Film Aneh Unik

Fakta Menarik Teleskop Hubble Yang Harus Anda Ketahui

15 Apr 2016

Perkembangan pesat ilmu astronomi sampai sekarang ini tidak terlepas dari jasa seorang Galileo Galilei.Dialah penemu pertama kali teleskop atau teropong bintang. Penemuan teleskop ini dapat membantuk mengoreksi kelemahan yang ada pada mata manusia dalam melihat benda-benda angkasa. Sebagai salah satu instrumen dalam bidang astronomi, kemampuan mata manusia tidaklah baik.Bukaan pada pupil (bola mata) terlalu kecil sehingga membatasi kemampuan mengumpulkan cahaya dan kemampuan memisahkan objek-objek yang berdekatan.Sebuah teleskop dapat mengumpulkan cahaya lebih banyak dan memiliki kemampuan memisahkan objek-objek yang lebih baik dibanding mata manusia.Teleskop dapat menghasilkan gambaran yang diperbesar hingga beratus-ratus kali, sehingga memudahkan kita dalam melihat detail suatu objek.


Fakta Menarik Teleskop Hubble Yang Harus Anda Ketahui

Secara umum terdapat dua tipe teleskop, yaitu: teleskop refraktor dan teleskop reflektor. Teleskop refraktor bekerja dengan menggunakan lensa yang bisa membiaskan cahaya, sedangkan teleskop reflektor bekerja dengan menggunakan cermin yang bisa memantulkan cahaya. Teleskop reflektor memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan teleskop reflektor, diantaranya: teleskop reflektor dapat dibuat dengan ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan teleskop refraktor, dan kemampuan mengumpulkan cahaya teleskop reflektor lebih baik dibandingkan teleskop refraktor. Saking hebatnya kemampuan teleskop reflektor dalam mengumpulkan cahaya sampai ada yang mengatakan bahwa kita yang ada di bumi dapat melihat nyala api lilin di bulan dengan menggunakan teleskop reflektor.
Fakta Menarik Teleskop Hubble Yang Harus Anda Ketahui

Salah satu teleskop reflektor tercanggih yang pernah dibuat umat manusia adalah teleskop Hubble. Pada tahun 1990 sebuah pesawat ualng alik Discovery diluncurkan ke angkasa untuk membantu membawa sebuah teleskop raksasa yang akan mengorbit di ruang angkasa. Teleskop tersebut diberi nama Hubble yang diambil dari seorang ilmuwan di bidang astronomi bernama Edwin Hubble. Beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang teleskop Hubble ini adalah:
  1. Biaya pembangunan teleskop Hubble mencapai 1,5 milliar dollar Amerika atau setara 20 trilliun rupiah.
  2. Teleskop Hubble diluncurkan pada tanggal 25 April 1990.
  3. Seharusnya teleskop ini diluncurkan 4 tahun lebih awal, tetapi ditunda karena larangan penerbangan pesawat ulang alik setelah kecelakaan pesawat Challenger pada tahun 1986.
  4. Teleskop Hubble memiliki ukuran cermin primer 2,4 m. Massa teleskop ini mencapai 11 ton. Panjang teleskop Hubble 14,2 m, dengan lebar 12 m (termasuk panel mataharinya), dan diameternya 4,3 m.
  5. Gambar pertama yang dikirimkan teleskop Hubble diterima pada 20 Mei 1990, namun sayangnya gambar yang didapat blur.
  6. Hanya berbeda perhitungan sebesar 1/50 kali dari diameter rambut manusia, lekukan cermin pengumpul cahaya utama pada teleskop Hubble menyebabkan gambar yang dicitrakan menjadi kabur.
  7. Untuk memperbaiki gambar kabur tersebut NASA menggunakan susunan cermin yang disebut COSTAR (Corrective Optic Space Telescope Axial Replacement) yang kegunaannyasama dengan kacamata yang dipakai oleh manusia, yaitu mengoreksi pandangan.

Beberapa prestasi yang pernah dicatat oleh teleskop Hubble antara lain:
  • Merekam kerusakan pada planet Jupiter yang disebabkan oleh benturan komet Shoemaker Levy 9.
  • Melihat pilar penciptaan pada Elang Nebula, tempat bintang-bintang terbentuk.
  • Menunjukkan secara tepat protostar dengan proplyd, yaitu kepingan pembungkus tempat planet-planet terbentuk.
  • Menangkap gambar awan gas yang meledak ke dalam ruang angkasa pada peristiwa supernova.
  • Mengintip hingga ke pusat galaksi-galaksi yang aktif.
  • Menemukan bidang dalam galaksi-galaksi di kejauhan yang belum pernah terlihat sebelumnya.



Penemuan teleskop Hubble merupakan lompatan luar biasa dalam bidang astronomi. Berkat teleskop Hubble jendela alam semesta yang semula hanya terbuka sedikit, kini menjadi terbuka lebar bagi ilmuwan-ilmuwan bidang astronomi yang ingin mengetahui lebih jauh rahasia alam semesta. Sampai saat ini Hubble telah mengambil  tidak kurang  dari 570.000 gambar dari 30.000 lebih benda langit. Hubble telah mengumpulkan data yang cukup untuk mengisi lebih dari 5.800 film DVD. Hubble telah melakukan lebih dari 110.000 perjalanan di sekitar bumi, dengan total jarak 3,2 miliar km, sama dengan rata-rata jarak Neptunus dari matahari.


referensi:
Kerrod, Robin. 2005. Bengkel Ilmu Astronomi. Erlangga. Jakarta.
https://id.wikipedia.org/wiki/Teleskop
http://www.petelagi.com/fakta-menarik-tentang-teleskop-hubble/

Related Article

Paling Aneh