Berita Aneh Unik

Kisah Pendaratan UFO Di Inggris Rendlesham Forest Incident

09 Dec 2014

Membicarakan tentang UFO memang tiada habisnya karena misteri keberadaan mereka sangat ingin diketahui oleh semua manusia. Benarkah ada kehidupan selain di bumi? Untuk melengkapi postingan terdahulu tentang Kejadian Insiden Ufo Paling Terkenal, disini kami kembali membangkitkan kisah pendaratan Ufo yang terjadi di Inggris dengan sebutan Rendlesham Forest Incident. 



Peristiwa Pendaratan UFO Di Inggris Rendlesham Forest Incident ini terjadi di Inggris, tepatnya di hutan Rendlesham, Sufolk. Di luar RAF (Royal Air Force) Woodbrigde. Lusinan tentara amerika menjadi saksi mata akan peristiwa yang disebut sebut sebanding dengan insiden UFO Roswell itu. Menteri Pertahanan Inggris saat itu mengatakan bahwa tidak ada sesuatu yang mencurigakan pada radar negara dan peristiwa tersebut bukanlah ancaman pada negara.

Namun setelah peristiwa ini berakhir muncul beberapa teori yang mengatakan bahwa pernyataan tersebut adalah usaha pemerintah yang bekerja sama dengan Amerika menutupi adanya keberadaan UFO. Pernyataan meragukan ini salah satunya datang dari Deputy Base Commander, Kolonel Charles Halt, ketika file tentang insiden ini muncul ke publik pada 2001 lalu, dimana garis besar file file tersebut menunjukkan tidak adanya investigasi serius pada masalah ini.

Lokasi Kejadian


Hutan Rendlesham terletak didaerah Suffolk, 13km ke arah timur dari kota Ipswich. Rendlesham sendiri adalah tanah milik negara yang dikelola oleh departemen kehutanan dengan luas 15km. Hutan ini terdiri atas pepohonan berkayu keras, rerumputan dan rawa rawa. Lokasi yang dipercaya sebagai tempat insiden ini terletak diantara 2 markas militer yaitu RAF Bentwaters yang terletak disebelah utara hutan dan RAF Woodbrigde yang terletak diantara hutan dan dataran rendah, dimana bagian utara dan timur pangkalan tersebut masuk daerah hutan. 

Kedua pangkalan tersebut saat itu sedang digunakan oleh USAF (United State Air Force), angkatan udara amerika, karena saat itu masih dalam waktu perang dingin. Di bawah komando kolonel Ted Conrad dan Letnan kolonel Charles Halt. Inti utama dari insiden ini adalah beberapa pendaratan objek tidak dikenal di kedalaman hutan yang dimulai dari 0,5km sebelah timur pintu gerbang RAF Woodbrige, dimana saat itu petugas yang sedang berjaga melihat sebuah cahaya aneh muncul dari arah hutan.

Kejadian Utama
Kesaksian dari pensiunan tentara John Burroughs yang saat itu berpangkat sersan mengatakan telah terjadi 3 pendaratan di tengah malam hingga menjelang pagi,yaitu pada tanggal 25, 26 dan 27 desember 1980. Namun menurut Halt's Memo penampakan pertama adalah tanggal 26 bukan 25, memo tersebut ditulis hampir 2 minggu setelah kejadian tersebut. Penulis memo tersebut Charles Halt, menyatakan mungkin dia melakukan kesalahan dalam penulisan tanggal. Jadi seperti ini garis besar kejadiannya :

26 Desember
Sekitar pukul 3 pagi, sebuah cahaya misterius dilaporkan petugas patroli didekat gerbang timur pangkalan Woodbrigde yang diperkirakan didekat hutan. Para penjaga awalnya mengira bahwa cahaya tersebut berasal dari sebuah pesawat yang jatuh, tapi saat mereka memasuki hutan untuk investigasi, mereka melihat cahaya aneh bergerak diantara pepohonan, seterang cahaya yang berasal dari benda yang belum teridentifikasi di dalam hutan. Salah seorang yang masuk kedalam hutan, sersan Jim Penniston yang melihat secara langsung objek itu, mengatakan bahwa dia memegang permukaanya yang terasa hangat, dia juga menulis simbol2 yang terdapat pada objek tersebut sebelum akhirnya benda itu kembali pergi.

Penniston mengatakan bahwa dia melihat tiang landasan berbentuk segitiga untuk mendaratnya objek itu, yang di esok harinya ditemukan tanda di permukaan tanah yang diduga bekas tiang penyangga itu. Pada 1984, Penniston membuat sebuah pernyataan yang menambah tanda tanya dalam insiden ini. Yaitu dia mengatakan bahwa objek itu berasal dari masa depan yang dikendarai oleh para penjelajah waktu, bukan alien. Namun dari salinan laporan sersan Penniston tentang insiden tersebut tidak menyinggung adanya perjumpaan dengan benda terbang misterius ataupun interaksi dengannya, laporan ini juga tidak tertanda dan juga tidak bertanggal, yg aneh adalah tidak ditulis dalam AF Form 1169 yang biasa digunakan untuk mencatat laporan dari saksi mata.


Jam 4 pagi polisi setempat datang ke tempat kejadian, dari hasil penyelidikannya polisi hanya mengatakan bahwa cahaya yang dimaksud berasal dari mercusuar orford ness, beberapa klaim yang diterima dari para peternak disekitar tempat kejadian mengatakan pada pagi itu ternak mereka dalam keadaan ketakutan dan gelisah, itu juga yang menjelaskan suara2 aneh yang didengar oleh para tentara pada malam sebelumnya.

Setelah rehat pagi, petugas kembali melihat tempat kejadian dan menemukan jejak jejak pesawat yang berbentuk segitiga, disekelilingnya terdapat bekas terbakar dan semak yang berantakan. Jam 10:30 pihak kepolisian kembali dipanggil untuk melihat tempat kejadian lagi, namun para polisi yang datang hanya mengatakan bahwa itu adalah perbuatan hewan.

28 Desember
Para tentara kembali ke tempat pendaratan ufo itu lagi dengan membawa alat detektor radiasi, meskipun laporan yang mereka buat tidak signifikan namun Let.Kol Charles I. Halt kali ini terjun langsung ke tempat kejadian dan mendokumentasikan investigasi kali ini dalam sebuah microcassete. Saat investigasi, sebuah cahaya kembali terlihat dari seberang hutan kearah timur, sejalur dengan tanah perkebunan dan satu jalur juga dengan mercusuar orford ness yang berada dikejauhan. Kemudian cahaya yang menyerupai cahaya bintang terlihat diarah utara dan selatan. Ada yang mengatakan bahwa kejadian ini telah direkam oleh USAF, namun tidak pernah dipublikasikan.

Berita kepada Publik
Berita yang pertama kali muncul ke permukaan dan di publikasikan adalah berita yang dimuat dalam tabloid News of The World edisi 2 oktober 1983 dengan berita utama "UFO Lands In Suffolk". Cerita yang dimuat dalam berita ini berdasarkan penuturan salah satu tentara USAF, Larry Warren yang menggunakan nama samaran Wallace untuk melidungi diri dari desakan dan interogasi USAF.

The Halt Memo
Halt memo adalah sebuah catatan laporan dari Letnan Kolonel Charles I. halt kepada menteri pertahanan, memo ini dipublikasikan di Amerika dibawah pengawasan US Freedom of Information Act, memo tersebut tertanggal 13 Januari 1983 dan berjudul "Unexplained Lights". Dua minggu setelah insiden di hutan Rendlesham.

Dr.David Clarke yang melakukan investigasi tentang latar belakang dari memo ini dan reaksinya terhadap menteri pertahanan. Clarke mewawancarai beberapa personil yang terlibat dalam investigasi insiden ini yang dilakukan oleh kementrian pertahanan dan hasilnya Clarke tidak menemui adanya bukti bukti yang kuat dari laporan lainnya yang dibuat oleh USAF dan UK dibandingkan dengan Halt Memo.

James Easton, seorang peneliti dari Skotlandia berhasil mendapatkan pernyataan asli dari para saksi mata yang membuat laporan kepada Letkol Halt. Beberapa orang itu adalah anggota dari USAF yaitu Fred A. Buran, John Burroughs, Edward N. Cabansag, J.D Chandler dan Jim Penniston. Hasil dari wawancara ini adalah pengungkapan cahaya Misterius yang terlihat saat insiden, Penniston melihat sebuah cahaya bewarna kuning yang menyala berada diatas pepohonan. Ditengah cahaya tersebut muncul seberkas cahaya lagi yang menyinari tanah dibawahnya. Ada juga cahaya merah dan biru yang muncul dalam interval 5 sampai 10 detik.

Burroughs, Penniston dan Cabansag yang saat itu masuk kedalam hutan untuk mencari sumber cahaya tersdbut mendengar suara yang aneh. Burroughs mengatakan suaranya seperti wanita yang berteriak dan Halt yang melakukan investigasi dua hari kemudian mendengar suara yang sama.

Januari 2008, CNN melakukan wawancara kembali dan menyatakan bahwa hewan hewan ternak yang berada di peternakan yang menjadi asal dari suara itu. Suara yang hampir sama juga dapat dihasilkan oleh Rusa Muntjac yang berhabitat di hutan itu.

Kesaksian dari Cabansag: "kami melihat cahaya itu berasal dari balik hutan karena saat di dalam hutan kami tak melihat apapun, setelah melewati hutan kami melihat sebuah kandang peternakan didekat situ, mungkinkah kami salah melihat cahaya itu tadi dan sebenarnya hanyalan cahaya lampu dari kejauhan"

Kesaksian dari Burroughs: "kami melihat cahaya dari kandang, namun kami terus mendekati cahaya yang lebih besar, sekitar 3km sebelum kami melihat cahaya itu dari mercusuar"

dari ketiga orang yang masuk ke hutan, hanya kesaksian Penniston sajalah yang berbeda. Mulai dari benda terbang dan pendaratannya hingga membuat catatan dalam waktu 45 menit. Meskipun keterangannya berbeda, Penniston lah yang masuk ke sebuah acara televisi untuk menceritakan pengalamannya. Apakah maksudnya ini? Ataukah ada tujuan tersembunnyi?

Penuturannya dimulai tanggal 27 desember saat tengah malam (00:20 tepatnya), namun tanggal ini tidak sama dengan tanggal yang diberikan oleh saksi lainnya.
Penniston mengklaim dia melihat objek itu mendarat ditempat yang berbeda dengan tempat yang dikunjungi oleh Halt. Lebih dekat dengan RAF Woodbrigde. Namun ini juga bertentangan dimana cahaya itu terlihat sekitar 1,5 mil dari pintu gerbang timur.


Halt Tape
Halt Tape adalah rekaman yang dibuat oleh Kolonel Halt saat dia mendatangi tempat yang dipercaya telah menjadi tempat pendaratan UFO, pada 1984 Halt Tape mulai beredar di tangan para peneliti, namun rekaman tersebut direkam menggunakan mesin tua dimana suara suara dibelakang pembicara tidak terdengar jelas.

Juni 2010, Charles Halt yang telah pensiun kembali membuat pernyataan tentang apa yang dia yakini, yaitu bahwa memang ada mahkluk extraterrestrial namun keberadaannya ditutup tutupi oleh AS dan UK dalam statement nya berikut ini : "saya percaya objek yang saya lihat saat itu adalah milik mahkluk asing dan bagian keamanan dari AS dan UK berupaya untuk menutup nutupi apa yang sebenarnya terjadi di Rendlesham dan RAF Bentwaters dengan menggunakan cara disinformasi"

Halt juga membantah bahwa dia dan kru nya tidak dapat membedakan antara UFO dan cahaya dari mercusuar. "ketika kami didalam hutan Rendlesham, kru keamanan mengamati cahaya yang terlihat seperti mata yang besar, berwarna merah dan bergerak diantara pepohonan. Setelah beberapa menit objek ini memasuki sebuah benda yang terlihat seperti bulatan logam kemudian pecah menjadi beberapa bagian kecil dengan warna putih dan berlarian ke segala arah untuk melarikan diri. Orang orang skeptis menyatakan bahwa itu adalah sinar yang berasal dari mercusuar di kejauhan, tapi kami melihat cahaya aneh dan sinar mercusuar, 2 hal yang berbeda secara berbeda dan terus menerus"

dalam suatu wawancara, kolonel Ted Conrad, yang saat itu juga berada di RAF Woodbrigde mengkritik pernyataan Halt diatas, Conrad mengatakan "dia seharusnya malu atas pernyataanya yang menjelaskan bahwa negaranya (AS) dan Inggris bekerjasama membuat peristiwa ini. Saya yakin dia tahu lebih banyak akan hal ini"

Kepolisian Suffolk mempunyai arsip tentang kejadian ini. Tanggal 26 desember 1980, sebuah laporan dari RAF Woodbrigde menyatakan "kami melihat adanya penampakan cahaya yang tidak biasa di langit, kami telah mengirim beberapa pasukan untuk menyelidikinya. Kami merasa bahwa ini adalah keberadaan UFO" saat itu polisi langsung bergerak cepat menyelidiki laporan ini dan hasilnya adalah Air Traffic Control, alat pengamat lalu lintas udara di West Dayton telah diperiksa dan hasilnya tidak ada tanda tanda benda terbang apapun yang terdeteksi, ada fenomena di angkasa yang terdeteksi, hanya cahaya dari mercusuar orfford yang terlihat di area ini, untuk objek terbang negatif" 

Ian Ridpath seorang penulis science yang skeptis akan hal ini mengatakan aerial fenomena yang dilaporkan berasal dari roket pendorong akhir satelit cosmos 749 milik soviet, yang dapat dilihat di hampir seluruh selatan inggris setelah jam 9 malam pada 25 desember.

Sebuah surat juga ditemukan dalam arsip kepolisian dari salah satu kesaksian personil USAF yang saat siang hari setelah insiddn itu terjadi kembali ke tempat pendaratan. Isinya adalah "disana tidak ada tanda tanda yang terlihat dan dia tidak yakin bahwa insiden pada malam itu benar benar terjadi, area itu memang dhlewati oleh sinar mercusuar orford ness. Saya tahu ini dari pengalaman pribadi saat malam hari disana. Dalam keadaan malam yang berawan dan cuaca musim dingin, kemungkinan besar cahaya itu dapat menghasilkan efek efek visual yang tidak biasa kita lihat"

Pendapat Para Skeptis
dalam wawancara antara Jim Penniston dengan Larry King pada november 2007, Penniston mengatakan bahwa dia melakukan penyelidikan selama 45 menit terhadap benda misterius tersebut saat benda itu di permukaan tanah. Penniston mengatakan bahwa dia menyentuhnya dan sempat mengambil fotonya.

Dalam Unsolved Misteries, John Burroughs yang di wawancara oleh Robert Stack mengatakan "setelah kami tiba disana, benda itu telah naik ke pepohonan. Jika kita melihat kedua kesaksian diatas terdapat kontradiksi antara keduanya. Padahal Jim Penniston dan John Burroughs bersama sama melakukan investigasi kedalam hutan tersebut. Ian Ridpath, melakukan penelitian pada tahun 1983 bermula dari program BBC's TV Breakfasttime, dan pada 5 januari 1985, dia menulis sebuah artikel di The Guardian yang menyatakan keganjilan keganjilan dalam insiden Rendlesham.

Ridpath mewawancarai juga seseorang petani yang tinggal didekat mercusuar, hasilnya adalah cahaya yang terlihat dari hutan dan mondar mandir dalam hitungan 5 detik dan bergerak searah pergerakan para saksi mata adalah cahaya dari mercusuar ini. Jika memang ada kehadiran UFO yg identik dengan cahaya misterius, seharusnya para saksi juga menjelaskan adanya 2 sumber cahaya di satu garis yang sama.

Di dalam rekaman Halt, terdengar salah satu personil USAF berteriak "there it is again . . . There it is" dalam jeda 5 detik. Dimana 5 detik itu sama dengan frekuensi flash mercusuar. Para polisi yang datang ke area tersebut mengatakan bahwa bekas bekas yang dikatakan sebagai bekas pendaratan sebenarnya adalah lubang/sarang kelinci hutan yang sudah tidak ditempati dan tertutupi duri duri pohon pinus. Bekas bekas terbakar yang ada pada pepohonan adalah buatan para penjaga hutan untuk menandai pohon pohon yang telah siap untuk ditebang.

Menurut Dr. john Mason dari British Astronomical Association mengatakan pada saat itu ada sebuah meteor yang terangnya hampir sama dengan bulan purnama yang terlihat hampir di semua kawan inggris selatan dan dilaporkan juga terjatuh di kawasan hutan.

NRPB atau National Radiological Protection Board, dalam laporannya salah satu yang paling krusial adalah level dari radiasi di area itu, fakta mereka mengatakan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengukur radiasi di tempat itu hanya mencatatkan keberadaan radiasi magnetik yang rendah dan itu sama sekali tidak ada artinya.

Teori lain yang mengatakan bahwa ini adalah Hoax datang dari personil USAF sendiri, Kevin Conde. Dalam wawancaranya di BBC, Condd mengatakan bahwa cahaya merah dan biru yang ada di hutan berasal dari mobil polisi yang dikendarainnya, lampu itu telah di modifikasi. Conde juga mengklaim bahwa dia yang bertanggung jawab akan hal ini, saat itu dia sedang mengadakan latihan malam, karena pada hari natal semua libur dan tidak ada kegiatan yang dilakukan.

Pro dan kontra tentang hal ini masih berimbang. Walaupun sedikit bukti yang menunjukkan kebenaran akan hal ini namun pihak pihak yang pro sendiri masih bersikeras bahwa insiden ini terjadi, namun dari pihak skeptis sendiripun dengan semua hasil penelitiannya masih berdiri tegak melawan kredibilitas kasus ini. Apa yang sebenarnya terjadi di Rendlesham 30 tahun lalu? Semoga kita dapat segera mengetahui kebenarannya. Bagaimana dengan anda sahabat anehdidunia.com apakah anda percaya?


referensi:http://duniasekitarmu.blogspot.com/2013/08/rendlesham-forest-incident-kisah.html/

Related Article

Paling Aneh