Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Mengerikan Catacombs Pemakaman Massal Bawah Tanah di Paris

Apa yang lebih menakutkan dari pemakaman yang biasa-biasa saja? Bagaimana dengan salah satu pemakaman massal yang mampu menampung sisa-sisa jutaan mayat orang Paris dan terletak tepat di bawah ibu kota Prancis? 

Bahkan untuk sebuah kota yang terkenal akan kecintaannya pada mode, romansa, dan budayanya, Paris pun tidak luput dari hal mengerikan seperti menyembunyikan rahasia kelam di bawah jalan-jalannya. Fakta-fakta yang tidak banyak diketahui tentang Catacombs Paris yang luas ini akan membuat kamu benar-benar bergidik ngeri.

1. Menampung Sisa-Sisa Lebih Dari Enam Juta Orang Paris Yang Mati

Menampung Sisa-Sisa Lebih Dari Enam Juta Orang Paris Yang Mati
Menampung Sisa-Sisa Lebih Dari Enam Juta Orang Paris Yang Mati via listverse.com

Pada abad ke-18, kuburan di kota Paris yang terus berkembang kehabisan ruangnya. Jika hal itu belum cukup buruk, maka jangan lupakan beberapa mayat yang tidak terkubur dengan baik sehingga mampu menyebarkan penyakit. 

Pada akhirnya, pejabat Paris memilih untuk meninggalkan kuburan kota dan memindahkan sisa-sisa yang mereka tampung ke tempat lain. Para pejabat memilih untuk beralih ke beberapa tambang bawah tanah kota. Pada akhirnya mereka pun mampu mengatur pergerakan lebih dari enam juta mayat di bawah tanah dari tahun 1780-an hingga 1814. Semua mayat ini diambil dari kuburan yang sebelumnya ada di seluruh Paris. Mayat tersebut diangkut melalui gerobak dan disimpan di tempat peristirahatan terakhir mereka.

2. Lebih Besar dari Yang Diduga

Lebih Besar dari Yang Diduga
Lebih Besar dari Yang Diduga via listverse.com

Meskipun Katakomba Paris diperkirakan memiliki sekitar 320 kilometer (200 mil) terowongan, namun tidak semuanya telah dipetakan, dan sisanya adalah wilayah yang belum dipetakan. Sehingga pada dasarnya fakta Ini benar-benar membuat orang bertanya-tanya apa ada lagi yang bersembunyi di terowongan itu.

3. Penjelajah Menggunakan Catacombs sebagai Tempat Renang Rahasia

Penjelajah Menggunakan Catacombs sebagai Tempat Renang Rahasia
Penjelajah Menggunakan Catacombs sebagai Tempat Renang Rahasia via listverse.com

Walaupun Catacombs terlihat layaknya tempat kegelapan berisi orang mati, namun faktanya masih ada beberapa orang diluar sana dengan nyali sebesar badak yang rela melakukan perjalanan turun ke kedalaman Catacombs untuk berenang dan menyegarkan diri di beberapa kolam air rahasia yang belum dipetakan yang telah dikenal di antara sesama kelompok katafil sebagai kolam renang dadakan. 

Untuk pergi ke tempat-tempat seperti ini. Kabarnya, kamu juga harus menyeberangi perairan keruh dan terowongan yang memicu klaustrofobia sebelum mencapai "oasis", yang dalam hal ini adalah lubang renang yang terletak di kuburan bawah tanah raksasa.

4. Grup Tak Dikenal Telah Menjalankan Operasi Klandestin Di Sana

Grup Tak Dikenal Telah Menjalankan Operasi Klandestin Di Sana
Grup Tak Dikenal Telah Menjalankan Operasi Klandestin Di Sana via listverse.com

Pada tahun 2004, polisi yang sedang melakukan latihan di Catacombs menemukan sesuatu yang sama sekali tidak terduga. Saat menjelajahi area terpencil dari sistem terowongan yang luas, mereka menemukan ruang bioskop raksasa, yang dilengkapi dengan layar, peralatan, dan restoran serta bar, semuanya difasilitasi oleh telepon dan kabel listrik yang dipasang secara profesional. Yang lebih menakutkan adalah fakta bahwa kamera rahasia mengambil foto petugas saat mereka masuk ke pintu masuk. Tidak ada yang tahu siapa yang bertanggung jawab, dan sebuah catatan tertinggal di tempat kejadian yang berbunyi, "Jangan mencoba dan menemukan kami."

5. Banjir Mayat

Banjir Mayat
Banjir Mayat via listverse.com

Hot spot asli Paris untuk urusan pemakaman (sebelum Catacombs) adalah Les Innocents, kuburan kota tertua dan paling sering digunakan. Namun, ada satu masalah: Seperti disinggung di atas, pada saat abad ke-18, begitu banyak orang telah dikuburkan di sana sehingga menjadi penuh sesak. 

Akibatnya, penduduk sekitar mulai mengeluhkan bau menyengat dari kematian yang menyelimuti seluruh kota. “Penuh sesak” mungkin merupakan pernyataan yang meremehkan, melihat bahwa setelah banjir menerobos batas pekuburan, jenazah yang dikuburkan di sana mulai meluap bahkan muncul dari tanah. Sehingga selama tahun 1780-an, orang-orang mulai menggali mayat dari semua kuburan tua yang ada dan menguburnya di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Catacombs, dan sisanya adalah sejarah.

6. Tulang Belulang yang Susun Secara "Dekoratif"

Tulang Belulang yang Susun Secara "Dekoratif"
Tulang Belulang yang Susun Secara "Dekoratif"  via listverse.com

Ketika tulang-belulang orang mati pertama kali dibawa ke terowongan Catacomb melalui gerobak pada tahun tahun 1780-an, tulang-tulang itu ditempatkan begitu saja di terowongan setelah sebelumnya seorang pendeta berdoa agar orang mati tetap tenang. 

Barulah setelah itu para pekerja mulai mengatur tulang-tulang tua yang ada menjadi bentuk dan dekorasi, seperti hati dan lingkaran dan dindingnya dilapisi dengan tengkorak dan berbagai sisa-sisa mengerikan lainnya. Salah satu pajangan paling ikonik dikenal sebagai Barrel. Pajangan ini terdiri dari pilar besar melingkar yang dikelilingi oleh tengkorak dan tulang tibiae yang juga bertindak sebagai penyangga atap area tempatnya berada, yang disebut sebagai Crypt of the Passion atau Tibia Rotunda.

7. Katakombe Digunakan Selama Perang Dunia II Oleh Kedua Sisi

Katakombe Digunakan Selama Perang Dunia II Oleh Kedua Sisi
Katakomba Digunakan Selama Perang Dunia II Oleh Kedua Sisi via listverse.com

Mengetahui keberadaan Catacombs of Paris adalah pengetahuan umum selama Perang Dunia II, serta fakta bahwa terowongan ini tersebar begitu jauh di bawah tanah, sehingga tidak mengherankan jika fasilitas untuk orang mati ini juga digunakan untuk perang. 

Namun yang mengejutkan adalah bahwa kedua belah pihak menggunakannya, baik sekutu maupun Jerman. Pihak Nazi diketahui meninggalkan kehadiran mereka di dalam Catacombs dengan membangun berbagai bunker (seperti di bawah sekolah menengah Lycee Montaigne) dan Jejak bunker ini masih ada sampai sekarang.

Sumber :

https://listverse.com/2018/05/14/10-bone-chilling-facts-about-the-catacombs-of-paris/