Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Puasa Terpanjang Dan Terpendek Di Dunia

Durasi puasa di Indonesia sekitar 13 jam sampai 13 jam 30 menit, sebelum kami ulas tentang negara negara dengan durasi puasa paling lama dan durasi puasa paling cepat, perlu sahabat anehdidunia.com ketahui mengapa terjadi perbedaan waktu atau durasi puasa ini disebabkan karena perputaran Bumi dalam mengelilingi Matahari tidaklah lurus tapi  miring. Hal ini membuat pada waktu tertentu, Maret hingga September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sementara pada periode Oktober - Februari negara-negara di belahan selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara. Yang pertama kami sajikan Negara-negara dengan waktu puasa paling lama di dunia 


Negara-negara Skandinavia waktu puasa terlama di dunia, 21 jam
Negara-negara skandinavia misalnya Swedia, finlandia dan norwegia tengah memasuki musim panas dan matahari terbit sangat lama yaitu 21 jam (1 hari kurang 3 jam), hal ini menjadikan puasa di wilayah ini merupakan puasa terlama di dunia.

Walaupun waktu puasa berlangsung sangat lama, ternyata ada yang mampu bertahan dan sebagian umat muslim disana mengikuti waktu berbuka puasa Arab Saudi. Banyak ulama memperbolehkan umat muslim disana untuk berbuka di waktu yang sama dengan Arab Saudi atau Turki.

Rusia waktu berpuasa 19 jam 
Rusia, salah satu negara yang terletak di bagian paling utara bumi mulai melaksanakan ibadah puasa sejak imsak pada pukul 03:15 sampai berbuka pada pukul 21:37 yang berarti umat muslim disana berpuasa hampir 19 jam.

Inggris waktu puasa 17 jam 45 menit 
Pada tahun ini, umat muslim yang berada di inggris akan melaksanakan puasa selama 17 jam 14 menit, 2,5 jam lebih pendek dari waktu berpuasa di Rusia.

Amerika Serikat waktu puasa 16 jam 
Di negara paman sam, waktu berpuasa juga lebih lama dibandingkan dengan indonesia, waktu berpuasa di Amerika serikat adalah 16 jam.

Jepang waktu puasa 15 jam 37 menit
Umat muslim yang berada ni negara matahari terbit, berpuasa selama 16 jam 37 menit. Selain waktu berpuasa yang cukup lama, umat muslim disana juga cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal.

Negara negara diatas adalah negara yang memiliki durasi puasa paling panjang, namun di sisi lain bumi, terdapat negara yang tidak lama terlalu lama menahan lapar dan haus di siang hari. Hal ini karena negara tersebut telah memasuki musim dingin sehingga siang harinya lebih pendek daripada malam harinya. Negara-negara ini terletak di belahan bumi bagian selatan. Berikut Sahabat anehdidunia.com negara yang memiliki durasi puasa paling pendek di dunia

Chilli, Waktu Puasa yaitu Selama 9 Jam
Negara yang beribukota Santiago ini adalah salah satu negara yang letaknya paling selatan di Bumi. Penduduk muslim di negara ini menjalani ibadah puasanya sejak pukul 05.31 hingga 15.00 atau hanya sekitar 9 jam 12 menit. Udara kering dan cuaca dingin mungkin menjadi salah satu ujian bagi mereka namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk berpuasa sambil beraktifitas.

Argentina, Durasi Puasa yaitu Selama 9 Jam
Negara yang beribukota Buenos Aires juga salah satu negara yang memiliki waktu puasa tersingkat di dunia. Penduduk muslim di negara hanya berpuasa selama 9 jam 37 menit. Negara ini adalah salah satu negara yang ramah terhadap penduduk muslim meskipun muslim disana adalah minoritas, yaitu hanya sekitar 1,9 persen dari jumlah penduduk.

Kepulauan Komoro, Lama Puasa Selama 12 Jam

Negara lain yang memiliki waktu berpuasa terpendek adalah Kepulauan Komoro. Penduduk negara yang termasuk dalam Jazirah Arab ini hanya menjalani puasa selama 12 jam 31 menit. Pada Ramadhan kali ini, penduduk negara tersebut menjalani puasanya saat musim dingin dengan udara yang kering. Namun hal tersebut ternyata tidak mengganggu ibadah puasa dan kegiatan sehari-hari mereka.

Arab Saudi, Waktu Puasa Selama 12 Jam
Biasanya Arab Saudi memiliki waktu berpuasa yang cukup lama, yaitu selama 14 jam 40 menit. Namun setelah dilakukan perhitungan ilmu falak, ternyata negara yang mengalami pengurangan waktu berpuasa selama dua jam. Hal ini berarti mereka hanya akan melakukan puasa selama 12 jam 40 menit. Hal inilah yang membuat Arab Saudi juga termasuk salah satu negara dengan durasi puasa terpendek di dunia.

Semoga berguna sahabat anehdidunia.com waktu puasa paling cepat dan waktu puasa paling lama di dunia.


referensi:http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/06/durasi-puasa-di-indonesia-tahun-ini/http://www.tercengang.net/2014/06/5-negara-dengan-waktu-puasa-paling-lama-di-dunia.html/http://www.berita8.com/berita/2014/06/inilah-4-negara-dengan-waktu-puasa-terpendek-di-dunia/http://segiempat.com/kps/aneh-unik-kps/tahukah-anda/negara-durasi-puasa-terpendek/