Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangunan Aneh Di Dunia Yang Diduga Buatan Alien

Di zaman modern seperti sekarang ini, wajar jika banyak gedung-gedung pencakar langit berjejeran di samping jalan. Zaman dulu, tak ada yang namanya bangunan menjulang tinggi seperti sekarang ini. Namun, dari berbagai bangunan bersejarah yang dibuat dari masa lampau, beberapa dianggap sebagai bangunan yang cukup aneh, dan pembuatannya terbilang misterius. Ada anggapan bahwa bangunan-bangunan ini dibuat oleh makhluk selain manusia, alias alien. Berikut ini adalah bangunan aneh di dunia yang diduga dibuat oleh alien.

Sacsayhuaman, Peru

Sacsayhuaman Peru

Sacsayhuaman di kota Cusco, Peru, merupakan benteng dengan ketinggian 3.710 meter yang terbuat dari tumpukan bebatuan, yang disusun seperti puzzle. Menurut National Geographic, bangunan ini sudah berusia sekitar 1.000 tahun. Sahabat anehdidunia.com pada masa Kerajaan Inca, Sacsayhuaman diperkirakan dibuat sekitar tahun 900-1200. Meski disebut-sebut sebagai benteng, ada yang berpendapat Sacsayhuaman merupakan kuil yang dibangun untuk memuja Dewa Matahari. Penduduk setempat merasa kalau tumpukan bebatuan itu merupakan hasil karya Suku Inca dengan bantuan dari alien. Kenapa demikian?


Alasannya adalah ternyata batu-batuan yang dipakai untuk membangun bangunan ini masing-masing memiliki berat sekitar 360 ton. Bagaimana bisa manusia biasa mengangkat batu seberat itu, lalu disusun seperti puzzle dan tersusun rapi? Bahkan jika menggunakan bantuan alat pun, pada masa itu belum ada alat canggih seperti traktor untuk mengangkat batuan tersebut.

Batu-batu yang ada di bangunan ini tersusun begitu rapat dengan sempurna. Tidak ada rumput atau baja di antara celahnya. Batuannya juga terpasang tanpa semen. Lebih aneh lagi, batuan di bangunan ini tidak sama dengan Stonehenge, atau Piramida Giza. Sampai saat ini para peneliti masih belum mengetahui bagaimana cara bangsa Inca membangun situs dengan bantuan serapi tersebut. Para peneliti hanya bisa menduga-menduga, dan salah satu dugaannya bahwa mereka dibantu oleh makhluk lain selain manusia, yaitu alien.

Nazca Lines, Peru


Masih dari Peru, kali ini ada Nazca Lines. Di daratan gurun pasir Nazca yang terletak di kawasan Lima, tersimpan sekitar 70 ukiran kuno berukuran raksasa. Sebagian besar ukiran itu berbentuk binatang, mulai dari laba-laba, monyet sampai burung. Ukiran ini diperkirakan dibuat oleh kebudayaan Nazca antara 200 SM dan 700 M.

Dengan ukuran yang luar biasa besar dan presisi yang luar biasa, sepertinya hampir mustahil garis-garis ini hanya dibuat dengan peralatan yang primitif. Apalagi untuk membuat ukiran yang besar dan presisi ini, dibutuhkan bantuan dari udara, yang mana pada waktu itu jelas belum ada yang namanya pesawat terbang. Sahabat anehdidunia.com dari sinilah muncul dugaan bahwa garis-garis raksasa ini dibuat oleh kebudayaan Nazca dibantu oleh makhluk asing yang bukan berasal dari Bumi.

Selain diduga dibuat oleh alien, ada beberapa teori yang mengemukakan kenapa Nazca Lines ini dibuat. Peneliti bernama Robert Bast menduga bahwa Nazca Lines dibuat sebagai monumen untuk mengenang banjir besar yang pernah melanda kawasan tersebut. Ini terlihat dari gambar-gambar hewan yang terlihat seperti kumpulan mayat.

Teori lainnya dari Michael Coe menyatakan bahwa Nazca Lines dibuat sebagai tempat diselenggarakannya ritual. Lalu ada Maria Reiche yang mengatakan bahwa gambar-gambar raksasa tersebut merupakan gambaran konstelasi bintang seperti Orion dan Ursa Mayor. Yang lain mengatakan bahwa sketsa Nazca Lines merupakan ‘pesan dalam botol’ (message in the bottle) yang ingin disampaikan ke generasi selanjutnya. Dan sebagian lagi mengatakan, gambar-gambar Nazca Lines dibuat penduduk Nazca agar para dewa dapat melihat mereka dari atas. Hingga kini, bagaimana cara membuat Nazca Lines dan tujuan dibuatnya masih misteri.

Stonehenge, Inggris

Stonehenge, Inggris

Bangunan aneh ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, atau sekitar 13 km barat laut Salisbury. Stonehenge diduga dibangun kira-kira pada tahun 3.100 SM. Bangunan ini termasuk salah satu bangunan paling misterius di dunia. Alasannya tak lain karena siapa yang membangunnya, dan untuk apa Stonehenge dibangun, semua masih misteri.

Banyak yang menghubungkan Stonehenge ini dengan alien atau makhluk luar angkasa. Hal itu dikuatkan dengan letak Stonehenge yang ada di tengah-tengah lapangan luas, dan batunya juga berukuran raksasa. Batuan tersebut ada yang tingginya sampai 4 meter dengan berat masing-masingnya bisa sampai 25 ton. Dari sini muncul pertanyaan, bagaimana orang zaman prasejarah dulu membuatnya?

Anehnya lagi, batuan itu sudah dibuat berbentuk balok, padahal waktu itu semuanya masih sangat primitif, belum ada alat pemotong batu seperti sekarang. Bagaimana juga cara mereka membawa batu-batu besar itu dari lokasi awalnya hingga sampai ke lokasi Stonehenge sekarang berada, mengingat batu itu sangat berat untuk diangkat oleh manusia? Dan yang terakhir, bagaimana cara mereka mengangkat batu ini sampai bisa tersusun? Karena pertanyaan itu masih belum bisa terjawab, maka banyak yang menduga bangunan ini dibuat oleh manusia dengan bantuan alien.

Piramida Matahari, Meksiko


Piramida tak hanya dimiliki oleh Mesir, tapi piramida juga ada di Meksiko, yaitu Piramida Matahari. Piramida Matahari adalah salah satu piramida paling terkenal dari wilayah Mesoamerika kuno, wilayah yang kini menjadi bagian dari Meksiko. Piramida Matahari ini dibangun bersamaan dengan Piramida Bulan, antara tahun 1 M sampai 250 M. Namun piramida ini baru ditemukan pada awal 1900-an.

Sama seperti bangunan-bangunan sebelumnya, teknik pembuatan Piramida Matahari ini masih belum diketahui sampai saat ini. Pasalnya, bangunan ini dibuat dengan presisi yang akurat, dan simetris. Sebagaimana kita tahu, pada zaman dulu peralatannya masih sederhana, dan masih belum ada peralatan canggih seperti sekarang ini, yang memudahkan kita dalam membangun suatu bangunan. Lagi-lagi, muncul asumsi bahwa piramida ini bisa berdiri berkat bantuan alien, yang mana sudah memiliki peralatan canggih, melebihi peralatan yang ada di peradaban manusia pada masa itu.

Meski cara pembuatannya masih misteri, peneliti meyakini kalau piramida ini merupakan pusat dari aktivitas suku Maya, karena ditemukan banyak gambar, ukiran, peralatan bertani, alat transportasi dan perhitungan penanggalan yang masih sederhana di sana.

Patung Moai, Pulau Paskah

Patung Moai, Pulau Paskah

Bangunan terakhir yang diduga dibangun dengan bantuan alien adalah patung Moai di Pulau Paskah. Diketahui ada sekitar 900 buah patung berbentuk wajah manusia yang berukuran besar dan tinggi, tertanam kokoh ke tanah terletak di Pulau Paskah alias Easter Island di Chile. Diyakini patung tersebut telah ada sejak 1.000 tahun silam. Walaupun bagian yang sering terlihat hanyalah bagian kepala saja, patung Moai sebenarnya mempunyai bagian tubuh yang lengkap. Hanya saja kini banyak Moai yang telah tertimbun hingga bagian lehernya.

Yang menjadi misteri sampai saat ini adalah siapa yang membangun ratusan patung tersebut, dan untuk apa kegunaan patung tersebut. Sahabat anehdidunia.com selain itu, cara pembuatannya juga masih diperdebatkan, karena seperti sebelumnya, pada masa itu peralatannya belum secanggih sekarang, jadi bagaimana cara mereka mengangkat patung-patungnya ke seluruh pulau? Selain itu, pengetahuan orang-orang pada masa itu jelas belum sampai dalam tahap bisa membangun patung dalam jumlah ratusan. Karena itulah, muncul teori bahwa pembuatan patung Moai ini dibantu oleh alien.

Namun, belakangan ini muncul teori bahwa manusia bisa menggerakkan patung Moai ini dengan cara diikat menggunakan tali, lalu digerakkan ke kanan dan kiri, sehingga terlihat seperti berjalan. Teknik sudah pernah dilakukan oleh peneliti. Dalam percobaan itu, patung yang digunakan memiliki tinggi 3 meter dan berat 5 ton. Patung tersebut akhirnya bisa ‘berjalan’ dengan bantuan 15 orang.

Masalahnya, patung Moai yang tersebar di Pulau Paskah memiliki tinggi dan berat yang lebih besar dari patung percobaan tersebut. Diketahui, kebanyakan patung Moai aslinya memiliki tinggi sekitar 4 meter, dengan berat sekitar 14 ton. Apakah cara di atas bisa dilakukan jika patungnya memiliki tinggi 4 meter dan berat 14 ton? Belum ada yang pernah mencobanya, jadi hingga kini, teknik tersebut masih berupa kemungkinan.

Itulah bangunan aneh yang ada di dunia, yang diduga pembuatannya dibantu oleh alien. Bagaimana menurut kalian?

referensi 
https://travel.detik.com/international-destination/d-2500090/suku-inca-di-peru-juga-punya-tembok-besar
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/travellio/4-situs-kuno-ini-dipercaya-buatan-alien-c1c2
https://www.kaskus.co.id/thread/53c2ad4a98e31bf02a8b45c6/misteri-nazca-line-tempat-pendaratan-ufo/
https://amazinguniverse.wordpress.com/2017/10/17/misteri-mengungkap-keterlibatan-alien-pada-pembangunan-stonehenge/
https://www.kompasiana.com/desyca/56f0fe09d57a617f078308ad/misteri-stonehenge-peninggalan-sejarah-paling-terkenal-di-dunia
https://www.kembangpete.com/2014/10/13/menelusuri-sejarah-piramida-matahari-yang-megah/
http://www.enigmablogger.com/2013/06/teori-penduduk-easter-island.html