Cinta

Pejabat Negara LGBT Yang Menikah Sesama jenis

01 Feb 2016

Kaum LGBT atau lesbian gay biseksual dan transgender pada abad 21 ini merupakan abad yang paling fenomenal karena mereka tidak perlu bersembunyi lagi, dan keberadaan mereka sudah diakui oleh masyarakat. Mereka pun menyadari bahwa oerientasi seksual yang mereka punya, berlawanan dengan penganut kodrat lelaki perempuan secara umum. Namun keadaan seperti itu tidak membuat mereka berpartisipasi dalam bermasyarakat. Tidak sedikit yang kita tahu bahwa kaum LGBT ini memiliki kedudukan yang penting dalam sebuah negara, yang tidak semua negara mengakui keberadaannya sehingga menimbulkan kontroversi. Namun beberapa dari pejabat negara ini memilih untuk menjalankan kisah percintaaanya hingga ke pelaminan. Berikut pejabat negara yang menikah sesama jenis


Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel

Xavier Bettel menikah dengan pasangannya via msnbc.com
Sahabat anehdidunia.com Perdana Menteri Luxembourg Xavier Bettel (42), menikahi kekasih lamanya Gauthier Destenay beberapa waktu lalu. Pemimpin politik salah satu negara paling kaya di Eropa itu menjadi yang kedua di dunia menikah dengan sesama jenis secara terbuka ketika masih berkuasa. Menurut the Guardian Bettel dan Destenay hidup bersama sejak 2010. Mereka sempat berencana menikah setelah Bettel lengser, tapi akhirnya pesta dipercepat. Dalam upacara pernikahan di Balai Kota Luxembourg City, hanya hadir keluarga dekat dan tamu undangan khusus.

Toh, walau tidak diliput, foto-foto pernikahan mereka tetap tersebar. Warga Luxembourg tidak mempersamalahkan pernikahan sesama jenis pemimpin mereka. Walau agama mayoritas penduduk adalah Katolik, nyatanya 83 persen mendukung Undang-Undang Pernikahan gay maupun lesbian yang lolos pada Juni 2014 lalu. Beberapa saat setelah pernikahan itu, Bettel dan Destenay berjalan bersama di sekitar Balai Kota. Warga mengelu-elukan mereka. "Saya tidak akan pernah menyembunyikan siapa saya yang sebenarnya. Saya berkata dalam hati, jika kamu ingin menjadi politisi dan jujur dalam politik, anda harus jujur dengan diri sendiri dan menerima diri kita apa adanya," kata Bettel.

Elio Di Rupo Perdana Menteri Belgia

Terpilihnya Di Rupo sebagai Perdana Menteri Belgia ini mengakhiri kekosongan jabatan perdana menteri selama 589 hari. Hal ini terjadi lantaran parlemen Belgia pada saat itu tidak mampu membangun koalisi untuk membentuk pemerintahan. Akhirnya Raja Belgia memberikan mandat kepada Di Rupo selaku Ketua Partai Sosialis Belgia untuk membentuk pemerintahan. Pria kelahiran tahun 1951 itu menjabat sebagai Perdana Menteri Belgia selama tiga tahun, yaitu terhitung dari 6 December 2011 hingga 11 October 2014. Di Rupo tercatat sebagai Perdana Menteri Belgia pertama yang bukan berasal dari keturunan Belgia.

Dari wikipedia ditulis bahwa Ia juga merupakan warga Belgia penutur bahasa Perancis pertama yang menjadi perdana menteri sejak Paul Vanden Boeynants pada tahun 1979, sekaligus perdana menteri dari golongan sosialis pertama sejak Edmond Leburton meninggalkan jabatan pada 1974. Sahabat anehdidunia.com sejarah tentang terungkapnya orientasi seksualnya yang berbeda dari orang pada umunya sebenarnya jauh sebelum dia dinobatkan sebagai Perdana Menteri.  Di Rupo mengakui jika dirinya gay kepada media pada tahun 1996. Kendati begitu, Perdana Menteri ke-50 dalam sejarah Belgia itu tidak pernah meresmikan hubungan dengan pasangannya. Meski sebenarnya Belgia sudah melegalkan perkawinan sesama jenis sejak 2003 silam.

Perdana Menteri Islandia Johanna Sigurdardottir


Johanna Sigurdardottir, Perdana Menteri Islandia resmi menikahi kekasihnya yang juga seorang perempuan, Jonina Leosdottir. Dengan demikian, Sigurdardottir menjadi pemimpin negara pertama yang melaksanakan pernikahan sesama jenis. Kantor PM Islandia, Senin, 28 Juni 2010, merilis pernyataan bahwa pernikahan tersebut dilangsungkan pada Minggu, 27 Juni 2010, bertepatan dengan mulai berlakunya peraturan hukum baru mengenai pernikahan sesama jenis di Islandia, sekaligus bertepatan dengan peringatan hari internasional hak-hak homoseksual. Selama bertahun-tahun, Sigurdardottir dan Leosdottir yang berprofesi sebagai penulis sudah menjalin hubungan asmara. Kin, merekai melegalkan tali ikatan asmara mereka secara hukum. Pernikahan pasangan sesama jenis ini dirayakan melalui kebaktian di gereja, tanpa pesta meriah.

Kantor PM mengatakan bahwa PM berusia 68 tahun tersebut telah mengirimkan pesan bahwa hukum baru tersebut patut dirayakan seluruh penduduk Islandia. "Saya hari ini memanfaatkan hukum ini," kata Sigurdardottir seperti dikatakan salah seorang penasehatnya, Hrannar B. Arnarsson. Gereja Lutheran di Islandia selama ini menolak pemberlakukan aturan pernikahan sesama jenis tersebut. Kongres gereja pada April lalu juga tidak terang-terangan mendukung aturan tersebut. Sigurdardottir telah memiliki anak dari pernikahan heteroseksual sebelumnya. Meski secara jujur mengakui sebagai kaum penyuka sesama jenis, preferensi seksual Sigurdardottir selama ini hampir tak pernah menjadi isu besar di Islandia, yang seperti negara Nordik lainnya terkenal akan prinsip toleransi yang sangat tinggi.


referensi:
http://www.suratkabar.co/5820/news/para-pemimpin-ini-ternyata-penyuka-sesama-jenis-baca-dan-sebarkan#
http://www.merdeka.com/dunia/3-pemimpin-dunia-ini-menikahi-sesama-jenis.html
http://dunia.news.viva.co.id/news/read/161115-pemimpin-islandia-menikahi-sesama-jenis

Related Article

Paling Aneh