Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Legenda Wanita Cantik dalam Mitologi Ini Ternyata Menyeramkan

Indonesia adalah negara kepulauan yang dinamakan Nusantara dengan ribuan pulau serta adat, budaya serta kepercayaan yang beranekaragam. Begitu luasnya akupan wilayah negeri ini hingga membuat karakteristik penduduknya pun sangat bermacam-macam. Setiap daerah pun memiliki cara berbahasa, kebiasaan maupun ritual kepercayaan dan keagamaan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan suatu legenda atau mitos yang seperti sahabatanehdidunia.com ketahui selalu tersimpan dan diceritakan dari generasi ke generasi sebagai bentuk penghormatan dan kesopanan pada leluhur. Salah satu legenda yang terkenal di seluruh penjuru nusantara adalah legenda Nyi Roro Kidul, perempuan cantik yang dipercayai menghuni laut bagian selatan dan menjadi penguasa sehingga seringkali disebut dengan Ratu Laut Selatan.

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai perempuan berwajah cantik dengan mahkota serta selendang dan kebaya berwarna hijau dan bagi yang mengaku sudah pernah melihat, mereka mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul sering menampakkan wujudnya diatas perairan laut selatan dengan kereta kencana sebagai kendaraan dan juga para pengawalnya. Konon bagi orang-orang yang bermain ke pantai selatan dilarang memakai baju berwarna hijau karena warna tersebut dapat menarik perhatian Nyi Roro Kidul. Bagi siapapun yang tetap bebal melanggar larangan tersebut maka harus bersiap untuk dibawa Nyi Roro Kidul masuk dalam pusaran laut dan dijadikan pengawal Ratu Pantai Selatan tersebut atau mati secara misterius. Ternyata bukan di Indonesia saja legenda mitologi yang menceritakan wanita cantik namun juga menyeramkan beredar, beberapa negara juga memiliki cerita misteri terkait dengan hal berbau legenda mitologi wanita cantik tersebut. Dan berikut adalah informasi lengkapnya untuk sahabat anehdidunia.com.

Lamia


Salah satu mitologi yang terkenal di dunia adalah Mitologi Yunani, begitu banyak cerita Mitologi Yunani yang berkembang di masyarakat dan salah satunya adalah Lamia. Lamia diceritakan merupakan seorang wanita cantik yang tak lain adalah cucu Poseidon dengan isterinya Lybie. Lamia merupakan Ratu Libya yang diketahui menduduki tahta tersebut untuk menggantikan posisi ayahnya yakni Raja Belos. Ratu Lamia pun pernah terlibat hubungan percintaan dengan sang Dewa Zeus hingga melahirkan beberapa orang anak. Hubungan terlarang antara Lamia dengan Zeus ini pun akhirnya diketahui Hera dan mampu membakar api cemburu dalam dirinya. Tak butuh waktu lama untuk berpikir, Hera pun memutuskan untuk membunuh semua anak-anak buah lahir dari hubungan Lamia dengan Zeus. Kejadian itulah yang membuat diri Lamia murka sehingga membuatnya gila dan merubahnya menjadi manusia setengah ular yang memakan bayi-bayi baru lahir dari tiap wanita. Sang Ratu akhirnya berubah menjadi monster pemakan bayi akibat iri hati dan sakit hati menghadapi kematian anak-anaknya karena dibunuh Hera.

Alkonost



Jika Lamia adalah sosok yang digambarkan sebagai seorang wanita bertubuh ular lain halnya dengan Alkonost yang merupakan wanita cantik bertubuh burung lengkap dengan dua sayap. Alkonost dipercayai hidup di Nirvana namun saat dia bertelur akan ke laut dan membawa telur-telurnya ke dalam air. Saat telur-telur Alkonost masuk kedalam air laut, arus akan menjadi tenang namun saat telur-telur tersebut menetas, laut akan berubah menjadi badai dahsyat yang mematikan. Sama halnya ketika Alkonost bernyanyi, suara merdunya mampu membuat siapa saja yang mendengar terbuai seperti nelayan hingga tak sadar kapal lautnya telah tenggelam.

Lilith


Dalam Mitologi Yahudi Lilith dikenal sebagai sosok wanita cantik yang sebenarnya diciptakan sebelum Hawa namun membangkang Tuhan hingga ia diusir dan masuk dalam iblis wanita paling menyeramkan bergabung bersama Lucifer. Lilith juga diceritakan sebagai iblis yang suka hadir dalam mimpi pria-pria dan melakukan hubungan seks melalui mimpi. The Beautiful Maiden adalah julukan yang disematkan untuk iblis ini karena ia tak memiliki kelenjar susu. Karena itulah ia pun tak bisa melahirkan anak, sehingga musuh terbesarny adalah bayi dan para wanita. Dewi Malam ini juga diketahui memiliki elemen angin yang identik dengan membawa musibah, penyakit dan tentu saja kematian!

Sphinx


Sphinx yang masuk dalam daftar legenda wanita cantik dalam mitologi yang me“Apakah yang mampu berjalan menggunakan empat kaki kala pagi hari, dua kaki ketika siang hari dan tiga kaki sewaktu malam hari?”. Konon yang berhasil memecahkan teka-teki ini hanyalah satu orang yakni Odisseus dan sekejap setelah teka-teki tersebut terjawab, tubuh Sphinx hancur berkeping-keping!

nyeramkan satu ini tidaklah sama dengan Sphinx versi mitologi Mesir. Sphinx yang ini adalah sosok wanita berparas cantik dengan setengah tubuhnya singa dan memiliki sayap bak burung raksasa. Sosok ini tak mudah ditaklukkan karena siapapun yang mencoba untuk melintas melewatinya harus berhasil menjawab teka-teki dari Sphinx yakni,

Medusa


Salah satu sosok wanita cantik paling terkenal dalam Mitologi Yunani yang berkembang di masyarakat tentu saja adalah Medusa. Sebelum menjadi sesosok yang menyeramkan, sebelumnya Medusa merupakan seorang pendeta kuil yang cantik dan masih perawan. Namun karena kecantikan parasnya inilah membuat Poseidon tergoda hingga tega memperkosanya. Athena yang mengetahui perihal inipun marah besar dan langsung mengutuk rambut Medusa berubah menjadi ular dan bagi siapapun yang menatap matanya akan langsung berubah menjadi batu! Tak cukup itu saja, Athena pun memberikan iming-iming hadiah kepada siapapun yang berhasil membunuh Medusa dan ternyata Perseuslah yang berhasil memenggal kepala medusa setelah sebelumnya melihat wajah Medusa melalui pantulan cermin agar tak berubah jadi batu!

Itulah beberapa cerita terkait dengan legenda wanita cantik dalam mitologi yang ternyata tak kalah menyeramkan dari mitologi di Indonesia. Percaya tak percaya keberadaan mitologi dalam kehidupan masyarakat nyatanya mampu melahirkan petuah bijak untuk disampaikan ke anak-anak sebagai pesan moral menghindari perilaku tak terpuji. Namun yang perlu sahabatanehdidunia.com ketahui segala keselamatan, kesejahteraan, kehidupan dan kematian adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

sumber referensi:
http://www.wartainfo.com/2015/07/kisah-10-makhluk-cantik-legenda-mitologi-di-dunia-yang-mematikan.html/1
https://id.wikipedia.org/wiki/
https://en.wikipedia.org/wiki/