorang Menurut Shio Tahun Kelahiran

Shio Tikus


Kamu imajinatif, menyenangkan dan benar benar murah hati terhadap orang yang kamu cintai. Namun, kamu cenderung mudah marah dan terlalu kritis. Kamu juga dikenal sebagai orang yang opportunis. Lahir dalam shio ini, kamu akan senang bekerja dalam sales atau penulis, kritikus atau penerbit. Born in 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008. 

Karier
Perkembangan untuk karir, terus asah kemampuan dan perluas lagi wawasan. Atasan dan rekan-rekan kerja akan memperhatikan perkembangan positifmu. Ada kemungkinan akan menemukan bakat terpendam selama ini.

Kesehatan
Jaga terus pola dan jadwal makan, karena pencernaan akan mudah terganggu. Kondisi stres juga perlu dihindari demi bisa raih peruntungan yang baik di tahun ini.

Asmara
Bagi kamu yang melajang, ada baiknya mulai perhatikan lingkungan sosial dan lawan jenis. Karena tahun ini kesempatan terbuka lebar untuk bertemu jodoh, lho.

Shio Sapi


Dilahirkan sebagai pemimpin, kamu menjadi inspirasi untuk orang di sekitar kamu. Kamu memilih metode konservatif dan berbakat menggunakan tangan kamu. Sangat mengharapkan segala sesuatu berjalan sesuai dengan pilihan kamu. Shio kerbau akan sangat berhasil sebagai dokter, jendral atau penata rambut. Born in 1925, 1937, 1949, 1961, 1973, 1985, 1997, 2009.

Karier
Tahun ini jadi saat yang tepat untuk terus asah kemampuan dan perluas wawasan. Kedepannya kamu akan dapat merasakan hasil dari kerja keras elama ini.

Kesehatan
Kondisi kesehatan di tahun ini mungkin akan jadi kurang baik. Tapi karena punya fisik yang cukup kuat, kamu akan bisa lewati hal ini. Berikan perhatian khusus kepada tubuh, jika badan terasa kurang nyaman ada baiknya langsung konsultasikan dengan dokter.

Asmara
Bagi yang masih melajang, tahun ini kamu harus lebih peka terhadap lingkungan karena calon pasangan sudah ada di sekitar. Untuk yang sudah berpasangan, tahun ini cukup baik lho untuk melangsungkan pernikahan.

Shio Macan / Harimau


Kamu sensitif, emosional dan mampu menciptakan cinta yang luar biasa. Namun, kamu memiliki kecenderungan mengambil semua dan menjadi kerasa kepala dengan apa yang kamu anggap benar; lebih dikenal dengan istilah pemberontak. Shio macan ini sangat cocok sebagai boss, penjelajah, pembalap atau matador. Born in 1926, 1938, 1950, 1962, 1974, 1986, 1998, 2010.

Karier
Saatnya kamu untuk menekan aspek-aspek negatif di diri. Coba untuk menjadi sosok yang fleksibel di tempat kerja. Pengalaman berharga yang dimiliki selama menggeluti karier akan berguna bagi kamu dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi di tahun mendatang. Jadi jangan khawatir, pasti ada jalan dari setiap kesalahan.

Kesehatan
Supaya tetap sehat, kamu harus bisa menjaga keseimbangan antara waktu bekerja dengan waktu istirahat. Jangan kerja terus tapi istirahatnya kurang, karena kesehatan akan terganggu. Terus kalau makan, perhatikan asupan gizi dan juga kebersihannya.

Asmara
Percintaan kamu di tahun ini akan baik, asal terus meningkatkan pengertian terhadap pasangan. Kebiasaan cepat curiga atau negatif feeling harus dikurang-kurangin deh. Ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu kebenaran hal tersebut.

Shio Kelinci


Kamu adalah orang yang baik, sangat patuh dan menyenangkan. Kamu memiliki kecenderungan menjadi sentimentil. Menjadi hati-hati dan konseratif, kamu sangat berhasil dalam bisnis dan juga menjadi pengacara, diplomat atau aktor yang baik Born in 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011.

Karier
Tahun ini kamu akan bersemangat untuk mendapat nilai baik oleh atasan dan rekan-rekan kerja. Nah, kalau gitu, jangan malas untuk menciptakan ide-ide menarik. Tingkatkan kinerja kerja maka perolehan kredit poin dari atasan akan segera didapat!

Kesehatan
Tahun ini, kesehatan akan bisa terjaga kalau nafsu makan tetap normal. Perbanyak minum dan istirahat, karena tahun ini kamu harus memperhatikan kesehatan hati dan penyakit diare. Usahakan supaya tubuh tidak terganggu kesehatannya. Kalau badan sudah lelah jangan dipaksa untuk terus beraktivitas.

Asmara
Tahun ini, keluarga akan berperan penting dalam mempertemukan kamu dengan jodoh. Jadi, deket-deket ya sama keluarga. Tapi, selain itu upgrade juga dong penampilan agar semakin menarik. Pasti siapapun akan jadi lebih tertarik dan makin gampang dapet jodoh deh.

Shio Naga


Penuh fitalitas dan antusias, Naga adalah individu yang popular meskipun dengan reputasi yang buruk dan 'mulut besar'. Kamu sangat pandai, berbakat dan perfeksionis namun kualitas ini menjadikan kamu kompeten di lingkungan kamu. Kamu akan sangat cocok sebagai artis, pendeta atau politikus. Born in 1916, 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000.

Karier
Saatnya kamu tingkatkan kerajinan dan ketekunan dalam bekerja. Di saat teman kantor tidak semangat dalam bekerja, kamu justru harus tetap berapi-api menjalani pekerjaan. Dengan begitu kamu akan menjadi sosok yang berbeda di mata atasan dan peluang karier yang lebih baik.

Kesehatan
Supaya tetap bisa sehat di tahun ini, kamu harus kurang-kurangin mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, olahraga secara teratur, hindari stres, dan kontrol emosi sebaik mungkin. Dengan begitu, penyakit yang berkaitan dengan tekanan darah tidak akan mengganggu untuk meraih peruntungan di tahun ini.

Asmara
Di tahun ini harus peka liat sekitar nih. Karena jodoh ada di sekitar kamu. Kalo udah ada yang dirasa cocok, jangan lama-lama untuk ngutarakan isi hati. Sedangkan bagi yang sudah berpasangan, rasa egois harus mampu dikikis karena sepertinya akan ada selisih paham dengan pasangan. Lebih pintar melatih kesabaran dan mau berpikir jernih terhadap pasangan ya.

Shio Ular


Kaya di dalam kebijakan dan ramah, kamu sangat romantis dan berpikir dalam dan intuisi kamu memandu dengan kuat. Hindari sikap rakus terhadap uang. Jaga selera humor mengenai hidup kamu. Shio ular biasanya cocok sebagai guru, filosofi, penulis, psikiater dan peramal. Born in 1917, 1929, 1941, 1953, 1965, 1977, 1989, 2001.

Karier
Tahun ini menawarkan kesempatan seru untuk kamu mengembangkan kemampuan dan hobi. Kuncinya adalah jangan cepet putus asa, dan selalu berpikiran positif, dijamin keberhasilan akan ada.

Kesehatan
Tetap sehat di tahun ini dengan makan makanan sehat dan perbanyak buah. Jaga juga keseimbangan antara jam kerja dan istirahat. Dan paling penting, jangan males olahraga. Karena peruntungan pasti bisa kamu raih kalau kamu sehat.

Asmara
Peluang untuk ketemu jodoh terbuka loh. Hubungan antara kamu dan gebetan berjalan klop. Tingkatkan komunikasi untuk mengetahui kesamaan apa aja yang kamu miliki dengan gebetan. Untuk yang saat ini telah memiliki pasangan, hubungan kamu akan tetap harmonis, asal jaga komunikasi rutin agar kualitas hubungan tidak merosot.

Shio Kuda


Kapasitas kamu dalam bekerja keras sangat mengagumkan. Kamu adalah orang yang mandiri. Selain pandai dan ramah, kamu cenderung menjadi egois dan tajam dan harus menjaga diri agar tidak terlalu mementingkan diri sendiri. Shio kamu menandakan sukses sebagai petualang, peneliti, puitis atau politikus. Born in 1918, 1930, 1942, 1954,1966, 1978, 1990, 2002, 2014.

Karier
Tahun ini menawarkan peruntungan yang lebih baik dibanding tahun kambing kemarin. Tingkat persaingan yang lebih terasa, akan membuat kamu lebih berkembang. Tahun ini juga menuntut kamu untuk lebih mengurangi sifat keras kepala. Menghargai kejujuran dan kesetiaan orang lain juga akan membantu kamu menjadi orang yang lebih baik di tempat kerja.

Kesehatan
Tahun ini, sepertinya tidak akan ada penyakit yang berarti yang akan ganggu kesehatan. Tapi, tidak ada salahnya mulai olahraga teratur, mengonsumsi makanan sehat dan gaya hidup sehat, supaya terhindar dari penyakit-penyakit ringan. Selain membuat tubuh semakin segar kamu pun akan terhindar dari stres.

Asmara
Di tahun ini, saatnya kamu untuk lebih baik fokus memperbaiki dan membangun diri menjadi lebih baik dulu, karena yang namanya jodoh pasti akan datang di saat yang tepat. Sedangkan untuk yang sudah punya pasangan, tahun ini saatnya kamu harus meningkatkan quality time dengan.

Shio Kambing


Selain sering merasa salah tingkah dihadapan orang lain, Shio Kambing dapat menjadi teman yang menyenangkan. Kamu sangat elegan dan artistik namun menjadi yang pertama dalam memberikan komplain apapun. Singkirkan rasa pesimisme dan kekhawatiran dan coba untuk menjadi tidak tergantung terhadap kenyamanan materi. Kamu akan cocok sebagai aktor, pengebun atau penata rias. Born in 1919, 1931, 1943, 1955, 1967, 1979, 1991, 2003, 2015.

Karier
Tahun ini sangat membawa peruntungan bagi kamu pemilik shio kambing di bidang karier. Tahun ini, semua permasalahan dan rintangan akan terlewati dengan baik karena bantuan yang kamu dapat dari rekan kerja. Hubungan dengan teman-teman kerja tahun ini juga akan sangat baik.

Kesehatan
Kesehatan kamu akan cukup baik dan stabil. Walaupun ada ancaman gangguan kesehatan, tapi sepertinya tidak akan mengalami masalah kesehatan yang berarti. Tapi, yang namanya menjaga kesehatan tetap harus dilakukan ya.

Asmara
Tahun ini merupakan tahun yang pas untuk kamu yang sudah punya pasangan untuk melanjutkan ke pelaminan. Buat kamu yang masih jomblo, tahun ini akan menjadi tahun di mana kamu mengakhiri masa-masa jomblo. Nah, tapi karena banyaknya peluang jodoh, kamu tidak boleh terlalu memilih.

Shio Monyet


Kamu sangat pintar, karena sifat alami kamu yang luar biasa dan personalitas yang menarik, kamu sangat disukai. Monyet, bagaimanapun juga, harus menjaga agar tidak menjadi orang yang oportunis dan tidak dipercaya oleh orang lain. Shio kamu menjanjikan kesuksesan disegala bidang yang kamu coba. Born in 1920, 1932, 1944, 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016...

Karier
Di tahun yang merupakan tahun kamu sendiri, saatnya membuktikan kegesitan yang ada dalam diri untuk terus membangun kemampuan diri sendiri. Lompatan karir pasti akan datang di saat yang tepat asal kuncinya tetap bersabar dan pantang menyerah.

Kesehatan
Supaya tetap sehat di tahun kamu sendiri, harus rajin-rajin mempertahankan stamina dengan berolahraga secara teratur. Pastinya, penyakit-penyakit yang mengancam, bisa kamu lewati dengan baik.

Asmara
Kamu akan menjumpai calon idaman hati jika berhati-hati dalam memilih pasangan. Cie, kalau sudah dapet, harus pinter-pinter dijaga ya supaya bertahan lama. Jangan hanya melihat satu kriteria saja tetapi pahami diri pasangan dengan sepenuhnya. Bagi warga Monyet yang siap mengakhiri masa lajangnya di tahun ini, bulan Februari, Juni hingga Agustus adalah bulan yang baik untuk menikah. Buru-buru deh DP tempat.

Shio Ayam


Ayam adalah pekerja keras; tegas dalam mengambil keputusan juga jarang mengutarakan pemikiranya. Oleh karena ini, kamu cenderung menjadi ekslusif terhadap orang lain. Kamu adalah pemimpi, pemilih busana yang baik dan ekstravaganza. Lahir dalam shio ini kamu dapat bahagia menjadi pemilik restoran, penerbit, tentara atau turis. Born in 1921, 1933, 1945, 1957, 1969, 1981, 1993, 2005, 2017.

Karier. 
Tahun ini akan jadi tahun yang seru buat kamu karena akan banyak tantangan yang akan kamu lewati. Berusaha lebih maksimal dari sebelumnya, untuk mengatasi hambatan-hambatan yang akan muncul di karier dan usaha.

Kesehatan. 
Salurkan setiap emosi yang dirasakan dengan cara-cara yang baik dan positif supaya bisa terhindar dari stress dan gangguan emosional. Selain itu juga, rajin-rajin menjaga kebersihan dan mengatur pola istirahat dan makan secara teratur supaya tubuh tidak gampang sakit dan siap meraih peruntungan tahun ini.

Asmara. 
Tahun ini, saatnya fokus untuk membangun diri dulu, karena pastinya yang namanya jodoh akan datang di saat yang tepat. Untuk kamu yang sudah punya pasangan, akan bisa melewati tahun ini dengan baik karena pikiran jernih yang dipunya akan membantu melewati perbedaan pendapat yang ada.

Shio Anjing


Anjing tidak pernah mengecewakan kamu. Lahir dalam shio ini kamu sangat jujur, dan setia orang yang kamu cintai. Kamu selalu merasa khawatir, perkataan yang tajam dan cenderung mencari kesalahan. Namun kamu akan menjadi businessman, aktivis, guru atau polisi yang baik. Born in 1922, 1934, 1946, 1958, 1970, 1982, 1994, 2006, 2018.

Karier
Tahun ini, kamu akan bersemangat untuk mendapatkan perhatian khusus dari atasan. Nah, harus rajin-rajin menciptakan ide menarik yang berguna bagi perusahaanmu. Semua hambatan akan kamu lewati dengan baik asal kamu bisa lebih fit dan giat dalam bekerja. Jangan khawatir, hasil yang baik menunggu setelah hambatan tersebut dilewati.

Kesehatan 
Penyakit seperti stress, flu dan batuk dapat sering kamu alami di tahun ini jika tetap mengabaikan kesehatanmu. Kamu bisa tetap sehat di tahun ini ini dengan mengatur pola makan, olahraga secara rutin, dan tetap optimis dalam segala hal. Dengan lebih memperhatikan kesehatan dan gaya hidup, apapun tantangan di tahun ini pasti bisa kamu lewati.

Asmara 
Tahun ini, agar keharmonisan tetap terjaga, kamu harus menumbuhkan pengertian yang besar terhadap pasangan. Tantangan apapun dalam hubungan pasti bisa dilewati asal komunikasi berjalan baik. Sedangkan buat yang jomblo, pendekatan dan waktu untuk mengenal gebetan dengan lebih baik akan membawa kepada jodoh kamu loh!

Shio Babi


Kamu adalah teman yang baik, orang yang pintar dengan kebutuhan yang kuat untuk mencapai tujuan apapun. Kamu sangat baik, toleran dan jujur namun juga mengharapkan hal yang sama dari orang lain, tentunya hal ini sangat naif. Pencarian kamu terhadap material dapat menjadi kegagalan. Babi akan sangat berhasil dalam bidang seni seperti penghibur atau juga pengacara. Born in 1923, 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019.

Karier 
Tahun ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan karir asalkan kamu cermat dalam membagi waktu. Jangan menunda-nunda pekerjaan dan hindari kebiasaan yang bisa mengalihkan fokus. Persiapkan kondisimu untuk selalu siap menghadapi pekerjaan.

Kesehatan 
Untuk menjaga kesehatan, perbanyak minum air putih serta asupan makanan dan minuman yang sehat. Penting juga mencari waktu istirahat yang cukup. Jaga emosi dengan baik agar apapun yang diinginkan bisa diraih tahun ini. Ingat, emosi negatif dapat berdampak negatif pula terhadap kondisi tubuh.

Asmara 
Bagi para jomblo, cobalah untuk meluangkan waktu bersosialisasi karena tahun ini adalah kesempatan yang baik untuk bertemu dengan calon pendamping hidup. Jangan abaikan jika ada teman yang berniat menjodohkan karena mungkin dari situlah kalian bertemu. Bagi yang sudah berpasangan, tahun ini adalah tahun yang baik untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Referensi :
https://wahyuandre.wordpress.com/2016/02/05/asal-usul-dan-sejarah-shio/
http://www.bhq.my.id/2015/11/sejarah-dan-legenda-12-shio-dalam-Kalender-China.html
https://www.kaskus.co.id/thread/510e583c4f6ea1c77b00000e/history-asal-mula-12-shio-amp-zodiak--watak-masingquot/
https://www.vemale.com/ragam/91107-melihat-keberuntungan-12-shio-di-tahun-monyet-api.html