PLARIUSMODIFIKASI101

Pianist Legendaris Terbaik Dalam Sejarah Piano

Friday, June 29, 2012
Tidak ada yang terbaik dalam bidang ini, masing masing mempunyai keistimewaan tersendiri. Pianist atau yang lebih lazim kita sebut pianis adalah musisi yang memainkan piano. Seorang pianis profesional dapat melakukan potongan solo, bermain dengan ensemble atau orkestra, atau menemani satu penyanyi atau lebih, instrumentalis solo, atau pemain lainnya.


Semenjak piano ditemukan 500 tahun lalu, hingga sekarang sudah banyak sekali pianis-pianis handal yang bisa memainkan tuts-tuts piano dengan nada dan irama yang khas, dan dari semua daftar pianis yang dapat dihimpun, rupanya terselip tujuh nama yang dinobatkan sebagai pianis terbaik sepanjang masa oleh para ahli musik dunia. Lantas siapa sajakah mereka? Mari kita simak tujuh pianis terbaik sepanjang sejarah musik di dunia.

1. Arturo Benedetti Michelangeli
Arturo Benedetti Michelangeli adalah seorang pianis klasik Italia. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pianis terbesar abad kedua puluh. Lahir di Brescia, Italia, ia mulai pelajaran musik pada usia tiga, awalnya dengan biola, tapi dengan cepat beralih ke piano. Pada usia kesepuluh ia memasuki Konservatorium Milan. Pada tahun 1938, pada usia delapan belas tahun, ia memulai karir internasionalnya dengan memasukkan International Festival Ysaÿe di Brussels, Belgia, di mana ia ditempatkan pada posisi ketujuh. (Sebuah account singkat kompetisi ini, di mana Emil Gilels mengambil hadiah pertama, diberikan oleh Arthur Rubinstein, yang merupakan salah satu hakim. Menurut Rubinstein, Michelangeli memberikan "kinerja tidak memuaskan, tapi sudah menunjukkan teknik sempurna nya.") setahun kemudian ia mendapatkan hadiah pertama dalam Kompetisi Internasional Jenewa, di mana ia diakui sebagai" Liszt baru "oleh pianis Alfred Cortot, seorang anggota panel juri, yang dipimpin oleh Ignacy Jan Paderewski. Michelangeli mengasah bakatnya untuk kesempurnaan, menghasilkan rekaman yang nyaris sempurna bahkan ketika belum diedit. Dia terkenal untuk membatalkan konser secara acak dan untuk fokus pada detail kecil dari musik, sering melupakan gambaran besar.

2. Alfred Cortot
Alfred Denis Cortot adalah seorang pianis Franco-Swiss dan konduktor. Dia merupakan salah satu musisi klasik abad ke-20 yang paling terkenal, terutama dihargai karena wawasan puitisnya di Romantic karya periode piano, terutama dari Chopin dan Schumann. Lahir di Nyon, Vaud, di bagian berbahasa Prancis dari Swiss, seorang ayah Perancis dan ibu Swiss, Cortot belajar di Paris Conservatoire dengan Émile Descombes (asosiasi dan mungkin seorang mahasiswa dari Frédéric Chopin), dan dengan Louis Diemer, mengambil prix utama pada tahun 1896. Dia melakukan debut di Konser Colonne pada tahun 1897, bermain Beethoven Piano Concerto No 3. Antara 1898 dan 1901 ia adalah pelatih paduan suara dan kemudian asisten konduktor di Festival Bayreuth. Pada tahun 1902 ia melakukan Paris perdana Wagner Götterdämmerung. Dia membentuk sebuah masyarakat konser untuk melakukan Wagner Parsifal, Beethoven Missa solemnis, Brahms 'German Requiem, dan karya-karya baru oleh komposer Perancis.

3. Walter Wilhelm Gieseking
Lahir di Lyon, Perancis, putra dari seorang dokter Jerman dan lepidopterist, Gieseking pertama kali mulai bermain piano pada usia empat tahun, tapi tanpa instruksi formal. Keluarganya sering bepergian dan ia dididik secara pribadi. Dari 1911 sampai awal 1916, ia belajar di Hanover Conservatory. Ada mentornya adalah direktur Karl Leimer, dengan siapa ia kemudian turut menulis sebuah metode piano. Dia membuat penampilan pertamanya sebagai seorang pianis konser pada tahun 1915, tetapi wajib militer pada tahun 1916 dan menghabiskan sisa Perang Dunia I sebagai anggota orkes resimen. London resital piano nya pertama terjadi pada tahun 1923, membangun reputasi yang luar biasa dan abadi. Gieseking adalah unik sebab ia diduga pernah berlatih piano. Sebaliknya, ia akan duduk berjam-jam dalam diam, memutar lagu dalam pikirannya. Kebanyakan otodidak, pianis kemudian akan melakukan potongan tanpa cacat.

4. Franz Liszt
Franz Liszt (Ferenc Liszt) merupakan seorang komposer, pianis, pengaba, dan guru musik asal Hungaria pada abad ke-19. Semasa hidupnya, Liszt menulis sekitar 700 komposisi musik, termasuk di dalamnya lagu gerejawi dan puisi simfonis. Selain itu, Liszt juga telah mengajar 400 murid dan memperkenalkan bentuk musik baru di era Romantisisme serta sebagai salah satu pianis terbesar dalam sejarah. Liszt asal Hungaria ini memulai karirnya di usia yang cukup muda, meskipun sedikit informasi yang tersedia selama periode hidupnya. Diketahui bahwa tidak hanya dia seorang pianis yang sangat baik, ternyata ia juga bisa memainkan beberapa alat musik lain, termasuk cello.

5. Wolfgang Amadeus Mozart
Wolfgang Amadeus Mozart yang memiliki nama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart merupakan seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis. Salah satu anak yang paling terkenal genius, Mozart memainkan piano pada umur tiga dan lima, ia sudah mulai menulis lagu-lagu yang ditulis oleh ayah setia. Dia melanjutkan untuk memberikan konser dari usia yang sangat muda.

6. Vladimir Horowitz
Samoilovich Vladimir Horowitz merupakan seorang pianis klasik Amerika kelahiran Rusia dan komposer. Ia secara luas dianggap salah satu pianis terbesar abad kedua puluh. Horowitz belajar di bawah Felix Blumenfeld dan Sergei Tarnowsky. Ia terkenal karena kemampuannya untuk bermain secara kreatif potongan-potongan yang kuat dan bukan sekadar menggedor jauhnya di kunci. Pada tanggal 18 Desember 1925, Horowitz membuat penampilan pertamanya di luar negara asalnya, di Berlin.

7. Frédéric Chopin
Frédéric Chopin merupakan seorang komposer dan pemain piano virtuoso dari Polandia. Ia dikenal sebagai salah satu musisi Romantik terbesar. Ayahnya adalah seorang ekspatriat Perancis dan ibu seorang Polandia. Ia juga seorang anak ajaib, sering dibandingkan dengan Mozart. Mendalami dunia musik dari usia muda, dia sudah bermain dan mencoba menulis pada usia enam tahun


close