Berita Aneh Unik

Partai Politik Paling Aneh Di Dunia

13 Jul 2015

Partai politik adalah memilih orang yang mampu menyerukan suara atau aspirasi rakyat yang akan dilanjutkan ke pemerintahan, agar aspirasi rakyat itu ada penyelesaianya. Biasanya suara rakyat itu adalah kebanyakan tentang kesejahteraan hidup. Berbeda dengan kita di Indonesia, di beberapa negara lain, aspirasi rakyat tidak selalu menyuarakan tentang kesejahteraan. Kadang hal hal aneh yang jauh dari konteks kesejahteraan. Maka munculah beberapa partai politik dengan nama dan tujuan yang aneh menurut kami. Berikut partai politik dengan nama dan tujuan paling aneh di dunia versi anehdidunia.com


Partai Australian Sex Party


Dengan slogan "kami serius tentang seks", sebuah partai politik bernama Australian Sex Party atau Partai Seks di Australia. Dengan empat juta warga Australia mengakses pornografi, Partai Seks Australia yakin punya peluang untuk memenangi kursi di parlemen negara bagian dan federal. Partai ini punya beberapa agenda termasuk kurikulum pendidikan seks nasional, mengurangi sensor, menghapuskan filter internet yang diusulkan pemerintah federal dan mendukung pernikahan gay. Sex Party dibentuk tahun 2009 dan saat ini memiliki seorang wakil rakyat bernama Fiona Patten yang duduk di parlemen negara bagian Victoria di Melbourne.

Namun karena menurut KPU partai ini tidak lagi memiliki cukup anggota seperti disyaratkan, makanya dicabut statusnya sebagai parpol pada Senin (4/5/2015). Dalam pengumuman resmi pihak KPU menyebutkan Sex Party gagal membuktikan memiliki minimal 500 orang pemegang kartu tanda anggota (KTA). Menyusul pengumuman itu, sejumlah pengurus dan anggota Sex Party mendorong anggotanya untuk memposting foto mereka bersama KTA masing-masing ke media sosial. Salah seorang pendiri Sex Party Robbie Swan menyatakan ada 6.000 orang yang mendaftarkan diri sejak pengumuman itu.

Partai Polska Partia Przyjaciół Piwa


Saya yakin anda pasti suka bergabung dengan partai politik dari polandia ini. Ya, partai yang disingkat pppp ini didirikan tahun 1990 oleh janusz rewinski dan merupakan partai politik yang bertujuan mempromosikan budaya minum bir the polish beer lover party. Meski para anggotanya adalah para penggemar bir, tapi salah satu program kerja mereka adalah memerangi kecanduan alkohol. Partai ini tidak punya program kerja lain selain mensosialisasikan budaya minum bir. Dalam budaya polandia, bir merupakan simbol kebebasan bersosialisasi dan menyampaikan pendapat, merupakan bentuk toleransi intelektual, dan sebagai simbol standar hidup yang lebih tinggi.

Dalam pemilu parlemen tahun 1991, secara mengejutkan partai ini meraih suara 2.97% di kota sejm, sehingga mereka memenangi 16 kursi parlemen. Dalam perkembangannya, partai ini kemudian terpecah menjadi dua fraksi, fraksi bir besar dan fraksi bir kecil, yang masing-masing memiliki peran masing-masing dalam mempromosikan bir pilsener (fraksi bir besar) dan bir hitam (fraksi bir kecil).

Partai Donald Duck Party 

Satu lagi partai politik yang dibentuk dengan tujuan hanya untuk lucu-lucuan saja. Partai bernama Kalle Anka Partiet ini adalah salah satu partai politik swedia yang dipimpin oleh bosse persson dan berdiri pada tahun 2002, beberapa bulan sebelum pemilu swedia. Meski bertujuan hanya sebagai lucu-lucuan dan terkesan tidak serius, partai ini ternyata bisa serius dalam memperjuangkan hak berjalan masyarakat. Salah satu perjuangan yang mereka lakukan dan berhasil adalah meminta pemerintah membuat jalan trotoar yang lebih lebar bagi pejalan kaki dan melarang mobil balap milik orang kaya parkir di jalan tersebut.

Selain itu, mereka juga memperjuangkan rancangan undang-undang yang melarang orang berkendara dalam kondisi mabuk atau di bawah pengaruh minuman beralkohol. Dalam pemilu tahun 2006, partai donald duck meraih 225 suara dan berada di posisi 21 dari 40 partai yang ikut dalam pemilu. Popularitas mereka naik di pemilu tahun 2010 dan menjadi salah satu dari 20 partai terbesar di swedia.

Partai The Party 


Partai politik asal jerman ini punya nama yang cukup panjang : partei fur arbeit, rechstaat, tierschutz, elitenforderung un basisdemokratische initiative (partai pekerja, peradilan, pelindung hewan, promosi kaum elit, dan demokrasi pingir jalan). Didirikan pada tanggal 2 agustus 2004 oleh martin sonneborn, salah seorang editor majalah titanic. Meski partai ini terkesan sangat serius, tapi sebenarnya partai ini adalah "partai parodi" yang didirikan dengan tujuan hanya untuk lucu-lucuan saja. Selain itu, pendirian partai ini juga bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat minoritas yang tidak didengar oleh partai terpilih. Beberapa aspirasi die partei yang cukup populer adalah Membangun kembali tembok berlin untuk memisahkan german barat dan timur, lalu mengganti nama jerman timur menjadi sbz / sonderbewirtschaftungszone (zona ekonomi khusus). Mengurangi jam kerja para karyawan.

Partai ini meng-klaim dirinya sebagai partai sayap kiri-kanan, dengan semboyan "tidak akan ada apapun, tidak menjadi apapun, dan tidak perlu punya apapun di sayap kiri dan kanan". Partai ini kerap mengkritisi hasil kerja pemerintah dengan gaya satir yang mereka angkat pada saat kampanye. Kendati merupakan partai politik lucu-lucuan, mereka cukup serius dalam menjalankan kegiatan politik mereka. Alhasil dalam pemilu parlemen eropa yang berlangsung 22 - 25 mei 2014 silam, partai ini meraih suara yang cukup baik dan memenangkan 1 kursi parlemen. Prestasi ini menjadikan mereka partai politik parodi pertama di dunia yang berhasil meraih kursi di pemilu parlemen.

Partai Fed Up Party 
 
ed the sock
Partai politik ini cukup menggelikan karena dipimpin oleh sebuah boneka bernama ed the sock. Ya, boneka ini adalah karakter boneka yang muncul di acara televisi kanada ed & red's night party yang tayang 10 februari 1995 hingga 31 agustus 2008. Diciptakan dan disuarakan oleh steven kerzner, karakter ini memiliki banyak penggemar fanatik dan menjadi salah satu selebritis yang sangat populer di negara tersebut. Partai ini berdiri tahun 2011, beberapa bulan sebelum pemilu federal berlangsung (4 mei 2011).

Ed mengumumkan pendirian partai fed up dan keinginannya untuk maju dalam pemilu perdana menteri kanada. Tujuan pembentukan partai ini adalah untuk memberantas sikap apatis dan masa-bodo para anggota parlemen. Kampanyenya dilakukan dengan merilis beberapa tulisan di media cetak serta perilisan video yang mendorong masyarakat untuk berani mengkritisi pemerintah yang kurang memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Meski kalah dalam pemilu tersebut, namun partai fed up akan terus berjuang dan memastikan pemerintah kanada menggelontorkan kebijakan yang lebih cerdas bagi kesejahteraan masyarakat, dan tidak "sebodoh" sekarang.

Partai Sammenslutning Af Bevidst Arbejdssky Elementer 
 
jacob haugaard
Ini adalah partai politik yang didirikan oleh komedian denmark bernama jacob haugaard pada tahun 1979 di kota aarhus, denmark. Bersama beberapa orang temannya, mereka rutin melakukan kampanye dalam pemilu parlemen. Meski dibentuk hanya untuk lucu-lucuan saja, partai sammenslutning ternyata mendapatkan respon yang positif dan didukung banyak orang. Prestasi terbaik mereka adalah saat pemilu parlemen yang diadakan september 1994 silam, di mana partai ini secara mengejutkan mendapatkan dukungan dari 23,253 orang pemilih, sehingga memberikan mereka 1 kursi di parlemen denmark.

Dalam kampanye yang dilakukan haugaard tahun 1994 silam, dia menjanjikan beberapa hal memperjuangkan hak impotensi bagi masyarakat denmark, menjadikan nutella sebagai salah satu menu ransum bagi tentara denmark, masyarakat akan mendapatkan 8 jam waktu santai, 8 jam istirahat, dan 8 jam tidur, menyediakan toilet umum di setiap tempat kampanye yang dilakukannya, menyediakan lebih banyak roti untuk bebek-bebek di taman. Partai ini eksis hingga tahun 1998, saat haugaard memutuskan untuk mundur dari aktivitas politik dan membubarkan partainya.

Partai Magyar Ketfarku Kutya Part


Partai politik asal hungaria ini artinya two tailed dog party didirikan di kota szeged, hungaria pada tahun 2006. Pendiri dan pemimpinnya adalah gergely kovacs dengan mengusung ideologi "absurdism" atau tidak jelas. Sama seperti partai-partai sebelumnya di atas, partai ini didirikan hanya untuk tujuan lucu-lucuan saja. Meski demikian, partai ini dijalankan dengan sangat serius, karena mereka memiliki staf lengkap yang mendukung setiap kegiatan kampanye pemilu di hungaria.

Ada pun janji politik populer yang pernah mereka gulirkan kepada publik adalah memberlakukan 1 hari kerja dalam 1 minggu, gratis beer setiap hari, membebaskan masyarakat dari pajak, mendirikan gunung dan bukit di dataran rendah hungaria, kami janjikan apapun yang diminta masyarakat!.

Partai Besti Flokkurinn 


Dari islandia, ada partai politik yang cukup menarik perhatian bernama besti flokkurinn (best party). Didirikan oleh jon gnarr aktor dan komedian populer dari islandia  tanggal 16 november 2009, partai yang awalnya merupakan partai lucu-lucuan ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dan dukungan cukup baik dari masyarakat. Sejak sukses dalam pemilu wilayah reykjavik tahun 2010 dengan meraih 34.7% suara, dan menjadi partai peraih suara terbanyak, partai ini berubah menjadi partai politik yang serius memperjuangkan suara rakyat. 

Salah satu keberhasilan partai ini adalah melepaskan islandia dari krisis finansial global tahun 2008 - 2011. Di awal pembentukannya dan saat kampanye pemilu 2010, partai ini menggelontorkan beberapa program kerja mereka yang cukup populer, seperti gratis naik bis dan berenang bagi orang yang tidak mampu dan punya masalah mental, meningkatkan transparansi dalam "segala hal", termasuk dalam berpakaian dan berhubungan intim, menolak membayar hutang negara, para laki-laki harus lebih banyak mendengar wanita dan orang tua.

Partai Happiness Realization Party


Partai realisasi kebahagiaan (幸福実現党 ) kofuku jitsugen-to merupakan partai politik jepang yang cukup unik. Didirikan oleh ryuho okawa pada tanggal 23 mei 2009, partai politik ini menyebut dirinya sebagai "partai pendapat ketiga" bagi masyarakat jepang yang tidak puas dengan hasil yang dicapai partai politik jepang yang berkuasa saat ini. Partai ini sebenarnya dibentuk sebagai wujud tindakan politik jepang dalam menyikapi ancaman pengetesan rudal yang dilakukan korea selatan. Selain itu, pembentukan partai ini pun dilakukan sebagai upaya untuk melepaskan jepang dari resesi ekonomi, setelah partai-partai yang berkuasa tidak berhasil melakukannya.

Berbeda dengan partai-partai yang sudah saya sebutkan di atas. Partai ini benar-benar adalah partai politik yang serius. Meski demikian, kebijakan yang mereka gelontorkan terbilang cukup aneh dan tidak rasional. Yang paling mengenyitkan kening adalah usulan untuk meningkatkan populasi penduduk jepang yang saat ini 300 juta menjadi 2 kali lipat, alias 600 juta. Dengan jumlah populasi yang tinggi, maka jepang akan dapat berpeluang untuk menguasai perekonomian dunia. Selain itu, usulan lain yang cukup kontroversial adalah mengangkat orang asing sebagai pemimpin jepang guna melindungi masyarakat dari ancaman militer korea selatan. Lalu juga ada usulan untuk membuat hubungan toleransi bermasyarakat antara orang hidup dan arwah orang mati. Harian the japan times pernah mengkritisi partai ini. Menurut mereka, kofuku jitsugen-to jauh lebih mirip kelompok pengkultusan agama daripada sebuah partai politik.

Partai Deadly Serious Party


Partai politik australia ini pernah didirikan pada tahun 1980 - 1988. Sejak didirikan, partai ini memang sudah menyatakan diri sebagai partai politik untuk lucu-lucuan saja. Tidak ada agenda khusus dalam partai ini selain melemparkan isu-isu humor ke parlemen australia, agar rapat parlemen tidak membosankan, kaku, dan dingin. Beberapa "usulan" yang pernah diusung partai ini kepada parlemen australia adalah : pembunuhan terhadap para pingun untuk melindungi garis batas australia dari invasi argentina, dan mengangkat orang-orang yang pandai melawak untuk duduk sebagai anggota parlemen. Partai politik ini akhirnya dibekukan pada tanggal 2 november 1988, setelah keanggotaan partai tersebut tidak mencapai jumlah minimum (500 orang).

Pemilihan wakil rakyat yang tentu saja mengemban tugas suci untuk menyerukan aspirasi rakyat adalah orang orang terpilih. Partai politik paling aneh diatas semoga menjadi cerminan bahwa perlu keseriusan yang tinggi dalam melakukan hal ini. Semoga di Indonesia tidak ada partai politik lelucon yang muncul. Majulah Indonesia! 


referensi:
http://news.detik.com/berita/1038175/partai-seks-austr
http://australiaplus.com/indonesian/2015-05-07/kpu-australia-cabut-status-sex-party-sebagai-parpol/1444816
http://extreme-facts2.blogspot.com/2015/06/10-partai-politik-paling-aneh-di-dunia.html

Related Article

Paling Aneh