Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki keragaman budaya, bahasa serta baju adat. Wilayahnya yang luas dan berpencar ratusan pulau di sekelilingnya telah menyumbang kekayaan tersendiri bagi negerinya. Karena itulah Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan kultur dan budaya oleh masyarakat dunia. Selain tutur dan perilakunya yang ramah kepada siapa saja orang asing yang berkunjung, masyarakat Indonesia juga terkenal dengan cara berpakaiannya yang penuh kesantunan dan keanggunan.

Bisa kita lihat dari wilayah Sabang sampai Merauke semuanya memiliki khasanah baju tradisional yang sangat beraneka. Tiap provinsi memiliki ciri khas tersendiri untuk menonjolkan identitas daerahnya. Bahkan dalam satu provinsi juga terdapat lebih dari satu baju tradisional. Namun, hal ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Negara-negara lain di dunia juga memiliki baju tradisional khasnya masing-masing. Penasarankah anda negara mana saja yang memiliki baju tradisional unik? Berikut keanggunan baju tradisional negara di dunia

Pakaian Tradisional Sari India

OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Mungkin bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat dunia mengenai sari. Memang baju ini sangat melekat dengan identitas wanita India. Baju tradisional ini seolah menunjukkan jati diri nasionalisme warga India. Sari tidak hanya dipakai wanita India yang bermukim di negara India saja, warga India ataupun keturunan India yang tinggal di negara lain juga seolah tidak pernah lepas dari sarinya. Baju tradisional ini tidak hanya dipakai di upacara adat, ibadah atau acara resmi saja karena sari telah mampu beradaptasi dengan modernitas sehingga tidak akan membuat siapapu yang memakainya ketinggalan zaman. Bahkan beberapa desainer pernah merancang busana karena terinspirasi dengan keanggunan baju tradisional dari India yakni sari.

Ao Dai Vietnam

OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Baju tradisional yang berasal dari Vietnam ini memang sepertinya masih kurang begitu populer seperti sari akan tetapi model baju tradisional ini terlihat sangat anggun dan memancarkan kecantikan wanita Vietnam. Ao dai sendiri di Vietnam biasanya dipakai untuk menyebut pakaian yang sudah lama tidak pakai, akan tetapi sejak tahun 1993 hingga sekarang baju tradisional ini mampu meraih kepopulerannya kembali. Baju ini biasanya dipakai oleh wanita Vietnam dalam upacara pernikahan, kematian atau perayaan seperti Imlek.

Melihat dari gaya busananya seperti mengadaptasi Qipao yang identik dengan Cina. Akan tetapi saat ini, ao dai mengalami penyesuaian zaman dari segi modelnya. Baju tradisional yang berbahan kain sutera ini dibuat menjadi lebih ketat dibandingkan dulu dan memakainya dikombinasikan dengan celana pantalon khas Vietnam juga. Dengan karakteristik wajah yang dimiliki wanita Vietnam tentu saja menambah keanggunan ketika memakai ao dai ini. Bahkan di Vietnam juga terselenggara kontes Miss Ao Dai dengan tujuan lebih memasyarakatkan lagi baju tradisional di negerinya sendiri.

Kaftan Persia Atau Maroko

OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Tahukah anda bahwa baju yang beberapa tahun kebelakang ini sedang populer di Indonesia yakni kaftan merupakan baju tradisional yang berasal dari negara Maroko. Ya benar, kaftan memang hasil baju tradisional yang ternyata zaman dahulu tidak hanya dipakai oleh wanita saja namun juga pria. Bahkan ketika kekuatan Ottoman masih berjaya di Turki, kaftan menjadi baju yang paling mahal dan hanya digunakan oleh kalangan bangsawan saja.

Kaftan dulu seringkali dibuat dari bahan sutera nomor satu dengan sulaman yang indah, namun saat ini kaftan bisa dibuat dengan lebih sederhana tanpa meninggalkan kesan anggunnya. Kaftan saat ini memang tidak hanya sebatas identitas baju tradisional warga Maroko saja akan tetapi berkembang di wilayah negara lainnya seperti Afrika, Rusia dan lain sebagainya.

Sehingga kaftan “tidak hanya” dianggap sebagai baju muslim saja namun sudah berubah fungsi menjadi baju tradisional dan hebatnya saat ini kaftan sudah menjadi tren mode baik untuk kalangan menengah hingga kelas atas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya selebriti yang sering memakai kaftan di acara-acara bergengsi.

Kebaya Indonesia

OMG Keanggunan Baju Tradisional Negara-Negara Di Dunia

Untuk yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia. Kebaya adalah salah satu baju tradisional yang hingga saat ini bertahan di tengah tren busana mancanegara. Kebaya hadir mulai zaman kerajaan Majapahit dan dikenakan tidak hanya untuk kalangan bangsawan namun juga rakyat jelata. Jika baju-baju tradisional dari negara lain lebih banyak berupa gaun lain halnya dengan kebaya yang berupa baju atasan saja. 

Kebaya biasanya dipakai dengan bawahan kain sarung, batik atau kain songket. Tidak kalah dengan baju tradisional dari negara lainnya juga, kebayapun dimodifikasi lebih modern dari awal pertama kemunculannya. Kebaya juga memiliki filosofi tersendiri bagi siapapun yang menggunakannya. Selain memancarkan keanggunan dan kesantunan khas wanita Indonesia, kebaya juga mampu mencerminkan pribadi si pemakainya. Kebaya biasanya sering digunakan di acara pernikahan atau upacara adat kedaerahan 

Wanita adalah sumber kecantikan dunia oleh karena itu paras dan segala macam yang digunakannya seolah tidak pernah bosan untuk dibahas. Baju tradisional juga merupakan aset masing-masing daerah atau negara tersebut. Keanggunan serta keindahan yang terkesan lama atau kuno tidak akan membawa pemakainya ketinggalan zaman melainkan dapat menonjolkan kepribadian yang cinta dengan budaya sendiri. Sebagai negara yang Bhineka Tunggal Ika sudah sepatutnya kita berbangga hati dengan segala hal kekayaan yang kita miliki di negeri ini. Jangan biarkan baju tradisional kita perlahan hilang cuma-cuma hanya karena kita melupa dengan budaya sendiri. Lestarikan budaya negeri!


referensi:
http://mengakubackpacker.blogspot.co.id/2013/06/10-pakaian-tradisional-terindah-di-dunia.html
http://octavianinurhasanah.net/2011/09/02/44-akhirnya-saya-pun-menulis-sejarah-kaftan-alhamdulillah-yaaa/