Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Kapal Ourang Medan dan Kematian Massal yang Tak Terpecahkan

Anehdidunia.com - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan melihat status tersebut, bukan hal yang mengherankan jika kemudian Indonesia memiliki hamparan lautan yang amat luas. Sejak masa lampau, lautan memiliki peran yang amat vital bagi penduduk Indonesia. Mulai dari untuk keperluan transportasi, sumber makanan, dan lain sebagainya.

Luasnya lautan Indonesia di sisi lain juga menyebabkan kawasan ini menjadi kawasan yang penuh misteri. Alasannya sederhana saja. Saat seseorang berada di atas kapal, tidak akan ada yang bisa mengetahui segala peristiwa yang terjadi di atas kapal, kecuali para penumpang kapal itu sendiri.

Dari sekian banyak peristiwa misterius yang menimpa kapal-kapal di Indonesia, salah satu yang paling terkenal sekaligus membuat bulu kuduk merinding adalah kisah yang menimpa S.S. Ourang Medan, kapal berbendera Belanda yang mengalami insiden misterius pada tahun 1940-an.

Insiden misterius yang menimpa Ourang Medan membuat banyak orang begitu penasaran dan bertanya-tanya. Pasalnya tidak ada korban selamat dari kapal tersebut sesudah insiden terjadi. Sebagai akibatnya, detail peristiwa misterius yang menimpa Ourang Medan pun menjadi sulit diketahui secara rinci.

Dalam hal tahun kejadian misalnya, surat-surat kabar pada waktu itu tidak bisa sepakat mengenai kapan sebenarnya peristiwa yang menimpa Ourang Medan terjadi. Sejumlah surat kabar menulis kalau peristiwa kapal Ourang Medan terjadi pada tahun 1940, 1947, atau 1948.

Berawal dari Panggilan Radio Darurat

Berawal dari Panggilan Radio Darurat
Berawal dari Panggilan Radio Darurat via belajarsampaimati.com

Kisah misterius yang menimpa kapal Ourang Medan bermula ketika kapal tersebut berlayar di Selat Malaka. Pada saat itulah, kapal lain yang sedang berada di Selat Malaka mendapatkan pesan radio darurat dari Ourang Medan.

Dalam pesan darurat tersebut, sang pengirim mengatakan kalau para awak dan kapten semuanya sudah meninggal. Jasad mereka semua kini sedang terbaring di ruangan kapal. Tidak lama sesudah itu, terdengar bunyik menyerupai kode morse yang tidak bisa diterjemahkan. Pesan misterius tersebut kemudian ditutup dengan pesan menakutkan, “Aku tewas”.

Usai beredarnya pesan misterius tersebut, kapal berbendera Amerika yang bernama Silver Star kemudian berlayar menuju lokasi kapal Ourang Medan. Saat para awak Silver Star menyeberang ke atas kapal Ourang Medan tiba di lokasi, mereka langsung disambut dengan pemandangan mengerikan.

Semua awak kapal Ourang Medan nampak sudah terbujur kaku dan meninggal dunia. Mayat-mayat mereka tersebar di sejumlah tempat di dalam kapal. Namun yang meninggal di atas kapal tersebut ternyata bukan hanya manusia. Para awak Silver Star juga menemukan bangkai anjing yang tergolek di kapal.

Jika itu belum cukup menakutkan, ekspresi para awak Ourang Medan saat ditemukan bakal membuat siapapun bermimpi buruk. Wajah mereka menghadap ke atas. Mata mereka nampak terbelalak dengan mulut yang terbuka lebar. Seolah-seolah mereka melihat sesuatu yang amat menakutkan menjelang kematiannya.

Para awak Silver Star kemudian memutuskan untuk menderek kapal Ourang Medan ke pelabuhan terdekat supaya bisa diperbaiki dan diselidiki lebih jauh. Namun sebelum mereka bisa melakukannya, mendadak timbul ledakan dari salah satu muatan kargo yang diangkut oleh Ourang Medan.

Para awak Silver Star spontan bergegas kembali ke kapalnya. Di lain pihak, ledakan tadi menyebabkan kapal Ourang Medan kini terbakar hebat sebelum akhirnya tenggelam. Kapal itu pun kemudian tenggelam ke dasar laut bersama dengan mayat para awaknya.

Apa Penyebab Kematian Para Awak Ourang Medan?

Apa Penyebab Kematian Para Awak Ourang Medan
ilustrasi Penyebab Kematian Para Awak Ourang Medan via hai.grid.id

Tenggelamnya Ourang Medan menyebabkan penyebab kematian para awaknya kini tidak bisa lagi diselidiki. Sebagai akibatnya, orang-orang hanya bisa menebak-nebak mengenai apa penyebab kematian massal yang menimpa para awak kapal Ourang Medan.

Menurut salah satu teori, kapal Ourang Medan mungkin menjadi korban serangan oleh bajak laut. Panggilan darurat yang muncul dari Ourang Medan mungkin terjadi saat kapal bajak laut sedang menambatkan diri di sebelah kapal Ourang Medan.

Namun jika teori ini memang benar adanya, bagaimana cara bajak laut tersebut membunuh awak kapal Ourang Medan? Pasalnya menurut laporan saksi mata, mayat para awak Ourang Medan tidak nampak berada dalam kondisi terluka. Bagaimana cara mereka membunuh tanpa meninggalkan luka luar dan hanya meninggalkan ekspresi ketakutan di wajah para awak?

Kalau menurut teori kedua, kapal Ourang Medan mungkin menjadi korban insiden yang melibatkan gas beracun. Menurut analisa Roy Bainton, kapal Ourang Medan mungkin aslinya merupakan kapal yang terlibat dalam insiden penyelundupkan zat berbahaya, misalnya senjata kimia.

Di tengah palayran, terjadi kebocoran yang mengakibatkan gas tersebut bocor ke seluruh penjuru kapal. Akibatnya, para awak kapal tersebut pun tewas terbunuh di tempat. Salah satu awak kapal yang masih selamat mencoba meminta pertolongan melalui siaran radio, namun ia akhirnya juga tewas terbunuh di tempat karena bala bantuan yang diminta tidak datang tepat waktu.

Jika teori ini memang benar adanya, maka teori ini bisa menjelaskan kenapa kapal Ourang Medan mendadak bisa meledak terbakar dengan sendirinya. Pasalnya bahan kimia tertentu semisal nitrogliserin memiliki sifat mudah terbakar dan meledak.

Ada pula teori lain yang menyatakan kalau para awak kapal Ourang Medan memang meninggal akibat keracunan gas, namun gasnya bukan berasal dari gas beracun.

Gas Beracun
Ilustrasi Gas Beracun via alenia.id

Para awak Ourang Medan mungkin aslinya tewas akibat menghirup terlalu banyak gas karbon monoksida yang bocor dari ruang mesin. Saat gas yang terlepas sudah terlalu banyak, para awak akhirnya merasa lemas dan kemudian meninggal di tempat.

Ada pula yang menduga kalau awak kapal Ourang Medan mungkin aslinya meninggal akibat menjadi korban serangan makhluk halus. Teori ini jelas sulit dipercaya bagi mereka yang tidak meyakini keberadaan makhluk gaib. Namun dengan melihat begitu simpang siurnya insiden ini, dugaan kalau para awak Ourang Medan tewas akibat serangan makhluk gaib pun lantas merebak ke permukaan.

Ada juga yang meyakini kalau insiden kapal Ourang Medan aslinya hanyalah karangan semata alias tidak benar-benar terjadi. Dasarnya adalah berdasarkan penelusuran pada dokumen kapal-kapal yang berlayar pada tahun dan lokasi tersebut, tidak ada informasi mengenai pelayaran yang dilakukan oleh kapal bernama Ourang Medan.

Di lain pihak, mereka yang meyakini kalau insiden kapal Ourang Medan memang benar-benar terjadi melontarkan pembelaan balik dengan menyatakan kalau muatan yang diangkut oleh Ourang Medan mungkin termasuk muatan ilegal.

Jadi supaya aktivitas mereka tidak ketahuan oleh petugas pelabuhan, Ourang Medan pun berlayar dengan memakai dokumen yang dipalsukan. Kebetulan tahun di mana insiden Ourang Medan terjadi bersamaan dengan periode Perang Dunia II serta perang kemerdekaan Indonesia.

Lantas, bagaimana menurut anda? Apakah menurut anda insiden kapal Ourang Medan hanyalah hasil karangan belaka? Atau jika anda percaya kalau insiden ini memang benar adanya, menurut anda apa penyebab kematian para awak?

Pada akhirnya, kita yang tinggal di masa kini hanya bisa menebak-nebak. Kapal Ourang Medan bakal selalu dikenang sebagai nama dari insiden maritim yang penuh misteri dan teka-teki yang tak terjawab. Saking misteriusnya, kisah mengenai kapal Ourang Medan sampai diangkat dalam game horor keluaran tahun 2019 yang berjudul Man of Medan.


Sumber :
https://www.ripleys.com/weird-news/ss-ourang-medan-ghost-ship/
https://en.wikipedia.org/wiki/Ourang_Medan