Legenda Mahluk Mahluk Humanoid
iklan

Legenda Mahluk Mahluk Humanoid

Posted by Aneh Unik

Beberapa makhluk mitos yang ada dalam setiap kebudayaan di dunia, sebagian kecil diantaranya mungkin memang benar benar pernah hidup di masa lalu yang jauh. Dan banyak mahluk mahluk yang ada dalam budaya dunia tersebut, digambarkan sebagai humanoid. Secara harfiah, ada ribuan makhluk humanoid legendaris yang mungkin ada di alam nyata atau diyakini mengintai di atas planet kita, tapi kita akan menceritakan di sini kisah yang populer paling terintegrasi dalam berbagai budaya dan agama.

1. Gog dan Magog

www.anehdidunia.com

Gog Magog muncul dalam beberapa Kitab Suci seperti: Al Qur'an, Kitab Kejadian, Kitab Yehezkiel dan Kitab Wahyu. Mereka bervariasi disajikan sebagai makhluk gaib, setan atau kelompok-kelompok suku bangsa yang mengintai di atas tanah. Gog dan Magog menjadi mitologi dan cerita rakyat dan keberadaan mereka diterima oleh banyak agama termasuk Islam, Kristen dan Yudaisme.

Kepercayaan yang diterima secara luas baik dalam Islam dan Kristen meyakini bahwa "Dzulqornain" (penguasa besar barat dan timur) berkeliling dunia dalam tiga arah, sampai ia menemukan sebuah suku yang terancam oleh bangsa Gog dan Magog, yang memiliki "sifat jahat dan destruktif" dan "menyebabkan kerusakan besar di bumi" Suku tersebut menawarkan upeti untuk perlindungan. Dzulqornain setuju untuk membantu mereka, tetapi menolak upeti, ia membangun sebuah dinding besar yang tidak dapat ditembus oleh Gog dan Magog. Mereka akan terjebak di sana hingga hari kiamat, dan lolosnya mereka, akan menjadi tanda dari kiamat.

2. Uhang Pandak (Bunian)
www.anehdidunia.com

Setiap daerah memiliki kepercayaan tentang mahluk-mahluk bunian ini, di daerah bengkulu, orang Bunian disebut juga sebabah yang merupakan satu bentuk yang mirip dengan manusia hanya saja mereka bertubuh kecil dan berkaki terbalik.

Lebih kedaerah pedalamannya lagi ada juga kisah tentang mahluk Gugua, yang mempunyai perawakan berbulu lebat, pemalu dan suka menirukan tingkah laku dan perbuatan manusia. Konon pada zaman dahulu mahluk ini bisa ditangkap. Masyarakat dahulu menangkap mahluk ini dengan menyiapkan sebuah perangkap. Ada juga kisah tentang perkawinan mahluk ini dengan penduduk local dan mempunyai keturunan.

Di gunung Sebelat (Taman Nasional Kerinci) Orang bunian dipercaya merupakan komunitas manusia hutan. Masyarakat setempat menyebutnya Uhang Pandak. Salah satu peniliti asing yang bernama Deborah Martyr begitu sangat tertarik dengan legenda ini dan melakukan penelitian, namun hingga saat ini penelitian tersebut belum menunjukkan hasil. Istilah Uhang pandak adalah pengertian dari orang yang bertubuh pendek.

Mereka merupakan mahluk yang keberadaannya telah diketahui sejak puluhan tahun yang lalu, namun hingga saat ini sulit menemukan bukti fisik dan otentik tentang keberadaan mahluk ini. Keberadaan mereka sendiri sering dilaporkan oleh orang-orang yang secara tidak sengaja bertemu dengan mereka, banyak dari wisatawan dan peneliti mancanegara yang melakukan riset tentang alam Gunung Sebelat secara tidak sengaja bertemu dengan kumpulan mahluk ini.
Informasi yang berhasil dikumpulkan mampu memberikan gambaran tentang Uhang Pandak ini. Sahabat anehdidunia.com mereka adalah mahluk yang hidup di atas tanah, berjalan dengan kedua kakinya dengan tubuh yang diselimuti oleh bulu pendek (abu-abu hingga coklat) dan tinggi tubuh sekitar 80 cm hingga 150 cm. Beberapa ahli bahkan mengklasifikasikan Uhang Pandak sebagai bagian dari rantai evolusi yang mereka sebut “kera misterius”.

Selama tiga tahun terakhir, para peneliti lokal dan mancanegara telah menjelajah hutan dengan harapan dapat menemukan bukti keberadaan masyarakat Uhang Pandak. Mereka telah melakukan banyak cara dari mulai memasang kamera trapping di wilayah hutan terutama daerah dimana sering terjadi laporan penampakan para mahluk tersebut sampai dengan pembuatan perangkap untuk menangkap salah satu dari mahluk itu.

Para ahli merasa kawatir jika memang eksistensi keberadaan Uhang Pandak ini ada, bukan tidak mungkin mereka sedang terancam kepunahan sebagai akibat dari aktivitas penebangan dan penghancuran lingkungan mereka.

Selain uhang pandak banyak komunitas orang bunian lain yang dipercaya oleh masyarakat di berbagai daerah. Sebagian kepercayaan tersebut bahkan mengatakan bahwa komunitas masyarakat orang bunian itu bukan komunitas mahluk halus, namun suatu mahluk yang mirip manusia yang memiliki sedikit perbedaan dengan mahluk manusia, ada yang beranggapan mereka adalah ras manusia tersendiri dan merupakan bagian dari ras mahluk manusia kuno.
Terlepas dari benar tidaknya mereka adalah bagian dari mahluk halus ataupun ras manusia yang berbeda. Dunia masih menyimpan misteri tentang mereka yang harus terus dilakukan penelitian tentang keberadaan mereka. Bukankah berbagai peninggalan dan kerangka mahluk setengah kera atau yang baru-baru saja dtemukan mengenai manusia pendek dari Flores membuktikan ada suatu komunitas mahluk diluar manusia modern yang pernah ada dan bisa jadi mereka tersembunyi untuk suatu hari bisa ditemukan.

3. Abarimon
www.anehdidunia.com

Abarimon adalah nama sebuah ras legendaris dengan kaki menghadap ke belakang, tetapi meskipun demikian, mereka mampu berjalan sangat cepat. Mereka hidup berdampingan dengan binatang liar dan upaya untuk menangkap mereka gagal karena mereka begitu buas.
Mereka tinggal di sebuah lembah besar Gunung Imaus (sekarang disebut Pegunungan Himalaya daerah Pakistan). Udara di lembah itu dikatakan memiliki magis yang jika seseorang menghirupnya dalam jangka waktu yang panjang, maka akan mustahil untuk orang tersebut tak akan bisa bernapas di udara tempat lain, dan otomatis menjadikannya tidak pernah bisa meninggalkan lembah tersebut dalam keadaan hidup.

4. Nefilim
www.anehdidunia.com

Nephilim adalah makhluk, yang muncul dalam Alkitab Ibrani; secara khusus disebutkan dalam Kitab Kejadian dan Kitab Bilangan, mereka juga disebutkan dalam teks-teks Alkitab yang lain dan dalam beberapa tulisan-tulisan non-kanonik Yahudi. Mereka disebut orang-orang yang jatuh (the Fallen ones) dan hati manusia akan runtuh saat melihat mereka.

Beberapa menyarankan bahwa mereka adalah raksasa dan ketika mereka jatuh, tanah bergetar, menyebabkan orang lain jatuh juga. Mereka tidak mungkin tokoh-tokoh sejarah tetapi mungkin citra kuno dengan makna yang dipertanyakan. Beberapa orang berpendapat mereka adalah keturunan hibrida antara malaikat yang jatuh dengan wanita jenis manusia. Dalam Alkitab Ibrani ada juga disebutkan Refaim bersama Nephilims, yang adalah ras raksasa kuno di Zaman Besi dan dianggap kematian yang mengintai di atas bumi.

5. Mermaid
www.anehdidunia.com

Putri duyung adalah makhluk air mitologis dengan kepala manusia perempuan dan tubuh seekor ikan duyung .. Mithos ini telah ada setidaknya sejak 5000 SM. Asal-usulnya diyakini dari Ratu Agung Atargatis, yang mencintai seorang gembala fana dan tidak sengaja membunuhnya.

Malu, dia melompat ke danau untuk berubah menjadi ikan, tapi air tidak merubah kecantikannya seluruhnya. Maka jadilah dia putri dengan pinggang ke bawah berbentuk ikan. Namun putri duyung yang tercatat dalam cerita rakyat Inggris dianggap sebagai pertanda sial. Ada kemungkinan besar bahwa mitos ini awalnya berasal dari gambaran orang tentang Sirenias (hewan air) atau orang yang menderita penyakit Sirenomelia bawaan. (sindrom putri duyung alias di mana seorang anak lahir dengan nya atau kakinya menyatu bersama-sama)

6. Abatwa
www.anehdidunia.com

Dalam mitologi Zulu, Abatwa adalah manusia kecil dikatakan mampu bersembunyi di bawah rumput dan dapat menaiki semut. Mereka diceritakan bergaya hidup nomaden dan berburu hanya untuk permainan. Legenda menyatakan bahwa jika seseorang bertemu Abatwa, biasanya abatwa akan mengajukan pertanyaan seperti, "Dari mana Anda pertama kali melihat saya?"

Orang tersebut harus menjawab dengan mengatakan melihat mereka dari gunung, atau dari daerah jauh. Karena mereka diceritakan sangat sensitif terhadap ukuran mereka, dan jika seseorang menjawab salah, Abatwa akan mencoba untuk membunuh mereka dengan panah racun. Menginjak Abatwa meskipun dengan tidak sengaja juga dikatakan akibatnya akan membawa ke kematian.Karena sifat pemalu mereka, mereka hanya mentolerir dilihat oleh balita, oleh penyihir, dan oleh wanita hamil . Jika seorang wanita hamil di usia tujuh bulan kehamilan melihat Abatwa laki-laki, dikatakan bahwa ia akan melahirkan anak laki-laki.

7. Elf

www.anehdidunia.com

Elf adalah makhluk dari mitologi Jermanik. Para elf pada awalnya dianggap sebagai suatu ras dewa atau semi-dewa yang diberkahi dengan kekuatan magis, yang mereka gunakan baik untuk memberi manfaat maupun untuk mencelakakan umat manusia.

Dalam mitologi pra-Kristen, mereka tampaknya telah dibagi menjadi elf terang dan gelap, Deskripsi elf berasal dari mitologi Nordik yang menyatakan bahwa manusia bisa diangkat ke peringkat elf setelah kematian, persilangan dimungkinkan antara elf dan manusia dalam kepercayaan kuno Nordik Kata Nymph dari Yunani diterjemahkan sebagai "elf" atau variannya oleh para ahli budaya Anglo-Saxon.

8. Cyclops
www.anehdidunia.com

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, Cyclops adalah anggota dari ras primordial raksasa, masing-masing dengan satu mata di tengah dahinya. Kemungkinan besar mitos ini tercipta dari salah satu kelainan bawaan yang disebut Cyclopia di mana bayi manusia yang hanya memiliki satu mata pusat.

9. Orc
www.anehdidunia.com

Orc adalah makhluk legendaris yang muncul dalam cerita-cerita rakyat dan kisah-kisah fiksi fantasi sebagai makhluk buas dengan postur tubuh menyerupai manusia, kadang-kadang seperti raksasa, kulitnya biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang, sifatnya garang dan buas. Sahabat anehdidunia.com dalam kisah fantasi The Lord of The Ring, Orc merupakan salah satu ras yang menghuni Bumi tengah. Orc diidentikkan sebagai ras yang ganas dan jahat. Orc merupakan musuh dari para Elf dan manusia. Mereka senang makan daging dan kadang-kadang mereka menjadi bangsa kanibal.Di dalam cerita The Lord of The Ring juga di katakan bawasannya Orc dulu berasal dari bangsa Elf/Peri.namun karena mereka selalu ditanami oleh sifat benci,iri,dengki,sombong,dan lain-lain yang jelek.makanya Elf bisa berubah menjadi Orc yang buruk rupa.

Kata “orc” atau “ork” dihubungkan dengan setan, jin, ogre, ras yang jahat, atau monster. Setan-setan atau iblis sering disamakan dengan “Orc”. Dalam cerita-cerita, film-film dan games, Orc biasanya dilukiskan berkulit hijau, wajahnya tidak seperti manusia dengan dua taring panjang. Biasanya ukurannya lebih besar ataupun seukuran dengan manusia, dan sifatnya lebih ganas.

10.Leprechaun

www.anehdidunia.com

Leprechaun (bahasa Irlandia: leipreachán) dalam mitologi Irlandia adalah sebangsa peri jantan yang mendiami daratan Irlandia. Bersama peri-peri lainnya, Leprechaun mendiami daratan Irlandia sebelum kedatangan bangsa Celtic. Mereka digambarkan sebagai lelaki tua yang senang berbuat nakal. Mereka berdagang dengan menjual batu kerikil atau menjadi pembuat sepatu. Mereka dikatakan menyimpan banyak harta.

11. Ogre
www.anehdidunia.com

Ogre mungkin berasal dari Oegrus sebuah mitologi Yunani yang merupakan putra dari dewa blood shedder yunani. Sedangkani ogre sendiri adalah kata dari Prancis. Oegrus mungkin telah mengutuk beberapa orang menjadi ogre, yaitu rakasa humanoid yang mengerikan dan kejam.

Juga ditampilkan dalam mitologi, cerita rakyat dan fiksi. Ogre sering digambarkan dalam dongeng dan cerita rakyat sebagai pemakan manusia, dan telah muncul dalam banyak karya-karya sastra klasik. Dalam seni, ogre sering digambarkan dengan kepala besar, berambut dan berjanggut, memiliki nafsu makan yang rakus, dan tubuh yang kuat. Istilah ini sering diterapkan dalam pengertian metaforis kepada orang-orang menjijikkan yang mengeksploitasi, brutal atau memakan korban mereka. Kisah Perancis menceritakan mereka sebagai habitat dari Kerajaan Logres [Inggris].

12. Vampir

www.anehdidunia.com

Vampir adalah makhluk mitologis yang hidup dengan memakan esensi kehidupan (umumnya dalam bentuk darah) makhluk hidup, terlepas dari apakah mereka adalah mayat hidup (undead) atau mahluk hidup. Meskipun entitas vampir telah dicatat dalam banyak budaya, kepercayaan pada vampir dan setan pengisap darah adalah setua manusia itu sendiri, dan bisa ditelusuri kembali hingga zaman prasejarah.

Vampir umumnya disebut sebagai makhluk malam yang bisa dihancurkan oleh siang hari. Lubang yang muncul di atas kuburan dianggap sebagai tanda dari vampir. Tidak ada bukti ilmiah mengenai vampir kecuali Vampir kelelawar.

13. Tellem

www.anehdidunia.com

Tellem adalah orang-orang yang mendiami Bandiagara Escarpment di Mali. Suku dogon dan Masarakat mali saat ini menganggap Tellem memiliki kekuatan untuk terbang. Mereka digambarkan seperti hobbit di Lord of the Rings dan mereka membangun tempat tinggal di sekitar dasar tebing curam. Banyak dari struktur ini masih terlihat di daerah tersebut.

14. Yeti
www.anehdidunia.com

Yeti atau manusia salju buruk rupa, makhluk humanoid mitologis yang dikatakan menghuni wilayah Himalaya Pakistan dan Nepal. Sebagian Komunitas ilmiah menganggap Yeti hanyalah legenda, namun tetap salah satu makhluk paling terkenal dari cryptozoology yang paralel dengan Bigfoot di Amerika Utara.

Yeti dikatakan bertubuh tinggi, makhluk bipedal ditutupi dengan rambut putih panjang dan tidak memakai pakaian. Dia memiliki fitur yang menarik yaitu dapat merubah warna rambutnya dari warna putih ke warna merah kecoklatan.

15. Werewolf

www.anehdidunia.com

Manusia serigala adalah manusia mitologis dengan kemampuan untuk berubah bentuk menjadi serigala atau makhluk seperti serigala, baik sengaja, dengan menjadi tergigit atau tergores werewolf lain, atau setelah mendapat kutukan. Transformasi ini sering dikaitkan dengan munculnya bulan purnama. Werewolves yang sering dikaitkan manusia super kekuatan dan indera yang sangat tajam, jauh melampaui orang-orang pada umumnya

16. Fomorian

www.anehdidunia.com

Dalam mitologi Irlandia, adalah ras semi-dewa yang mendiami Irlandia pada zaman kuno. Mereka diyakini sebagai makhluk yang mendahului para dewa, mirip dengan para Titan Yunani.

Dikisahkan bahwa mereka mewakili para dewa kekacauan dan alam liar, yang bertentangan dengan Tuatha Dé Danann yang mewakili para dewa peradaban manusia. Mereka kadang-kadang dikatakan memiliki tubuh seorang manusia dan kepala seekor kambing, atau memiliki satu mata, satu lengan dan satu kaki, tapi beberapa diantaranya, misalnya Elatha, sangat indah.

17. Blemmyes

www.anehdidunia.com

Blemmyes adalah suku fiksi, yaitu ras makhluk yang diyakini acephalous (tanpa kepala) monster yang memiliki mata dan mulut di dada mereka. Penulis kuno kadang-kadang menggunakan istilah orang yg makan orang lain (Yunani: pemakan manusia) untuk menggambarkan Blemmyes, karena mereka dikenal karena kecenderungan kanibalisme mereka.

18. Encantado

www.anehdidunia.com

Sebuah encantado adalah sebuah makhluk legendaris Brasil. Mereka hidup di alam bawah air yang dalam di daerah bernama Encante. Encantados paling sering digambarkan sebagai suatu jenis lumba-lumba air tawar atau ular laut yang memiliki kemampuan untuk shapeshift menjadi bentuk manusia.

Mereka dicirikan oleh kemampuan musik yang superior, penggoda, dan memiliki daya tarikyang memikat. Transformasi makhluk itu menjadi bentuk manusia tampaknya menjadi langka, dan biasanya terjadi pada malam hari. Sementara dalam bentuk manusia encantado akan memakai topi untuk menyembunyikan dahinya yang menonjol. Itu tidak hilang meskipun mereka telah berubah bentuk dan dapat menampilkan kemampuan magis, seperti kekuatan untuk mengendalikan badai dan menghantui manusia. Mereka menggunakan berbagai teknik kontrol pikiran dan dapat menimbulkan penyakit, kegilaan, dan bahkan kematian. Makhluk-makhluk ini dikenal menculik manusia. Banyak penduduk desa tidak akan pergi dekat Sungai Amazon pada malam hari karena hal ini. Banyak orang Amerika Selatan percaya adanya encantado dan mengklaim telah melihat dan berinteraksi dengan spesies ini.

19. Basajaun
www.anehdidunia.com

Dalam mitologi Basque, basajaunak adalah roh yang mendiami gua-gua atau hutan yang melindungi kawanan ternak dan mengajarkan keterampilan seperti pertanian dan ketrampilan besi bagi manusia. Basajaun juga ada dalam mitologi Aragon di lembah-lembah Tena, Ansó, dan Broto. Ukiran abad Kelimabelas-abad yang menggambarkan basajaunak dapat dilihat di Cathedral Burgos dan di biara Santa María la Real di Najera.

20. Raksasa

www.anehdidunia.com

Raksasa sering muncul dalam kisah mitologi dan legenda sebagai makhluk yang berukuran besar dengan kekuatan yang menakjubkan. Dalam mitologi Yunani muncul karakter Gigant dan Titan, yang merupakan golongan tua dari Dewa-Dewi Yunani. Mereka tinggal di bawah tanah dan menyebabkan fenomena gempa bumi dan gunung meletus. Mitologi Yunani juga memunculkan Kiklops, yakni ras raksasa bermata satu. Kisahnya muncul dalam Odyssey.

Dalam mitologi Hindu terdapat makhluk sejenis raksasa yang disebut Detya, Yaksa, Asura, dan Rakshasa. Mereka semua adalah makhluk supernatural berkekuatan kecil. Sebagian besar dari mereka bertentangan dengan para Dewa dan suka mengganggu manusia. Beberapa di antara mereka berwujud manusia dan disebut “Manusyha Rakshasa”. Sebagian dari mereka adalah pemuja Dewa tertentu, namun setelah mereka mendapatkan anugerah, mereka menjadi takabur dan berangsur-angsur menjadi jahat.

Mitologi Skandinavia memunculkan karakter Jotun, salah satu dari makhluk supernatural. Ukuran mereka besar. Mereka tinggal di Jötunheimr, salah satu cabang Yggdrasil. Sikap mereka bertentangan dengan para Æsir dan Vanir (Dewa-Dewi), namun kadang-kadang mereka menjalin hubungan dan menikah. Terdapat beberapa macam Raksasa (Jotun), seperti misalnya: Raksasa es (hrímþursar); Raksasa api (eldjötnar); dan Raksasa gunung (bergrisar).

21. Sasquatch
www.anehdidunia.com

Sasquatch atau lebih dikenal sebagai Bigfoot biasanya digambarkan sebagai humanoid, besar berbulu, bipedal. Komunitas ilmiah menganggap Bigfoot hanyalah kombinasi dari cerita rakyat, salah identifikasi, dan hoax, bukan makhluk yang nyata.

Bigfoot merupakan makhluk misterius yang diciri-cirikan sangat besar,diperkirakan tingginya mencapai 2,5m. dengan bulu-bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Bigfoot dilaporkan telah ditemukan didaerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an. Di lihat dari jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg. Bigfoot dikenal juga dengan nama Sasquatch. Sasquatch adalah nama hewan legenda yang beredar di Amerika Utara.

Bigfoot yang berarti kaki besar adalah makhluk berukuran raksasa sisa peninggalan zaman purba. Diperkirakan, hewan tersebut masih hidup di kawasan pegunungan bersalju, di antaranya di Amerika Serikat dan gunung Himalaya China, dan orang percaya makhluk ini dapat ditemukan diseluruh dunia dengan nama-nama yang berbeda, seperti Yeti di Tibet dan Nepal, Yeren di China dan Yowie di Australia.
Silahkan Share dengan teman anda melalui tombol share di bawah blog ini dan Dapatkan Update Terbaru dari Kami Gratis atau Mau Berkomentar? Silahkan Follow Twitter Blog ini @blackberrism atau Klik di sini, Untuk Facebook like Di sini. Komentar, Mention dan Retweet anda akan Otomatis Tampil  Di Halaman Depan Blog ini. Mari Berteman dengan Pengunjung yang lain. Terimakasih
Aneh Unik Berita Aneh dan Unik Di Dunia Updated at : Monday, October 22, 2012

Baca Ini Juga: