Supranatural

Pohon Umum Yang Dipercaya Menjadi Tempat Hantu

04 Jun 2015

Hantu merupakan misteri dunia yang sangat susah dibuktikan keberadaanya, dan merupakan juga misteri dunia yang tidak bisa dijawab oleh para ahli sekalipun.  Sahabat anehdidunia.com Hantu secara umum merujuk kepada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Meskipun secara umum hantu merujuk pada suatu zat yang mengganggu kehidupan duniawi, dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Yang sering menjadi pertanyaan kita, dimanakah mereka tinggal? beberapa mengatakan mereka lebih suka tinggal di pohon pohon. Berikut pohon yang umum kita ketahui dipercaya menjadi tempat favorit para hantu. Adakah salah satu pohon ini ada di rumah anda?


Pohon Beringin Tempat Genderuwo


Kesan mistik dan seram yang melekat pada pohon beringin memang cukup kuat, hal ini dapat kita lihat dari akar-akar yang menggantung dengan bentuk pohon yang besar sehingga terkesan wingit bahkan menimbulkan kesan menakutkan bagi orang yang berada didekatnya. Menurut cerita orang tua-tua, kalau suatu pohon beringin dari kecil sudah dianggap memiliki penunggu dan diberikan sesaji, dibalut kain putih, atau diberi 'panjang ilang' maka lama-kelamaan pohon tersebut akan dihuni makhluk halus dan menjadi angker.

Pohon beringin dapat menjadi media atau rumah tempat tinggal bagi makhluk halus karena area dimana pohon tersebut tumbuh dapat menciptakan ruang tersendiri dalam sisi dunia yang berbeda, yaitu alam ghaib. Maka tak heran kalau kita sering mendengar cerita seram istana jin atau tempat tinggal jin yang kalau kita lihat di alam nyata berupa pepohonan atau batu besar yang umurnya ratusan tahun. Pohon jenis ini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan, Konon pohon beringin adalah tempat kesukaan genderuwo terutama beringin yang sudah tua dan memiliki janggut dengan akar yang menggantung. Jika ada yang mematahkan janggut beringin tersebut dan kebetulan beringinnya di diami oleh genderuwo dipercaya orang tersebut akan langsung sakit dan jika tidak segera diobati ke orang pintar mungkin akan sangat berbahaya(jiwanya terganggu).

Pohon Sukun Disukai Hantu Pocong


Sukun merupakan tanaman tahunan yang tumbuh baik pada lahan kering (daratan), dengan tinggi pohon dapat mencapai 10 m atau lebih. Buah muda berkulit kasar dan buah tua berkulit halus. Daging buah berwarna putih agak krem, teksturnya kompak dan berserat halus. Rasanya agak manis dan memiliki aroma yang spesifik.

Pohon yang satu ini, selain buahnya enak, juga dipercaya sebagai salah satu pohon favorit untuk singgah para hantu, konon hantu yang sering mendiami pohon ini adalah hantu pocong. Sebagian lagi mempercayai kalau pohon sukun juga sangat di gemari oleh Jin untuk singgah disana. Penampakan sosok tinggi besar berwarna putih sering kali menjadi buah bibir masyarakat tentang pohon yang satu ini. Ada juga yang menyebutkan, adanya sosok putih dengan tubuh terbungkus kain(pocong) sering menampakkan diri di pohon sukun.

Pohon Randu Istana Kuntilanak


Kapuk randu atau kapuk (Ceiba pentandra) adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae), berasal dari bagian utara dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia, dan (untuk varitas C. pentandra var. guineensis) berasal dari sebelah barat Afrika. Kata "kapuk" atau "kapok" juga digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya. Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapok Jawa, atau pohon kapas-sutra. Juga disebut sebagai Ceiba, nama genusnya, yang merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya.

Pohon yang satu ini mempunyai ciri yang sangat khas, karena banyak duri-duri pada sekujur batangnya. Pohon randu sering kita jumpai di dekat persawahan, pohon yang sering dimanfaatkan buahnya oleh masyarakat indonesia sebagai bahan pembuat kasur atau bantal. Dipercaya bahwa pohon randu atau pohon kapuk adalah salah satu pohon kesukaan para hantu, konon ada yang menyebutkan pohon randu merupakan tempat tinggal kuntilanak. Penampakan hantu wanita berbaju putih sedang nangkring di pohon randu kerap menjadi perbincangan dimasyarakat.

Pohon Pisang Dipercaya Menjadi Tempat Hantu



Pohon pisang merupakan tanaman asli daerah Asia Tenggara. Tanaman dari suku Musaceae ini memiliki nama latin Musa paradisiaca. Tanaman pisang merupakan tanaman yang serba guna, mulai dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan. Seperti negara Asia Tenggara lainnya, tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia, terutama di daerah yang banyak mendapat sinar matahari. Pohon yang satu ini, selain buahnya sangat enak bila dimakan, konon pohon pisang juga menjadi tempat mangkal favorit bagi para hantu, terutama pohon pisang yang bergerombol. Konon, banyak orang yang sering melihat penampakan pocong atau kuntilanak di balik rimbunnya pepohonan pisang

Pohon Bambu Tempat Berkumpulnya Setan


Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Pohon ini seringkali dianggap sebagai tempat tinggal para hantu, apalagi jika letak pohonnya berada di dekat areal pemakaman atau tempat-tempat yang dianggap keramat. Secara tampilan saja kita tahu bahwa pohon bambu tumbuh bergerombol dan sangat rimbun, tak heran jika para hantu sangat menyukainya. Pernah suatu ketika disalah satu kampung, ada tukang ojek yang melihat kuntilanak sedang duduk diatas pohon bambu. Ada juga yang menyebutkan melihat sosok tinggi besar dengan mata merah menyala sedang duduk diatas bambu sambil memegang rokok, menghalang-halangi orang yang mau lewat dijalan yang kebetulan bersebelahan dengan kebun bambu tersebut.

Pohon besar yang dipercaya menjadi tempat hantu ini menurut admin adalah cerita masyarakat yang sudah lama ada. Jika kita tidak menganggap sesuatu itu menjadi horor atau kita pikirkan menakutkan, maka kami percaya pohon pohon besar yang terlihat seram ini akan menjadi tempat berteduh anda dan bumi dengan nyaman. Sekarang terserah anda sahabat anehdidunia.com anda boleh mempercayainya atau tidak. Hanya satu yang kami serukan, percayakan semua hanya pada TUHAN.


referensi:
http://www.wikipedia.org
http://www.duniaklenik.com/2014/01/7-pohon-yang-dipercaya-jadi-sarang-hantu.html
http://www.tersakti.com/2014/01/alasan-mengapa-pohon-beringin-angker.html
http://polly-shielda.blogspot.com/2008/10/sejarah-pohon-randu-dan-pohon-asam-jawa.html
http://www.terwujud.com/2012/02/pengertian-pohon-pisang.html

Related Article

Paling Aneh