Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peselancar Penakluk Gelombang Ombak Tertinggi Di Dunia

Beberapa pantai di dunia ini memiliki beragam keunikan tersendiri, ada yang memiliki ombak besar, pasir yang berbeda warna, atau terumbu karang yang cantik dan lain sebagainya. Sebagaian besar pantai terkenal akan ketinggian dan kebesaran ombaknya dimana hal ini merupakan ajang untuk melawan adrenaline bagi peselancar atau surfer di seluruh dunia. Mereka berlomba lomba untuk surfing pada ombak paling besar di dunia agar tercatat namanya sebagai peselancar penakluk ombak. Banyak bahaya yang harus ditemui namun hal tersebut tidak menciutkan nyali mereka untuk melakukan hal gila tersebut. Sahabatanehdidunia.com berikut peselancar penakluk ombak terbesar di dunia

Carlos Burle Pantai Maverick California 


Carlos Burle 45 dari Pernambuco telah berhasil melawan adrenalinnya sendiri dengan menaklukan ombak besar setinggi 68 kaki di Mavericks California Utara pada tahun 2001. Besar gelombang tersebut telah di analisa oleh Guiness World Records. Namun di tahun 2013 tepatnya 28 oktober Burle kembali mengklaim bahwa dirinya telah berhasil menunggangi gelombang laut terbesar di dunia di Praia do Norte melampaui rekor yang dipegang oleh garrett McNamara. 

Pete Cabrinha Pantai Jaws Maui 



Pete Cabrinha adalah orang dengan urutan ketiga yang berhasil menaklukan gulungan ombak terbesar di dunia dengan memakai papan seluncur pada tahun 2004 tepatnya tanggal 10 januari. Tinggi ombak yang berhasil dikendarainya adalah setinggi 70 kaki. Namun secara resmi tidak tercatat di Guiness Book of World Record

Mark Parsons Pantai California



Pada tanggal 5 januari 2008 Mike Parsons tercatat sebagai orang yang pemberani dan lulus menaklukan ombak setinggi 77 kaki di Cortes Bank California. Ia juga terdaftar sebagai penakluk ombak tertinggi di dunia yang waktu itu diberikan hadiah sebesar 15.000 dolar dan Honda jet ski karena berhasil memecahkan rekor setelah sebelumnya tidak ada yang bisa memecahkannya.

Garrett McNamara Pantai Nazare Portugal 



Garrett McNamara sepertinya  tidak takut terhadap ombak besar dan tertinggi, justru ia sengaja mencarinya untuk memecahkan rekor dunia. Di pantai Praira do Norte di Nazare, Portugal dengan gelombang setinggi 78 kaki (sekitar 24 meter), Garrett nekat berselancar. Dia berusaha mempertahankan keseimbangannya di atas papan selancar miliknya. Setelah menjadi pemegang rekor dunia dari aksinya yang luar biasa dengan menaklukan gelombang setinggi 78 kaki, Garrett diundang datang kembali ke Portugal untuk melakukan penyelidikan kelayakan sebuah pantai yang akan dipakai untuk lomba selancar dengan gelombang tinggi. Walau Garrett sudah menjadi peselancar senior, dia tetap memakai buoyancy aids atau alat bantu apung, yang berguna membuat para peselancar mampu kembali ke permukaan saat terjatuh karena tersapu ombak. 


referensi:
 http://news.discovery.com/adventure/extreme-sports/the-5-biggest-waves-ever-surfed.htm
http://www.surfertoday.com/surfing/9464-has-carlos-burle-beaten-mcnamaras-largest-wave-record
http://ciricara.com/2012/05/11/peselancar-amerika-memegang-rekor-dunia-video/