Berita Aneh Unik

Inugami Mitologi Roh Anjing Yang Dapat Dipelihara

09 Jul 2013


Inugami adalah makhluk supernatural dalam mitologi Jepang yang termasuk dalam kategori shikigami. Cerita rakyat Jepang menggambarkan bahwa wujud Inugami berupa anjing/manusia-anjing. Inugami bisa kita "ciptakan" melalu proses yang sangat brutal. Nama Inugami sendiri berarti "Dewa Anjing".
Apa itu Inugami?
Inugami adalah roh anjing yang dulu biasa digunakan oleh para penyihir atau peramal di Jepang. Mereka memiliki kemampuan sihir hitam kuat dan dapat diperintah sesuai kehendak tuan mereka. Master atau tuan dari Inugami biasa disebut sebagai Inugami-Mochi.

Inugami memiliki kemampuan yang dapat mendatangkan perlindungan atau bahkan bencana. Karena kekuatan yang mereka miliki sendiri, Inugami juga dapat berpaling dari Inugami-Mochi dan bertindak sesuai keinginan mereka. Bahkan mereka dapat mengontrol/merasuki manusia lain.

Cara Membuat Inugami
Cerita rakyat di Jepang menyatakan bahwa Inugami bisa kita ciptakan dengan upacara yang sangat brutal. Berikut caranya:
  • Diawali dengan anjing peliharan kesayangan, kita kubur dalam tanah hanya sampai batas kepala (badan terkubur di dalam sementara kepala masih bebas di atas).
  • Siapkan makanan/minuman (kesukaannya bila perlu) dan letakkan di sekitarnya, namun jangan sampai terjangkau.
  • Dalam proses mendekati kematian karena kelaparan, kita harus berbicara kepadanya dan meyakinkan bahwa penderitaan yang dialaminya tidak ada apa-apanya dibanding keinginannya sendiri.
  • Di beberapa legenda ada juga tata cara ekstreme yaitu saat anjing itu tersiksa kita potong kepalanya dan kita kubur dibawah tanah dekat dengan jalanan yang berisik.
  • Setelah beberapa waktu setelah anjing itu meninggal, kita pindahkan tubuhnya di sebuah tempat/kuil yang telah dipersiapkan secara khusus.
Fungsi Inugami
Inugami biasa digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan jahat seperti penculikan, pembunuhan atau mutilasi. Inugami juga mendatangkan perlindungan kepada para Inugami-Mochi. Bahkan jika seorang Inugami-Mochi cukup terlatih, dia bisa memerintahkan Inugaminya untuk mengendalikan seseorang (merasuki) dan bertindak sesuai keinginan kita.


Peringatan
Walaupun kita sudah berhasil menciptakan atau memerintahkan Inugami, kita juga harus berhati-hati terhadap mereka. Ingat, Inugami kita bangkitkan berdasarkan rasa dendam iri selama proses upacara pembuatan. Ada kalanya mereka bisa berbalik menyerang kita. Ketika Inugami kita meminta sesuatu, kita sebisa mungkin mengabulkan keinginannya.

Seorang Inugami-Mochi juga harus berhati-hati ketika memerintahkan Inugami nya. Jika terlalu memaksa keinginan, maka Inugami dapat berbalik menyerang tuannya. Selain itu Inugami-Mochi juga harus merawat tubuh/mayat anjing yang dijadikan Inugami. Jika terjadi kerusakan atau pembusukan, maka sang Inugami tidak bisa kembali ke tubuhnya untuk beristirahat sehingga dia akan mencari tubuh lain sebagai "wadah baru" dan biasanya yang menjadi sasaran adalah Inugami-Mochi nya.

Jika sang Inugami-Mochi kerasukan Inugami nya sendiri, dia akan membawa kesehatan dan memulihkan segala penyakit yang dialami. Bahkan kekuatan sang Inugami bisa bertambah kuat. Namun naasnya, sang Inugami-Mochi juga akan kehilangan kendali terhadap tubuhnya sendiri sehingga dia akan bertingkah layaknya anjing. Terkadang juga mengakibatkan rasa tersiksa di bagian perut, tangan atau kaki. Emosi labil yang kuat juga akan mengakibatkan Inugami-Mochi semakin kehilangan kendali terhadap tubuhnya.
Pengidentifikasian
Di Jepang biasanya rumah Inugami-Mochi akan dipisahkan dengan rumah warga biasa. Seorang Inugami-Mochi biasanya akan memiliki patung di sekitar rumahnya dan terdapat sesajen di dekat patung tersebut. Seorang Inugami-Mochi juga harus menikah dengan Inugami-Mochi lain. Karena jika menikah dengan orang biasa, maka akan mendatangkan nasib buruk atau malapetaka. Ini disebabkan karena sekali Inugami diciptakan, maka dia akan mengabdi kepada keluarga tersebut selamanya.

Konon beberapa rumah di Jepang yang sudah lama memiliki Inugami secara turun temurun, seisi rumah berisikan roh Inugami (sudah dikendalikan oleh Inugami nya). Mereka percaya bahwa Inugami dapat diturunkan (diwariskan) melalui wanita di keluarga tersebut secara turun temurun.
Inugami Dalam Seni
Di era modern seperti saat ini, Inugami menjadi objek menarik dalam penyaluran seni. Beberapa manga (komik), anime bahkan film, mengangkat tentang Inugami. Bahkan Inugami kerap dijadikan objek lukisan baik tradisional maupun modern.


sumber:kaskus.co.id

Related Article

Paling Aneh