Berita Aneh Unik

Geolyphs Fenomena Alam Dunia

21 Oct 2013

Geolyphs atau sering disebut Lukisan di daratan biasanya merupakan gambar besar yang terukir dipermukaan tanah seperti sebuah contoh seni dan pemandangan dan hanya tampak jika dilihat dari ketinggian. Pastinya banyak yang sudah mengetahui tentang Nazca Lines namun sebenarnya banyak contoh lain di dunia ini dari seni yang kadang menjadi misteri dalam pembuatannya karena usianya yang sudah sangat tua dan maksud dari pembuatannya.

1. Gambar Kuda Putih di Uffington, Inggris


Dikenal sebagai Uffington White Horse berlokasi di Uffington, Oxford Inggris dan diperkirakan dibuat pada tahun 1000 SM, salah satu dari yang tertua dan terkenal di dunia. Menggunakan perhitungan penanggalan OSL Modern, Gambar ini telah dibuat kurang lebih pada tahun 1000SM, diyakini gambar tersebut adalah gambar dari seekor kuda yang tengah berlari namun melihat struktur kelengkungan kaki dan struktur kepala beberapa peneliti menyarankan alternatif lain bahwa itu kemungkinan adalah gambar dari kucing besar seperti singa atau dari keluarga macan tutul.

Berdasarkan referensi awal penelitian mengenai gambar ini pada tahun 1072 M, Abbingdon Abbey adalah sebutan untuk merujuk lokasi gambar tersebut berada dimana disebut sebagai "Mons Albi Equi" yang berarti bukit kuda putih, sehingga secara umum diterima sebagai gambaran sebuah kuda. Hal paling luar biasa dari penciptaan gambar tersebut adalah setelah membersihkan rumput mereka membuat ukiran pada bebatuan kapur dibawahnya. Dengan demikian dibutuhkan perawatan rutin atau akan hilang dalam waktu 150 tahun, hal ini berarti telah terjadi rantai yang tak terputus selama 3000 tahun dalam menjaga monumen prasejarah ini.

2. Sajama Lines


Walaupun saat ini sudah agak sulit untuk dapat dilihat dari daratan dan tidak menggambarkan apapun benda yang dapat dikenali, garis yang diukir di wilayah Sajama, Bolivia ini hampir pasti merupakan geolyph terbesar didunia diperkirakan dibuat 900 SM, secara kolektif lines ini memiliki ukuran hingga 160.000m (160 km) dan mencakup area seluas 22.525 km. Sahabat anehdidunia.com bentuk lines ini sangat lurus bahkan di medan yang tidak rata dan kasar dan membentuk jaringan dari sebuah bentuk geometris yang cenderung berpotongan pada tempat yang dianggap keramat, area pekuburan dan dusun-dusun. Arkeolog berpendapat bahwa garis ini ada hubungannya dengan ritualisme. 

Garis ini dibuat dengan lapisan berwarna gelap diatas permukaan tanah untuk mengekspos substrat yang lebih ringan dibawahnya. Geolyph ini ditemukan oleh seorang wisatawan petualang barat pada tahun 1920an dan tulisan terawal mengenai lines ini dibuat pada tahun 1931 oleh seorang Profesor asal Swiss bernama Aime Felix Tschiffely yang meraih kepopuleran setelah melakukan perjalanan dari Argentina menuju Washington D.C dengan menunggangi kuda.

3. Paracas Candelabra



Paracas Candelabra adalah Geolyph yang digali diatas bukit berpasir yang menghadap ke teluk Pisco disemenanjung Paracas, dibagian timur Chili Garis ini dibuat hampir sempurna dari utara ke selatan dan dapat dilihat sejauh 19km dari tempat tersebut hingga kelaut.

Dari sisa tembikar yang ditemukan diyakini bahwa garis tersebut merupakan kreasi dari masyarakat pra Inca yakni masyarakat Paracas. Namun para ahli masih berdebat tentang apa yang mereka gambarkan karena tidak mungkin itu adalah seperti sebuah tempat lilin (Candelabra) yang penuh gaya dimana kebudayaan Paracas pada masa itu belum mengenal Candelabra. Secara visual dapat dikatakan mirip dengan tumbuhan kaktus raksasa Atacama atau juga tunas buah dari sebuah tanaman.

Seorang penulis bernama Frank Joseph menyatakan bahwa lukisan tersebut adalah representasi dari sebuah tanaman narkotika yang dikenal dengan Jimson Weed (Ganja Jimson). Ada juga yang menyebut bahwa itu adalah trident namun ada juga yang menyebut sebagai tanda bagi para pelaut zaman pra-sejarah untuk menandai letak pelabuhan. Pemandu lokal menyebutnya sebagai Candelabro de Tres Brazos atau tempat lilin dengan tiga tangan.

Yang luar biasa adalah gambar tersebut dapat bertahan cukup lama mengingat kondisi wilayah tersebut dimana Paracas bermakna angin kencang dan badai pasir, secara umum melihat garis lukisan tersebut dari utara ke selatan dan dari pantai, jika dilihat dari bukit tampak seperti salib dengan didukung oleh dua penopang yang dibungkus oleh kain yang tergantung, apapun itu gambar nya tetap akan menjadi misteri hingga masa mendatang.

4. Raksasa Cerne Abbas


Disebut sebagai Cerne Abbas Giant diperkirakan dibuat pada tahun 183 M, oleh seorang gubernur Roma di Inggris, Ulpius Marcellus sebagai tanda penghormatan pada kaisar Marcus Aurelius Comudus yang merupakan penganut fanatik dari cult Hercules.

Gambar tersebut dikenal juga dengan sebutan Rude man of Cerne, Geolyph ini manggambarkan seorang pria yang telanjang bulat sambil memegang sebuah pentungan primitif ditangan kanannya, memiliki panjang 55 m dan lebar 50,5 m jika diukur dari tangan kanan ke tangan kirinya. Proses pembuatannya dengan menyingkirkan area rerumputan lalu menggali hingga sedalam 30cm dimana didalamnya terdapat lapisan batuan kapur yang umum terdapat diwilayah tersebut. Lukisan ini berada didekat wilayah Cerne Abbas, Dorset, Inggris. Beberapa fitur dari Geolyph ini menghilang dari waktu ke waktu dan penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan tangan kiri memegang kepala manusia yang telah terpenggal.

Berbagai teori mengenai pembuatan gambar ini berkembang mulai dari teori simbol kesuburan kuno hingga ke karikatur politik tokoh bernama Oliver Cromwell. Namun fitur raksasa yang mengingatkan pada sosok Hercules dan ini menimbulkan spekulasi sebagai bentuk perwujudan klasik dan seiring berjalannya waktu alat kelamin pria yang kecil yang dikombinasikan dengan pusar yang besar dipermak hingga terwujud sebuah sosok yang sangat maskulin yang dapat kita lihat saat ini.

5. Nazca Lines 



Nazca Lines adalah Geolyps paling misteri dan paling terkenal di dunia, berlokasi di Pampas de Jumana,Peru dan diperkirakan dibangun pada tahun 500 M. Penduduk Nazca merupakan bangsa kuno yang berupaya untuk "menghijaukan" gurun Nazca selain itu juga seniman terampil dan pengerajin yang tidak hanya mendekorasi panci dan pakaian mereka dengan desain yang menarik namun juga mendesain dataran gersang yang mereka diami.

Dari tahun 400-650 M bangsa Nazca melukis gambar yang tak terhitung jumlahnya dengan menggunakan pola teknik yang cukup sederhana dimana mengerik lapisan atas tanah yang berwarna kemerahan dan kerikil untuk menyingkap lapisan substrat ringan dibawahnya. Orang barat pertama yang mengenali Garis Nazca ini adalah seorang Anthropologist asal Amerika bernama Alfred Kroeber, ditahun 1926. Namun Paul Kosok adalah orang yang menemukan pertama kali skala yang luar biasa dari Nazca Lines ditahun 1930an. Namun eksplorasi nyata terhadap Nazca Lines secara serius dilakukan oleh asistennya, Maria Reiche yang awalnya adalah seorang matematikawan asal Jerman, Dialah orang pertama yang mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari Nazca Lines dan ditahun 1946 ia pertamakali mengindentifikasi gambar mahluk yang rupanya berbentuk gambar laba-laba raksasa, sejak itu lebih dari ratusan gambar yang terdiri dari sekitar 30 hewan telah dicatat, diantaranya orca, monyet, ikan, hiu, Llama dan beberapa jenis burung.

Fakta bahwa Geolyph dari Nazca hanya dapat dilihat dari atas menimbulkan banyak spekulasi bahwa terdapat beberapa bentuk pesawat dalam gambaran Nazca Lines itu, beberapa bahkan ada yang mengemukakan pendapat yang sedikit sensasional bahwa gambar-gambar tersebut dibuat untuk dapat dilihat oleh mahluk extra terresterial. Para Arkeolog pada umumnya percaya bahwa Nazca Lines dibuat untuk tujuan keagamaan dimana air adalah hal terpenting untuk kelangsungan hidup para penduduk diwilayah tersebut.

6. The Blythe Intaglios



Terletak di California, USA diperkirakan dibuat pada tahun 1000 M, Geolyph ini merupakan bentuk dari manusia, merupakan contoh satu dari beberapa Geolyph yang sering ditemukan di Amerika dan di Inggris yang menggambarkan sosok manusia dalam ukuran raksasa. Sahabat anehdidunia.com Geolyph yang terletak di gurun pasir Mojave Colorado, California, terletak 22km dari Blythe dan disana dapat dijumpai ukiran pada tanah yang menggambarkan manusia dengan panjang 52m, diperkirakan diciptakan oleh suku asli Amerika, Indian Quechan (Yuma) dan masyarakat Mojave, Geolyph ini hanya satu-satunya Geolyph yang hanya menggambarkan sosok manusia, diperkirakan terdapat 60 gambar manusia. Dari study terhadap seluruh gambar yang ada menunjukkan bahwa garis terdalam difokuskan pada bagian dada dan torso, Geolyph ini ditemukan pertamakali pada tahun 1932 dan diperkirakan setidaknya dibangun tahun 1000 M atau lebih tua dari itu, para ilmuwan dan sejarawan semua setuju bahwa gambaran tersebut melambangkan dari tokoh-tokoh mitologi suku Yuma.

7. Raksasa dari Atacama


Lebih dikenal sebagai Atacama Giant, terletak di gurun Atacama , dibagian utara Chili, yang merupakan rumah bagi banyak Geolyph yang telah ditemukan, kurang lebih 5000 Geolyps telah ditemukan dan dicatat, dimana banyak gambar dari Geolyph itu adalah gambar binatang dan manusia dan juga terdapat sebuah geolyph manusia antromorphik yang misterius dan contoh luarbiasa dari seni melukis tanah bangsa kuno. Terletak didekat kota Huara dilereng timur Cero Unita tergambar sosok Raksasa Atacama, sosok seperti manusia dalam bentuk mendekati seperti robot yang sepertinya dibuat dalam gaya Lluta dimana memiliki kaki panjang namun kurus yang dikombinasikan dengan bentuk kepala berbentuk persegi. 

Gambar ini memiliki panjang 86 m, merupakan geolyph dengan bentuk seperti manusia yang terbesar yang dibuat dimasa prasejarah dimana lebih panjang 31 m dari Cerne Abbas Giant. Disebutkan gambar raksasa dari Atacama ini melambangkan gambaran seorang dukun dimasa Inca dengan memegang tas obat dan anak panah. Wajah persegi mungkin representasi dari topeng jaguar yang dipakai sang dukun, dimana Jaguar adalah hewan suci bangsa Inca, Geolyph ini diperkirakan dibuat antara tahun 800-1400 M, namun para ahli menyatakan kemungkinan besar dibuat sekitar tahun 900an.

Menurut beberapa sumber garis yang membentang diatas kepala sang raksasa mewakili sinar magis dan dapat dipergunakan sebagai kalender astronomis untuk memperhitungkan datangnya musim hujan. Geolyph ini oleh masyarakat lokal dikenal sebagai Gigante de Tarapaca (Raksasa dari Tarapaca).

8. Geolyph Amazon


Jika rata-rata Geolyph telah dikenal sejak lama, maka penemuan baru dan mengejutkan di Brasil telah membuat para arkeolog dan ilmuwan meninjau ulang persepsi mereka tentang peradaban pra-colombus. Penggundulan hutan di Amazon khususnya di baratdaya amazon telah mengungkapkan ratusan hingga ribuan geolyph geometris yang sebelumnya tidak diketahui dan hanya dapat dilihat melalui pencitraan satelit. Lingkaran, kotak, dan garis yang saling terhubung telah terlihat diberbagai tempat dan tampaknya menjadi bukti adanya peradaban yang tidak diketahui sebelumnya yang mungkin peradaban tersebut dihuni oleh 60.000 penduduk. Petunjuk awal dari tanda-tanda tersebut pertamakali muncul pada foto udara yang diambil selama tahun 70an namun baru terkuak sejak adanya Google-Earth di tahun 2006 ditambah oleh adanya penggundulan hutan yang membuat geolyph tersebut tampak jelas.

Apakah itu semua adalah Geolyph atau sisa-sisa dari sebuah kota baik itu jalan dan sebagainya mungkin masih harus diteliti lebih lanjut. Yang terpenting adalah apakah daerah tersebut merupakan daerah terbuka atau mungkin bentuk-bentuk gambar yang dipahat disekeliling hutan? diyakini bahwa geolyph tersebut dibuat antara tahun 600-1000 M, beberapa contoh dari Geolyph yang tampak jelas dapat dilihat di Google Earth adalah daerah lapang disekitar kota Boco de Acre Brasil.

9. The Long Man Of Wilmington.


Berlokasi di Wilmington, Sussex, Inggris diperkirakan dibuat antara tahun 2000 SM hingga tahun 1690 M, menggambarkan bentuk manusia yang terbuat dari rumput dan memegang dua buah tongkat. Geolyph ini memiliki panjang 70 m dan merupakan geolyph berbentuk manusia terpanjang di Eropa.

Dalam bertahun-tahun sosok dari Long Man of Wilmington ini telah melalui berbagai perubahan, dari sebuah gambar yang dibuat oleh William Burrell di tahun 1776 menunjukkan bahwa sosok tersebut tengah memegang sabit dan sabit walau mungkin itu perubahan yang telah dilakukan pada tahun 1710 dimana sosok tersebut direkam oleh John Rowley memiliki fitur wajah dan kemungkinan sekali salah satu tongkat tersebut dulunya adalah tombak. Lokasi ini dianggap suci bagi pengikut pagan dan mungkin perlambang gambaran dari dewa perang bangsa Anglo-Saxon, Di tahun 2010 sempat ditambahkan alat kelamin pada gambar ini seperti yang terdapat pada Cerne Abbas Giant namun hal ini dengan cepat segera dihapus.

10. Gambar Rusa Besar di Rusia (Russia Elk Geolyph)


Geolyph ini baru saja ditemukan dan berwujud seekor rusa besar, diperkirakan usianya lebih tua ribuan tahun dari Nazca Lines. Geolyph ini terletak didekat danau Zjuratkul di pegunungan ural dekat perbatasan dengan Kazakhastan. Geolyph ini memiliki moncong yang memanjang, 4 kaki dan 2 buah tanduk, dari citra satelit Google Earth ditahun 2007 menampakkan gambar ekor namun dari pencitraan yang terbaru ekor tersebut tidak tampak.

Mengesampingkan ekor, gambar tersebut berukuran panjang 275 m dari titik-titik terjauh yang menghubungkan geolyph tersebut. Para peneliti Geolyph ini memiliki ukuran setara dua lapangan rugby. Wajah dari gambar rusa tersebut menghadap ke utara dan akan dapat dilihat dari bukit didekatnya. Para ilmuwan mengatakan bahwa geolyph ini adalah produk dari peradaban dizaman megalithic dimana ditemukan ratusan situs megalithic di kawasan Ural, dimana ditemukan struktur paling rumit dari zaman megalithic disebuah pulau ditengah danau berjarak 60km timur laut dari Geolyph tersebut.

Geolyph ini pertamakali ditemukan oleh Alexander Shestakov menggunakan satelit, yang lalu melaporkan temuannya tersebut pada para ilmuwan yang ditindak lanjuti dengan mengirimkan tim untuk meneliti temuan Shestakov. Diperkirakan usia Geolyph ini sudah berusia lebih dari 3000 tahun, berada para periode eneolithic,masa awal zaman besi.

Baca juga Giles De Rais Pembunuh Maniak Jaman Modern

referensi:http://life-a-big-mystery.blogspot.com/2012/10/top-10-geolyphs-di-dunia.html/http://kumpulanfenomenaalam.blogspot.com/2012/10/top-10-geolyphs-di-dunia.html

Related Article

Paling Aneh