PLARIUSMODIFIKASI101

Kenalan Dengan Kolektor Mainan Terbanyak Di Dunia

Saturday, September 08, 2018
Banyak yang bilang, bahwa mainan itu hanya untuk anak kecil. Memang pernyataan itu ada benarnya, tapi juga tak sepenuhnya benar. Pasalnya, zaman sekarang ini sudah banyak orang dewasa yang membeli mainan dengan tujun untuk dikoleksi, dan bisa jadi investasi juga untuk masa depan. Di antara kolektor-kolektor mainan, rupanya ada juga yang berdedikasi tinggi untuk menjadi kolektoe mainan terbanyak di dunia, dan mereka berhasi ltercatat dalam Guinness World Records. Berikut ini adalah kolektor-kolektor mainan terbanyak di dunia.

Jon Jessesen


Jon Jessesen adalah seorang pria asal Norwegia yang berprofesi sebagai tukang las rel dan juga teknisi jalur kereta. Meski demikian, dia punya hobi yang justru berlawanan dengan pekerjaannya, yaitu mengkoleksi mainan LEGO, tepatnya LEGO dari seri Star Wars. Menurut situs The Local, Jon memiliki total 300 mainan LEGO Star Wars yang belum terbuka alias masih baru. Hal itu menjadikannya satu-satunya orang di dunia yang memiliki semua mainan LEGO dari seri Star Wars yang pernah dirilis. Belum cukup sampai di situ, Jon dikatakan juga memiliki sekitar 750 ribu kepingan LEGO yang dikatalog-kan secara rapi, yang mana keping-keping LEGO itu akan dia gunakan untuk membuat proyeknya sendiri atau untuk ditukar dengan sesama penggemar LEGO lainnya.

Karena koleksinya itu, dia pun mendaftarkan diri untuk masuk sebagai orang atau kolektor yang mengkoleksi LEGO Star Wars terbanyak di dunia pada akhir 2012, dan dia pun berhasil tercatat dalam Guinness World Records pada tahun 2013. Sahabat anehdidunia.com Jon mengatakan bahwa koleksinya nanti pasti akan bertambah, dan dia pun berencana untuk menambah satu tingkat rumahnya khusus untuk meletakkan semua koleksi LEGO-nya di lantai barunya itu. Bahkan, dia juga sudah berencana untuk membeli LEGO dari seri lain selain Star Wars, yaitu LEGO The Hobbit dan LEGO Lord of the Rings. Jika benar demikian, mungkin saja satu rumahnya itu tak akan cukup untuk menampung semua koleksinya. Meski begitu, semoga tujuannya bisa tercapai.

Janet Esteves


Janet adalah seorang wanita berusia 53 tahun yang berhasil tercatat dalam World Records Academy sebagai kolektor mainan Mickey Mouse terbanyak di dunia. Tercatat dia sudah memiliki sekitar 2.760 boneka Mickey Mouse yang sudah dia koleksi selama kurang lebih 30 tahun. Janet mengatakan bahwa dia mulai mengkoleksi boneka Mickey Mouse pada tahun 1971. Saat itu, ibu dari Janet menghadiahi Janet sebuah ornamen porselen Mickey yang berkostum badut. Menurutnya, saat pertama kali melihat senyum Mickey Mouse yang ada di ornamen tersebut, dia sudah langsung terpesona. Sejak saat itulah, dia bertekad untuk mengumpulkan semua mainan dan pajangan yang berhubungan dengan Mickey Mouse.

Bagi yang belum tahu, Mickey Mouse adalah salah satu tokoh dari dunia Disney, berwujud tikus berwarna hitam dengan celana khas berwarna merah. Mickey Mouse ini banyak muncul dalam berbagai media, seperti video game, atau film-film animasi. Sahabat anehdidunia.com selain Mickey Mouse, ada juga tokoh terkenal lain dari dunia Disney yaitu Donald Duck alias Donal Bebek dan Goofy. Sang suami dari Janet, Jose, rupanya mendukung penuh hobi istrinya itu. Bahkan dirinya juga tak jauh berbeda dengan sang istri, karena juga mengumpulkan Mickey Mouse, namun dari seri Star Wars. Selama sang suami dan istri bisa akur dan menerima hobinya masing-masing, sepertinya hal itu tak akan menjadi masalah.

Bruce Pascal


Bruce Pascal asal East Coast, Amerika Serikat, jika dilihat sekilas hanyalah seorang pria paruh baya yang biasa saja. Tak ada yang aneh dengannya. Namun ternyata, di balik sosoknya yang biasa itu, terdapat tekad yang luar biasa. Ya, dia memiliki dedikasi tinggi untuk mengkoleksi semua Hot Wheels, yang merupakan mainan diecast dari berbagai model mobil. Karena tekadnya kuat, Bruce mengatakan bahwa dia sudah memiliki sekitar 3.500 mainan Hot Wheels di rumahnya, dan total semuanya itu sudah mencapai sekitar Rp 1 miliar. Bisa jadi Bruce adalah kolektor Hot Wheels terbanyak di dunia.

Bruce mengaku, bahwa kesukaannya terhadap Hot Wheels bermula saat umurnya 7 tahun. Saat itu, dia diberi hadiah Hot Wheels oleh ayahnya, dan dari situlah dia mulai mengumpulkan Hot Wheels lainnya. Semua koleksi Hot Wheels miliknya dipajang dengan rapi di rumah sekaligus kantornya. Karena koleksinya sangat banyak, maka dinding ruangannya itu jelas penuh oleh Hot Wheels yang berada di dalam lemari kaca.

Tak cuma mobilnya saja, Bruce yang memiliki bisnis di bidang properti itu bahkan juga membeli track atau lintasannya yang dia letakkan di tengah ruangan kerjanya. Hal itu dilakukannya agar bisa bermain Hot Wheels koleksinya saat waktu senggang. Bruce pun bercita-cita ingin memiliki museumnya sendiri, dengan harapan koleksinya itu mendatangkan keuntungan dan manfaat serta apresiasi dari orang lain.

Silva Vargas


Dari Amerika Serikat kita beralih ke Meksiko, dan bertemu dengan Silva Vargas. Jika Bruce Pascal memiliki koleksi Hot Wheels terbanyak, maka Silva Vargas tercatat di Guinness World Records sebagai kolektor mainan Harry Potter terbanyak pada tahun 2014. Diketahui, koleksinya sudah mencapai sekitar 4 ribu buah, dan 807 di antaranya tergolong tua. Sahabat anehdidunia.com untuk bisa mengumpulkan mainan Harry Potter sebanyak itu, Silva mengatakan bahwa butuh waktu selama 15 tahun. Silva mengaku bahwa awalnya dia tak berniat untuk mengumpulkan mainan Harry Potter secara khusus, namun mainan-mainan itu seperti memiliki sihir, dan Silva pun mengatakan bahwa semua gajinya habis untuk membeli mainan Harry Potter itu. 

Usut punya usut, ternyata Silva ini berprofesi sebagai seorang pengacara. Sebagai seorang pengacara, gajinya pasti tinggi, dan wajar saja jika dia mampu membeli mainan Harry Potter sebanyak itu. Koleksinya yang mencapai ribuan itu sudah memenuhi kamarnya, bahkan rumahnya. Mainan Harry Potter yang sudah dia koleksi antara lain adalah tongkat sihir yang biasa dipakai Harry Potter, action figure Harry Potter, sampai dengan sapu yang dinaiki Harry Potter juga dia miliki. 

Bettina Dorfmann


Bettina adalah seorang wanita yang tercatat di Guinnes World Records sebagai wanita kolektor boneka Barbie terbanyak di dunia. Wanita asal Jerman ini diketahui sudah memiliki koleksi boneka Barbie sebanyak kurang lebih 17 ribu boneka! Obsesinya untuk mengkoleksi boneka Barbie ini berawal saat dia dirawat di rumah sakit. Saat itu, Bettina dihadiahi sebuah boneka Barbie. Bettina langsung jatuh cinta pada boneka pemberian orang lain tersebut, dan kemudian memutuskan untuk mengumpulkan boneka Barbie lainnya secara perlahan.

Memiliki koleksi hingga belasan ribu, diketahui nilai koleksinya diperkirakan sudah mencapai miliaran rupiah, tepatnya Rp 3,4 miliar. Seluruh koleksinya itu diletakkan di basement dan juga ruang tamu rumahnya. Selain itu, Bettina juga punya satu ruangan khusus yang diberi nama Barbie’s Kingdom, di mana isinya adalah boneka-boneka Barbie langka kesayangannya, seperti misalnya Barbie replika Marilyn Monroe, Twiggy, hingga Sandy from Grease. Bettina juga memiliki Barbie Twist & Turn keluaran tahun 1968, yang kini nilainya sudah mencapai Rp 15,6 juta. Rupanya, Bettina tak hanya mengumpulkan boneka Barbie juga, melainkan juga bisa menjadi ‘dokter boneka’, di mana Bettina bisa memperbaiki boneka yang rusak. Bettina mengaku bahwa dia sudah menerima pesanan untuk perbaikan boneka Barbie itu dari seluruh dunia.

Itu tadi kolektor-kolektor mainan terbanyak di dunia. Setelah tahu bahwa hobi mengkoleksi sesuatu ternyata bisa menjadi investasi bahkan sumber penghasilan, apakah kalian juga ingin menjadi kolektor?

referensi:
https://www.thelocal.no/20130923/norway-man-sets-record-for-star-wars-lego
https://www.merdeka.com/gaya/pecahkan-rekor-dunia-koleksi-mainan-mickey-mouse-terbanyak.html
https://news.okezone.com/read/2016/11/15/15/1542091/pria-ini-koleksi-3-500-hot-wheels-senilai-rp13-m
https://internasional.kompas.com/read/2014/10/02/04430951/Silva.Vargas.Pengoleksi.Mainan.Harry.Potter.Terbanyak.di.Dunia
https://kumparan.com/@kumparanstyle/bettina-dorfmann-wanita-jerman-yang-miliki-17-ribu-boneka-barbie