Hal Unik Dan Nyeleneh Yang Ada Di Jepang


Sebagai salah satu negara termaju di Asia bahkan Dunia, Jepang merupakan negara yang menjadi favorit banyak warga Indonesia untuk di kunjungi. Di negara ini selain teknologinya yang terkenal sangat maju, tersimpan pula beragam keindahan lain diantaranya  bunga sakura yang sangat terkenal dan juga kultur masyarakatnya yang unik. Nah untuk urusan kultur masyarakat Jepang yang unik ini, mungkin akan terdengar aneh bagi kebanyakan telinga orang Indonesia. Karena selain selera humor mereka yang tak biasa, di negara yang berbatasan dengan Korea Selatan ini terdapat pula beragam produk unik, tempat wisata yang unik dan juga sekolah yang unik. Hal inilah yang kali ini ingin anehdidunia bagikan informasinya pada sahabat anehdidunia.com dalam Hal Unik Dan Nyeleneh Yang Ada Di Jepang, versi anehdidunia.com

Pemandian Air Panas Aneka Rasa

Pemandian Air Panas Aneka Rasa

Berendam di air hangat seusai lelah bekerja merupakan salah satu favorit warga Jepang. Karena itu tempat wisata yang menawarkan jasa kolam air panas atau di Jepang biasa disebut Onsen, nyaris terdapat di setiat daerah. Mulai dari yang sederhana sampai yang berbentuk resot mewah akan dengan mudah kita jumpai disana. Namun bukan Jepang namanya jika hanya puas dengan berendam di air panas biasa. Khusus di Jepang orang tak hanya bisa berendam dengan air panas biasa namun juga air panas dengan beraneka rasa, diantaranya rasa greentea, kopi, anggur merah, bir dan berbagai rasa minuman unik lainya. Kolam air panas unik ini bisa kita temui di sebuah resort bernama Hakone Kowakien Yunessun Spa, sebuah resort yang menggabungkan Onsen tradisional ala Jepang dengan kolam renang yang di isi dengan berbagai minuman dengan rasa yang unik. Bagaimana sahabat anehdidunia.com ada yang berminat mencoba saat berkunjung ke Jepang?

Kotatsu

Kotatsu

Satu hal unik lagi yang tak dapat di lepaskan dari kehiduan masyarakat Jepang adalah Kotatsu. Meja kayu kecil yang biasanya dilapisi dengan selimut tebal ini hampir pasti ada di setiap rumah yang ada di sana. Kotatsu sendiri berfungsi sebagai meja pemanas bagi masyarakat Jepang, di dalam Kotatsu terdapat pemanas elektrik dengan suhu yang sudah di atur untuk membuat suhu di dalamnya terasa hangat. Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan salah satu negara terdingin di Asia, karena itu keberadaan Kotatsu bagi masyarakat Jepang sangatlah penting untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin. Kotatsu sendiri sudah ada sejak jaman dulu kala dimana tungku batu bara yang di gunakan sebagai pemanasnya. Uniknya meski Kotatsu sangat mujarab sebagai penghangat saat musim dingin, kebanyakan pengguna Kotatsu hanyalah masyarakat Jepang, sedangkan negara tetangga mereka Korsel yang juga sama dinginya, tak banyak orang yang menggunakan Kotatsu.

Washlet Toilet

Washlet Toilet

Meskipun di setiap negara toilet memiliki fungsi yang sama, namun tak dapat dipungkiri jika tiap negara memiliki adab mereka sendiri dalam menggunakan toilet. Dan selain adab yang berbeda-beda di tiap negara, di Jepang toilet tak hanya sekedar di desain dengan model yang biasa. Sesuai dengan citra negaranya yang sangat maju di bidang teknologi. Toilet di Jepang juga dilengkapi dengan beragam mesin tambahan, diantaranya pengatur air, yang bisa mengatur air hangat atu dingin saat menyiram. Selain itu kita juga bisa mengatur suara air sesuai dengan kehendak kita. Tak hanya sampai di situ toilet di Jepang juga ada yang dilengkapi dengan pemutar musik. Toilet yang dilengkapi musik seperti ini biasanya merupakan toilet umum, dimana suara musik ini dimaksudkan untuk menutupi suara saat buat air agar tak mengganu orang lain.

Hotel Kapsul

Hotel Kapsul

Meski dikenal sebagai negara yang sangat maju, namun Jepang sebenarnya dihadapkan dengan masalah serius tentang ketersedianan lahan yang cukup untuk tempat tinggal warganya. Hal ini menyebabkan harga properti dan tanah di negara ini sangatlah mahal. Karena itu bukan hal yang aneh jika kita melihat orang yang hanya tinggal dalam kamar sewa yang sempit. Hal ini juga berlaku dalam bisnis hotel, di Jepang terdapat sebuah hotel unik yang hanya mewarakan sebuah ruangan sempit setara dengan sebuah kasur untuk tempat menginap. Akibat ruangan kamar yang begitu kecil dan mirip seperti kapsul inilah, hotel unik di Jepang ini sering juga disebut sebagai hotel kapsul. Hotel ini sendiri biasanya digunakan oleh para pekerja kantor yang pulang terlambat karena harus lembur di tempat kerja. Dengan harganya yang murah, hotel kapsul biasanya menjadi pilihan utama, karena biasanya hanya digunakan untuk tidur selama beberapa jam saja.

Dekotora

Dekotora

Di Indonesia kita tentu sudah familiar dengan truk-truk yang memiliki tulisan unik di bagian belakang bak belakangnya. Tulisan ini selain menghibur juga merupakan wujud dari perasaan para supir truk, seperti misalnya “Pantang Pulang Tanpa Uang”, “Pulang Malu, Tak Pulang Rindu.” Tren memodifikasi truk ini ternyata tak hanya ada di Indonesia saja, di Jepang para supir truknya ternyata juga senang untuk memodifikasi truk mereka. Hanya saja perbedaanya adalah mereka tak memberikan tulisan unik pada body truknya melainkan mendekorasi truk mereka dengan aneka lampu hias yang terlihat sangat ramai. Mereka juga tak tanggung-tanggung dalam menghabiskan dana dan waktu untuk membangun truk impianya. Kebiasaan memodifikasi truk ini sendiri di sebut Dekotora yang merupakan singkatan bahasa Inggris untuk Decoration Truk. Truk-truk Dekotora ini biasanya tampi sangat wah dan megah dengan densain lampu yang sangat rumit dan tata cahaya yang beitu terang. Hal ini membuat Dekotora menjadi pusat perhatian saat melintas di jalanan Jepang terutama saat malam hari.

Museum Parasit

Museum Parasit Meguro

Museum merupakan sebuah tempat untuk menyimpan berbagai macam koleksi untuk di pamerkan demi kepentingan ilmu pengetahuan. Karena itu di dunia ini terdapat berbagai macam museum mulai yang umum seperti museum sejarah, hingga museum yang unik seperti museum barang-barang mistis dan juga museum sex. Salah satu museum unik lain ada di Jepang yaitu Museum Parasit Meguro. Di museum yang menjadi salah satu kebanggan kota Tokyo ini, kita dapat melihat bernagai macam parasit yang tersimpan dengan rapi. Museum yang dibangun pada tahun 1953 ini akan telihat begitu menyeramkan terutama bagi mereka yang gampang Jijik. Karena di museum ini kita akan disuguhkan tak kurang dari 60 ribu jenis parasit. Ke 60 ribu parasit tersebut di bagi dalam 2 lantai. Di lantai satu kita akan menjumpai “Diversity of Parasites”, atau jenis parasit yang menumpang hidup di tubuh manusia. Sedangkan di lantai dua kita akan dibuat tercengang dalam “Human and Zoonotic Parasites”, yaitu parasit yang menggrogoti tubuh manusia. Salah satu contohnya seperti cacing pita sepanjang 9 meter dan juga cacing hati yang menggerogoti tubuh manusia dari dalam. Bagaimana apakah ada diantara sahabat anehdidunia.com yang berminat mengunjungi museum unik ini?

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa hal unik yang hanya bisa kita temui di Jepang. Semoga informasi ringan ini dapat menghibur sekaligus menambanh pengetahuan sahabat anehdidunia.com

Referensi:
https://www.brilio.net/wow/15-hal-brilian-di-jepang-ini-nggak-bakal-bisa-kamu-temui-di-indonesia-161230g.html
https://www.jalan2kejepang.com/destinasi/tokyo/tempat-wisata-populer/mengunjungi-museum-parasit-meguro-di-jepang

Foto Aneh Unik