Berita Aneh Unik

Kisah Lain Mengerikan Di Balik Film Kartun Disney

03 Jul 2016

Jika mendengar kata Disney maka yang biasanya akan terlintas di benak kita adalah, film-film kartun anak yang memiliki cerita mendidik dengan akhir yang bahagia. Karena cerita semacam inilah, studio film Walt Disney berhasil menjadi salah satu studio film terbesar di dunia dan telah menghasilkan banyak film-film box ofice. Namun yang tak banyak orang ketahui adalah bahwa di balik cerita-cerita manis hasil kemasan dari Walt Disney studio ini, terdapat kisah mengerikan dari cerita asli yang telah di rubah, demi kepentingan pasar. Kisah-kisah yang sebenarnya tak pantas untuk konsumsi anak-anak ini telah disulap sedemikian rupa, hingga sesuai dengan slogan Disney selama ini yaitu "live happy ever after" yang kurang lebih berarti "Hidup bahagia selamanya". Dan berikut ini adalah Kisah Mengerikan Di Balik Film Kartun Disney, versi anehdidunia.com

Gadis Berkerudung Merah

Dalam film kartunya, Gadis berkerudung merah di gambarkan sebagai seorang gadis yang setiap hari datang ke dalam hutan untuk mengantarkan makanan bagi sang nenek yang tinggal di tengah hutan. Namun rutinitas ini suatu hari berubah, akibat ada seekor serigala yang datang ke rumah sang nenek untuk memangsa wanita tua yang tinggal di tengah hutan tersebut. Namun ketika si serigala sedang ingin memangsa sang nenek, Ia mendengar kedatangan kerudung merah hingga merubah rencananya. Serigala licik ini pum menyekap si nenek dan berpura-pura menjadi nenek dari kerudung merah agar bisa menyergap kerudung merah. Namun dalam versi Disney ini, kerudung merah di gambarkan sebagai seorang gadis cerdik yang menyadari tipu daya si serigala licik, dan mencoba mengulur waktu untuk mencari bantuan. Hingga lewatlah seorang pemburu yang akhirnya menyelamatkan kerudung merah dan neneknya, cerita ini pun berakhir bahagia dengan dibunuhnya si serigala jahat.


Namun ini adalah cerita versi indah yang diadaptasi dari Disney dengan beberapa penyesuaian dan perubahan di mana-mana. Dalam kisah asli, Gadis Berkerudung Merah, tak ada seorang pemburu yang kebetulan lewat dan menyematkan keduanya. Kisah kerudung merah pun berakhir tragis dan sebenarnya lebih cocok di sebut sebagai cerita horor dari pada dongeng anak-anak. Dalam kisah aslinya kerudung merah memang sampai kerumah sang nenek, namun saat itu si serigala telah memangsa neneknya dengan brutal hingga darah dan daging berceceran di mana-mana. Serigala ini pun ternyata bukan serigala sembarangan melainkan siluman serigala. Siluman ini kemudian menyekap kerudung merah dan memaksanya untuk memakan sisa-sisa daging dari neneknya sendiri, sebelum akhirnya Ia di telanjangi dan diperkosa oleh siluman serigala tersebut sebelum akhirnya dimakan.

Sleeping Beauty

Dalam kisah yang selama ini di suguhkan oleh studio Disney, Sleeping Beauty atau Putri tidur di gambarkan sebagai seorang putri yang tertidur akibat kutukan dari seorang peri jahat yang sakit hati karena tak diundang dalam pesta perayaan kelahiranya. Kutukan ini akan aktif jika si putri terkena tusukan jarum. Mengetahui hal ini raja dan ratu, sebenanya telah menyingkirkan semua jarum di negara mereka. Namun ternyata masih ada satu jarum yang ada di sebuah mesin pendulum yang ada di menara tua yang ada di kerajaan. Putri tidur yang belum pernah melihat jarum seumur hidupnya, penasaran melihat benda yang baru pertama kali Ia lihat hingga akhirnya tertusuk dan aktiflah kutukan itu. Namun walaupun tertidur sesuai dengan sloganya yaitu "Live Happy Ever After" maka kelak akan ada seorang pangeran yang jatuh cinta dan membangunkan sang putri lewat sebuah ciuman cinta yang tulus. Keduanya ke,udian menikah dan hidup bahagia selamanya.


Namun kisah yang berakhir indah tersebut merupakan, hasil tim kreatif dari Disney belaka. Karena dalam kisah aslinya, si putri memang tertidur dan di temukan oleh seorang pangeran yang kebetulan lewat, di tempat persemayaman sang putri. Pangeran juga memang terpesona dengan kecantikan sang putri hingga akhirnya menciumnya. Namun adalm cerita asli ini, sang putri tak terbangun setelah di cium oleh si pangeran. Dan karena sudah terbawa nafsu si pangeran ini pun melanjutkan tindakanya, hingga memperkosa putri yang tengah tertidur ini. Akibat perbuatan si pangeran, Sleeping Beauty pun mengandung dalam masa tidurnya. Setelah sembilan bulan Ia pun melahirkan dua orang anak kembar, yang kemudian salah satunya menghisap jari Sleeping Beauty yang tertusuk jarum. Akibat hisapan dari bayinya ini, jarum kutukan yang selama ini ada di jari Sleepnig Beauty pun akhirnya keluar. Dan Ia pun terbangun dan mengetahui dirinya telah menjadi Ibu dari dua orang anak kembar hasil perbuatan cabul sang pangeran yang kebetulan lewat tersebut.

The Little Mermaid

Dalam versi Disney kisah Ariel, si putri duyung yang jatuh cinta pada seorang pangeran bernama Eric, di gambarkan dengan akhir yang bahagia setelah keduanya berhasil menyatukan perbedaan antara dunia yang berbeda. Di awali dengan pertemuanya tak sengaja keduanya di laut lepas saat sang pangeran tengah berlayar, Ariel si putri duyung akhirnya jatuh cinta pada pangeran Eric. Dan untuk dapat bersatu dengan si pangeran yang nota bene berbeda dunia denganya, Ariel harus merelakan suara indahnya untu di tukar dengan sepasang kaki, agar Ia bisa hidup di daratan bersama sang pangeran. Dan setelah mempunyai kaki dia langsung menuju ke daratan untuk bertemu sang pangeran. Setelah bertemu mereka pun menikah dan hidup bahagia selamanya.


Kurang lebih seperti itulah yang ingin di gambarkan Disney, dalam kartun garapanya. Namun dalam kisa aslinya yang di tulis oleh Hans Cristian Anderson, meskipun memiliki alur cerita yang nyaris serupa namun, yang membedakan adalah untuk mendapatkan sepasang kakinya, Ariel harus mengalami rasa sakit yang luar biasa. Selain itu ada harga lain yang harus di bayar sang putri duyung jika Ia sampai menikah dengan pangeran Eric yang menjadi pujaan hatinya, yaitu dia akan mati. Dan sayangnya memang itulah yang terjadi, walaupun dengan pengorbana Ariel yang sangat besar, ternyata sang pangeran lebih memilih untuk menikah dengan orang lain dari pada dengan si putri duyung. Akibat pilihan Eric ini akhirnya Ariel pun mati dan menjadi buih di lautan yang tersapu oleh ombak.

Tree Little Pig

Dalam versi Disney, kisah Tree Little Pig atau supaya lebih mudah kita sebut saja tida babi kecil, bermula ketika ketiganya yang masing-masing telah memiliki rumah ini, kedatangan seorang serigala yang dengan tiupan nafasnya mampu merobohkan rumah dari babi pertama dan kedua. Akibat rumahnya telah roboh dan di kejar oleh serigala, dua kakak babi ini pun mengungsi kerumah adik bungsu mereka , si babi kecil yang cerdik. Dan berkat kecerdikan si bungsu ini, serigala yang tengah mengejar mereka itu akhirnya bisa di jebak hingga jatuh ke tunggu yang berisi air panas hingga semua bulunya rontok. Akibat tak memiliki bulu lagi serigala ini jadi malu dan akhirnya lari ke hutan dan tak pernah muncul lagi. Ketiga babi ini pun akhirnya bisa hidup tenang tanpa gangguan serigala lagi dan bahagia selamanya.


Namun kisah yang berakhir bahagia di atas merupakan kisah modern yang telah di modifikasi oleh Disney studio. Dalam kisah aslinya, akhir dari cerita ketiga babi ini tak semanis itu. Dalam kisah yang asli ke dua babi yang pertama di hancurkan rumahnya tak berhasil melarikan di ri dan akhirnya di makan oleh serigala. Sedangkan setibanya di rumah si babi bungsu, serigala ini secara tak sengaja tercebur ke dalam panci berisi air panas saat berusaha menyusup ke rumah babi tersebut. Tapi ternyata itu bukanlah kebetulan karena tungku yang ada memang sudah di siapkan si bungsu babi untuk menjebak serigala yang ingin memakanya. Serigala ini pun di masak hidup-hidup oleh babi tersebut dan kemudian Ia makan. Tindakan babi bungsu ini secara tak langsung telah menjadikanya kanibal, karena beberapa waktu sebelun si serigala itu jatuh ke tunggku Ia terlebih dulu memangsa kakak-kakak si babi yang otomatis ikut termasak dan di makan bersama daging serigala tersebut saat di santap oleh si babi kecil.

Pocahontas

Di kisah yang disuguhkan dalam kartun Disney, cerita Pocahontas di gabarkan sebagai keberhasilan akulturasi antara para misionaris Inggris dan orang Pribumi Amerika. Di kisahkan bahwa Pocahontas yang merupakan anak dari suku Indian bertemu dengan salah satu pria misionaris Inggris yang datang ke wilayah ke kuasaan suku dari Pocahontas. Namun karena kebaikan pria misionaris ini, akhirnya mulai tumbuh benih-benih cinta keduanya. Tentu saja karena latar belakang yang jauh berbeda di kisahkan jika cinta keduanya sempat mendapatkan tentangan baik dari suku Pocahontas maupun teman-teman dari pria misionaris tersebut. Tapi konon karena cinta keduanya yang sangat besar, Pocahontas dan pria Inggris itu pun akhirnya bisa menyatukan cinta keduanya. Bersatunya cinta Pocahontas dan pria Inggris ini juga sekaligus mengakhiri perselisihan antara kaum pribumi dan para misionaris.


Terdengar sangat indah dan penuh dengan cinta kan? Namun sayangnya itu semua hanyalah isapan jempol belaka, karena dalam kisah aslinya, sebenarnya gadis yang bernama Pocahontas di culik dan di jadikan tawanan oleh pihak Inggris. Tak hanya itu, suami Pocahontas juga dibunuh dan selama masa penawananya ini, Pocahontas di perkosa berkali kali hingga akhirnya hamil. Dan unntuk menutupi aib dari kehamilan Pocahontas akibat pemerkosaan yang di lakukan oleh para misionaris tersebut. Ia kemudian dinikahkan dengan seorang petani tembakau bernama, John Rofle agar kehamilan Pocahontas terlihat sah. Selain itu, Pocahontas juga di jadikan simbol dari berhasil di jinakanya suku pribumi Indian yang dianggap buas oleh orang Inggris. Tak lama setelah itu kisah hidup tragis Pocahontas akhirnya mencapai akhir saat dirinya akhirnya di racun hingga mati, oleh pihak Inggris karena mengetahui rencana pembantaian kaum pribumi yang tengah di rencanakan mereka kala itu. Pocahontas yang malang akhirnya harus berakhir di usianya yang masih 20 tahun di tangan kebiadaban para misionaris Inggris.

Jika kita menilik kisah asliya, maka tak heran jika Disney merombak habis-habisan kisah asli dari sebagain besar kartun aslinya, namun sesungguhnya di balik semua itu masih banyak pesan tersembunyi dalam kisah Disney yang kadang tak kita sadari.

Referensi :
http://www.tahupedia.com/content/show/175/10-Dongeng-Disney-dengan-Kisah-Asli-yang-Mengerikan
http://www.mbakbro.com/2015/04/Daftar-5-Rahasia-Gelap-Film-Walt-Disney.html


Related Article

Paling Aneh