Makam Seram Ini Disebut Makam Terangker Di Dunia

Setiap yang hidup akan mengalami mati dan setiap yang mengalami mati tak akan pernah tahu kapan terjadi. Itu artinya kematian tak bisa dicegah, dihindari, diundur atau dipercepat sekalipun. Semuanya sesuai dengan kehendak Sang Maha Pencipta. Tiap manusia yang mati akan selalu dilakukan sejenis prosesi untuk menguburkan jenazah yang seringkali kita sebut pemakaman. Banyaknya agama-agama yang ada di dunia juga pastinya memiliki prosesi pemakaman yang berbeda-beda juga.

Namun anehdidunia.com kali ini tak akan membahas perihal macam-macam prosesi pemakaman melainkan makam-makam terangker yang ada di dunia. Seperti halnya di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal mistis, beberapa negara lain di dunia nyatanya juga memiliki beberapa makam yang dianggap angker di daerahnya. Berikut informasi lengkapnya khusus untuk sahabatanehdidunia.com.

The Capuchin Catacombs of Palermo

Salah satu makam terangker di dunia terletak di Italia persisnya adalah di kota Sicily. Makam yang juga terkenal di dunia ini memang menyimpan banyak kisah terkait dengan keangkerannya. The Capuchin Catacombs of Palermo dikenal sebagai makam tempat meyimpan mumi-mumi semenjak abad ke-16! Pada awalnya makam ini hanya diperuntukan untuk mayat-mayat dan mumi para biarawan di zamannya kala itu, namun di tahun-tahun berikutnya menjadi lebih longgar menjadi tempat penyimpanan mayat-mayat dan mumi para tokoh atau orang kelas atas. Sebanyak 8.000 mayat dan 1.252 mumi tersimpan di tempat ini. Salah satu mumi yang terkenal di tempat ini adalah mumi anak kecil berusia 2 tahun Rosalia Lombardo yang masih awet hingga saat ini (artikel tentang Rosalia pernah dibahas anehdidunia.com). Bisa dibayangkan dengan jumlah mayat dan mumi mencapai ribuan tersebut, suasana di dalamnya pasti penuh mistis hingga membuat tempat ini dijadikan objek wisata para wisatawan maupun untuk uji keberanian menyaksikan mayat dan mumi berjejeran.

Hill of Crosses

Seperti namanya Hill of Crosses, makam ini memang terletak di atas bukit sekitar 12 km dari pusat kota Siaulia, Lithuania, negara kecil di benua Eropa dan dipenuhi dengan salib. Yup, salib-salib berjumlah ratusan ribu berdiri di sepanjang bukit tanpa diketahui siapa, kapan dan atas alasan apa salib-salib tersebut menancap di tempat tersebut. Berbagai cerita berkembang di masyarakat tanpa diketahui mana yang bisa diyakini kebenarannya. Seperti misalnya cerita tentang rakyat Lithuania zaman dahulu yang menganut kepercayaan paganisme membakar gereja-gereja di wilayah tersebut, sehingga orang-orang berbondong-bondong ke bukit membawa salib untuk mengenang peristiwa tersebut, namun lagi-lagi cerita ini masih diragukan kebenarannya. Namun banyak warga juga yang menyimpulkan sendiri karena sering mendengarkan suara-suara aneh ketika melintasi bukit tersebut seperti suara pertempuran pedang sehingga membuat mereka percaya bahwa Hill of Crosses merupakan makam para prajurit yang tewas di medan perang. Meskipun dikenal angker namun Hill of Crosses menjadi salah satu situs bersejarah kebanggaan Lithuania.

Stull Cemetery

Stull Cemetery adalah termasuk makam terangker di dunia yang berada di Kansas, Amerika Serikat. Makam ini menyimpan banyak hal yang berbau mistis dan magis penuh misteri. Diceritakan bahwa wilayah Stull ini dulunya adalah sebuah desa kecil yang hanya berisikan sekitar 20 warga dengan rumah dan gereja namun seiring berkembangnya zaman bertambah pulalah penduduk di wilayah ini. Wilayah Stull dikenal banyak menyimpan mitos maupun legenda yang dipercaya banyak orang bahwa penghuni wilayah ini tak hanya manusia namun juga makhluk dari dunia lain ataupun alien dari luar angkasa. Hampir semua cerita tersebut berhubungan dengan gereja tua dan Stull Cemetery yang ada disitu. Salah satu cerita mistis yang paling dipercaya masyarakat disitu adalah terkait dengan dunia sihir yang mana seorang penyihir wanita seringkali terlihat di makam tersebut dan bagi siapapun yang mengganggunya akan terkena kutukan sang penyihir. Cerita ini bukanlah lelucon semata mengingat bahwa Stull Cemetery juga diyakini beberapa orang sebagai salah satu dari tujuh pintu gerbang menuju neraka!

Greyfriars Kirkyard

Makam terangker di dunia selanjutnya adalah Greyfriars Kirkyard yang berada di wilayah Edinburgh, Skotlandia. Greyfriars Kirkyard merupakan makam yang sudah ada sejak abad ke-16 persisnya sekitar tahun 1561 – 1562. Disebut sebagai salah satu lokasi makam terangker di dunia karena banyak saksi mata yang mengatakan seringkali merasakan hal-hal aneh tak masuk akal. Seperti misalnya cerita seorang pemulung yang melihat makam bergerak sendiri pada malam hari, bau-bau busuk, hawa dingin meski cuaca sebenarnya sedang terik kena panas matahari dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, Greyfriars Kirkyard ternyata juga menyimpan legenda menyeramkan terkait pembantaian kurang lebih 18.000 orang oleh seorang bernama Sir George Mackenzie yang tak sepakat dengan tuntutan para pemberontak keagamaan yang ingin penyatuan dengan kerajaan. Begitu angkernya tempat ini hingga para wisatawan yang ingin berkunjung tempat ini wajib didampingi pemandu wisata dengan tujuan tak mengalami pengalaman buruk dihantui di makam ini.

Itulah beberapa lokasi makam-makam terangker di dunia. Ternyata meski dikenal sebagai negara yang tak terlalu mempercayai hal-hal berbau ghaib tapi tetap saja jika berhubungan dengan makam apalagi makam angker, wilayah-wilayah di daratan Eropa maupun Amerika pun juga menganggapnya ada campur tangan hal-hal mistis. Untuk sahabatanehdidunia.com apakah diantara anda ada yang tertarik untuk uji nyali di salah satu makam terangker di dunia tersebut?

sumber referensi:
en.wikipedia.org/wiki/Catacombe_dei_Cappuccini
en.wikipedia.org/wiki/Hill_of_Crosses
prairieghosts.com/stull.html
en.wikipedia.org/wiki/Greyfriars_Kirkyard
dimensilain.com/misteri-pemakaman-greyfiar-firk/

Supranatural