Berita Aneh Unik

Kereta Peluru China Tercepat Di Dunia

25 Mar 2012


Negeri Tirai Bambu, Cina menyatakan telah berhasil memproduksi kereta api tercepat yang ada di atas permukaan bumi. Kereta yang dinamai CRH380 tersebut diklaim dapat berlari hingga 300 mil per-jam, dimana kecepatan itu diperoleh berkat desain badan kereta yang aerodinamis, serta berbahan ringan, yaitu plastik yang diperkuat oleh serat karbon.

Seperti dinilai oleh pakar kereta api Cina, Shen Zhiyun, yang dikutip dari Dailymail, Selasa (27/12/2011). Kecepatan yang dimiliki CRH380, melampaui rekor kecepatan yang ditorehkan oleh kereta api CRH380A, yang dapat berlari hingga 100 mil per jam. Kereta api yang juga pabrikan Cina tersebut, diresmikan oleh rezim Komunis Cina pada awal tahun ini, dan dapat menempuh perjalanan 824 mil antara Beijing dan Shanghai dalam lima jam, dengan rekor kecepatan tertinggi 200 mil per jam dan kecepatan rata-rata 165 mil per jam.

Namun kereta api masa depan Cina tersebut tidak akan berjalan pada kecepatan tinggi. Menurut Kepala CSR, perusahaan produsen kereta api tersebut, Xiaogang Zhao mengatakan pihaknya lebih mengutamakan keselamatan penumpang daripada kecepatan. "Kami bertujuan untuk menjamin keselamatan," katanya.

Cina diketahui merupakan rumah bagi jaringan rel kereta peluru di dunia. Ini dibuktikan dengan keberadaan 8.000 mil rel yang menghubungkan wilayah-wilayah di negara besar tersebut. Pemerintah Cina telah merogoh kocek sebesar 700 miliar Yuan atau mencapai Rp998,3 triliun (kurs Rp 1.426 per Yuan) untuk membangun infrastruktur tersebut. Pada 2015, Cina menggandakan panjang rel kereta api mereka sepanjang 8.000 mil.


Baca juga Cara Agar Tetap Mesra Setelah Berhubungan


Sumber:tribunnews.com

Related Article

Paling Aneh