Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Teori Konspirasi Terbesar Di Dunia

Banyak pakar teori konspirasi yang mungkin sedikit melebih-lebihkan pendapatnya. Meskipun demikian mereka telah melihat tangan yang tersembunyi (invinsible hand) di balik kejadian-kejadian di dunia yang terjadi saat itu. Sementara itu beberapa teori mempunyai sedikit kebenaran saja, walaupun untuk beberapa teori konspirasi sangat mustahil untuk dilakukan pembuktian terbalik, karena banyak orang berkeyakinan akan menemukan beberapa cara rasional untuk mencari bukti yang bertentangan dengan keyakinan mereka. Beberapa kesaksian diperdebatkan karena kesimpulan-kesimpulan mereka yang keliru – atau dicurigai mungkin bagian dari konspirasi juga.

Berikut adalah 10 teori konspirasi di dunia yang sebagian masih diperdebatkan.

1. Perusahaan Obat “Big Pharma”

http://2.bp.blogspot.com/-bxtt_abgK6Y/UWZ9axP7M-I/AAAAAAABhLM/Ibl2r46LpbA/s1600/aa-Big-Pharma-bottle-of-pills-labeled-Big-Pharma.jpg 


Barangkali hampir semua orang (kecuali pemilik sahamnya) tidak menyukai perusahaan farmasi karena harga obat yang terlalu mahal. Selain itu ada indikasi upaya perolehan laba perusahaan yang dilakukan secara tidak benar, dan tampaknya setiap beberapa bulan ada korban-korban berjatuhan dari beberapa obat yang sebelumnya diklaim sangat aman. Itu adalah kejadian kecil dari industri obat (Perusahaan Obat Big Pharma) yang diawasi dengan rasa curiga oleh masyarakat.

Beberapa penganjur "pengobatan alternatif" percaya bahwa perusahaan farmasi benar-benar berkomplot untuk menjadikan orang-orang tetap sakit demi keuntungan bisnis. Sebagai contoh, Kevin Trudeau (pengarang buku bestseller berjudul "Natural Cures They Don’t Want You To Know About” atau cara perawatan Alami dimana mereka tidak mau anda mengetahuinya) mengklaim informasi kesehatan yang penting telah disembunyikan dengan adanya konsfirasi antara pengambil kebijakan kesehatan dengan perusahaan obat besar. Menurut Trudeau, "Ada kelompok-kelompok tertentu, termasuk... industri obat ... yang tidak menghendaki masyarakat memahami cara penjagaan kesehatan supaya tidak diserang berbagai macam penyakit..." Aktris dan model Jenny McCarthy nampak baru-baru ini di "Larry King Live," menuduh para dokter dan industri farmasi berkomplot untuk melenyapkan bukti medis dari sebuah mata rantai yang menjelaskan adanya hubungan sebab akibat antara vaksin-vaksin yang disuntikkan pada masa bayi dan autism yang diderita anak-anak tersebut kemudian.

2. Sekte Pemuja Setan

[top10-conspiracy-09-hf.jpg]

Sepanjang tahun 1980-an dan awal 1990-an, suatu epidemi pelecehan seksual pada anak-anak telah menggemparkan Amerika. Beberapa anak-anak menuduh orang dewasa dari sebuah sekte agama telah memperkosa, menyiksa, dan melakukan pelecehan seksual terhadap mereka, dan media massa memberitakan kisah-kisah yang sensasional. Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan termasuk adanya kegiatan satanisme atau pemujaan setan.

Puncaknya adalah bintang tamu acara NBC Special “Devil Worship: Exposing Satan’s Undergorund” atau “Pemujaan Setan: Memperkenalkan Setan Bawah Tanah”, bernama Geraldo Rivera yang mengudara pada 28 Oktober 1988. Rivera memproklamirkan dirinya sebagai "Pakar satanisme (pemujaan iblis)," Kegiatan para pemuja setan itu adalah menyesatkan publik, data statistik yang tidak akurat, kejahatan-kejahatan dengan hubungan yang lemah dengan satanisme, dan laporan media-media sensasional. Dalam apa yang disebut kemampuan melihat yang kuat atas sebuah dokumen di dalam sejarah televisi, Rivera mengklaim bahwa ada sebuah kegiatan yang diorganisasikan oleh para pemuja setan yang berkonspirasi untuk membunuh bayi-bayi, membunuh orang yang tidak bersalah, dan melaksanakan upacara agama mengerikan. "Terdapat lebih dari satu juta pemuja setan di negeri ini," kata Rivera, yang kemudian ditambahkannya, "Permasalahannya adalah, mereka itu berada di kota Anda." Rivera tidak menunjukkan bukti atas itu semua; ketiadaan bukti itu dilihat sebagai bukti bahwa begitu hebatnya mereka mengorganisir dan sungguh pintarnya konspirasi para pemuja setan tersebut. Sedikit sekali bukti yang mendukung klaim tentang adanya kelompok pemuja-pemuja Satanic atau konspirasinya.

Pada tahun 1992 dilaporkan tentang kejahatan dalam upacara agama, agen FBI Kenneth Lanning menyimpulkan bahwa desas-desus tentang adanya pembunuhan dalam sebuah upacara agama, tindakan kanibalisme, dan penculikan adalah tidak berdasar. Phillips Stevens, Jr., Ketua Asosiasi Guru Besar Antropologi dari State University of New York di Buffalo mengatakan bahwa pernyataan tanpa bukti yang tersebar luas tentang adanya kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh para pemuja setan sebagai “penglembagaan hoax terbesar yang dilakukan atas rakyat Amerika di abad dua puluh”.

3. Buku “Protocols of Learned Elders Zion”


http://4.bp.blogspot.com/-eS4J7az_Frg/UIkfUPg1rlI/AAAAAAAABX0/nybEvH4_zoQ/s1600/C01_FrenchEditionsProtocols.jpg

Buku yang diduga sebagai rekaman pertemuan rahasia antara para pimpinan Yahudi, menguraikan dugaan konspirasi untuk menguasai dunia. Konspirasi itu dan para pimpinannya, disebut Tetua Zion, tidak pernah ada. Meskipun di banyak kesempatan telah dibeberkan sebagai kebohongan, Protokol terus menginspirasi pihak-pihak yang ingin menyebarkan kebencian terhadap Yahudi. Hal tersebut pertama kali muncul di Rusia pada tahun 1905, dan menggambarkan bagaimana moralitas orang-orang Kristen, keuangan, dan kesehatan akan ditargetkan oleh sebuah kelompok kecil Yahudi tangguh.

Gagasan tentang adanya sebuah konspirasi Yahudi bukanlah sesuatu hal yang baru, tentu saja, dan sudah diceritakan secara berulang-ulang oleh banyak orang yang terkenal termasuk oleh Henry Ford dan Mel Gibson. Pada tahun 1920, Henry Ford telah mengeluarkan dana untuk memperbanyak buku "Protocols dari Elders Zion" yang diterbitkan pada tahun 1930-an hingga setengah juta kopi, dan buku tersebut digunakan oleh Nazi sebagai alasan untuk melakukan genocidenya – pemusnahan etnik - terhadap Yahudi (pada kenyataannya, Adolph Hitler membahas "Protokol-protokol" di dalam buku nya "Mein Kampf"). Meskipun demikian buku tersebut yang telah sepenuhnya diragukan dan dianggap sebagai sebuah hoax dan kepalsuan itu masih terus dicetak dan tetap secara luas diedarkan di seluruh dunia.

4. Kehancuran di Roswell yang ditutup-tutupi

http://3.bp.blogspot.com/-b921X5tFD3c/UQKjk0q66EI/AAAAAAAAAq0/YA6LqtwwdT0/s1600/uforoswell.jpg 


Sudah terdapat banyak buku dan film dokumenter yang membahas tentang "dugaan" peristiwa jatuhnya pesawat luar angkasa di gurun dekat Roswell, New Mexico. Nampaknya teori konspirasi ini tetap menarik bagi para penggemar UFO dan penggemar teori konspirasi lainnya sampai saat ini.

Terdapat dua sisi cerita dari teori ini, salah satunya menyebutkan bahwa pesawat alien terjatuh di sana pada tahun 1947, dan mayat alien ditemukan di samping reruntuhan pesawat tersebut. Militer menyatakan bahwa itu adalah balon cuaca yang mendarat di gurun.

Ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa itu adalah puing-puing dari eksperimen militer rahasia yang jatuh pada hari itu. Sejak saat itu, insiden ini menjadi subjek spekulasi, rumor, pertanyaan, dan penelitian yang intens.

Pada awal 1990-an, para peneliti UFO seperti Friedman, William Moore, Karl Pflock, dan tim Kevin Randle dan Don Schmitt telah mewawancarai beberapa ratus orang yang telah atau mengaku memiliki hubungan dengan peristiwa di Roswell pada tahun 1947.

Selain itu, ratusan dokumen yang diperoleh melalui permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi tampaknya telah dibocorkan oleh orang dalam, salah satunya adalah dokumen “Majestic 12.” Kesimpulan mereka adalah bahwa setidaknya satu pesawat alien telah jatuh di sekitar Roswell, dan beberapa alien mungkin masih hidup di sana.

5. Pembunuhan John F. Kennedy

[top10-conspiracy-06-hf.jpg]

Insiden penembakan presiden Amerika Serikat saat kunjungannya ke Dallas, Texas pada 22 November 1963 boleh jadi bukan hanya merupakan sebuah peristiwa bersejarah biasa. Pembunuhan pada Kennedy sangat fenomenal dan bahkan orang biasa pun tahu bahwa mustahil rencana pembunuhan terhadapnya hanya pembunuhan biasa.

Lee Harvey Oswald yang diduga telah melakukan penembakan terhadap Kennedy berhasil ditangkap hanya berselang dua jam setelah peristiwa tragis tersebut terjadi pada pukul 12 siang. Namun tak banyak keterangan yang dapat dikorek dari Oswald karena hanya 2 hari berselang, ia kemudian dibunuh oleh seorang pria bernama Jack Ruby dengan cara ditembak sebelum dirinya sempat dibawa ke pengadilan. Oswald sendiri selalu membantah bahwa dirinya membunuh presiden Amerika ke 35 tersebut. Sementara itu, Jack Ruby memenangkan peradilan dan bebas dari hukuman mati. Dirinya meninggal dunia karena penyakit kanker. Dan kasus pun semakin tak jelas.

Teori konspirasi menyatakan bahwa banyak pihak memiliki kemungkinan melakukan pembunuhan terencana atas Kennedy. Pihak-pihak yang diduga bertanggung jawab pada insiden tersebut mulai dari Zionis, Iluminati, Freemason, hingga CIA.

6. “Kematian” Paul McCartney

http://4.bp.blogspot.com/-x-9QqhV5MvQ/UEfpbq_gSGI/AAAAAAAABa8/egYUYuAh-Gc/s1600/Wired_McCartney_face.jpg

Paul McCartney dari The Beatles pernah dikabarkan meninggal sejak tahun 1966. Apakah benar begitu? Tentu saja orang-orang tidak setuju, jawabannya pasti “tidak” untuk kebanyakan orang. Namun ternyata ini bukan berita baru yang ada di zaman sekarang, tapi sudah ada bahkan sebelum The Beatles bubar. Bagi mereka yang hidup di zaman The Beatles, begitu mudah bagi mereka untuk melihat detail-detail band kesayangan mereka. Sementara di satu sisi mereka yang disebut diehard fans di jaman itu pernah membuat teori konspirasi bahwa Paul McCartney meninggal di tahun 1966.

Intinya konspirasi Kematian Paul McCartney sudah ada jauh lebih lama dari pada Internet. Jadi jangan berpikir kalau teori ini baru ada ketika internet muncul. Teori tersebut berspekulasi kalau setelah The Beatles melakukan rekaman album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Disaat itu dimana Paul McCartney keluar dari studio dan berlari menuju mobilnya sampai akhirnya dia kecelakaan dan meninggal karena cedera kepala. Teori yang masih dipercaya orang hingga sekarang termasuk juga meyakini kalau Paul McCartney yang kini dikenal orang dan masih membuat musik adalah seorang peniru. Sampai sekarang tidak ada yang tahu juga apa yang sebenarnya terjadi pada tanggal 9 November 1966.

7. Hoax Pendaratan di bulan

http://4.bp.blogspot.com/-5LketZT2E90/TckTvZXyJiI/AAAAAAAADws/RjoPCiY0y3s/s1600/APOLLO+Project+the+NASA%25E2%2580%2599s+great+scam.jpg

Hingar bingar pendaratan manusia pertama di bulan yang merupakan misi Apollo 11 berhasil membawa manusia menjejakkan kakinya di bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia. Pesawat yang diawaki Neil Amstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins tersebut berhasil mendarat dengan selamat di bulan pada 20 Juli 1969.

Sebagai "oleh-oleh" dari peristiwa heroik tersebut, terdapatlah foto-foto serta video yang diambil dari permukaan bulan. Namun banyak yang menyangsikan kebenaran foto serta video tersebut yang kemudian memunculkan dugaan adanya konspirasi besar berdana milyaran dollar Amerika untuk merekayasa foto-foto tersebut.

Teori konspirasi meyakini banyak kejanggalan pada foto-foto pendaratan Apollo yang dikirim oleh NASA tersebut. Para penganut teori ini percaya bahwa foto-foto tersebut sebenarnya diambil di sebuah studio film. Mereka menegaskan hal ini sengaja dilakukan Amerika karena telah kalah bersaing dengan Uni Sovyet yang sebelumnya telah berhasil mengirim astronotnya, Yuri Gagarin menjelajah ruang angkasa tahun 1961.

8. Iklan kilas
http://1.bp.blogspot.com/-UsZHi3mMyeQ/T1B8N1ADXGI/AAAAAAAACRw/I3w5cW2erQ8/s1600/subliminal+seduction+.jpg

Pernahkah ketika anda menonton film di bioskop dan tiba-tiba diberi makanan ringan atau permen dengan merk tertentu? Atau ketika menonton sebuah acara TV dan tiba-tiba mendapat himbauan yang tidak dapat dicegah untuk membeli sebuah mobil baru? Jika demikian, anda mungkin korban dari sebuah konspirasi iklan kilas!

Para penganjur termasuk Wilson Bryan Key (pengarang buku “Subliminal Seduction” atau godaan di bawah sadar) dan Vance Packard (pengarang buku "Hidden Persuaders" atau penganjur-penganjur tersembunyi), kedua buku tersebut mengklaim adanya pesan-pesan kepada alam bawah sadar di dalam iklan yang merajalela dan merusak. Buku-buku tersebut telah menyebabkan kepanikan publik dan mengarahkan kepada sebuah tatap muka dengan FCC. Sebagian dari isi buku-buku itu diragukan, dan beberapa hasil studi berupa pengaruh iklan terhadap alam bawah sadar yang diungkapkannya adalah palsu.

Sekitar tahun 1980-an, perhatian terhadap pesan-pesan di bawah sadar yang disebarkan kepada kelompok-kelompok seperti Styx dan Judas Priest, dimana kelompok yang disebutkan terakhir telah digugat pada tahun 1990 karena menurut dugaan telah menyebabkan terjadinya kasus bunuh diri anak remaja disebabkan pesan-pesan di bawah kesadaran (kasus itu kemudian ditutup).

Proses mental di alam bawah sadar benar-benar ada, dan dapat diuji. Dengan hanya disebabkan seseorang memperepsikan sesuatu (sebuah pesan dari iklan, contohnya) yang apabila diperhitungkan memang sangat kecil artinya. Tidak ada manfaat yang lebih dari iklan kilas dibandingkan dengan iklan reguler, coba bandingkan iklan kilas yang hanya tiga detik dengan iklan yang berdurasi dua puluh penuh.

Untuk melihat sesuatu selama selang waktu beberapa detik adalah mudah; para pembuat film melakukan hal tersebut terus-menerus (coba amati beberapa bagian film klasik "Psycho" karya Alfred Hitchcock). Tapi untuk membeli atau melakukan sesuatu yang didasarkan pada iklan kilas beberapa detik adalah hal yang lain sama sekali. (Konspirasi-konspirasi itu diparodikan di sebuah televisi pada tahun 1980-an dalam acara Max Headroom, di mana penonton-penonton sedang marah setelah melihat pesan-pesan di bawah sadar disebut "blipverts.")

9. Kematian Putri Diana

http://4.bp.blogspot.com/-qxQvm5QraeE/Tl353VmtIZI/AAAAAAAAOSM/E1vuMsM6dpk/s1600/1diana.jpg

Surat Lady Diana diduga bukti teori konspirasi kematiannya: Chales ingin saya mati dalam kecelakaan mobil. Beredar surat tulisan tangan dari Lady Diana yang diduga merupakan bukti teori konspirasi kematiannya. Lady Diana meninggal dunia pada 1997 pada kecelakaan lalu lintas yang fatal. Hingga kini kecelakaan tersebut masih menyisakan banyak tanda tanya besar. Banyak orang yang berusaha mengungkap apa sebenarnya yang terjadi pada malam tahun 1997 tersebut. Bahkan banyak orang yang menemukan bukti-bukti aneh tentang kematian putri Diana tersebut.

Meski pihak berwenang telah memutuskan adanya kesalahan dari sopir yang mengemudi di bawah pengaruh alkohol, namun ada sebagian orang yang bahkan percaya tentang adanya teori konspirasi. Bahkan, bos Harrods bernama Mohamed al-Fayed yang tak lain merupakan ayah dari kekasih Diana, Dodi al-Fayed meyakini putranya dan sang putri dibunuh oleh pihak istana.

Bagaimanapun, kecelakaan nahas tersebut terjadi dengan sangat mengerikan sehingga mengakibatkan melayangnya nyawa sang putri. Bangkai mobil yang ditumpangi oleh Lady Diana remuk, radiatornya melesak hingga temoat duduk sopir dan bemper depan terlipat hingga kaca depan mobil.

10. Konspirasi dalam peristiwa 9/11

http://3.bp.blogspot.com/-Y7Zq4Hxvnc4/UE7I7_WXnmI/AAAAAAAAbec/ZWdVu33lyKY/s1600/310407_3581546459280_1669974866_n.jpg

Tanggal 9 Sepetember 2001 dunia terhenyak dengan peristiwa serangan yang terjadi pada salah satu gedung paling krusial di Amerika Serikat yaitu World Trade Center (WTC). Pada pagi hari itu, gedung kembar WTC yang terletak di New York itu dihantam oleh dua buah pesawat yang dipiloti oleh para pembajak yang sengaja melakukan bunuh diri dan menabrakkan pesawat. Hanya dalam kurun waktu 2 jam gedung kembar tersebut rata dengan tanah.

Tuduhan langsung mengarah pada Al-Qaeda dan Osama bin Laden digadang-gadang adalah otak dari serangan tersebut. Osama bin Laden pun menjadi buruan militer Amerika Serikat, hingga pada 2011 lalu pemerintah Obama mengklaim bahwa Bin Laden telah berhasil dibunuh. Peristiwa serangan tersebut memang telah melumpuhkan ekonomi Amerika selama beberapa waktu. Namun efek yang paling masif dan berjangka panjang adalah munculnya islamofobia di negara tersebut.
Banyak pihak menduga bahwa peristiwa serangan WTC pada 11 September terdapat peran Israel dan Mossad di dalamnya. Maraknya dugaan teori konspirasi pada serangan 11 September tersebut bahkan membuat seorang miliarder Amerika Serikat bernama Paul Salo untuk melakukan reka ulang kejadian tersebut menggunakan pesawat dan gedung sungguhan. Ia percaya bahwa pesawat yang menabrak WTC tersebut sebenarnya bergerak tanpa pilot. 
Sumberkaskus.us