PLARIUSMODIFIKASI101

Game Klasik Dunia Bersejarah Nostalgia Waktu Masih Kecil

Wednesday, February 28, 2018
Para pecinta dan penggila game klasik, pastinya tidak asing dengan game-game yang di antaranya bernama Super Mario Bros, kemudian juga ada Pac-man, Tetris, dan lain sebagainya. Game-game klasik tersebut tercatat memiliki reputasi yang mendunia, di samping itu game-game tersebut juga memiliki sejarah yang tidak kalah menarik untuk di simak. Bahkan di antaranya juga terlahir dari gagasan yang sederhana. Game-game klasik yang boleh dibilang legendaris itu bahkan juga tercatat masih bertahan sampai sekarang. Walaupun teknologi dalam dunia game semakin berkembang secara gila-gilaan, namun ternyata game-game klasik tersebut terbukti masih dapat bertahan serta bersaing guna menarik banyak peminat.

Bagi para penggila game, tentunya game-game klasik tersebut juga bukan hanya memiliki pola permainan yang seru, namun juga memiliki kenangan-kenangan indah yang tidak terlupakan di masa kecil. Sehingga membuat game-game klasik tersebut sangat melekat di hati para pencinta game, dan ditambah lagi game-game klasik itu dikembangkan secara terus menerus oleh para produsennya, sehingga membuat game-game klasik tersebut tidak akan mati dimakan jaman sampai kapanpun.

Pac-Man 


Para penggemar game klasik pastinya mengetahui dan pernah memainkan game yang satu ini. Pac-Man merupakan sebuah game video bergenre arkade, di mana game ini dikembangkan oleh perusahaan Namco lalu diterbitkan oleh perusahaan Midway, yang setelah itu dirilis pertama kali di negara Jepang pada tanggal 22 Mei tahun 1980. Pada awalnya game ini dirilis pada versi arcade saja, namun ternya Pac-Man ini menjadi semakin populer, sehingga dirilislah pula versinya di platform lain, seperti di Game Boy serta SNES. Perancang dan pencetus dari game legendaris ini adalah Toru Iwatani.

Pac-man telah membuat penampilan yang perdananya pada arcade di awal tahun 1979. Pada mulanya game ini memiliki nama Man Puck, yang berasal dari bahasa Jepang, yaitu PakuPaku, yang artinya menandakan adanya tindakan membuka lalu menutup mulut secara berulang-ulang. Permainan yang berhasil diciptakan oleh Tohru Iwanati ini berhasil rilis secara resmi pada tanggal 22 Mei tahun 1980. Kemudian di Jepang sendiri game ini punya reoutasi serta keberhasilan yang melegenda, dengan anggka penjualan yang mencapai 100.000 unit pada tahun itu.

Di pertengahan tahun 1988, game Pac-Man ini kembali merilis PacMania yang banyak tersedia di outlet Megadrive serta SPN. Game Pac-man secara perlahan semakin dikenal seluruh dunia, kemudian dirilis kembali tahun 2001 untuk versi Playstation. Tepat di awal tahun 2002, Pac-Man 2 kembali dirilis untuk versi gamecube serta juga untuk versi Playstation 2. Dengan prinsip permainan yang tidak berubah, namun terbilang tidak membosankan.

Pada tahun 2005, versi Pac-Pix dan juga Pac'n'roll dirilis oleh Nintendo. Di dalam Pac-pix, mengharuskan para pemain game untuk menyelesaikan tingkatan-tingkatan game dengan labirin-labirin yang semakin rumit. Pada akhirnya, PacMan Party dirilis di awal tahun 2010, yang terdiri lebih dari 45 mini arcade permainan, hal itu dalam rangka merayakan 30 tahun kelahiran game Pac-man. Di versi ini, para pemain diharuskan untuk bisa mengontrol sang tokoh Pac-Man untuk bisa dibawa mengelilingi lorong-lorong yang semakin memiliki variasi labirin yang rumit, tentu saja tetap harus sampbil memakan pil-pil kecil yang ada di sepanjang labirin. Di tambah lagi dengan kemampuan para hantu yang semakin sulit dan sudah ditebak, sehingga membuat misi sang Pac-man semakij menantang untuk diselesaikan.

Secara teori, game ini akan terus berlanjut hingga tidak adanya batasan level atau tingkat. Namun sayangnya, pada saat sampai di level ke 256, game ini tiba-tiba menampakkan gejala visual aneh yang membuat gambar pada layar menjadi tidak beraturan, oleh karena itulah game Pac-Man ini tidak bisa diteruskan hingga melewati tingkat selanjutnya. Hal itu mungkin disebabkan adanya kesalahan atau keterbatasan program yang ada di dalam game tersebut.

Game Pac-Man sampai pada saat ini masih dianggap sebagai sebuah permainan klasik yang patut dijaga, dan masuk ke dalam jajaran video game yang bersejarah. Yang menjadi salah satu sebab kenapa kesuksesan Pac-man semakin cemerlang, adalah dari bentuk permainannya yang bisa sangat digemari oleh segala umur dan segala jenis kelamin.

Super Mario Bros 


Siapa saja pasti mengetahui game yang satu ini, karena reputasi dan kepopulerannya sudah mendunia sampai sekarang. Game Super Mario Bros ini terkenal karena jenis permainannya yang sangat menantang dan tidak membosankan. Game Super Mario Bros adalah sebuah permainan platform yang telah dikembangkan serta dirilis oleh perusahaan Nintendo di akhir tahun 1985. Game yang satu ini diakui membawa banyak pengaruh besar di perkembangan dunia game dan hiburan, dan menjadi salah satu game video yang memiliki tingkat penjualan paling laris hingga saat ini.

Game ini memiliki visual yang sederhana namun unik, di mana latar layar dari game ini sengaja dibuat cerah, dan juga memiliki alur cerita yang semakin berkembang, kemudian istimewanya game ini memiliki tingkat tantangan yang unik pada setiap levelnya. Game Super Mario Bros ini juga telah berhasil merevolusi industri permainan video game di seluruh dunia. Kendati sangat sering dianggap sebagai game pertama yang platform polanya bergulir, namun pada kenyataannya ada banyak game serupa yang sudah muncul sebelumnya. Namun game Super Mario Bros ini dianggap sebagai game pelopor khusus untuk jenis genre permainan seperti itu. Dan faktanya, game Super Mario Bros ini masih banyak digemari beragam kalangan, serta masih mengalami beragam pengembanan yang memungkinkan game ini tidak akan ditelan oleh jaman. Dan pastinya game ini sudah mendapat peredikat tetap sebagai game klasik yang legendaris.

Tetris 


Kata Tetris itu sendiri berasal dari bahasa Rusia, yang artinya adalah “teka-teki”. Game legendaris ini didesain serta diprogram oleh seorang programer bernama Alexey Pajitnov, tepatnya pada pertengahan tahun 1985. Di mana pada saat Alexey masih bekerja di kantor pusat komputer Dorodnicyn, di Uni Soviet, Moskow. Nama Tetris itu sendiri diambil dari awalan numerik Yunani, yaitu “Tetra”, yang memiliki makna “Dibangun Dengan Empat Bagian”.

Game Tetris ini ada terdapat di hampir setiap konsol video game di semua komputer pribadi, bahkan juga ada terdapat pada beragam peralatan lainnya, seperti pada kalkulator, pada ponsel, pada pemutar musik portabel, pada PDA, dan bahkan juga sebagai game rahasia di setiap produk non-media lainnya, seperti osiloskop misalnya. Kendati game Tetris ini kebanyakan muncul di dalam setiap komputer rumahan, namun permainan Tetris ini terbukti jauh lebih sukses jika dibanding dengan game tetris di versi Gameboy, sehingga pada tahun 1989 secara resmi game Tetris ini yang mendapat gelar sebagai salah satu permainan yang memiliki reputasi paling populer sepanjang jaman. 

Game Tetris ini juga sempat berada di urutan nomor pertama pada sebuah survei yang membahas mengenai 100 game terbaik sepanjang masa. Dan tentunya game Tetris ini masih menjadi semacam candu untuk banyak kalangan, karena permainannya yang memang membutuhkan kecepatan dan ketepatan berpikir serta mengambil keputusan. Game legendaris satu ini juga tidak henti-hentinya terus mengalami banyak pengembangan dan pembaruan di setiap tahunnya, sehingga para penggila game di dunia akan dengan mudah menemui beragam versi dari game Tetris ini. Yang membuatnya istimewa lagi adalah ketika game ini masih sanggup bertahan dan masih memiliki jutaan penggemar di tengah perkembangan game-game dunia yang semakin canggih dan mutakhir.

Referensi :
https://5besar.blogspot.co.id/2012/07/5-besar-game-classic-terbaik-dunia.html
http://www.retropacman.com/id/history.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Super_Mario_Bros.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tetris