Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Legenda Penyihir Terkenal Di Dunia

Penyihir dan ilmu sihir sudah ada di antara kita sejak ribuan tahun. Dan kebanyakan kaum wanita lah yang sering dituduh sebagai penyihir. Di abad pertengahan, masa kegelapan eropa, banyak wanita wanita yang dituduh sebagai tukang sihir, dan mereka dieksekusi mati, tanpa pengadilan yang adil. Kita tidak pernah tahu wanita mana yang benar-benar tukang sihir dan mana yang tidak, tapi yang jelas adalah, lebih banyak wanita wanita tak bersalah saat itu menemui ajalnya hanya karena cap tukang sihir.

Tukang sihir wanita ada di semua mitos dan legenda di seluruh dunia. Rata-rata mereka digambarkan sebagai wanita yang kecantikannya menggoda, namun adapula yang digambarkan seburuk Iblis. Sahabat anehdidunia.com penulis mempunyai keyakinan bahwa mitos, legenda, dan sejarah ada benang merahnya, sehingga semua yang disebut dewa-dewi oleh mitologi dan semua tokoh legenda kemungkinan adalah manusia juga yang dijadikan teladan atau contoh buruk bagi generasi berikutnya, sehingga lama kelamaan tokoh tokoh itu dianggap dewa oleh generasi setelah generasi-generasi berikutnya. Oleh karenanya penulis memasukkan juga tokoh tokoh mitologi yang diceritakan menguasai sihir.

Meskipun hari ini kita memiliki beberapa petunjuk tentang kehidupan para penyihir paling terkenal di dunia, kita tidak pernah tahu pasti siapa yang benar benar memiliki kekuatan sihir dan siapa yang cuma seorang wanita biasa. Dan mana yang benar benar kisah belaka. Silakan anda memutuskannya sendiri:

1. Calon Arang

www.anehdidunia.com

Calon Arang adalah seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12. Tidak diketahui lagi siapa yang mengarang cerita ini. Salinan teks Latin yang sangat penting berada di Belanda, yaitu di Bijdragen Koninklijke Instituut.

Diceritakan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. Ia mempunyai seorang puteri bernama Ratna Manggali, yang meskipun cantik, tidak dapat mendapatkan seorang suami karena orang-orang takut pada ibunya. Karena kesulitan yang dihadapi puterinya, Calon Arang marah dan ia pun berniat membalas dendam dengan menculik seorang gadis muda. Gadis tersebut ia bawa ke sebuah kuil untuk dikorbankan kepada Dewi Durga. Hari berikutnya, banjir besar melanda desa tersebut dan banyak orang meninggal dunia. Wabah Penyakit pun muncul.

Raja Airlangga yang mengetahui hal tersebut kemudian meminta bantuan penasehatnya, Empu Baradah untuk mengatasi masalah ini. Empu Baradah lalu mengirimkan seorang muridnya bernama Empu Bahula untuk dinikahkan kepada Ratna. Keduanya menikah besar-besaran dengan pesta yang berlangsung tujuh hari tujuh malam, dan keadaan pun kembali normal.

Calon Arang mempunyai sebuah buku yang berisi ilmu-ilmu sihir. Pada suatu hari, buku ini berhasil ditemukan oleh Bahula yang menyerahkannya kepada Empu Baradah. Saat Calon Arang mengetahui bahwa bukunya telah dicuri, ia menjadi marah dan memutuskan untuk melawan Empu Baradah. Tanpa bantuan Dewi Durga, Calon Arang pun kalah. Sejak ia dikalahkan, desa tersebut pun aman dari ancaman ilmu hitam Calon Arang.

2. Isis
www.anehdidunia.com

Isis
adalah dewi Mesir Kuno untuk kesuburan, pengobatan, pengetahuan, dan sihir. Isis sebenarnya hanya julukan – tidak diketahui siapa nama aslinya. Karena huruf Hieroglif tidak mengandung vokal, dewi Isis disebut sebagai “asset” atau “is-set”. Kata “asset” dieja “isis” dalam bahasa Yunani. Artinya, “wanita bermahkota”. Soalnya, dewi Isis selalu mengenakan mahkota lebai yang bentuknya mirip tahta/singgasana, dan itulah arti dari namanya.

Trinitas Isis, Osiris, dan Horus merupakan kisah legenda yang terkenal di negara piramid ini dan mungkin Andapun pernah dengar. Isis adalah istri dari Osiris, dan mereka berdua memiliki putra tunggal bernama Horus. Sahabat anehdidunia.com beberapa orang berpendapat bahwa Isis dan Osiris sebenarnya hanya manusia biasa yang berasal dari benua yang hilang, Atlantis, sebab ada kecocokan antara simbol-simbol Atlantis dengan simbol yang dikenakan Isis dan Osiris. Sebagian lagi berpendapat bahwa mereka adalah alien atau setidaknya keturunan alien (hehehe ..). Karena kelebihan ilmu pengetahuan mereka, kemudian masyarakat setempat menganggap mereka dewa-dewi. Apalagi dalam bahasa hieroglif, kata “is-set” (Isis) juga dapat merujuk kepada makna “manusia tidak kekal”.

Dalam legenda Mesir Kuno, dewi Isis dan suaminya sering turun ke bumi untuk mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan kepada manusia : seperti cara membangun piramid, struktur alam semesta, cara bertani dan beternak, pengobatan, termasuk ilmu sihir. Isis menguasai ilmu sihir dengan mencelakai ayah tirinya, Ra. Karena Ra adalah penguasa lalim, Isis mengirimkan ular kobra yang menggigitnya, dan hanya Isis lah yang memiliki obatnya. Dengan itu Isis memaksa, Ra untuk memberikan rahasia sihir kepadanya, dengan pertukaran obat. Oleh Isis, ilmu sihir ini diajarkan kepada rakyat Mesir.

Hampir semua murid-murid yang diajari langsung oleh Isis adalah kaum wanita. Salah satu ajaran Isis yang terkenal adalah ilmu sihir yang menggunakan ikatan tali atau simpul tali sebagai mediumnya. Bahkan, simpul kepangan rambut pun bisa dipakai untuk mengendalikan cuaca . Intinya, dalam sihir Isis, semua jenis simpul bisa jadi medium sihir. Sampai-sampai, ada simbol yang disebut “Simpul Isis” atau “the knot of isis”. Bentuknya mirip simbol Mesir Kuno “ankh”, hanya saja kedua tangannya terkulai.

Sebagai catatan, pada masa itu semua penyihir yang menggunakan simpul Isis sebagai medium magicnya adalah wanita. Bahkan pada masa Greco-Roman, semua pendeta yang melestarikan ajaran dewi Isis adalah wanita.

Penyebaran Sihir Dewi Isis
Dari masa ke masa, pemujaan Isis menggurita sampai ke luar Mesir. Di Yunani, muncul kisah dewi gandum Demeter yang pada hakikatnya, agak menyontek dari kisah Isis yang rajin turun ke bumi untuk mengajar kepada manusia. Muncul kuil-kuil pemujaan Isis. Di Sumeria, pemujaan dewi Isis menyaingi jumlah orang yang memuja dewi lokal mereka, Astarte.
Setelah agama Kristen berkembang di Romawi, ritual pemujaan Isis dilarang.Tapi toh, hal ini tidak mencegah penyebaran ajaran Isis di daerah luar Romawi. Di Irak, terdapat kuil-kuil pemujaan Isis yang berasal dari pertengahan 600M. Sebagai informasi, periode ini juga bersamaan dengan awal periode kenabian Rasulullah SAW dan awal kelahiran Islam. Dan Surah Al-Falaq merupakan wahyu yang diturunkan di Mekah, ketika Islam awal-awal lahir.

3. The Witch of Endor

www.anehdidunia.com

Dalam Perjanjian Lama, sang Penyihir
dari Endor disebutkan dalam bab 28, ayat 3-25. Rupanya, dia memiliki sebuah jimat yang dapat membantunya melakukan kontak dengan Nabi Samuel (yang pada waktu itu, telah meninggal). Ayat-ayat Alkitab yang menyebutkan Witch of Endor sangat menarik dan menimbulkan banyak kontroversi terutama di Abad Pertengahan, ketika para teolog tidak bisa menerima sebagai kebenaran, hal yang menyebutkan bahwa adalah mungkin untuk memanggil arwah orang-orang kudus dengan cara sihir. Mereka lebih percaya bahwa yang Penyihir dari Endor panggil sebenarnya adalah setan yang mengambil bentuk Samuel.

4. Cassandra

www.anehdidunia.com

Cassandra adalah karakter terkenal dari mitologi Yunani. Dia adalah putri dari Raja Priam dari Troy dan dia diberkati sekaligus dikutuk oleh Apollo yang mencintainya tapi cintanya ditolak oleh Cassandra: diberkati dengan karunia clairvoyance dan dikutuk sehingga nubuat nya tidak akan pernah dipercaya. Dia memiliki nasib yang menyedihkan karena ia diperkosa dan dipaksa menjadi selir dari Agamemnon pemenang perang Troya. Setelah kedatangan mereka di Athena, raja dan Cassandra, keduanya dibunuh oleh Clytemnenstra, istri Agamemnon, dan kekasih gelapnya.

5. Angéle de la Barthe (1230-1275)

www.anehdidunia.com

Seorang wanita kaya dan mulia dari Toulouse, Angéle hidup pada abad 13. Dia seorang tokoh Catharisme, sebuah sekte yang dianggap sesat oleh gereja. Angéle de la Barthe diduga orang pertama yang telah dieksekusi, sebagai bagian dari Perburuan Penyihir Wanita di Abad Pertengahan, karena dituduh mempraktekkan sihir . Sahabat anehdidunia.com dia dituduh berhubungan seks dengan Iblis dan melahirkan anaknya, monster pemakan bayi. Tuduhan ini muncul setelah banyak bayi menghilang didaerah itu. Dalam rangka untuk "mendorong" dia untuk mengaku dosa-dosa, ia disiksa oleh Inkuisisi. Kemudian, de la Barthe dinyatakan bersalah dan dieksekusi. Tidak ada catatan dari sidang-nya, namun banyak orang meragukan bahwa dia pernah ada.

6. Alice Kyteler (1280-1325)

www.anehdidunia.com

Alice Kyteler adalah seorang wanita kaya yang tinggal di Irlandia. Pada saat kematian suaminya, ia dituduh telah meracuni nya (dan dia mengorbankan hewan untuk Iblis) oleh anak tirinya yang menginginkan hartanya. Banyak tuduhan terhadap dirinya agak mencurigakan dan anehnya begitu rinci, seperti ritual magis yang dia lakukan dengan menggunakan beberapa bahan aneh seperti rambut dari bokong dan item pakaian yang diambil dari bayi yang tidak dibaptis. Dikatakan juga bahwa barang-barang misterius, seperti mantera-mantera dan bubuk sihir juga ditemukan di rumahnya. Akibatnya, dia dijatuhi hukuman mati, tetapi entah bagaimana, satu malam sebelum eksekusi, dia kabur dan tidak pernah terlihat lagi sejak saat itu.

7. Mother Shipton (1488-1561)

www.anehdidunia.com

Dia mungkin adalah salah satu penyihir besar
. Nama asli nya Southeil Ursula, dia seperti ditakdirkan untuk hidup sebagai orang buangan. Ursula tidak hanya lahir dari seorang ibu remaja yang diduga adalah seorang penyihir, tapi dia juga sangat cacat dan sangat buruk, karena kakinya yang melengkung, kepala sangat besar dan pipi cekung. Dia juga memiliki gigi yang lengkap sejak lahir. Semua penduduk desa percaya bahwa dia adalah anak Iblis, terutama karena nama ayahnya tidak diketahui. Meskipun banyak hal aneh terjadi disekitarnya saat masa kanak-kanaknya (seperti benda benda terbang dan beberapa hal magis lainnya), ia tercatat dalam sejarah untuk bakatnya yang lain, yaitu, sebagai pelihat masa depan/peramal yang menakjubkan. Reputasinya sama dengan Nostradamus. Dia memprediksi peristiwa bersejarah abad ini dan masa depan yang jauh ("di seluruh dunia pikiran akan terbang dalam sekejap mata" ~ mungkin ini deskripsi Internet). Meskipun tidak banyak dari nubuat asli disimpan, dan sebagian besar diketahui telah ditemukan, ia tetap menjadi peramal Inggris yang paling terkenal.

8. Moll Dyer (?-1697)

www.anehdidunia.com

Seluruh keberadaan Moll Dyer adalah sebuah mitos. Namun, sebagian besar cerita di sekitarnya menggambarkan bahwa dia seorang wanita yang bangsawan asal Irlandia yang menemukan perlindungan di Maryland dari masalah masa lalunya. Segera, isolasi nya, dikombinasikan dengan pengetahuan herbalnya yang aneh, membuatnya dianggap sebagai penyihir di mata penduduk setempat. Mereka mengejarnya hingga keluar kota di malam musim dingin yang membeku. Dia membeku sampai mati di hutan terdekat, dan sempat melemparkan kutukan untuk kota dan penduduknya yang telah bertindak kejam terhadap dirinya. Dikatakan bahwa batu (lihat gambar) tempat dia mengutuk terdapat tanda lutut dan tangannya, sebagai pengingat dari kutukan. Jika Anda masih ragu, maka carilah data data laporan dari banyak orang yang merasakan sensasi aneh saat berada di lokasi itu dan bahkan banyak kamera mengalami kerusakan di daerah tersebut.

9. Marie Laveau (1801-1881)

www.anehdidunia.com

Wanita ini adalah praktisi voodoo yang paling representatif di dunia. Dia tinggal di Louisiana, negara bagian amerika di mana boneka voodoo pertama kali muncul dan berhasil menjadi ikon dari agama ini. Dia adalah ratu Voodoo yang terkenal karena bakatnya dalam melakukan ritual voodoo, serta untuk kebaikannya. Dikatakan bahwa ia pernah didatangi oleh seorang pria New Orleans yang memintanya untuk membantu anaknya (terdakwa kasus pembunuhan), melarikan diri dari penjara. Dia meminta imbalan rumah yang dimiliki keluarga pria tersebut. Meskipun anak pria tersebut sudah hampir pasti akan dihukum, Sihir Marie Laveau ternyata ampuh dan anak itupun divonis bebas.

10. Silver Ravenwolf (1956-)

www.anehdidunia.com

Silver Ravenwolf adalah penyihir kontemporer. Dia adalah pemimpin sekaligus pendiri Wicca, aliran Neopagan modern yang diyakini menjadi salah satu aliran paling cepat berkembang di amerika saat ini. Wicca mempraktekkan ritual ritual sihir. Dia juga Seorang penulis yang sangat terkenal dari Wicca dan Paganisme, dan menjadi direktur dari Black Forest Circle dan Seminari, sebuah organisasi yang mencakup banyak klan Wicca di Amerika dan Kanada. Penyihir modern ini tanpa diragukan lagi, jauh lebih beruntung dibandingkan para pendahulunya, karena ia hidup di dunia yang siap menerima apa pun, selama 'apapun' ini tidak merugikan siapa pun.

11. Maggie Wall (?-1657)


Dia mungkin adalah penyihir paling misterius di dunia. Maggie adalah salah satu dari 4.000 wanita yang dieksekusi sebagai penyihir di Skotlandia. Namun, hanya dia sendiri yang memiliki sebuah monumen batu untuk peristiwa itu. Yang kita tahu pasti adalah nama Maggie dan tahun kematiannya, karena tertulis di monumen tersebut: "Dibakar disini - sebagai penyihir - 1657". Pesan yang sama sekali tidak mencerahkan kita melainkan, menimbulkan lebih banyak pertanyaan: Siapa Maggie Wall? Mengapa dia dibakar hidup-hidup dan mengapa monumen dari batu batu besar dibangun pada tempat di mana dia meninggal? Tidak ada yang tahu. Tidak ada kisah lokal menyebutkan, tak ada legenda atau sepotong informasi yang pernah ditemukan tentang Maggie Wall. Namun, ada seseorang yang tahu tentang dia: Setiap tahun, orang yang misterius meninggalkan karangan bunga di piramida dr batu kasar besar ini, dengan pesan anonim yang menyatakan "Dalam memori Maggie Wall, dibakar oleh Gereja atas Nama kekristenan '. Tidak ada yang tahu siapa yang menulis itu. Tulisan itu terlihat dicat ulang secara teratur, dan ini tidak terjadi sejak kemarin, tapi mungkin sejak saat kematiannya.