Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Senapan Sniper Paling Jitu Di Dunia

Sejak pertama kali ditemukan pada abad ke 9 di daratan China, senjata api telah mengalami banyak sekali perubahan. Mulai dari yang awalnya sangat sederhana dengan hanya menggunakan sumbu dan bubuk mesiu hingga yang sangat modern seperti saat ini yang telah dipadukan dengan teknologi yang begitu canggih. Bentuk dari senjata api, kini juga sudah bermacam-macam mulai dari yang bersifat low damage seperti pistol dan senapan hingga meriam yang berdaya hancur tinggi. Semuanya dibuat secara spesifik untuk memenuhi pengguna sekaligus fungsi yang dikehendaki. Salah satu jenis senapa yang dibuat dengan sangan spesifik adalah senapan untuk para Sniper. Senapan khusus bagi para penembak jitu ini biasanya dibuat khusus agar memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi. Sebagai perbandingan jika sebuah senapan biasa hanya bisa mendapatkan akurasi tinggi dengan jarak antara 20 hingga 40 meter maka senapan khusus sniper akan tetap memiliki akurasi yang tinggi dan dapat mengenai targetnya dengan jarak hingga ratusan meter. Karena tingkat akurasinya yang amat tinggi ini, senapan sniper mendapat julukan "one shoot, one kill" atau satu peluru untuk satu nyawa.

Sampai saat ini kira-kira ada 40 jenis senapan sniper dengan kategori terbaik di dunia. Nah diantara 40 jenis senapan sniper tersebut, beberapa diantaranya menyandang predikat sebagai senapan sniper paling jitu di dunia. Informasi tentang senapan sniper paling jitu inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam, 9 Senapan Sniper Paling Jitu Di Dunia, berikut ulasanya

Knights Armament M110



Knights Armament M110, merupakan senapan sniper semi otomatis rancangan Gene Stoner, seorang pria Amerika yang menjadi orang di balik kesuksesan senapan serbu M16. Di rancang mirip dengan M16, Knights Armament M110, memiliki bobot yang sangat ringan untuk ukuran senapan sniper yang mampu menghasilkan putaran hingga mencapai 7.62×51 NATO dalam setiap tembakanya. Untuk ukuran akurasi, M110 jugg lumayan ciamik karena tetap dapat menjaga akurasinya dalam jarak sekitar 700 meter lebih. Selain itu keungulan lain dari M110 adalah minimnya suara dan percikan api yang di hasilkan saat menembak. Hal ini tentu sangat menguntungkan terutama bagi para sniper yang harus menyembunyikan keberadaan mereka dari musuh.

LWRC SABR




SABR atau Sniper/Assaulter Battle Rifle merupakan senapan sniper modern yang dirancang sebagai senapan serbaguna. Selain dirancang dengan akurasi yang tinggi untuk menembak dari jarak jauh, SABR juga dirancang sebagai senapan taktis yang bisa digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Untuk pertempuran jarak dekat senapan ini dibekali laras sepanjang 12 inci yang dapat menjaga tembakan tetap akurat meski melepaskan banyak peluru sekaligus. Sedangkan saat digunakan untuk menembak dari jarak jauh, laras SABR dapat diganti dengan yang memiliki panjang 20 inci. Dengan kemampuanya untuk diubah sesuai dengan situasi dan kebutuhan di lapangan, SABR sering disebut sebagai senapan paling sempurnya untuk digunakan saat perang.

Stealth Recon Scout



Stealth Recon Scout atau SRS merupakan senapan sniper yang dibekali dengan dua barrel berbeda berukuran .308 dan .338. Masing-masig barrel ini dirancang khusus untuk dapat digunakan dalam dua ukuran kaliber peluru yang berbeda. Jadi SRS secara khusus dirancang untuk dapat menggunakan dua kaliber peluru yang berbeda dengan tingkat akurasi yang yang sama. Selain itu senapan ini juga di desain dengan tipe bullpup yang meninggalkan tradisi lama senapan sniper yang menggunakan metode pengisian peluru secara manual. Jadi SRS dapat menggunakan magazine berisi beberapa peluru sekaligus. Selain itu SRS juga dapat digunakan dalam berbagai jarak, mulai jarak dekat, menengah hingga jarak jauh dengan hanya perlu menyesuaikan panjang larasnya.

Accuracy International AS50


Accuracy International merupakan senapan sniper khusus yang di buat berdasarkan senapan bertipe AS50. Senapan sniper yang dirancang secara khusus untuk digunakan oleh Navy Seals ini di buat dengan beberapa penyesuaian khusus hingga dapat bertahan dalam cuaca ektrem sekalipun. Accuracy International bahkan di klaim tetap dapat menunjukan performa tterbaiknya meski dalam badai pasir hingga terkena lumpur sekalipun. Senapan ini juga dilengkapi dengan 5 magazine yang berisi peluru berkaliber 50 yang dapat dimuntahkan setiap 1.6 detik. Jadi meski sebenarnya merupakan senapan sniper Accuracy International, tetap bisa digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Untuk ukuran akurasi pun Accuracy International AS50 juga tak main-mai karena senapan ini tetap bisa menjaga akurasinya dalam jarak lebih dari 1.500 meter.

Mcmillan TAC 50



Mcmillan TAC 50, merupakan senapan sniper berkaliber 50 yang saat ini memegang rekor sebagai senapan sniper dengan laras terpanjnag di dunia. Senapan ini juga tercacat pernah membubuhkan rekor jarak tembak mencapai 2.5 kilometer. Dengan ukuran selongsing pluru yang mencapai 50 BGM, TAC 50 juga merupakan senapan sniper dengan ukuran kaliber terbesar yang pernah digunakan oleh militer. Dengan kaliber peluru yang tergolong amat besar ini, TAC 50 tak hanya sangat efektif untuk melumpuhkan lawan, namun juga memiliki daya hancur yang cukup untuk menghancurkan konvoi kendaraan musuh. Senapan yang memiliki akurasi tertinggi pada jarak 1.800 meter ini di klaim mampu menghancurkan blok mesin sebuah kendaraan militer hanya dengan sekali tembak. Karena itu senapan sniper ini sering kali digunakan di daerah-daerah konflik seperti saat perang di Irak dan Afganistan.

Barrett Model 99



Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999, Barrett Model 99, merupakan senapan sniper berdiameter .416 (10.6×83mm). Senapan ini hanya sedikit lebih kecil dari kaliber .50 BGM, namun meski lebih kecil peluru pada Barrett Model 99 memiliki tingkat akurasi yang lebih baik berkat rancangan laras yang lebih aerodinamis. Jika senapan .50 BGM memiliki daya hancur yang lebih tinggi, maka Barrett Model 99 memiliki rancangan khusus pada larasnya yang dilengkapi dengan peredam. Peredam ini dapat mengalirkan udara di dalam laras untuk mengalir lebih cepat sekaligus memberikan daya dorong ekstra pada peluru saat di tembakan. Berkat desain ini Barrett Model 99, memiliki tingkat akurasi maksimal hingga jarak 2.600 meter atau setara 2.6 kilometer.

AWSM

AWSM atau Arctic Warfare Super Magnum merupakan senapan sniper yang di desain untuk memiliki bobot seringan mungkin namun memiliki ketahanan yang luar biasa terhadap cuaca yang ekstrem. Senapan ini bahkan dibekali dengan laras khusus berukuran .338 Lapua. Sebuah laras yang di desain khusus hanya untuk senapan ini, sekaligus kaliber terkecil yang pernah digunakan sebagai laras untuk senapan sniper. Laras ini juga dibuat dengan bagian dalam berulir untuk menjaga tingkat akurasi AWSM tetap maksimal meski hanya memiliki laras berukuran .338. Hebatnya lagi tingkat akurasi AWSM, diperkirakan akan tetap terjaga baik dalam kondisi cuaca seperti apapun dengan kisaran jarak tembak akurat mencapai lebih dari 1.1 kilometer.

Barrett M107A1




Di kenal sebagai salah satu senapan sniper paling berat di dunia, Barrett M107A1, jelas bukan senapan sniper bagi para pemula. Senapan ini membutuhkan penanganan khusus karena beratnya yang tak biasa. Namun berat dari yang tak biasa dari Barrett M107A1 ini sebenarnya bukanlah suatu ketidaksengajaan, karena dengan beratnya ini Barrett M107A1 justru menjadi lebih stabil saat ditembakan. Terlebih lagi senapan sniper ini di bekali dengan peluru berkaliber .50 yang senjaga di desain untuk menjadi senjata penghancur berdaya rusak tinggi. Barrett M107A1 merupakan senapan sniper yang dirancang untuk sebuah operasi penyergapan jarak jauh, Barrett M107A1 biasanya digunakan oleh seorang sniper untuk mengamankan wilayah dengan menghancurkan musuh yang berusaha masuk. Senapam ini di klaim dapat menghancurkan blok mesin dari kendaraan lapis baja dari jarak yang lumayan fantastis mencapai 2.000 meter lebih. Dengan jarak ini sudah bisa dibayangkan bagaimana dahsyatnya daya rusak dari Barrett M107A1.

CheyTac M200

Sering di sebut sebagai senapan sniper terbaik di dunia, untuk urusan akurasi CheyTac M200, sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan desain tanpa cela yang dimaksudkan untuk memaksimalkan kecepatan peluru saat di tembakan, senapan buatan produsen Amerika ini dapat memuntahkan peluru berkecepatan 3.000 kaki per detik tanpa ada halangan berarti. Laras pada CheyTac M200 juga dirancang khusus untuk memaksimalkan akurasi dengan menyeimbangkan hambatan linear dan rotasi yang dapat membatu peluru untuk melesat dengan lebih lurus dan lebih jauh. Dengan desainya ini CheyTac M200 di klaim dapat melumpukah target berjarak hingga 2.3 kilometer tanpa hambatan yang berarti. Selain itu senapan ini juga memegang rekor sebagai senapan paling jitu dalam ajang tembak berjarak 2.321 dengan 3 peluru yang tepat mengenai sasaran. Jadi untuk urusan akurasi dan efektifitas, CheyTac M200 saat ini merupakan senapan sniper paling jitu dan mematikan yang ada di dunia.

Sahabat anehdidunia.com itulah daftar senapan sniper paling jitu di dunia saat ini. Semua senapan sniper ini memang dibuat secara khusus agar memiliki tingkat akurasai yang sangat tinggi. Karena itu untuk urusan kiprahnya di medan perang sudah tak usah diragukan lagi.

Referensi:

10deadliest.com/top-10-deadliest-sniper-rifles/