Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pengobatan Modern yang Bakal Membuat Anda Tercengang Ketakutan

Anehdidunia.com - Kemajuan teknologi menyebabkan orang-orang kini memiliki tingkat harapan hidup yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang hidup di zaman dahulu. Selain karena teknologi pengobatan sudah semakin canggih, penduduk di masa kini semakin mudah mengakses air bersih dan makanan dengan gizi yang berimbang.

Namun kian majunya teknologi pengobatan tidak lantas membuat metode pengobatan yang prosedurnya menakutkan benar-benar ditinggalkan. Berikut ini adalah teknik-teknik pengobatan yang dimaksud.

Mengubah Bentuk Hidung dengan Alat Pahat

Mengubah Bentuk Hidung dengan Alat Pahat
Mengubah Bentuk Hidung dengan Alat Pahat via alodokter.com

Hidung adalah bagian tubuh manusia yang terletak di atas mulut. Meskipun nampak remeh, hidung aslinya merupakan salah satu bagian tubuh terpenting bagi manusia. Pasalnya manusia bernapas dengan menggunakan hidung yang terhubung dengan organ paru-paru.

Hidung juga menjadi lokasi organ penciuman, organ yang digunakan oleh manusia untuk membedakan bau.

Masing-masing orang memiliki bentuk dan ukuran hidung yang berbeda-beda. Memiliki hidung yang bentuknya ideal adalah dambaan bagi mereka yang mengutamakan ketampanan atau kecantikan. Sejumlah orang yang memiliki uang lebih bahkan sampai bersedia repot-repot melakukan operasi untuk mengubah bentuk hidungnya.

Namun pernahkah anda membayangkan, bagaimana sebenarnya operasi untuk mengubah bentuk hidung dilakukan? Metode yang digunakan oleh kalangan dokter untuk mengubah bentuk hidung ternyata lumayan mencengangkan. Pasalnya saat melakukan operasi, dokter menggunakan peralatan seperti palu dan alat pahat khusus.

Operasi untuk mengubah bentuk hidung dikenal dengan sebutan rhinoplasty. Saat melakukan rhinoplasty, mula-mula dokter akan membius pasien terlebih dahulu supaya operasinya tidak berlangsung menyakitkan.

Sesudah membius, dokter akan memasukkan alat pahat ke dalam lubang hidung. Sahabat anehdidunia.com hal berikutnya yang bakal dilakukan oleh dokter adalah memukulkan palunya pada alat pahat tadi.

Saat melakukan prosedur ini, akan ada bagian tulang rawan pada hidung yang hancur. Namun hal tersebut memang disengaja karena ada saat tulang rawan yang rusak, bentuk hidung akan ikut mengalami perubahan.

Jika diperlukan, dokter juga bakal memasangkan potongan tulang rawan yangbaru ke dalam hidung hingga bentuk hidungnya sesuai dengan keinginan dokter dan pasien.

Operasi Mata Bak Adegan Film Horor

Operasi Mata Bak Adegan Film Horor
Operasi Mata Bak Adegan Film Horor via kompas.com

Mata merupakan organ tubuh yang begitu vital bagi manusia. Alasannya tentu sudah menjadi pengetahuan kita semua.

Ya, manusia menggunakan mata untuk melihat dan melakukan aneka macam aktivitas yang memerlukan indra penglihatan. Mulai dari membaca, membedakan benda, berjalan tanpa menabrak, dan lain sebagainya.

Karena mata memiliki peran yang begitu penting, manusia pun selalu diwanti-wanti untuk melindungi matanya dan menjauhkan matanya dari benda-benda berbahaya.

Namun hal sebaliknya justru terjadi dalam operasi mata, khususnya operasi untuk memperbaiki posisi retina. Pasalnya dalam operasi ini, dokter justru dengan sengaja membedah bola mata pasiennya dengan sinar laser atau pisau bedah. Gilanya lagi, operasi mata biasanya dilakukan saat pasien masih berada dalam kondisi sepenuhnya sadar. Seram!

Organ mata tidak memiliki syaraf nyeri. Jadi pasien tidak akan merasakan apa-apa saat dokter membedah mata pasiennya. Namun tetap saja, membayangkan kalau ada sesuatu yang merogoh-rogoh rongga mata kita bakal membuat siapapun keburu merasa ngeri duluan.

Salah seorang pasien operasi retina menjelaskan pengalamannya saat menjalani operasi. Ia tidak bisa melihat ataupun merasakan apa-apa selama operasi berlangsung. Namun ia tahu kalau ada sesuatu yang sedang bergerak-gerak di wajahnya. Ia bahkan bisa mendengar suara peralatan bedah yang digunakan oleh dokter.

Memeriksa Otak dengan Cara Memasukkan Alat Panjang ke Hidung

Memeriksa Otak dengan Cara Memasukkan Alat Panjang ke Hidung
Memeriksa Otak dengan Cara Memasukkan Alat Panjang ke Hidung via doktersehat.com

Satu lagi teknik pengobatan modern yang melibatkan hidung. Hidung bukan hanya memiliki peran dalam sistem pernapasan dan penciuman, tapi juga sebagai jalur akses terdekat untuk mencapai otak. Pasalnya rongga hidung letaknya berada tepat di bawah otak.

Atas sebab itulah, saat dokter ingin memeriksa apakah pasien memiliki tumor otak, ia akan memeriksanya melalui rongga hidung.

Untuk keperluan ini, mula-mula dokter akan memasukkan fiberskop dan curette ke dalam hidung hingga mencapai langit-langit rongga hidung.

Fiberskop adalah benda menyerupai selang yang fungsinya adalah untuk melihat bagian dalam tubuh layaknya teleskop, sementara curette adalah alat untuk mengambil serpihan jaringan tubuh.

Meskipun prosedur ini sepintas tidak berbahaya, metode ini tergolong sangat tidak nyaman. Lagipula siapa juga yang bersedia membiarkan hidungnya dimasuki oleh benda panjang?

Menambal Kulit dengan Cara Menyobek Kulit

Menambal Kulit dengan Cara Menyobek Kulit
Menambal Kulit dengan Cara Menyobek Kulit via kompas.com

Sebagai bagian tubuh yang menutupi hampir seluruh permukaan tubuh manusia, kulit memiliki peran penting dalam melindungi tubuh bagian dalam supaya aman dari kotoran.

Kulit memiliki sifat yang kuat sekaligus lentur. Namun hal tersebut tidak lantas membuat kulit benar-benar aman sama sekali. Kulit juga bisa terluka jika terkena benda tajam atau gesekan yang terlalu keras.

Jika lukanya kecil, maka luka tersebut akan sembuh dan kulit akan menutup dengan sendirinya. Namun jika lukanya terlalu parah (misalnya karena orang tersebut sekujur badannya terkena api), maka mau tidak mau kulit orang tersebut harus dicangkok dengan lapisan kulit yang baru.

Cangkok kulit dilakukan dengan cara mengambil lembaran kulit dari bagian tubuh yang lain, lalu menyelimutkannya pada bagian kulit yang mengalami kerusakan. Biasanya bagian tubuh yang lapisan kulitnya diambil untuk keperluan cangkok adalah kulit pantat, punggung, atau kaki.

Dengan membaca penjelasan di atas, maka mungkin anda langsung membayangkan kalau orang yang hendak menjalani cangkok kulit bakal dikuliti hidup-hidup terlebih dahulu. Bayangan tersebut sama sekali tidak salah karena memang demikianlah adanya.

Sesudah mengambil lapisan kulit dengan memakai mesin khusus, kulit tadi akan ditempelkan pada bagian kulit yang rusak. Proses penempelan dilakukan dengan memakai stapler khusus kulit.

Sesudah cangkok kulit selesai dijalankan, masalah tidak lantas berhenti. Pasalnya kadang-kadang kulit yang ditempelkan gagal membaur dengan bagian kulit yang lain. Jika itu sampai terjadi, lapisan kulit hasil cangkok tadi bakal mengering dan mengelupas dengan sendirinya. Hiiii...

Memasukkan Tinja ke Anus Orang Lain

Memasukkan Tinja ke Anus Orang Lain
Memasukkan Tinja ke Anus Orang Lain via kompas.com

Anus adalah bagian tubuh yang paling pribadi. Anus juga memiliki reputasi sebagai salah satu bagian tubuh paling menjijikan. Pasalnya manusia buang air besar melalui anus. Jika tidak sedang membersihkan diri, orang normalnya tidak akan mau menyentuh anusnya sendiri.

Karena menyentuh anus sendiri dirasa begitu menjijikkan, maka sudah barang tentu orang normalnya tidak akan mau menyentuh tinja. Pasalnya jangan menyentuh, melihat atau mencium bau tinja saja sudah bakal membuat orang merasa mual.

Namun bagi orang yang memiliki masalah pada ususnya, maka ia harus rela membiarkan anusnya dimasuki dengan tinja orang lain. Ya, anda tidak salah baca. Ada teknik pengobatan yang prosedurnya adalah memasukkan tinja orang lain ke dalam anus pasien memakai alat khusus.

Usus manusia mengandung begitu banyak bakteri yang membantu proses pembusukan sisa-sisa makanan hingga menjadi tinja.

Namun jika bakteri tertentu jumlahnya menjadi lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, orang tersebut akan mengalami masalah pada pencernaannya. Untuk mengatasinya, tinja yang mengandung bakteri pun dimasukkan ke dalam usus orang yang bersangkutan dengan memakai alat kolonoskopi.


Sumber :
https://listverse.com/2021/12/04/10-modern-medical-treatments-that-might-surprise-you/