Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dodekatheon 12 Dewa Olimpus Mitologi Yunani

Dodekatheon 12 Dewa Olimpus Mitologi Yunani - Setelah perang Titanomachy, dunia berada di bawah kekuasaan para dewa Olimpus atau biasa disebut sebagai The Olympians. Disebut The Olympians karena para dewa yang berjumlah 12 ini tinggal di tempat suci puncak gunung Olimpus, yaitu gunung tertinggi yang ada pada daratan Yunani.

Dalam mitologi Yunani, 12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon yang berarti penguasa alam semesta dari Panteon – Yunani. Nah berikut ini daftar 12 Dewa Olimpus.

Dodekatheon 12 Dewa Olimpus Mitologi Yunani

1. Zeus
Zeus adalah anak dari Kronos dan Rhea. Kronos sangat ketakutan jika anak-anaknya kelak akan menggulingkan kekuasaanya. Maka, setiap Rhea melahirkan seorang anak, Kronos bakal dengan segera memakannya hidup-hidup. Hal itu terjadi sampai anak ke-5.

Beruntung, Zeus berhasil diselamatkan oleh Rhea sehingga tidak dimakan oleh Kronos. Setelah dewasa, Zeus lalu melakukan pemberontakkan dan menyelamatkan semua saudaranya yang ditelan oleh Kronos. Ia pun memimpin perang terbesar antara para titan dan dewa yang disebut sebagai Titanomachy.

Perang tersebut dimenangkan oleh para dewa dan Zeus ditasbihkan sebagai raja para dewa. Zeus juga dikenal sebagai dewa langit dan petir.

2. Hera
Hera adalah dewi perempuan, pernikahan dan kelahiran. Dia merupakan kakak perempuan sekaligus istri dari Zeus. Awalnya, Hera menolak untuk dinikahkan dengan Zeus. Terlebih saat itu, Zeus sudah menikah dengan Metis dan Themis.

Tak hilang akal, Zeus lalu mengubah wujudnya menjadi seekor burung tekukur. Hera yang melihat burung tersebut lalu memeluknya dengan erat. Dalam keadaan tersebut, Zeus kemudian kembali ke wujud aslinya dan langsung memperkosa Hera. Alhasil, Hera terpaksa harus menikah dengan Zeus.

Bersama Zeus, Hera malahirkan tiga orang anak yaitu Ares, Hebe dan Eileithyia.

3. Poseidon
Poseidon dikenal sebagai dewa laut, sungai, dan danau serta memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi. Selain trisula, Poseidon juga memiliki hippokampos, makhluk mitologi berbentuk setengah kuda setengah ikan. Hippokampos menjadi alat transportasi Poseidon saat berpergian ke luar lautan. Poseidon juga disebut dewa kuda, dengan julukan Hippios (atau Konsos).

Meski tinggal di dalam lautan, namun kadang-kadang Poseidon sering berkunjung ke gunung Olimpian menggunakan Hippokampos. Untuk itu, ia masih termasuk dalam anggota 12 dewa Olimpian.

4. Ares
Ares merupakan anak dari pasangan Zeus dan Hera. Ia mempunyai dua orang pengawal yaitu Fobos dan Deimos. Ia dikenal sebagai dewa perang yang selalu haus akan pertempuran darah. Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota, pemberontakan, penjarahan, kejantanan, serta keberanian.

Dalam mitologi Romawi, Ares disebut sebagai dewa Mars. Nama planet Mars merupakan salah satu penghormatan kepadanya, dan dua bulan yang mengitari planet Mars diberi nama sesuai dengan pengawal Ares yaitu Phobos dan Deimos.

5. Hermes
Hermes adalah anak dari Zeus dan Maia. Ia juga dikenal sebagai dewa pembawa pesan dan dewa atletik karena menemukan beberapa cabang olahraga seperti gulat, balap, dan tinju. Hermes bertugas untuk membantu para roh menemukan jalan menuju dunia bawah. Hal ini membuat Hermes menjadi salah satu dewa yang bebas keluar masuk dunia bawah tanah selain Hades, Persefone, Hekate, dan Thanatos.

Hermes berhubungan dengan Afrodit dan memiliki anak bernama Hermafroditos.

6. Hefaistos
Hefaistos adalah putra dari Zeus dan Hera. Ia dikenal sebagai dewa teknologi, pandai besi, pengrajin, pemahat, logam, metalurgi, api, dan gunung berapi.

Hefaistos digambarkan sebagai dewa yang pincang. Konon hal itu karena Hefaistos terjatuh dari Olimpus. Namun versi lain menyebut jika Zeus yang melempar Hefaistos dari gunung Olimpus karena marah. Hefaistos terjatuh di laut dan dirawat oleh Thetis dan seorang Okeanid, Eurinome di gua bawah laut.

7. Afrodit
Ada beberapa versi cerita tentang kelahiran Afrodit. Ada yang menyebut jika Afrodit adalah anak dari Zeus dan Dione. Namun cerita lain menyebut jika Afrodit muncul dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh Kronos dan dibuang ke tengah lautan.

Afrodit dikenal sebagai dewi cinta dan seks. Ia banyak berhubungan dengan berbagai dewa. Salah satu yang paling terkenal saat ia berselingkuh dengan Ares. Hefaistos mengetahui bahwa Afrodit berselingkuh dengan Ares, akhirnya menjebak dengan sebuah jaring emas yang dipasang diranjang. Setelah terjebak, Hefaistos membawa Ares dan Afrodit yang tak berbusana ke depan para dewa untuk ditertawakan.

8. Athena
Athena adalah putri dari Zeus dan Methis. Ia dikenal sebagai dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Berbeda dengan dewa Olimpus lainnya, Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos atau perawan.

Menurut cerita, Athena merupakan anak kesayangan Zeus. Ia pun mewarisi kekuatan Zeus dan diberkahi kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.

9. Apollo
Apollo adalah anak dari Zeus dan Leto serta saudara kembar Artemis. Ia dikenal sebagai dewa cahaya, musik, pemanah, pengobatan, Matahari, dan penyair.

Salah satu kisah yang cukup populer dari Apollo yaitu saat ia mengejek Eros (Cupid) sebagai anak kecil yang bermain-main dengan senjata orang dewasa (panah). Lalu Eros membalas perkataan Apollo dengan membuat Apollo jatuh cinta kepada seorang nimfa bernama Dafne. Namun Eros menjadikan Dafne tidak menyukai Apollo.

Karena ketakutan, akhirnya Dafne berdoa supaya dia berubah wujud jadi pohon salam. Apollo menjadikan pohon itu keramat untuknya.

10. Artemis
Artemis adalah putra dari Zeus dan Leto sekaligus saudara kembar Apollo. Artemis dikenal sebagai dewa hewan liar, alam liar, dan kelahiran.

Saat perang Troya, Artemis memihak Troya dikarenakan adiknya, Apollo, adalah dewa pelindung kota Troya. Di sana, Artemis juga berkelahi dengan Hera, salah satu istri dari ayahnya. Hera merebut tempat anak panah Artemis dan memukulkannya pada telinga Artemis. Artemis kemudian mengadu kepada Zeus.

11. Demeter
Demeter adalah anak dari Kronos dan Rhea. Ia lalu menikah dengan saudaranya, Zeus, dan dianugerahi seorang anak bernama Persephone. Ia juga dikenal sebagai dewi pertanian dan kesuburan.

Demeter sangat sedih saat anaknya menikah dengan Demter, dewa bawah tanah. Zeus sebagai raja para dewa akhirnya membuat sebuah keputusan yaitu mengembalikan Persephone ke atas Bumi untuk hidup bersama ibunya selama enam bulan, dan enam bulan berikutnya ia akan tinggal dengan Hades di bawah tanah.

Demeter senang ketika Persephone tinggal di bumi. Rasa senangnya itu, membuat bumi menjadi daerah yang subur, hangat dan makmur. Masa ini biasa disebut sebagai musim panas dan musim semi.

Namun saat Persephone harus kembali tinggal bersama Hades di bawah tanah, Demeter menjadi sangat sedih dan bumi mengalami musim dingin.

12. Hestia
12 Dewa Olimpus terkahir adalah Hestia. Ia adalah dewi perapian dan rumah tangga. Hestia juga merupakan putri sulung dari Kronos dan Rhea.

Setelah perang melawan Titan, Hestia bersumpah kepada semua saudaranya bahwa ia tidak akan pernah menikah dengan siapapun dan dia akan menjadi perawan selamanya. Karenanya, dewa seperti Poseidon dan Apollo pun tak berani untuk meniduri Hestia.