Sugar Glider Hewan Peliharaan Baru
iklan

Sugar Glider Hewan Peliharaan Baru

Posted by Aneh Unik

 http://anehdidunia.com

Sahabat anehdidunia.blogspot, anda pecinta binatang dan ingin memelihara binatang yang unik dan tidak “sekedar” itu-itu saja? hmm…bagaimana kalau saya kenalkan dengan hewan eksotik yang satu ini, Sugar Glider namanya. Nah lho hewan macam apa lagi itu?! yang pasti hewan ini mudah bersahabat dengan manusia.

Sugar Glider atau dalam bahasa latinnya Petaurus breviceps adalah sejenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relative kecil dengan ukuran tubuh kira-kira 24-30 cm dengan berat 4-6 ons. dan karena kecilnya itu mereka sering disebut hewan peliharaan dalam saku.Tubuhnya yang imut dan mimik mukanya yang unyu-unyu itu akan mudah membuat animal lover jatuh cinta kepadanya. Marsupialia yang satu ini berasal dari belantara Papua, Tasmania Australia, Papua New Guinea. Sugar Glider memiliki jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan yang unik lagi di antara pergelangan tangan dan kaki Sugar glider ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut Patagium. Jadi dikala Sugar glider membentangkan tangan dan kaki mereka, patagium ini akan tampak seperti sayap yang membuat Sugar glider melayang di udara.


1331092506349369255

Sugar glider dewasa setelah 2 tahun untuk jantan dan untuk betinanya 7 hingga 15 bulan. sang betina akan bunting eh hamil selama 14 -16 hari kemudian melahirkan 1 / 2 ekor anak, dan kadang hingga 3 ekor. Dalam pelukan sang induk, bayi Sugar glider berkembang sampai mampu bertahan hidup sendiri.

Sugar Glider merupakan nocturnal omnivora, aktif mencari makan di malam hari. Di habitat aslinya mereka terbiasa berburu serangga kecil seperti jangkrik dan ulat kecil ,juga getah manis dari pohon akasia dan eucalyptus. Dan itulah sebabnya kenapa dia dinamakan sugar glider, karena selain hobi meluncur dari ketinggian hingga berasa terbang layaknya batman, mereka juga menyukai makanan bercita rasa manis.

Tetapi walalupun si lucu ini tergolong pemakan segalanya, namun dia juga punya mood yang gonjang ganjing layaknya manusia dalam memilih makanan, misalnya hari ini makan pisang besok belum tentu mau makanan yang sama hihihihihi…nakal bener ya. Jadi untuk makanan sehari hari sebaiknya diberi variasi dan ada rotasi, buah-buahan yang bisa dipilih diantaranya pear, apel, pisang, papaya, anggur dll. Sedangkan kebutuhan protein dapat diperoleh dari telur, keju, pet food (dengan protein dan kalsium tinggi namun kandungan magnesium yang rendah tidak lebih dari 0,01% karena dikhawatirkan bisa merusak ginjalnya). Selain makanan yang mencukupi, kewan menggemaskan ini juga butuh minum, berikanlah air matang untuk minum mereka.

Nah, hal yang paling menyebalkan dari memelihara binatang adalah pup. Kotoran sugar glider tidak akan berbau sepanjang kita memberikan variasi makanan yang cocok dan seimbang, kalau kadar protein dari ransum makanannya terlalu tinggi tentu saja aromanya akan semakin menyengat.Yang paling penting jika piara kewan yang satu ini adalah berikan kandang yang luas dan nyaman, selalu rawat kebersihan hewan dan kandangnya dan jangan lupa periksakan kesehatannya di dokter hewan terdekat.

Di Indonesia, hewan imut yang satu ini belum sepopuler marmut dan hedgehog, namun akhir-akhir ini mulai menjadi tren pembicaraan bahkan sudah ada komunitas pecinta sugar glider yang terbentuk (wah ini pasti ada imbas dari si mbak paris Hilton yang ternyata juga memelihara hewan ini ). Nah sudah terpikir untuk mulai mencoba memelihara sugar glider atau malah tertarik membiakkannya. Harganya masih lumayan lho. sekita 300 Ribu sampai 700 Ribuan.

 
Berikut akan dijelaskan lagi lebih rinci tentang hewan sugar glider.

Sugar Glider (Petaurus breviceps) adalah sejenis marsupial kecil awalnya berasal dari daratan timur dan utara Australia, New Guinea, dan Kepulauan Bismarck, Tasmania, Australia. Namun dikatakan juga bahwa hewan ini asli dari Indonesia. kami tidak tau pasti karen banyaknya sumber, by the way kita lanjutkan

Ada tujuh subspesies dari P. breviceps:

* P. b. breviceps (Waterhouse, 1839)
* P. b. longicaudatus (Longman, 1924)
* P. b. ariel (Gould, 1842)
* P. b. flavidus (Tate & Archbold, 1935)
* P. b. papuanus (Thomas, 1888)
* P. b. tafa (Tate & Archbold, 1935)
* P. b. biacensis (Ulmer, 1940)

HABITAT

Di alam liar dari habitat aslinya, Sugar Glider adalah hewan yang tinggal di pepohonan,dan sering hidup dalam kelompok-kelompok terdiri dari 10 sampai 15 ekor.

Hewan ini aktif pada malam hari ketika saatnya perburuan serangga dan vertebrata kecil dan makanan tertentu dari getah manis sejenis eucalyptus, akasia dan pohon karet.

Dinamai Sugar Glider ini karena ia lebih menyukai makanan manis dan kemampuannya untuk melayang di udara, seperti tupai terbang.

Usia kematangan seksual sugar glider sedikit berbeda-beda antara jantan dan betina. Jantan mencapai kematangan antara 3-12 bulan, sedangkan betina mencapai kematangan antara 5-18 bulan.

Satu karakteristik khas yang membentuk mereka mencapai kematangan seksual adalah "kepala nya botak" di bagian atas kepala mereka yang sebenarnya adalah kelenjar keringat.

Di alam liar, sugar glider hanya berkembang biak sekali setahun karena iklim dan kondisi habitat sementara mereka dapat berkembang biak hingga 4 kali per tahun di penangkaran

Seekor sugar glider betina masa kehamilan berlangsung hanya 16 hari, setelah sugar glider bayi akan merangkak ke kantong ibunya untuk pengembangan lebih lanjut.

Waktu masih bayi
Mata mereka akan tetap tertutup selama 12-14 hari . Selama waktu ini mereka akan mulai berkembang dengan mulai tumbuh bulu dan peningkatan secara bertahap dalam bentuk ukuran tubuhnya.

Sugar glider sebagai hewan peliharaan
Tidak seperti banyak hewan asli Australia, terutama yang lebih kecil, Sugar Glider ini tidak begitu terancam akan populasinya. Meskipun secara besar-besaran hilangnya habitat alami di Australia selama 200 tahun terakhir, Sugar Glider dilindungi oleh hukum di Australia, di mana untuk memelihara hewan ini adalah ilegal untuk mereka yang tanpa ijin, atau untuk menangkap atau menjual mereka tanpa lisensi (yang biasanya hanya dikeluarkan untuk penelitian).
Sugar glider juga dikenal terutama cerdas. Tetapi tidak sulit untuk berkembang biak di penangkaran di bawah kondisi yang tepat.

Pada Maret 2009, binatang adalah legal untuk rumah negeri sendiri sebagai hewan peliharaan di Amerika Serikat tapi peternak memerlukan izin khusus dan ada pembatasan penjualan. Namun, masing-masing kota AS mungkin melarang pemeliharaan Sugar glider.

Dan Sugar glider di jual dalam berbagai harga, dari sekitar $ 150 sampai $ 600.

Baca juga Cara Mengerikan Mati Di Tangan Hewan


Dapatkan Update Terbaru dari Kami Gratis atau Mau Berkomentar? Silahkan Follow Twitter Blog ini @blackberrism atau Klik di sini, Untuk Facebook like Di sini. Komentar, Mention dan Retweet anda akan Otomatis Tampil  Di Halaman Depan Blog ini. Mari Berteman dengan Pengunjung yang lain. Terimakasih
Sumber:http://ghitanatalia.blogspot.com/2012/04/hewan-sugar-glider.html
Aneh Unik Berita Aneh dan Unik Di Dunia Updated at : Monday, June 18, 2012

Baca Ini Juga: