Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nekat dan Berani, Pria-Pria Ini Memilih Hidup Terasing

Bumi sebagai tempat tinggal semua makhluk hidup memang diprediksi telah berusia jutaan tahun lamanya. Memang tidak ada kepastian akurat mengenai kapan bumi diciptakan, akan tetapi semua makhluk di bumi terutama manusia paham betul darimana mereka bisa bertahan hidup apalagi jika bukan dari alam. Rantai makanan antar makhluk hidup pun sudah menjadi bagian dari hukum alam yang tidak bisa diubah.

Semakin tua usia bumi, kemampuan manusia dalam memajukan zaman pun semakin meningkat pesat pula. Seiring berkembangnya suatu zaman, teknologi dan ilmu pengetahuan manusia pun juga selalu melahirkan inovasi baru. Akan tetapi rupanya tidak semua orang sependapat dengan hal ini, termasuk beberapa pria dibawah ini yang lebih memilih untuk hidup terasing menjauh dari segala hal yang berbau modernitas. Berikut ulasannya versi anehdidunia.com.


Christopher McCandless



Pernahkah sahabatanehdidunia.com menonton film Into The Wild yang diperankan oleh Emile Hirsch dan Kristen Stewart? Dalam film yang diadaptasi dari kisah nyata tersebut, Emile Hirsch didapuk memerankan tokoh Christopher McCandless. Yup, tokoh Christopher McCandless bukanlah tokoh fiktif dalam film tersebut. Seperti cerita yang disuguhkan dalam film, Christopher McCandless merupakan pemuda kelahiran El Segunda, California, Amerika Serikat. Sahabat anehdidunia.com setelah menyelesaikan studinya di Universitas Emory, pemuda ini memutuskan hubungannya dengan keluarga, kerabat dan teman-temannya demi memilih menjalani pilihan hidupnya yakni sebagai pengembara. Saat itu kabar menyebutkan bahwa Christopher McCandless menghilang dari rumah sejak tanggal 28 April 1992. Saksi mata menyebutkan bahwa Christopher terlihat menumpang sebuah kendaraan menuju Alaska di bulan yang sama. Empat bulan tidak ada kabar, fakta mengenai Christopher McCandless terkuak. Sebuah otobus yang sedang melintas di area setapak Stampede Trail di kawasan Alaska menemukan mayatnya yang sudah membusuk dan hanya tulang terbungkus kulit. Banyak dugaan terkait penyebab kematiannya hanya saja secara resmi kematian Christopher McCandless dianggap karena kelaparan, mengingat dia hanya membawa perbekalan yang amat tipis serta ketidakmampuannya dalam mengatasi hidup di alam liar. Setahun berikutnya, penulis Jon Krakauer menulis tentang riwayat hidupnya dalam sebuah buku berjudul Into The Wild hingga di tahun 2007 Sean Penn menggarap film dalam judul yang sama.


Feng Mingshan



Di zaman modern seperti saat ini, segala macam jenis bentuk rumah seperti desain baik interior maupun eksterior sudah beraneka ragam. Tak hanya rumah, apartemen pun bisa didesain sesuai dengan keinginan juga kantong pemilik. Sebagai tempat berlindung dan beristirahat, sebisa mungkin rumah dibuat senyaman mungkin bagi penghuninya. Namun siapa sangka jika di zaman banyaknya kelahiran robot sebagai pengganti manusia masih ada orang yang lebih memilih untuk hidup di dalam gua. Dia adalah Feng Mingshan, pria berusia sekitar 58 tahun dari Cina ini justru hidup di dalam gua di tengah-tengah hutan. Sahabat anehdidunia.com diketahui bahwa pria ini telah mendiami gua yang berada di wilayah Provinsi Shaanxi sejak tahun 1993. Sebelumnya ia tinggal di kota Gaoba yang berada di bagian utara Cina. Feng Mingshan memilih untuk hidup di gua karena tidak suka berinteraksi dengan banyak orang. Gua yang didiami kakek ini berada di tebing yang cukup curam setinggi 50 meter, sehingga untuk masuk ke dalamnya membutuhkan sedikit waktu. Kabar mengenai Feng Mingshan yang hidup di dalam gua ini sudah menyebar ke seantero Cina. Meski tidak ada satupun anggota kelaurganya yang bisa membujuk Feng Mingshan untuk berhenti hidup di dalam gua namun pemerintah setempat tetap mengawasi Feng Mingshan dan melakukan pendekatan agar suatu hari Feng bersedia hidup di rumah normal pada umumnya.


Zeki Basan



Jika Feng Mingshan memutuskan untuk menjalani hidupnya dengan mengasingkan diri saat usianya telah menginjak 30 an tahun, lain halnya dengan Zeki Basan. Pemuda berusia 15 tahun yang memilih untuk hidup secara nomaden dan sendirian! Di usianya yang masih sangat belia ini, Zeki Basan lebih memilih untuk hidup sendiri di sebuah pondok terpencil di Cairngorm National Park. Kemampuannya untuk tetap bertahan hidup di alam liar dengan peralatan yang sederhana ia dapatkan saat mengenyam ilmu di Adventure Studies. Sahabat anehdidunia.com Zeki Basan sendiri mempunyai ketertarikan lebih pada hal yang berbau gurun pasir. Karena usia yang masih muda dan kemampuan hidup di alam bebasnya patut diacungi jempol serta tempat tinggalnya yang nomaden, Zeki Basan pun telah berkeliling ke tempat-tempat menakjubkan seperti Afrika Timur, Swedia, New Mexico, Mozambik dan Namibia. Semua tempat-tempat tersebut ia jelajahi sendiri. Beberapa bukti potret ketangguhan pemuda belia ini bisa dilihat di website pribadinya yang ia buat sebagai bagian dari dedikasinya mengenai ilmu pengetahuan mengenai bushcraft.


Pedro Luca



Ternyata bukan hanya Feng Mingshan saja yang memilih untuk hidup mengasingkan diri dengan tinggal di dalam gua selama lebih dari 20 tahun. Seorang kakek tua asal Argentina ini lebih mengejutkan lagi, Pedro Luca namanya dan ia telah mengasingkan diri mendiami gua di pegunungan Tucuman selama kurang lebih 40 tahun! diketahui bahwa pria berusia 80 tahun ini memang sejak kecil sudah akrab dengan alam karena memang dibesarkan di lingkungan alam liar. Ia memilih untuk tidak menikah dan jelas bahwa ia pun tidak memiliki keturunan. Ia hidup sebatang kara dengan memanfaatkan kemampuannya dalam memburu untuk mendapatkan daging atau makanan lainnya. Sahabat anehdidunia.com selain itu ia juga bisa membeli bahan makanan di kota dari uang hasil dana pensiun miliknya dari perusahaan batu bara tempat ia dulu bekerja yang diambil sebulan sekali. Pedro mengaku bahwa ia memilih jalan hidupnya jauh dari modernitas karena hasil didikan dari kakeknya. Meski demikian, kehidupan terasing yang dijalani Pedro Luca saat ini sedikit “terusik” dengan seringnya para turis yang datang hanya demi tahu bagaimana dan melihat seperti apa seorang pria yang hidup di dalam gua selama empat decade!


Angelo Valkenborgh



Mungkin Angelo Valkenborg lah yang bisa disebut sebagai Tarzan dalam kehidupan nyata, bagaimana tidak? Pria yang berasal dari Belgia ini memilih untuk bercerai dari istrinya, keluar dari pekerjaan, menjual rumah dan menyumbangkan seluruh bajunya karena tidak merasa semuanya tersebut bukan hal yang ia cari. Angelo Valkenborg melakukan itu semua dan lebih memilih untuk hidup terasing di dalam hutan karena kecintaannya terhadap alam liar. Hal ini jugalah yang menimbulkan konflik dalam rumah tangganya dulu bersama sang istri. Sahabat anehdidunia.com saat ini Angelo tinggal di sebuah hutan yang terletak di wilayah Slovenia. Sudah empat tahun lebih ia tinggal di sebuah pondok bambu di dalam hutan tersebut dan bertahan hidup dengan makan dedaunan juga katak (mengingat di hutan Slovenia dilarang adanya perburuan liar). Tak jarang Angelo mendapatkan sumbangan daging dari warga yang tinggal dekat dengan kawasan hutan. Angelo pun memiliki rencana masa depan yang menurutnya adalah tujuan utama dalam hidupnya yakni menjelajahi Alaska dan Siberia, dimana di dua tempat tersebut sangat legal melakukan perburuan liar.

Sekilas membaca ulasan tentang kelima pria yang lebih memilih untuk hidup terasing tersebut memang cukup mencengangkan. Disaat banyak orang berlomba-lomba menaikkan gengsi dengan membeli gadget dan mobil terbaru, mereka justru tidak peduli dengan itu. Pesan menariknya adalah bagaimanapun terasingnya mereka dengan kehidupan diluar, tetapi mereka merasakan kepuasan dan kebahagiaan karena hidup terasing yang mereka jalani bukan paksaan melainkan pilihan hidup.

Sumber referensi:
http://www.anehtapinyata.net/2016/08/kisah-manusia-aneh-tapi-nyata-yang-hidup-mengasingkan-diri.html
https://id.wikipedia.org/wiki/
http://www.vemale.com/ragam/31709-feng-mingshan-manusia-gua-terakhir-di-dunia.html
http://www.zekibasan.com/
https://news.idntimes.com/world/rizal/mengenal-pedro-luca-manusia-purba-yang-tinggal-di-gua-selama-40-tahun
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00080824.html