Motivasi

Salam Satu Jari Dan Salam Dua Jari

07 Jul 2014


Mendefinisikan arti dari salam 1 jari atau salam 2 jari bisa berbagai maknanya, bisa diartikan sebagai sesuatu yang bagus atau bahkan sesuatu yang sangat buruk. Postingan kami kali ini TIDAK berkaitan dengan salam jari Prabowo dan Jokowi yang dihubungkan dengan pemilu yang akan datang, namun arti gesture jari ini adalah murni pengertian gesture jari yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

Salam Satu Jari


Pengertian salam satu jari ini sangat banyak karena satu jari kita ada lima jari yang masing masingnya mempunyai arti yang berbeda. Bahkan dari cara kita melakukannya pun akan mempunyai arti yang berbeda walaupun dengan jari yang sama. Berikut arti dari salam satu jari yang kami maksud.

Jari telunjuk menghadap keatas
Sesuai namanya, salam jenis ini sering ditemui di komunitas "Salam Satu Jari". Kalo nggak salah komunitas ini semacam komunitas anak metal yang menjunjungg tinggi nilai-nilai keislaman. Katanya sih mereka milih satu jari soalnya kalo 3 jari itu simbol iblis, jadi mereka melipat jari kelingking dan jempol dan menyisakan jari telunjuk saja. Katanya sih makna satu jari itu tauhid atau satu Tuhan

Ibu Jari Tegak
Gerakan jempol ke atas memiliki makna berbeda di tiap negara. Di Italia, ketika orang menghitung dari satu sampai lima, mereka menggunakan jempol yang menunjukkan  ”satu” dan jari telunjuk menjadi “dua”. Di Australia, Amerika, Inggris dan Indonesia, orang menghitung “satu” di jari telunjuk dan dua di jari tengah, maka, ibu jari akan menjadi nomor lima. Di Indonesia, gerakan jempol berarti pekerjaan yang baik atau respon terhadap seseorang yang telah menyelesaikan pekerjaan yang sangat baik. Ini juga berarti “lezat” ketika kita mencicipi makanan lezat. Di Amerika jempol digunakan untuk menyetop kendaraan. Di Indonesia, jika kita ingin menghentikan transportasi umum kita menggunakan jari telunjuk untuk menghentikannya.

Jari Tengah Berdiri
Meski pada awalnya acungan jari tengah dianggap sebagai simbol alat kelamin laki-laki, menurut Ira Robbins, guru besar hukum American University di Washington DC, saat ini arti tersebut sudah tak digubris lagi, Bahkan, simbol itu justru makin dianggap wajar. “Gerakan itu sudah sangat terpatri dalam kehidupan sehari-hari, baik di negeri ini maupun di negeri lain. Artinya pun sudah bermacam-macam, seperti kemarahan, protes atau kegembiraan, jadi sudah bukan melulu berarti alat kelamin,” tegasnya. Namun di jaman sekarang ini, jari tengah tersebut indentik dengan pengungkapan kemarahan.

Jari Manis Menengadah
Nah sahabat anehdidunia.com inilah gesture yang paling aneh karena tak satupun yang membahas tentang gesture jari manis ini (alias tidak ada). Mengangkatnya saja sudah susah, bagaimana mengungkapkan sesuatu dengan jari yang satu ini? biarkanlah jari manis ini hanya untuk tempat nangkringnya cincin dan ngupil gaya baru :)

Jari Kelingking ke Atas
Jari yang memang paling kecil ini, seakan tak berdaya dan mudah rapuh tapi siapa sangka dia adalah penetral simbol maaf dari permasalahan yang ada, masalah teman, sahabat, atau bahkan pacar. Di sebagian wilayah Indonesia, kelingking ini berarti janji, dengan cara mengkaitkan jari kelingkingnya dan mengucapkan maaf dan janji utk tidak mengulanginya.

Salam Dua Jari


Begitu juga dengan salam 2 jari berikut ini,  yang memang sangat banyak artinya kita temukan di daerah yang berbeda. berbeda daerah, berbeda pula arti salam tersebut. Berikut salam dua jari yang kami jumpai dari hasil surf di website.

Jari Telunjuk Dan Jari Tengah
Salam jari ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat, yang bisa kita temui di foto foto mereka. Namun apakah artinya salam V ini? taukah anda sahabat anehdidunia.com bahwa salam ini mempunyai banyak arti dimana Di Amerika Serikat, simbol kemenangan diungkapkan dengan menaikan jari telunjuk dan jari tengah membentuk huruf V dan menekukkan jari kelingking dan jari manis menyentuh ibu jari. Simbol ini  dipopulerkan oleh Richard Nixon, sedangkan Di Inggris gesture ini berarti hinaan seperti yang dialami pesepak bola  Wayne Rooney yang didenda hanya karena memberi "V" ke penonoton. Dua jari berbentuk V juga dapat bermakna “damai”. Arti jari V diartikan dengan damai juga ada di Amerika sejak tahun 1960. Yaitu ketika para demonstran Anti-Vietnam menggunakan simbol ini sebagai tanda perdamaian dan cinta.

Ibu Jari Dan Kelingking
Hang loose seperti yang sering orang orang di hawai lakukan bila bertemu kolega. Hang loose atau isyarat shaka bisa bermakna OK, hebat, atau mahalo (bahasa Hawaii untuk terima kasih). Selain itu, shaka juga melambangkan "semangat Aloha" di Hawaii, yakni semacam sikap bersahabat dan saling pengertian antarberbagai kebudayaan yang dimiliki penduduk Hawaii. Isyarat ini juga dipakai untuk mengatakan halo atau sampai jumpa.

Jari Telunjuk Dan Jari Kelingking
Ketika jari tengah, jari manis dan ibu jari menekuk dan membiarkan dua jari lainnya berdiri dapat dimaknai sebagai simbol setan, atau corna di Itali; tetapi di Texas itu menjadi tanda salam kalangan mahasiswa.


referensi:http://fantasimatahari.blogspot.com/2012/12/macam-macam-salam-berdasarkan-jumlah.html/http://lifestyle.kompasiana.com/hobi/2012/12/08/berbagai-gesture-dalam-budaya-515060.html/http://www.solopos.com/2012/02/07/penghinaan-sejak-kapan-sih-mengacungkan-jari-tengah-jadi-simbol-penghinaan-160454/http://ketbord.com/makna-5-jari/http://sosbud.kompasiana.com/2013/04/13/apa-makna-dua-jari-bentuk-v-550945.html

Related Article

Paling Aneh