Berita Aneh Unik

Mobil Mewah Dunia Memakai Nama Indonesia

28 Jan 2015

Mobil bermerk nama asal Indonesia mungkin sudah pernah kita ketahui seperti city car yang banyak berkeliaran di jalan jalan saat ini. Contohnya adalah suzuki ertiga atau yang lainnya Datsun Go+ Panca yang terdengar agak asing. Sahabat anehdidunia.com bagaimana jika mobil yang memakai nama asal Indonesia adalah mobil mewah. Berikut mobil mobil mewah yang bernamakan Indonesia.


Jeep Mountain Jaya Wijaya


Sahabat anehdidunia.com meski mobil mewah ini lahir dari Amerika Serikat, Jeep Wrangler Mountain terinspirasi petualangan di alam pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang ada di Papua. Sebuah decal bertuliskan MOUNTAIN di kanan-kiri kap mesin, memiliki arti special untuk Indonesia. Sebab, disamping tulisan MOUNTAIN tersebut, tergambar siluet pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang berada di Pulau Papua. Tidak hanya itu, sederatan angka di bawah graphis MOUNTAIN menandakan koordinat garis lintang dan garis bujur dari Pegunungan Puncak Jaya Wijaya-pengunungan tertinggi di Indonesia.

"Makna penghormatan untuk Indonesia semakin kuat ketika peta NKRI juga tergrafir di decal berikut lambang target Pulau Papua," jelas Chief Marketing Officer PT Granasindo Inter Global Rieva Muchsin. Menariknya lagi, meski memiliki ornament body bernuansa Indonesia, bukan berarti Jeep Wrangler Mountain hanya dijual di Indonesia. Tapi, Jeep Wrangler Mountain dipasarkan secara global, yang tentunya dengan ornament bernuansa Indonesia.

Jeep Wrangler Mountain didukung mesin 3.6-liter, V6, PENTASTAR berdaya 285 tenaga kuda dan torsi 347 Nm, daya disalurkan transmisi otomatis 5-speed berfitur ERS (Electronic Range Selector). Direkayasa untuk menguasai dunia off-road ,terpasang axle depan Dana 30 dan Dana 44 untuk axle belakang. Transfer case Command-Trac NV241, 2-speed selector adalah perlengkapan standar dengan rasio low-range 2.72:1. Masuk ke Indonesia hanya dalam varian 4-doors, Jeep Wrangler Mountain dibanderol Rp.760 juta off the road Jakarta.

Porsche Macan


Publik Indonesia merasa bangga ketika 16 Februari 2012 lalu pabrikan mobil mewah asal Jerman, Porsche mengumumkan mobil SUV baru mereka dengan nama ‘Macan'. Dalam siaran persnya, Porsche menyatakan nama Macan diambil dari bahasa Indonesia. "Macan memadukan karakteristik mobil sport dengan kelebihan semua SUV, dan ini adalah mobil Porsche sejati," ungkap Bernhard Maier, Executive Vice President Sales and Marketing Porsche AG.

Mobil 5 pintu ini gayanya mirip Porsche Cayenne, tetapi bodinya lebih kecil maka disebut juga ‘baby SUV'. Sahabat anehdidunia.com sebelumnya SUV ini namanya Porsche Cajun, namun diganti menggunakan bahasa Indonesia jadi Porsche Macan. "Nama Porsche terbaru ini menyatu dengan merek mobilnya, terdengar bagus dalam berbagai bahasa dan dialek," lanjut Bernhard.

Porsche Macan akan menggunakan platform saudaranya, Audi Q5. Saat ini memang belum ketahuan detailnya, hanya baru berupa sketsa. Rencananya akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman pada 2013 dan mulai dijual 2014. Untuk proyek ini Porsche menginvestasikan 500 juta euro untuk memperluas pabrik mereka dan meningkatkan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.000 orang.

Lamborghini Madura


Mungkin sahabat anehdidunia.com sudah mengetahui tentang rencana pabrikan mobil asal Italia Lamborghini yang akan memproduksi mobil dengan versi madura. Rencana pembuatan mobil ini sebenarnya telah dilakukan sejak sekitar 2010 dengan target peluncuran 2015, tetapi saat ini telah pasti bahwa Salah satu mobil pabrikan mewah ini akan hadir pada tahun 2016.

Mobil ini terinspirasi dari budaya Karapan sapi Pulau madura, tepatnya adalah ketika konseptor pabrikan mencari di internet dengan kata kunci “Banteng terkuat” dan tampillah karapan sapi yang memang mengesankan “permainan” yang gagah dari pulau tersebut. Ini cocok dengan mobil yang memang memiliki lambang banteng kuat. Sehingga pada akhirnya diambillah nama pulau tersebut sebagai nama mobil selanjutnya.

Lamborghini Madura ini kabarnya akan dipatok dengan angka 5 JT USD atau sekitar 48 M rupiah. Mobil Hybrid Lamborghini pertama (untuk Hybrid adalah yang pertama) ini memiliki konsep yang terkesan elegan dan seksi.

Rakyat Indonesia, Khususnya Madura harus bangga dengan hal ini karena Lamborghini Madura merupakan mobil eropa pertama yang memakai nama berbau Indonesia, terlebih lagi mobil mewah dan peluncuran mobil Hybrid Lamborghini. Sebelumnya Lamborghini yang sering dikenal di telinga kita adalah Lamborghini Gallardo dan Lamborghini Aventador. Semoga Lamborghini Madura juga menjadi sarana promosi Indonsia di mata dunia, Khususnya Untuk Pulau Madura.

Semoga dengan memakai nama asal Indonesia ini mampu membuat greget positif bagi anak muda Indonesia untuk lebih kreatif menciptakan sesuatu yang dikenal dunia. Dan juga semoga pemakaian nama asal Indonesia ini membuat Negara kita lebih dikenal di mata dunia.


referensi:http://www.bosmobil.com/Jeep_Wrangler_Mountain__Terinspirasi_Puncak_Jaya_Wijaya-b-4197.html/http://www.gramediamajalah.com/read/2013/08/30/1106/mobil-bernama-indonesia-bangga-diakui-dunia/https://sahabatsepi.wordpress.com/2013/02/08/lamborghini-madura-mobil-kelas-dunia-yang-terinspirasi-dari-karapan-sapi-madura/

Related Article

Paling Aneh