Berita Aneh Unik

Inilah Kehebatan Kosta Rika Negara Kecil Yang Berani Tampil Beda

07 Sept 2016

Nama Kosta Rika mungkin masih awam bagi kebanyakan orang Indonesia. Terlebih negara ini memang berukuran cukup mini, kurang lebih hanya sekitar 51 ribu kilometer yang jika di bandingkan dengan pulau Maluku saja masih kalah besar. Selain itu negara yang bertetangga dengan Kolombia dan Panama ini memang jarang masuk dalam pemberitaan dunia karena relatif adem ayem dan tenang. Namun meski berukuran kecil jangan pernah meremehkan negara ini, karena dibalik kesederhanaanya Kosta Rika sebenarnya menyimpan berbagai kehebatan dan keunikan yang jarang di miliki oleh negara dibelahan dunia lain. Sebagai contoh meski berukuran sangat kecil namun ternyata Kosta Rika memiliki banyak spot lingkungan hidup yang menyangga kelangsungan dunia ini. Dan spot ini tak hanya berjumlah 20 atau 30 melainkan setidaknya ada 100 lebih. Jumlah sekaligus merupakan salah satu yang terbanyak didunia ini. Unik bukan? oleh karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi keunikan dari negara Kosta Rika dalam artikel Kehebatan Kosta Rika Negara Kecil Yang Berani Tampil Beda, versi anehdidunia.com

Penduduk Yang Sangat Nasionalis

Mari kita mulai fakta unik kali ini dari Penduduk Kosta Rika, selain di kenal memiliki fisik yang bagus dengan muka rata-rata Pria dan Wanitanya yang ganteng dan cantik akibat perpaduan darah Latin dan Asia. Warga Kosta Rika juga bisa dibilang sebagai penduduk dunia yang paling Nasionalis serta Loyal Pada negaranya. Untuk urusan kecintaan pada negaranya warga Kosta Rika tak perlu diragukan lagi, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan orang Kosta Rika yang sangat suka memutar lagu Kebangsaan mereka dibandingkan dengan musik pop yang kini tengah merajai dunia.


Tak hanya sampai disitu, karena di Kosta Rika setiap jam 7 pagi, semua stasiun radio secara serempak akan memutar lagu kebangsaan mereka yang berjudul Himno Nacional de Costa Rica. Hal seperti ini sepertinya hanya akan ditemui di Kosta Rika saja pada Era modern saat ini. Hal ini sekaigus menunjukan bahwa warga Kosta Rika, memiliki Rasa Nasionalisme yang tinggi. Jika kita sedikit menengok ke belakang, hal serupa sebernarnya sempat di berlakukan di Indonesia pada era Orde baru, dimana lagu kebangsaan akan diputar hampir di semua stasiun TV dan Radio pada pukul 7 petang, sayangnya hal ini di hapuskan setelah era reformasi dan kebebasan pers yang menganggap hal tersebut meupakan sebuah paksaan pemerintah. Hal yang sungguh berbanding terbalik dengan yang terjadi di Kosta Rika dimana warganya begitu menikmati lagu Kebangsaan Negaranya.

Kekayaan Hayati Yang Berlimpah

Meski tak memiliki wilayah daratan yang luas dan bukanlah negara yang kaya secara finalsial. Namun bukan berarti Kosta Rika tak memiliki sumbangsih yang besar terhadap dunia ini. Negara unik ini memiliki cara tersendiri untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia. Dengan kekayaan serta keragaman hayati yang mereka miliki secara tak langsung Kosta Rika telah membuat dunia ini makin kaya. Dengan tak kurang dari 100 spot lingkungan hidup, percaya tak percaya negara yang berukuran mini ini telah menyumbang tak kurang dari 5 persen keanekaragaman hanyati di seluruh dunia. Ini meupakan hal yang terbilang luar biasa dan hebat karena luas negara Kosta Rika sendiri hanya sekitar 0.03 persen dari selurugh luas Bumi.

Salah satu Negara Paling Bahagia Di Dunia

Mungkin ungkapan jika "Uang tak bisa membeli kebahagiaan" itu ada benarnya. Terutama jika membicarakan warga Kosta Rika, karena meski tak termasuk sebagai negara kaya dan masih banyak warganya yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tapi faktanya warga Kosta Rika tercatat sebagai orang-orang yang paling bahagia didunia ini. Hal ini juga bukan sesuatu yang asal saja karena menurut survey, warga Kosta Rika memiliki life expectasy alias harapan hidup yang cukup tinggi. Nilai rata-rata dari harapan hidup warga Kosta Rika ini berada di kisaran angka 79 tahun, yang sekaligus merupakan rataan harapan hidup tertinggi didunia. Alasan dari harapan hidup yang tinggi ini pun cukup sederhana, karena kebanyakan warga Kosta Rika memang orang-orang yang hidup dengan sederhana dan apa adanya. Tak terlalu ngoyo seperti kebanyakan pendudk dunia yang akhirnya justru malah termakan oleh kejamnya perkembangan jaman yang kian mencekik.

Sistem Alamat Tempat Yang Nyeleneh

Bagi wisatawan ataupun orang yang baru mengunjungi Kosta Rika, pasti akan dibuat geleng-geleng kepala dengan sistem alamat di negara ini yang bisa dibilang unik atau lebih tepatnya nyeleneh. Di Kosta Rika jarang sekali ada sebuah tempat yang memiliki nama khusus. Bahkan untuk wilayah perumahan pun biasanyan tak memiliki alamat yang jelas. Jadi bagi orang baru terutama wisatawan dari Eropa dijamin akan sangat kerepotan untuk mencari alamt di negara ini.


Hampir sama dengan di Indonesia orang Kosta Rika memiliki cara yang unik untuk menunjukan arah. Misalkan dengan menjadikan sebuah gedung atau jembatan sebagai penujuk alamat. Sebagaicontoh saat di tanya alamat warga Kosta Rika, biasanya akan menyebutkan gedung besar yang ada di sampingnya, misal alamat A ada di samping gedung B, dan sebagainya. Lebih parahnya lagi kandang papan penunjuk jalan pun bisa menunjukan arah yang berbeda untuk satu tempat ataupun sebaliknya arah yang sama untuk 2 tempat berbeda. Hal serupa juga kita temui di Indonesia hanya saja bedanya alamat di Indonesia masih memiliki nama. Sedangkan di Kosta Rika, kadang benar-benar tak memiliki nama.

Negara Tanpa Militer

Kekuatan militer bagi sebuah negara merupakan sebuah jalan untuk menjaga kedaulatan serta keamanan. Hampir semua negara didunia ini berlomba-lomba untu membagun kekuatan militer demi menjaga integritas mereka di mata dunia. Namun hal tersebut tak berlaku di Kosta Rika, karena negara ini berani tampil beda dengan tak bergantung pada kekuatan militer. Di negara ini kita tak akan menemukan sosok tentara, maupun atribut yang berbau militer karena di negara ini memang tak ada tentara sama sekali.


Aturan anti mainstrem ini sudah mereka berlakukan sejak tahun 1948 hingga saat ini. Sejak saat itu pula Kosta Rika tercatat sebagai salah satu negara yang memberlakukan sistem pemerintahan tanpa adanya militer. Namun meski demikian anehnya negara ini termasuk yang paling aman didunia ini. Tak pernah tercatat ada huru hara besar maunpun kerusuhan di negara kecil ini. Pilhan ini juga tak asal-asalan karena dulu sebenarnya Kosta Rika, pernah memiliki angkatan bersenjata. Namun hal tersebut belakangan di hapus menyusul terjadinya perang sipil antara rakyat dan aparat militer yang pernah terjadi di Kosta Rika. Hal unik ini sekaligus menjadi daya tarik sekaligus hal paling terkebal dari negara Kosta Rika.


Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa fakta unik tentang Kosta Rika, yang tak disangka-sangka meski berukuran kecil tetap berani tampil beda dan juga menyimpan berbagai keunikan serta kehebatan yang jarang di ketahui orang. Semoga artikel ini menambah wawasan sahabat anehdidunia.com dan jangan lupa kalau menilai arikel ini menarik jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tahu tentang keunikan negara kecil bernama Kosta Rika ini :)


Referensi:

www.boombastis.com/fakta-unik-kosta-rika/76202


Related Article

Paling Aneh