Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelompok Sekte Kontroversial yang Pernah Muncul di Indonesia

Anehdidunia.com - Indonesia terkenal akan keberagamannya. Namun selain kelompok-kelompok keagamaan yang sudah diakui oleh negara, ada pula sekte dan kelompok yang mengundang kontroversi karena aliran dan cara pandangnya yang dianggap terlalu menyimpang. Berikut ini adalah 4 sekte paling aneh dan kontroversial yang pernah muncul di Indonesia.

Kerajaan Ubur-Ubur

Kerajaan Ubur-Ubur
Kerajaan Ubur-Ubur via intisari.grid

Ubur-ubur adalah hewan laut yang dapat dikenali dengan melihat bentuknya yang menyerupai tudung payung bertentakel. Hewan ini merupakan hewan yang senantiasa dijauhi oleh manusia setiap kali muncul di laut karena tentakelnya bisa menimbulkan rasa gatal dan perih jika sampai mengenai kulit manusia.

Hewan tersebut lantas menginspirasi munculnya salah satu kelompok paling unik yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Ubur-Ubur adalah nama dari kelompok tersebut. Kelompok ini pertama kali menarik perhatian masyarakat luas pada tahun 2018.

Dengan melihat namanya, mungkin ada di antara ada yang mengira kalau kelompok ini hanyalah kelompok main-main yang diciptakan untuk tujuan bercanda semata. Faktanya, kelompok ini ternyata dibentuk untuk tujuan yang serius.

Kerajaan Ubur-Ubur didirikan oleh pasangan suami istri bernama Rudi dan Aisyah. Keduanya juga mengklaim diri mereka sebagai pasangan raja dan ratu Kerajaan Ubur-Ubur. Kelompok tersebut memiliki anggota berjumlah 20 orang. Para anggota tersebut diklaim sebagai warga Kerajaan Ubur-Ubur.

Para anggota alias warga Kerajaan Ubur-Ubur diketahui kerap menggelar acara doa dan ritual bersama setiap hari Kamis malam hingga Jumat dini hari. Ritual tersebut digelar setiap pekan di kediaman raja dan ratu Kerajaan Ubur-Ubur di kota Serang, Banten.

Meskipun mereka menggelar ritual rutin di provinsi Banten, para anggota sekte ini umumnya justru berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aisyah selaku ratu Kerajaan Ubur-Ubur bisa merekrut anggota dari provinsi lain dengan memanfaatkan media sosial Instagram.

Selain menobatkan dirinya sendiri sebagai ratu, Aisyah juga mengklaim dirinya sebagai titisan Nyi Roro Kidul. Ia juga mengklaim kalau para anggota kelompoknya bisa mendapatkan uang hanya dengan mengikuti ritual doa bersama Kerajaan Ubur-Ubur.

Hal paling kontroversial terkait Kerajaan Ubur-Ubur adalah kelompok ini mengklaim kalau Nabi Muhammad adalah seorang wanita. Kelompok yang bersangkutan juga mengklaim kalau Kakbah bukan kiblat shalat, melainkan rumah nabi.

Atas sebab itulah, Kerajaan Ubur-Ubur pun dinyatakan sebagai kelompok sesat dan dibubarkan. Aisyah selaku pemimpin kelompok ini dijatuhi hukuman penjara 5 bulan atas tuduhan menyebarkan kebencian yang bermotifkan SARA.

Pondok Nabi

Pondok Nabi
Pondok Nabi via liputan6.com

Pondok Nabi adalah nama dari kelompok pimpinan Mangapin Sibuea yang pada tahun 2003 lalu sempat menarik perhatian publik. Pasalnya Sibuea mengklaim kalau kiamat akan terjadi mulai dari tanggal 10 November 2003 hingga 11 Mei 2007. Kiamat tersebut akan dimulai dari kota Bandung, kota yang kebetulan menjadi markas Pondok Nabi.

Sibuea juga mengklaim kalau ia bisa melontarkan ramalan macam itu karena mengaku mendapat suara dari surga. Menurut kesaksiannya, saat periode kiamat dimulai, Nabi Musa dan Elia akan turun ke Bumi.

Selama Nabi Musa dan Elia berada di Bumi, mereka akan mengumpulkan orang-orang beriman supaya bisa ke surga dan selamat dari bahaya kiamat. Saat periode kiamat sudah selesai, tidak akan ada lagi manusia yang tersisa di Bumi. Sibuea juga mengaku pernah beberapa kali melihat penampakan Roh Kudus.

Sekte Pondok Nabi diketahui memiliki anggota sebanyak 300 orang. Sebagian di antara mereka diketahui berasal dari tempat-tempat yang jauh seperti Maluku, Nusa Tenggara Timur, hingga Papua. Para anggota diharuskan menyerahkan seluruh harta bendanya kepada kelompok ini karena mereka diklaim tidak akan membutuhkan harta lagi saat kiamat sudah tiba.

Sepak terjang Sibuea dan kelompoknya lantas menarik perhatian lembaga Persekutuan Gereja Indonesia (PGI). Karena Sibuea dianggap sudah menyimpang dari ajaran Kristen dan menimbulkan keresahan publik, PGI pun melaporkan Sibuea kepada polisi. Mereka juga meminta kepada para pengikut Sibuea untuk segera bertobat.

Kerajaan Tuhan Lia Eden

Kerajaan Tuhan Lia Eden
Kerajaan Tuhan Lia Eden via pikiran-rakyat.com

Lia Eden adalah nama yang sempat menghebohkan rakyat Indonesia pada tahun 2000-an. Pasalnya wanita yang aslinya memiliki nama Lia Aminudin tersebut pernah membuat agama baru di Indonesia. Ia bahkan mengklaim kalau dirinya pernah menerima pesan dari Malaikat Jibril.

Lia pada awalnya lahir dan besar sebagai seorang Muslim. Namun sejak tahun 1998, Lia mulai mempelajari agama-agama lain yang ada di Indonesia. Hanya dua tahun berselang, Lia berani mencetuskan agama baru yang bernama Salamullah.

Kemunculan agama Salamullah langsung menjadi kontroversi karena agama ini nampak seperti hasil penggabungan dari agama-agama yang sudah lebih dulu ada. Dalam agama Salamullah, penganutnya melakukan shalat layaknya penganut Islam. Namun berbeda dengan penganut Islam, penganut agama versi Lia Eden diperbolehkan menggunakan 2 bahasa sekaligus.

Hal lain yang menjadi sorotan dari agama ciptaan Lia Eden adalah agamanya memperbolehkan penganutnya memakan babi. Ia juga menganjurkan kepada para pengikutnya untuk menggunduli kepala dan melukai diri memakai api.

Kontroversi terkait Lia belum sampai di sana. Ia mengaku pernah bertemu dengan Malaikat Jibril pada tahun 1997. Ia juga menyebut dirinya sebagai titisan Bunda Maria dan mengklaim kalau anaknya, Ahmad Mukti, adalah titisan Yesus Kristus. Lia kemudian mendirikan kelompok baru yang bernama Kerajaan Tuhan untuk mengumpulkan orang-orang yang meyakini ajarannya.

Sepak terjang Lia Eden lambat laun menyebabkan orang-orang di sekitarnya merasa gelisah. Bulan Desember 2005, Lia Eden akhirnya ditangkap di kediamannya di Jakarta Pusat. Ia kemudian dijatuhi hukuman penjara 2 tahun atas tuduhan melakukan penodaan terhadap agama.

Hal tersebut nyatanya tetap tidak membuat Lia Eden merasa jera. Pada bulan Desember 2008, Lia Eden lagi-lagi ditangkap oleh polisi akibat tuduhan serupa. Tindak tanduknya baru benar-benar berhenti setelah pada tahun 2021, Lia Eden dikabarkan meninggal dunia.

Sunda Empire

Sunda Empire
Sunda Empire via detik.com

Inilah nama kelompok yang belakangan ini begitu menimbulkan kehebohan. Pasalnya saat masih aktif, kelompok ini sempat melontarkan aneka macam klaim bernada bombastis dan turut melibatkan nama-nama terkenal dari luar negeri.

Sunda Empire adalah kelompok asal Jawa Barat yang mengklaim kalau mereka memiliki wilayah kekuasaan yang bukan hanya mencakup seluruh Indonesia, tetapi membentang mulai dari Korea hingga Australia.

Klaim Sunda Empire masih belum berhenti sampai di sana. Kelompok ini mengklaim kalau organisasi luar negeri macam PBB dan Pentagon aslinya merupakan organisasi yang berasal dari Bandung. Mereka bahkan mengklaim kalau tokoh-tokoh terkenal seperti Bill Gates dan Jack Ma akan bergabung dengan Sunda Empire.

Sunda Empire juga percaya kalau di kemudian hari, dunia akan dilanda bencana perang nuklir. Supaya orang-orang selamat dari bahaya perang nuklir, mereka dianjurkan untuk menjadi anggota Sunda Empire.

Sebagai kelompok yang mengklaim dirinya sebagai negara, Sunda Empire juga memiliki tokoh-tokoh pejabatnya sendiri. Jabatan Kaisar Sunda Empire ditempati oleh sosok yang bernama Raden Ratna Ningrum. Jabatan Perdana Menteri ditempati oleh Nasri Banks. Kemudian yang menempati jabatan Sekretaris Jenderal adalah Rangga Sasana.

Sunda Empire pertama kali menarik perhatian publik pada tahun 2020 ketika seorang netizen yang bernama Renny Khairani Miller giat mengunggah hal-hal seputar Sunda Empire di akun Facebook miliknya.

Bulan Januari 2020, polisi akhirnya memutuskan untuk turun tangan dan menangkap ketiga orang petinggi Sunda Empire. Mereka dijatuhi hukuman 2 tahun penjara atas tuduhan menyebarkan berita bohong.


Sumber :
https://www.liputan6.com/regional/read/4157559/kerajaan-ubur-ubur-kerajaan-aneh-yang-pernah-muncul
https://www.liputan6.com/news/read/4110327/ratusan-pengikut-sekte-pondok-nabi-menanti-kiamat-16-tahun-lalu
https://megapolitan.kompas.com/read/2021/04/11/17063641/ajaran-lia-eden-disebut-sesat-mulai-dari-halalkan-babi-hingga-izinkan?page=all
https://megapolitan.kompas.com/read/2021/04/11/16044751/mengenal-lia-eden-yang-mengaku-dapat-wahyu-dari-malaikat-jibril?page=all#
https://www.suara.com/news/2021/04/27/125148/sunda-empire-petinggi-kronologi-dipenjara-hingga-bebas-karena-asimilasi?page=all