Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Orang Minyak, Hantu Khas Malaysia yang Gemar Meneror Wanita

Anehdidunia.com - Malaysia adalah negara tetangga Indonesia di sebelah utara. Seperti halnya Indonesia, Malaysia juga memiliki kisahnya sendiri seputar makhluk-makhluk gaib. Dari sekian banyak makhluk tersebut, salah satu yang paling terkenal adalah orang minyak.

Saat melihat namanya sepintas, mungkin ada sebagian di antara anda yang justru merasa geli ketimbang takut. Pasalnya dengan melihat namanya, maka seketika kita akan membayangkan orang yang sekujur badannya dipenuhi minyak layaknya orang yang baru saja tercebur.

Meskipun namanya terdengar lucu, penampakan sosok orang minyak jauh dari kata lucu. Menurut kesaksian orang-orang, orang minyak memiliki penampilan layaknya pria bertubuh kekar yang hanya memakai celana dalam atau bahkan tidak mengenakan pakaian sama sekali. Matanya dikabarkan memancarkan cahaya berwarna kuning, merah, atau hitam.

Sesuai dengan namanya, orang minyak memang memiliki sekujur tubuh yang dilumuri oleh minyak. Apa yang membuat orang minyak berbeda adalah minyak di sekujur tubuhnya bukanlah hasil baluran, melainkan keluar dari sekujur tubuhnya. Karena tubuhnya penuh dengan minyak, orang minyak pun memiliki wujud layaknya manusia berwarna hitam legam.

Orang minyak dikabarkan memiliki minyak di sekujur tubuhnya supaya sulit dilihat pada malam hari. Minyak pada tubuh orang minyak juga menyebabkan sosoknya amat sulit ditangkap setiap kali berhasil dipergoki oleh manusia.

Hal menakutkan seputar orang minyak belum berhenti sampai di sana. Orang minyak dikabarkan juga bisa melakukan aneka macam sihir seperti menghipnotis orang, menghilang secara tiba-tiba, membuat seseorang kehilangan suaranya, hingga merayap di atas dinding layaknya serangga.

Dari Mana Asal Orang Minyak?

Tidak diketahui secara pasti asal-usul orang minyak. Ada yang mengklaim kalau orang minyak aslinya adalah dukun ilmu hitam yang membuat perjanjian dengan roh jahat. Menurut versi lain, orang minyak adalah manusia normal yang secara berangsur-angsur berubah menjadi sosok menyerupai monster akibat dikuasai oleh nafsu birahinya sendiri.

Orang minyak sendiri memang kerap diceritakan sebagai makhluk dengan hasrat seksual yang tinggi. Pasalnya setiap kali orang minyak menampakkan diri, ia akan mencari gadis-gadis muda yang masih perawan untuk diperkosa. Berkat kemampuan yang dimilikinya, orang minyak bisa menjalankan aksinya tersebut secara leluasa dan kemudian pergi sebelum ketahuan oleh orang lain.

Meskipun orang minyak merupakan sosok yang berbahaya, gadis-gadis yang terancam menjadi korban orang minyak masih bisa melawan. Sahabat anehdidunia.com menurut keyakinan penduduk setempat, orang minyak bisa dihalau jika gadis tersebut tidur dengan pakaian yang basah oleh keringat. Tujuannya untuk menimbulkan kesan kalau gadis tersebut sudah tidak perawan dan baru saja berhubungan badan dengan pria lain.

Orang minyak konon juga bakal enggan mengusik wanita jika wanita tersebut menaruh pakaian pria dalam kondisi kotor di samping ranjangnya. Mengikat jempol kiri dengan potongan kain batik dikabarkan juga membuat orang minyak enggan mendekat.

Supaya orang minyak tidak bisa memasuki rumah sama sekali, pemilik rumah dianjurkan untuk mengunci rapat-rapat setiap pintu serta jendelanya, membaca doa pengusir setan, dan menyalakan kemenyan.

Melawan Orang Minyak Dengan Jasa Orang Pintar

Melawan Orang Minyak Dengan Jasa Orang Pintar
Melawan Orang Minyak Dengan Jasa Orang Pintar via kapanlagi.com

Jika teror orang minyak masih belum berhenti, penduduk setempat juga bisa menyewa jasa dukun adat atau bomoh. Cara ini biasanya baru akan ditempuh sebagai cara terakhir karena menyewa jasa bomoh memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Saat bomoh sudah tiba di lokasi munculnya orang minyak, bomoh akan menyiapkan keris dan benda-benda ritual miliknya. Kaum wanita di desa tersebut kemudian beramai-ramai menyumbangkan bunga dan bahan-bahan ritual lainnya kepada bomoh.

Jika semuanya sudah siap, barulah ritual pengusiran orang minyak bisa dimulai. Bomoh akan menyalakan api unggun sambil membakar bunga dan rempah-rempah. Bomoh tersebut kemudian akan mengangkat rantai dengan keris perak di ujungnya.

Menurut klaim bomoh, jika keris tersebut sampai berayun ke arah tertentu, maka itu berarti ada roh jahat yang sedang bersembunyi tidak jauh dari sana. Sang bomoh selanjutnya akan melemparkan lebih banyak rempah-rempah ke api unggun supaya apinya semakin membesar. Di saat yang sama, bomoh akan membacakan doa supaya roh jahat yang ada di sana segera pergi.

Sesudah menggelar ritual ini, bomoh akan mengulangi ritual serupa di rumah-rumah setempat dengan durasi ritual yang lebih singkat. Penduduk setempat juga diminta untuk berendam dalam air yang sudah dicampur bunga dan kapur. Sementara kaum wanita yang masih perawan bakal diberi benda khusus sebagai semacam jimat penangkal roh jahat.

Saat Orang Minyak Timbulkan Kegemparan

Saat Orang Minyak Timbulkan Kegemparan
Saat Orang Minyak Timbulkan Kegemparan via indozone.id

Bagi mereka yang tidak mempercayai keberadaan makhluk gaib, mudah saja bagi mereka untuk berujar kalau orang minyak hanyalah takhyul semata. Namun faktanya pada tahun 2012 lalu, orang minyak sempat menimbulkan kehebohan menyusul beredarnya kabar penampakan orang minyak di Kampung Laksamana.

Yang lebih menggemparkan lagi adalah orang minyak yang muncul di desa tersebut bukan hanya satu, melainkan dua! Menurut pengakuan seorang saksi mata, salah satu orang minyak tersebut memiliki fisik yang tinggi besar dan berotot, sementara orang minyak lainnya bertubuh kurus dan berambut keriting.

Masih menurut keterangan saksi mata tersebut, awalnya ia mendengar suara dengusan keras layaknya suara dengusan sapi pada pukul 2 dini hari. Sahabat anehdidunia.com saat ia memeriksa sumber suara, ia melihat sosok manusia berwarna hitam pekat yang sedang merangkak layaknya laba-laba raksasa.

Sosok misterius tersebut kemudian merangkak memanjat tangga hingga mencapai atap dan kemudian menghilang begitu saja. Melihat pemandangan tersebut, ia sontak merasa ngeri dan seketika teringat akan cerita orang minyak. Ia pun meminta warga setempat untuk waspada karena di desa tersebut, ada banyak gadis muda yang masih perawan dan rentan menjadi sasaran empuk orang minyak.

Nyaris Jadi Korban Orang Minyak

Nyaris Jadi Korban Orang Minyak
Nyaris Jadi Korban Orang Minyak via boobastis.com

Laporan kesaksian lain datang dari seorang warga lokal bernama Muna yang mengaku nyaris menjadi korban orang minyak. Pada awalnya, ia merasa ada tangan licin yang mencekik dirinya.

Dalam kondisi panik tersebut, Muna seketika teringat akan nasihat ayahnya. Maka, Muna spontan mengambil pisau yang ada di dekatnya dan kemudian menusukkannya ke arah sosok misterius tersebut. Tak lama kemudian, Muna mendengar suara erangan kesakitan.

Muna langsung berteriak kencang sehingga ayahnya kemudian terbangun dan datang ke kamarnya. Makhluk tersebut sudah pergi keluar dari kamar Muna. Namun saat ayah Muna melihat ke arah bulan, ia melihat sosok bayangan menyerupai anjing yang sedang terbang.

Saat ayah Muna dan warga sekitar memeriksa rumah milik ayah Muna, mereka menemukan ada papan kayu di lantai yang sudah berada dalam kondisi bergeser. Mereka juga menemukan bercak darah pada pisau yang digunakan oleh Muna untuk melarikan diri.

Tidak diketahui bagaimana kelanjutan nasib orang minyak tersebut. Demikian juga mengenai apakah ia benar-benar berhasil mendapatkan korban sesudah itu. Yang jelas, setiap kali orang minyak menampakkan diri di kawasan pedesaan Malaysia, maka kemunculannya bakal selalu diikuti dengan kepanikan dan bahkan aksi main hakim sendiri oleh warga.

Bak sosoknya yang hitam kelam nan misterius, mengungkap identitas asli orang minyak ibarat berjalan di dalam ruangan gelap tanpa penerangan sama sekali. Penuh dengan misteri dan teka-teki yang mungkin pada akhirnya tidak akan pernah terjawab.


Sumber :
blog aneh terbaik anehdidunia.com
https://mysteriousuniverse.org/2022/03/the-orang-minyak-the-oily-demon-of-malaysia/