Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Unik Hewan Memasuki Lapangan Sepak Bola di Tengah-Tengah Pertandingan

Anehdidunia.com - Di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan sepak bola, tidak jarang kita melihat ada suporter yang berlari memasuki lapangan dan mengganggu jalannya pertandingan. Namun bagaimana jika yang masuk ke dalam lapangan bukanlah manusia, melainkan hewan? Jika hewan yang masuk kebetulan merupakan hewan yang berbahaya, kemunculan hewan tersebut bakal langsung memicu kepanikan di antara pemain. Berikut ini adalah 5 contoh kasus hewan yang memasuki lapangan saat pertandingan tengah berlangsung.

Anjing

Anjing
Anjing via totabuan.newa

Anjing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Perilakunya yang bersahabat dan sifatnya yang mudah dilatih menyebabkan anjing kerap dijinakkan oleh manusia untuk beragam tujuan. Mulai dari untuk sekedar mengobati rasa sepi majikannya, menjadi hewan penjaga rumah, hingga membantu polisi melacak jejak penjahat.

Meskipun begitu, kadang-kadang anjing juga dianggap gangguan jika kebetulan anjing muncul di waktu dan tempat yang salah. Kurang lebih hal itulah yang terjadi dalam pertandingan sepak bola antara Radnicki 1923 Kragujevac melawan Kolubara Lazarevac pada bulan Februari 2021 lalu.

Saat pertandingan persahabatan yang mempertemukan dua klub asal Serbia tersebut tengah berlangsung, mendadak ada seekor anjing berwarna hitam yang berlari memasuki lapangan. Anjing tersebut kemudian berlari mengejar-ngejar bola yang tengah bergulir di lapangan. Seolah-olah anjing tersebut juga ingin merasakan menjadi pemain sepak bola.

Anjing tersebut lantas diusir keluar lapangan supaya pertandingan bisa dilanjutkan. Namun setiap kali anjing tersebut sudah diusir, anjing tersebut bakal langsung masuk kembali ke dalam lapangan tak lama kemudian. Total, anjing tersebut sudah 4 kali memasuki lapangan permainan.

Wasit Marko Ivkovic yang memimpin pertandingan lantas iseng mengeluarkan kartu merahnya ke arah anjing tersebut. Saat foto peristiwa tersebut beredar di internet, foto tersebut dengan cepat langsung menarik perhatian netizen. Mungkin sudah waktunya kita memiliki kesebelasan sepak bola khusus anjing.

Kucing

Kucing
Kucing via jebreeetmedia.com

Wolverhampton Wanderers adalah klub sepak bola yang berasal dari Inggris. Klub ini juga dikenal dengan nama singkat The Wolves (Kawanan Serigala) karena klub dengan warna kebanggaan emas dan hitam ini menggunakan gambar kepala serigala berwarna hitam sebagai lambang klubnya.

Pada bulan Februari 2019 lalu, pertandingan antara Wolverhampton melawan Everton sempat diramaikan dengan kedatangan hewan berwarna hitam. Namun hewan yang menampakkan diri di pertandingan tersebut bukanlah serigala, melainkan kucing.

Kucing tersebut muncul di menit 60-an di tengah-tengah lapangan Stadion Goodison Park, stadion kandang Everton. Kemunculan kucing tersebut dengan cepat menarik perhatian orang-orang yang sedang menyaksikan jalannya pertandingan.

Seolah-olah tidak memperedulikan keriuhan yang ada di sekitarnya, kucing tersebut dengan cekatan berkeliaran dari tengah lapangan hingga ke belakang gawang Wolverhampton. Pertandingan pun terpaksa harus dihentikan sejenak supaya petugas bisa mengeluarkan kucing tersebut dari lapangan.

Munculnya kucing secara tiba-tiba di tengah pertandingan tak pelak langsung mengundang beragam komentar dari netizen. Akun Twitter resmi klub Wolverhampton juga tidak ketinggalan mengomentari peristiwa tersebut dengan cara menyebut kucing tersebut sebagai “purrpetrator”, gabungan dari kata “fur” (bulu) dan “perpetrator” (pelanggar hukum).

Bagi suporter Everton sendiri, kemunculan kucing tersebut bisa sedikit menjadi hiburan bagi mereka. Pasalnya dalam pertandingan tersebut, Everton harus menanggung kekalahan dengan skor 1-3.

Lebah

Lebah
Lebah via skanaa.com

Lebah merupakan hewan yang bermanfaat bagi manusia. Pasalnya dari hewan inilah, manusia mendapatkan madu yang terkenal dengan rasanya yang manis dan reputasinya sebagai campuran makanan yang menyehatkan. Lebah juga membantu proses perkembangbiakan tanaman dengan cara menyerbuki bunga.

Meskipun lebah terkenal akan manfaatnya, manusia justru cenderung menjaga jarak saat berpapasan dengan lebah. Pasalnya jika merasa terganggu, lebah bisa memberikan sengatan yang amat menyakitkan.

Hal itulah yang menjadi penyebab kenapa kemunculan lebah di lapangan sepak bola bakal langsung menimbulkan kepanikan. Contoh dari peristwa tersebut pernah terjadi pada bulan Desember 2019 lalu di Dar Es Salam, Tanzania.

Pada awalnya, klub Young Africans bertanding melawan Iringa United di Stadion Uhuru. Namun saat pertandingan memasuki menit ke-53, mendadak ada kawanan lebah yang memasuki stadion.

Kawanan lebah tersebut bukan hanya mengusik para pemain, tetapi juga sejumlah penonton. Akibatnya, pertandingan pun terpaksa dihentikan sementara karena mereka yang ada di stadion kini sibuk mencoba melindungi diri mereka sendiri supaya tidak disengat.

Meskipun insiden tersebut jelas begitu mengganggu, para pemain dan pendukung kesebelasan Young Africans pada akhirnya tetap bisa tersenyum lebar. Pasalnya saat pertandingan dilanjutkan kembali, mereka berhasil memenangkan pertandingan dengan skor meyakinkan 4-0.

Ayam

Ayam
Ayam via sport.detik.com

Ayam bukanlah hewan yang asing bagi manusia. Pasalnya hewan ini merupakan salah satu hewan yang paling banyak diternakkan oleh manusia karena dagingnya merupakan bahan makanan yang amat lezat. Ayam juga bisa diternakkan untuk diambil bulu dan telurnya.

Meskipun ayam merupakan hewan yang jamak dijumpai oleh manusia, melihat ayam berada di tempat macam lapangan sepak bola bukanlah hal yang normal. Namun hal itulah yang terjadi dalam pertandingan antara Blackburn dan Wigan pada bulan Mei 2012.

Blackburn dan Wigan merupakan 2 klub Liga Premier Inggris yang pada waktu sama-sama sedang berjibaku menghindari bahaya degradasi atau turun kasta. Sahabat anehdidunia.com saat pertandingan tengah sengit-sengitnya berlangsung, mendadak ada ayam yang masuk ke tengah lapangan.

Uniknya, ayam tersebut masuk ke lapangan dengan kain bergambar logo dan slogan klub Blackburn di punggungnya. Sebuah pertanda bahwa ayam tersebut sudah disiapkan oleh pendukung Blackburn untuk dilepaskan ke dalam lapangan secara sengaja.

Ayam tersebut dilepaskan ke dalam lapangan saat pertandingan tengah berlangsung karena fans Blackburn merasa tidak puas dengan kondisi timnya. Sejak Blackburn dibeli oleh pengusaha Venky, performa Blackburn di liga justru terus mengalami kemerosotan. Alasan kenapa ayam yang digunakan sebagai wujud protes adalah karena Venky bergerak di bidang restoran ayam.

Meskipun pemandangan tersebut terlihat jenaka, pertandingan tersebut juga dikenang sebagai momen kelam bagi pendukung Blackburn. Pasalnya di akhir pertandingan, Blackburn harus kalah dengan skor 0-1. Kekalahan tersebut sekaligus menyebabkan Blackburn harus terdegradasi ke divisi bawah.

Ular

Ular
Ular via bola.net

Ular merupakan hewan yang ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya beberapa jenis ular memiliki racun yang berbahaya bagi manusia. Ular-ular yang tidak beracun juga tetap bisa membahayakan manusia jika kebetulan ular tersebut merupakan ular pelilit berukuran besar.

Oleh sebab itulah, ketika ada ular yang memasuki lapangan sepak bola, kemunculan ular tersebut bakal langsung menimbulkan kepanikan oleh orang-orang yang sedang berada di atas lapangan.

Insiden macam itu pernah terjadi pada bulan April 2022 lalu di Guatemala, sebuah negara di Amerika Tengah. Di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan antara klub Nueva Concepcion dan Municipal, mendadak ada ular berukuran besar yang muncul di tengah lapangan pada menit ke-82.

Ular tersebut merayap memasuki lapangan sebelum kemudian bergerak ke kotak penalti Municipal. Begitu melihat ular tersebut, para pemain kedua tim langsung merasa kaget dan berlarian meninggalkan lapangan.

Komentator dan suporter yang sedang melihat pertandingan pada awalnya merasa bingung kenapa para pemain kedua tim mendadak berlari meninggalkan lapangan. Pasalnya ular tersebut tidak terlihat jelas dari kejauhan karena tersamar di antara rumput.

Polisi huru hara yang ditugaskan menjaga keamanan stadion pada awalnya berniat membunuh ular tersebut dengan perisai. Namun setelah petugas pemadam kebakaran ikut dilibatkan, ular tersebut pada akhirnya berhasil dibawa keluar hidup-hidup.


Sumber :
https://indianexpress.com/article/trending/trending-globally/dog-sent-off-by-referee-serbia-7178304/
https://www.boredpanda.com/football-match-liverpool-interrupted-cat/
https://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-7822401/Players-dive-cover-game-swarm-bees-invade-pitch.html
https://www.bbc.com/sport/football/17890899
https://www.sportsbrief.com/football/11882-footballers-run-cover-huge-snake-invades-pitch-league-match/