Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Unik Benda-Benda yang Berbentuk Lingkaran

Sejumlah benda yang sehari-hari kita jumpai memiliki bentuk lingkaran. Namun tahukah kalau di masa lalu, benda-benda seperti bola hingga uang logam awalnya tidak berbentuk lingkaran? Berikut ini adalah sejarah unik di balik benda-benda tadi, serta alasan kenapa benda yang bersangkutan sekarang menggunakan bentuk lingkaran.

Bola Sepak

Bola Sepak
Bola Sepak via detik.com

Sepak bola adalah salah satu olah raga paling terkenal di dunia, termasuk di Indonesia. Olah raga ini begitu populer karena mudah dimainkan, namun tetap menuntut keterampilan individu dan kerja sama tim yang kompak.

Inti dari permainan sepak bola sendiri adalah pemain harus memainkan bola dan memasukannya ke gawang tim lawan dengan memakai kaki. Dengan pengecualian untuk penjaga gawang, pemain sepak bola hanya boleh menggunakan kaki dan kepalanya untuk menyentuh bola.

Bola yang digunakan dalam permainan sepak bola bentuknya bulat. Karena bola sepak memiliki bentuk yang begitu khas, bola pun menjadi nama untuk meyebut bangun ruang yang bentuknya bulat sempurna.

Namun jika kita mundur hingga ke masa lampau, bola dalam permainan sepak bola ternyata tidak selalu berbentuk bulat. Pada awalnya, bola untuk permainan bola sepak justru berbentuk lonjong layaknya telur.

Bola pada awalnya berbentuk lonjong karena bola terbuat dari organ kandung kemih babi atau domba yang kebetulan berbentuk lonjong. Kemudian supaya bolanya tidak mudah rusak saat ditendang ke sana kemari, bola berbahan kandung kemih tadi dilapisi dengan kulit.

Memasuki tahun 1860-an, orang-orang mulai beralih menggunakan bola pompa yang terbuat dari karet dan kulit. Sejak itulah, bola yang bentuknya bulat sempurna pun menjadi bola yang digunakan dalam permainan sepak bola.

Kelebihan utama bola bulat jika dibandingkan dengan bola lonjong adalah arah pantulannya jauh lebih mudah untuk diprediksi. Berbeda dengan bola lonjong yang arah pantulannya tidak jelas dan sulit diperkirakan.

Bola berbentuk lonjong memang sudah tidak digunakan dalam olah raga sepak bola, namun masih digunakan dalam permainan bola sepak khas Amerika (Americam football). Bola berbentuk lonjong masih tetap digunakan dalam permainan Americam football karena dalam permainan tersebut, bola lebih banyak dipegang oleh pemain ketimbang ditendang.

Jendela Pesawat

Jendela Pesawat
Jendela Pesawat via kompas.com

Pesawat sekarang menjadi salah satu metode transportasi yang banyak digunakan untuk mereka yang ingin bepergian jauh. Selain karena pesawat bisa melaju lebih kencang dibandingkan mode transportasi lainnya, pesawat bisa melewati darat dan laut sama baiknya.

Seperti kendaraan umum lainnya, pesawat juga dilengkapi dengan jendela. Namun berbeda dengan kendaraan seperti bus atau kereta yang jendelanya berbentuk segi empat, jendela pesawat bentuknya menyerupai lingkaran atau segi empat yang sudutnya tumpul.

Pesawat sendiri pada awalnya memiliki jendela yang berbentuk segi empat. Namun akibat musibah yang terjadi pada tahun 1953, jendela pesawat diubah bentuknya menjadi lebih bundar.

Pesawat yang menggunakan jendela yang bersudut siku-siku menghadapi resiko lebih besar untuk mengalami kecelakaan di tengah penerbangan. Pasalnya saat pesawat naik dan turun, terjadi perubahan tekanan udara di sekeliling pesawat.

Lama kelamaan, bagiaj sudut jendela tidak kuat menanggung beban dari perubahan tekanan udara. Akibatnya, jendela pesawat bisa retak secara tiba-tiba di tengah penerbangan dan membahayakan penumpangnya.

Namun hal tersebut bisa dihindari jika pesawat menggunakan jendela berbentuk lingkaran atau bersudut tumpul. Pasalnya bentuk macam itu membuat beban dari perubahan tekanan udara terdistribusi secara merata di permukaan jendela pesawat.

Donat

Donat
Donat via tokopedia.com

Donat adalah salah satu jenis kue yang paling terkenal. Makanan ini amat mudah dikenali dengan melihat bentuknya yang bundar dan berlubang di tengahnya. Bentuk donat yang khas menyebabkan makanan ini seolah-olah terlihat menyerupai cincin atau gelang yang tebal.

Ada beberapa teori mengenai awal mula kenapa donat bisa memiliki bentuk yang demikian khas. Menurut salah satu teori, awalnya ada seorang koki yang menciptakan kue cikal bakal donat dengan telur di tengahnya.

Kue tersebut ternyata kerap berada dalam kondisi kurang matang di bagian tengahnya, namun terlalu matang di bagian luarnya. Sebagai jalan keluarnya, bagian tengah kue dihilangkan hingga bentuknya menjadi seperti cincin.

Kalau menurut teori lain yang lebih banyak dipercaya, donat merupakan hasil ciptaan dari seorang pelaut yang bernama Hanson Gregory (1832-1921). Gregory konon awalnya menciptakan donat untuk menghemat bahan makanan di atas kapal.

Lampu Bohlam

Lampu Bohlam
Lampu Bohlam via s-gala.com

Rasanya sulit membayangkan hidup tanpa lampu. Jika manusia harus menghabiskan malam tanpa lampu, maka kehidupan orang tersebut bakal dipenuhi oleh suasana yang gelap gulita.

Menyalakan api pun tidak langsung menyelesaikan masalah karena api memancarkan asap yang bisa mengganggu pernapasan. Api yang dibiarkan menyala tanpa pengawasan juga bisa padam secara tiba-tiba atau malah berkobar terlalu besar.

Atas sebab itulah, bohlam atau bola lampu pun kemudian diciptakan. Seiring dengan semakjn majunya teknologi, bola lampu yang beredar pun kini semakin beragam warna dan tingkat kecerahannya.

Bola lampu di masa kini juga memiliki wujud yang amat beragam. Namun kalau di masa lallu, bola lampu bentuknya menyerupai lingkaran dengabn tambahan silinder di bagian atas atau bawahnya.

Bohlam berbentuk menyerupai lingkaran karena itulah bentuk terbaik supaya cahaya yang dipancarkan oleh bohlam bisa tersebar secara merata. Kemudian tepat di tengah-tengah bohlam, terdapat filamen listrik yang menjadi sumber cahaya.

Seiring kian majunya teknologi, muncul lampu neon atau led yang bisa memancarkan cahaya jauh lebih terang dibandingkan bohlam kuning biasa. Dampaknya, lampu neon tidak lagi wajib menggunakan bentuk lingkaran karena dengan bentuk lain, lampunya tetap bisa memancarkan cahaya secara merata.

Uang Logam

Uang Logam
Uang Logam via motorplus-online.com

Uang merupakan benda yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Peran uang sebagai alat pembayaran dalam aneka macam transaksi menjadikan benda ini sebagai benda yang paling dicari oleh manusia dalam menjalani profesinya.

Berdasarkan bentuknya, uang bisa dibedakan menjadi uang kertas dan uang logam. Uang kertas wujudnya lebih ringan dibanding uang logam dan bisa dibawa dalam jumlah serts nominal yang jauh lebih banyak.

Di masa kini, uang kertas jauh lebih sering digunakan ketimbang uang logam karena lebih praktis dan ringan untuk dibawa ke mana-mana. Kalau di masa lampau, uang logam yang lebih banyak digunakan karena lebih awet dan lebih susah dipalsukan.

Uang logam pada awalnya dibuat dari emas dan perak karena kedua logam tersebut memiliki nilai yang tinggi. Pada awalnya uang logam atau koin tidak dibuat berbentuk lingkaran, melainkan oval dan segi empat.

Menurut sejarawan Yunani Kuno yang bernama Herodotus, uang logam awalnya digunakan oleh penduduk Lydia (sekarang terletak di Turki). Dari sana, penggunaan uang logam sebagai alat pembayaran kemudian ditiru oleh bangsa Yunani dan Romawi.

Koin yang digunakan oleh bangsa Yunani berbentuk lingkaran supaya koin tersebut lebih sulit untuk dipotong dan dicuri bagian pinggirannya tanpa meninggalkan bekas. Koin yang bentuknya bundar juga lebih mudah untuk ditumpuk dan disimpan. Sejak itu, koin pun selalu dibuat dalam wujud bundar.


Sumber :
https://www.theguardian.com/football/2000/aug/06/newsstory.sport21
https://listverse.com/2019/08/20/10-explanations-of-the-shapes-used-for-everyday-things/