Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

http://1.bp.blogspot.com/-aaBfKk2Nr4A/T04Sgb65iQI/AAAAAAAAA40/MJVRdFIOLWw/s320/cara+hitung+masa+subur+wanita.jpg

Masa Subur Wanita Dan Bagaimana Cara Mengetahuinya - Cara Menghitung Masa Subur Wanita – Informasi tentang Cara Menghitung Masa Subur Wanita berikut ini mungkin berguna bagi anda para pasangan yang sedang berusaha mendapatkan momongan atau pun bagi anda pasangan yang sedang berencana menunda kehamilan atau menghindari kehamilan. Dengan mengetahui siklus masa subur istri, anda dapat menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan untuk dapat mencapai kehamilan. Begitu juga anda yang sedang menghindari kehamilan dengan cara alamiah, anda pun dapat mengetahui dan mengerti kapan waktu yang aman untuk berhubungan.

Masa subur sangat besar artinya bagi mereka yang menginginkan hamil dan bagi yang ingin menunda kehamilan. Bagi yang menginginkan kehamilan, masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual karena saat ini ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan hamil sangat besar. Sedangkan bagi yang mau menunda kehamilan, masa subur merupakan masa yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan menggunakan sistem kalender ada dua cara yaitu :

Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.Itu tadi informasi Cara Menghitung Masa Subur Wanita agar anda dapat mengetahui masa subur pasangan anda. Cara ini dapat dilakukan jika anda mengalami Kesulitan Untuk Hamil.

Baca juga Mengenal Kode Alphabet Alpha Bravo Charlie