Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Dan Misteri Samurai Dari Jepang

Samurai adalah anggota kasta militer yang kuat di negara feodal Jepang, dimulai sebagai prajurit provinsi sebelum naik ke tampuk kekuasaan pada abad ke-12 dengan dimulainya kediktatoran militer pertama di negara itu, yang dikenal sebagai keshogunan. Sebagai pelayan daimyos atau bangsawan besar, sang samurai mendukung otoritas shogun dan memberinya kekuasaan atas mikado (kaisar). Samurai akan mendominasi pemerintahan dan masyarakat Jepang sampai Restorasi Meiji tahun 1868 menyebabkan penghapusan sistem feodal. Meskipun kehilangan hak istimewa tradisional mereka, banyak samurai yang memasuki jajaran elit politik dan industri di Jepang modern. Lebih penting lagi, kode samurai kehormatan, disiplin dan moralitas tradisional yang dikenal sebagai bushido atau “jalan sang prajurit” yang dihidupkan kembali dan dijadikan kode etik dasar bagi sebagian besar masyarakat Jepang.


Awal Samurai
Selama Periode Heian (794-1185), samurai adalah pendukung bersenjata pemilik tanah kaya banyak dimana di antaranya meninggalkan istana kekaisaran untuk mencari kekayaan mereka sendiri setelah ditutup karena kekuasaan klan Fujiwara yang kuat. Kata “samurai” secara kasar diterjemahkan menjadi “orang-orang yang melayani.” (Kata lain yang lebih umum untuk seorang pejuang adalah “bushi”, dimana bushido diturunkan dan kata ini tidak memiliki konotasi pelayanan kepada seorang tuan.)

Dimulai pada pertengahan abad ke-12, kekuatan politik yang nyata di Jepang bergeser secara bertahap dari kaisar dan bangsawannya di Kyoto dengan kepala-kepala suku di perkebunan besar di negara mereka. Perang Gempei (1180-1185) mengadu domba dua dari klan besar ini Taira dan Minamoto yang dominan satu sama lain dalam perjuangan mengendalikan negara Jepang. Perang berakhir ketika salah satu pahlawan samurai paling terkenal dalam sejarah Jepang, Minamoto Yoshitsune, memimpin klannya untuk menang melawan Taira di dekat desa Dan-no-ura.

Munculnya Periode Samurai & Kamakuram
Pemimpin kemenangan Minamoto Yoritomo (saudara tiri Yoshitsune), memimpin ke pengasingan dan mendirikan pusat pemerintahan di Kamakura. Pembentukan Keshogunan Kamakura merupakan sebuah kediktatoran militer turun temurun, mengalihkan semua kekuatan politik nyata di Jepang ke samurai. Karena otoritas Yoritomo bergantung pada kekuatan mereka, dia berusaha keras untuk menetapkan dan menentukan status istimewa samurai. Tak ada yang bisa menyebut dirinya samurai tanpa izin Yoritomo.

Zen Buddhisme, diperkenalkan ke Jepang dari Cina sekitar waktu itu, mendapat banyak daya tarik bagi banyak samurai. Ritualnya yang keras dan sederhana, serta keyakinan bahwa keselamatan akan datang dari dalam, memberikan latar belakang filosofis yang ideal untuk kode perilaku samurai sendiri. Juga selama periode Kamakura, pedang menjadi sangat penting dalam budaya samurai. Kehormatan seorang pria dikatakan berada di dalam pedangnya dan keahlian pedang, termasuk bilah pedang, tatahan emas dan perak dan sharkskin handgrips menjadi seni tersendiri.

Jepang dalam Kekacauan: Keshogunan Ashikaga
Strain mengalahkan dua invasi Mongol pada akhir abad ke-13 melemahkan Keshogunan Kamakura, yang jatuh pada sebuah pemberontakan yang dipimpin oleh Ashikaga Takauji. Keshogunan Ashikaga, yang berpusat di Kyoto, dimulai sekitar tahun 1336. Selama dua abad berikutnya, Jepang berada dalam keadaan konflik yang nyaris konstan antara klan teritorial yang berperang. Setelah Perang Onin yang sangat memecah belah pada 1467-77, shogun Ashikaga tidak lagi efektif dan feodal Jepang tidak memiliki otoritas pusat yang kuat. Tuan tanah setempat dan samurai mereka melangkah lebih jauh untuk mempertahankan hukum dan ketertiban.

Terlepas dari kerusuhan politik, periode ini dikenal sebagai Muromachi setelah distrik dengan nama di Kyoto dan melihat ekspansi ekonomi yang cukup besar di Jepang. Ini juga merupakan zaman keemasan untuk seni Jepang, karena budaya samurai berada di bawah pengaruh Zen Buddhisme yang semakin meningkat. Selain bentuk seni Jepang yang sekarang terkenal seperti upacara minum teh, taman batu dan rangkaian bunga, teater dan lukisan juga berkembang selama periode Muromachi.

Samurai di Bawah Keshogunan Tokugawa
Sengoku-Jidai atau Periode Negara pada Perang akhirnya berakhir pada tahun 1615 dengan penyatuan Jepang di bawah Tokugawa Ieyasu. Periode ini mengantarkan perdamaian dan kemakmuran selama 250 tahun di Jepang dan untuk pertama kalinya samurai mengambil alih tanggung jawab untuk memerintah melalui sarana sipil daripada melalui kekuatan militer. Ieyasu mengeluarkan “peraturan untuk rumah militer”, dimana samurai diberi tahu untuk berlatih menggunakan senjata dan belajar “sopan” sesuai dengan prinsip-prinsip Konfusianisme.

Keyakinan yang relatif konservatif ini, dengan penekanan pada kesetiaan dan tugas, mengalahkan Buddhisme selama periode Tokugawa sebagai agama dominan samurai. Pada periode inilah prinsip-prinsip bushido muncul sebagai kode etik umum bagi masyarakat Jepang pada umumnya. Meskipun bushido bervariasi di bawah pengaruh pemikiran Buddhis dan Konfusianisme, semangat prajuritnya tetap konstan, termasuk penekanan pada keterampilan militer dan keberanian dalam menghadapi musuh. Bushido juga menekankan berhemat, kebaikan, kejujuran dan perhatian pada anggota keluarga seseorang terutama sesepuh seseorang.

Di Jepang yang damai, banyak samurai dipaksa menjadi birokrat atau mengambil beberapa jenis perdagangan, bahkan saat mereka mempertahankan konsepsi mereka tentang diri mereka sendiri sebagai orang-orang yang berperang. Pada tahun 1588, hak untuk membawa pedang dibatasi hanya pada samurai, yang menciptakan perpisahan yang lebih besar antara mereka dan kelas petani-petani. Samurai selama periode ini menjadi “pri dua pedang”, mengenakan pedang pendek dan panjang sebagai tanda keistimewaannya. Namun, kesejahteraan material dari banyak samurai benar-benar menurun selama Keshogunan Tokugawa. Samurai secara tradisional mencari nafkah dengan gaji tetap dari pemilik tanah. Karena tunjangan menurun, banyak samurai tingkat rendah merasa frustrasi karena ketidakmampuan mereka memperbaiki situasi mereka.

Restorasi Meiji dan Akhir Feodalisme
Di pertengahan-19 abad, stabilitas dari rezim Tokugawa diruntuhkan oleh kombinasi faktor, termasuk petani kerusuhan akibat kelaparan dan kemiskinan. Serangan dari kekuasaan Barat ke Jepang, yang terutama kedatangan Komodor Matthew Perry C. Angkatan Laut AS pada tahun 1853 dengan sebuah misi untuk mendapatkan Jepang untuk membuka pintu ke internasional perdagangan. Pada tahun 1858, Jepang menandatangani perjanjian komersial dengan Amerika Serikat, diikuti oleh orang-orang yang serupa dengan Rusia, Britania, Perancis dan Belanda. Keputusan kontroversial untuk membuka negeri Barat perdagangan dan investasi membantu mendorong resistensi terhadap Keshogunan antara kekuatan-kekuatan yang konservatif di Jepang, termasuk banyak samurai yang mulai dipanggil untuk restorasi kekuasaan kaisar.

Klan menggabungkan kekuatan Choshu dan Satsuma yang berusaha untuk menggulingkan Keshogunan Tokugawa dan mengumumkan sebuah “restorasi kekaisaran” yang dinamai untuk Kaisar Meiji pada awal 1868. Feudalisme secara resmi dihapuskan pada tahun 1871. Lima tahun kemudian, mengenakan pedang dilarang kecuali anggota angkatan bersenjata nasional dan semua samurai tunjangan diubah menjadi obligasi pemerintah yang seringkali mengalami kerugian finansial yang signifikan. Tentara nasional Jepang yang baru membatalkan beberapa pemberontakan samurai selama tahun 1870-an, sementara beberapa samurai yang tidak puas bergabung dengan masyarakat rahasia ultra-nasionalis, di antaranya Masyarakat Naga Hitam yang terkenal yang memiliki tujuan untuk menimbulkan masalah di China sehingga tentara Jepang akan memiliki alasan Untuk menyerang dan melestarikan ketertiban.

Ironisnya, mengingat hilangnya status istimewa mereka, Restorasi Meiji benar-benar direkayasa oleh anggota kelas samurai itu sendiri. Tiga pemimpin paling berpengaruh dari Jepang baru ialah Inoue Kaoru, Ito Hirobumi dan Yamagata Aritomo dan telah belajar dengan samurai terkenal Yoshida Shouin yang dieksekusi setelah usaha yang gagal untuk membunuh seorang pejabat Tokugawa pada tahun 1859

sumber
http://www.martinrecords.com/history/sejarah-samurai-dan-bushido/