PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Menarik Dan Mistis Pulau Nusakambangan Tempat Isolasi Orang Berbahaya Di Indonesia

Saturday, June 30, 2018
Saat mendengar Nusakambangan yang akan terlintas di benak orang adalah penjara mengerikan di tengah pulau terpencil. Dari cerita yang selama ini kita dengar Nusakambangan merupakan tempat yang mengerikan dengan lingkungan alam yang ekstrim dan berbagai hewan buas dan mematikan. Berkat hal ini pula Nusakambangan dianggap cocok untuk menjadi tempat isolasi bagi para kriminal paling berbahaya di Indonesia.

Namun selain hal diatas, Nusakambangan masih menyimpan masih menyimpan fakta unik dan kisah mistis yang jarang diketahui orang. Sisi lain dari Nusakambangan inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya, dalam beberapa ulasan singkat berikut..

Nusakambangan Punya Tujuh Lapas


Meski dikenal sebagai pulau penjara, namun kebanyakan orang mengira jika hanya ada satu penjara saja di Nusakambangan. Padahal di pulau yang ada  kabupaten cilacap ini sebenarnya memiliki 7 buah penjara atau lapas. Ketujuh lapas ini digunakan untuk mengisolasi tahanan sesuai dengan kasus mereka. Nama-nama lapas yang ada di Nusakambangan ini antara lain Lapas Pasir Putih, Lapas Batu, Lapas Besi, Lapas Kembang Kuning, Lapas Permisan, Lapas Narkotika, Lapas Karanganyar, dan Lapas Terbuka.

Diantara beberapa lapas ini ada yang mendapatkan penjagaan yang ketat karena menjadi tempat untuk menampung kriminal dengan tinggat kejahatan yang tinggi. Sahabat anehdidunia.com lapas yang mendapatkan penjagaan ketat ini yaitu Lapas Pasir Putih, Lapas Batu, dan Lapas Karanganyar yang merupakan lapas untuk menahan tersangka kasus terorisme dan narkoba.

Untuk menjaga tahana yang dianggap sangat berbahaya ini, ketiga lapas ini bahkan tim penembak dan juga penjaga yang selalu berpatroli sambil membawa senapan.

Tempat Eksekusi Mati Yang Terkenal Angker


Sebagai tempat untuk menampung banyak kriminal paling berbahaya di Indonesia, banyak tahanan di Nusakambangan merupakan narapidana hukuman mati. Karena itu di Nusakambangan terdapat beberapa lokasi yang khusus di jadikan tempat untuk melaksanakan hukuman mati. Sahabat anehdidunia.com tempat tempat itu adalah Lembah Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu Karang Anyar dan Lapas Gleger. Diantara tempat-tempat eksekusi ini salah satu yang paling sering dipakai untuk mengeksekuis adalah Lembah Nirbaya.

Sebagi tempat yang telah menjadi saksi tercabutnya banyak nyawa, lembah nirbaya terkenal cukup angker. Banyak petugas lapas yang mengaku sering melihat penampakan makhluk mistis maupun mendengar suara-suara misterius. Kesan seram lembah nirbaya kian terasa karena tempat ini hanyalah merupakan padang ilalang luas yang nyaris kosong. Saat malam nuansa seram ditempat ini konon semakin terasa karena sangat gelap gulita.

Misteri Pertelon Kamboja


Pertelon merupakan bahasa Jawa untuk Pertigaan, di Nusakambangan ada sebuah pertigaan yang terkenal angker. Pertigaan yang terletak sekitar 3KM dari Pos Kepolisian Nusakambangan, terkenal sebagai tempat yang memiliki berbagai cerita mistis. Oleh warga sekitar pertigaan ini biasa disebut Pertelon Kamboja, karena memang terdapat sebuah pohon Kamboja yang tumbuh di pertigaan ini.

Namun uniknya pertigaan ini sama sekali tak pernah ditumbuhi daun alias selalu gundul. Warga sekitar mempercayai Pertelon Kamboja sebagai tempat berkumpulnya banyak makhluk astral. Di tempat ini konon sering muncul berbagai penampakan. Sahabat anehdidunia.com salah satu yang paling terkenal adalah penampakan hantu wanita berambut panjang dengan pakaian putih dan juga sosok makhluk misterius berwajah pucat yang sering menampakan diri pada orang yang lewat.

Jalan Tunggal Panaluan Yang Sering Menelan Korban


Tunggal Panaluan merupakan sebuah jalan yang memiliki kelokan yang sangat tajam. Jalan diapit oleh oleh tebing karang di sebelah kiri dan perairan laut Segara Anakan di sebelah kanan. Dengan tipografi ini Tunggal Panaluan terkenal sebagai jalan yang sangat berbahaya dan rawan kecelakaan terlebih saat malam hari karena minimnya penerangan yang ada.

Namun bukan faktor itu saja yang membuat Tunggal Panaluan menjadi jalan yang berbahaya. Warga sekitar percaya jika banyaknya kecelakaan di Tunggal Panaluan merupakan ulah dari makhluk halus. Lokasi Tunggal Panaluan yang salah satu tempat eksekusi di Nusakambangan yaitu Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, membuat warga sekitar percaya jika arwah dari orang-orang yang dieksekusi sering muncul di jalan ini. Menurut warga mereka juga sering melihat penampakan makhluk halus dalam berbagai wujud di jalan angker ini.

Legenda Hantu Mbah Sukur


Jika berbicara mengenai hal mistis yang ada di Nusakambangan maka sosok yang paling melegenda adalah Hantu Mbah Sukur. Sosok hantu tak berkepala ini dipercaya merupakan dedengkotnya segala arwah yang ada di Nusakambangan. Sahabat anehdidunia.com menurut legenda yang ada hantu mbah sukur ini konon merupakan salah satu arwah narapidana yang pernah di hukum mati di nusakambangan. Namun tak sekedar ditembak mati, mbah sukur konon dulu juga dipenggal. Karena kematianya yang tragis ini, arwah mabh sukur kemudian terus bergentayangan di Nusakambangan.

Sosok hantyu mbah sukur ini konon sering bergentayangan disekitar pulau nusakambangan. Hantu tanpa kepala ini menurut para lapas bahkan juga keram muncul di area penjara, khususnya pada hari dan tanggal mbah sukur dieksekusi.

Referensi:
https://bacaterus.com/misteri-nusakambangan/