PLARIUSMODIFIKASI101

Kisah Tragis Para Rockstar Yang Mati Di Usia Keramat 27 Tahun

Sunday, February 11, 2018
Sebuah fenomena kematian memang tidak bisa kita tebak kapan dan seperti apa datangnya, karena kehendak Sang Maha Kuasa memang sebuah misteri dan tidak bisa kita ganggu gugat sedikitpun. Kematian yang datang kepada setiap manusia itu sifatnya pasti, namun yang membedakannya adalah masalah waktu dan bagaimana cara kematian itu sendiri datang. Kali ini, kita akan membahas beberapa fenomena kematian dari musisi-musisi terkenal yang sampai pada saat ini masih menjadi misteri yang banyak diperbincangkan khalayak umum. Fenomena kematian dari para musisi itu juga banyak melahirkan teori-teori konspirasi yang membuat para penggemarnya juga tidak habis pikir.

Adapun beberapa nama dari deretan musisi dunia itu mengalami kematian yang meninggalkan tanya besar besar, karena deretan musisi itu meninggal pada usia yang sama, yaitu umur 27 tahun. Kalau dibilang kebetulan, itu nampaknya juga masih asumsi yang agak diragukan, karena selain kematian mereka yang tragis, mereka mati di usia yang sama. Banyak pihak yang menyebut para musisi itu sebagai deretan “Musisi Klub 27”. Kebanyakan dari para musisi yang meninggal di usia 27 tahun tersebut memang terlibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan juga konsumsi alkohol yang berlebihan. Banyak yang menganggap angka 27 sebagai angka keramat, dan menghubung-hubungkannya teori-teori konspirasi yang berbau mistis atau gaib. Mari kita simak bersama-sama deretan para musisi tersebut :

Jimi Hendrix (Jimi Hendrix Experience)


Terlahir dengan nama James Marshall Hendrix di kota Seattle, Washington, Amerika Serikat, pada tanggal 27 November tahun 1942.  Dia merupakan seorang musisi, lead vocal, seorang penulis lagu, dan juga seorang gitaris blues yang terkenal handal. Dia dinobatkan sebagai salah satu sosok pemain gitar yang paling berpengaruh di dalam buku sejarah musik rock dunia. Jimi Hendrix adalah musisi berdarah Afro-Amerika yang juga masuk dalam jajaran gitaris paling hebat di dunia.

Dia dikabarkan meninggal di kota London pada tanggal 18 September tahun 1970 tepatnya di sebuah hotel bernama Samarkand. Dikabarkan, sebelum dia meninggal, dia terlihat sepanjang malam bersama kekasihnya yang bernama Monika Dannemann. Kematian sang dewa gitar ini memang masih nmenjadi sebuah misteri besar sampai detik ini. Kendati para dokter ahli pada waktu itu mengatakan bahwa Jimi meninggal dikarenakan dia tersedak obat-obatan, namun juga banyak pihak yang berpendapat bahwa kematian Jimi adalah sebuah kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh pihak-pihak khusus. Sahabat anehdidunia.com setelah sudah lebih dari 45 tahun pasca kematiannya, belum ada yang berhasil membuktikan secara hukum penyebab kematian sang dewa gitar tersebut.

Laporan lainnya mengatakan, di malam sebelumnya kematiannya, Jimi masih berpesta bersama sejumlah orang terdekatnya. Salah satu kru dari Jimi Hendrix, yang bernama James  Wright, menulis buku dengan judul “ROCK ROADIE”. Dalam buku itu, James menyebutkan bahwa manajer Hendrix-lah yang bertanggung jawab atas kematian sang rockstar tersebut. Menurutnya James, manajer Jimi-lah yang telah merencanakan pembunuhan terhadap Jimi, yang disebabkan persoalan asuransi. Sebelum kematian Jimi, memang sudah ada beredar sebuah kabar bahwasanya sang manajer akan diberhentikan oleh Jimi, bisa jadi itu adalah pemicu dari fenomena kematian sang Jimi Hendrix. Jimi Hendrix tercatat meninggal dunia di usia 27 tahun lebih 295 hari.

Jim Morrison (The Doors)


Jim Morrison adalah salah satu pencetus atas berdirinya sebuah grup musik legendaris, yaitu The Doors. Jim berstatus seorang vokalis dari band The Doors tersebut, dan sampai saat ini dia mendapat gelar sebagai musisi rock terbesar sepanjang masa. Pada puncak karirnya yang penuh dengan popularitas, Jim tercatan semakin mengalami ketergantungan pada minuman alkohol, kemudian pada heroin, dan juga seks bebas.

Tepat pada tanggal 3 Juli tahun 1971, Jim telah ditemukan tergeletak tewas di bak mandi salah satu hotel di Paris. Pada saat itu kondisi mayat Jim dalam kondisi mulut yang mengeluarkan busa, serta hidung yang berdarah. Sahabat anehdidunia.com mayat Jim diketemukan oleh Pamella Courson, yang tidak lain adalah pacar Jim saat itu. Sampai saat ini, tidak ada satu pihak pun yang bisa memastikan secara hukum, apa yang sejatinya menjadi penyebab kematian Jim Morisson. Jim Morisson yang bernama asli James Douglas Morrison ini masuk ke dalam daftar musisi rock legendaris dunia dengan pesona kharismanya yang sangat luar biasa.

Tercatat ada dua orang saksi dari kematian Jim. Pertama, yaitu Pamela Courson yang merupakan  pacar Jim, dan yang kedua adalah Jean de Breteuil, yang merupakan mantan kekasih dari Pamela. Kepolisian juga mencatat, bahwa  Jean de Breteuil  merupakan orang yang telah lama memasok beberapa jenis narkoba kepada Jim Morisson. Setelah sekian lama, nama Jean disebut lagi dalam kasus kematian Jim ini. Di mana bekas pacar Jim yang bernama Marriane Faithfull juga mengungkapkan bahwa Jean adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian tragis Jim Morisson. Namun, belum ada kepastian hukum dari kabar tersebut. Jim Morisson tercatat meninggal dunia pada usia 27 tahun lebih 207 hari.

Kurt Cobain (Nirvana)


Kurt Cobain, atau Kurt Donald Cobain ditemukan meninggal pada tanggal 8 April tahun 1994 di rmah pribadinya di kota Seatle, Amerika. Kurt masuk dalam daftar nama rockstar yang meninggal dunia di usia 27 tahun. Ya, dia adalah pentolah dari band rock alternatif bernama Nirvana, selain itu Kurt Cobain juga menyandang sebagai “Bapak Dari Musik Grunge”. Nirvana telah membesarkan nama Kurt Cobain, dengan hitsnya yang melegenda hingga kini, yaitu "Smells Like Teen Spirit". Kurt juga dianggap sebagai pencetus musik grunge yang sukses mendobrak peta mapan musik rock pada saat itu. Sahabat anehdidunia.com nama Kurt Cobain masih harum dan bersinar sampai saat ini. Banyak orang mengenangnya sebagai penulis lagu yang jenius, sebagai gitaris yang handal, dan juga sebagai  pribadi yang tidak mau kompromi dengan idealisme dalam bermusik. Hingga sekarang karya-karyanya tetap didengarkan para pecinta musik di dunia, dan masih dijadikan panutan banyak band-band di dunia.

Pada tanggal 5 April tahun 1994, dunia digemparkan dengan kabar kabar kematian Kurt Cobain yang mendadak. Di kediaman pribadinya, Kurt ditemukan tewas tergeletak alam posisi ada sebuah senapan di atas dadanya. Pada saat itu kondisi mayat Kurt benar-benar mengenaskan, kepalanya sudah hancur lebur, dan yang tersisa hanyalah bagian dagunya. Diduga, Kurt menembakkan senapan laras panjang tepat ke arah langit-langit mulutnya. Kemudian, kira-kira tiga hari kemudian mayat Kurt Cobain ditemukan oleh seorang pekerja listrik setempat yang bernama Gary Smith. Pada saat itu, Smith datang pagi-pagi itu guna memasang sebuah lampu keamanan, namun dia terkejut ketika dia mendapati ada sesosok mayat dengan kondisi mengenaskan. Sesaat kemudian rombongan polisi dan wartawan mulai berdatangan, dan mengidentifikasi bahwa mayat itu merupakan mayat sang rockstar, Kurt Cobain.  Sertifikat dari kematian Kurt menuliskan bahwa kematiannya disebabkan letusan senapan pada bagian kepalanya, dan menyimpulkan kematian Kurt adalah kematian bunuh diri. Laporan itu juga memperkirakan bahwa Kurt sudah meninggal semenjak tiga hari yang lalu.

Atas persetujuan beberapa pihak, jenasah Kurt dikremasi, dan abunya ditaburkan oleh sang putri tercinta, Frances Bean Cobain, tepat di sungai kecil di daerah Olympia Washington, yang merupakan kota yang dianggap Kurt sebagai tempat yang memberinya inspirasi dalam bermusik. Kurt Cobain tutup usia pada umur 27 tahun lebih 44 hari. Dan sampai saat ini juga belum ada yang bisa membuktikan penyebab pasti dari kematian Kurt, serta semakin banyaknya teori-teori konspirasi yang menghubungkan kematian Kurt di usia 27 tahun tersebut.

Amy Winehouse


Amy Winehaouse adalah seorang penyanyi terkenal asal Inggris, dia juga seorang pencipta lagu yang beraliran soul, kemudian jazz, dan juga R&B. Semasa hidupnya, Amy berhasil mengantongi beragam penghargaan bergengsi. Seperti Mercury Prize, Penghargaan Novello Awards, Penghargaan  BRIT Awards, dan Amy tercatat masuk ke dalam daftar 100 Perempuan Terhebat Di Dunia Musik. Amy Winehouse dinyatakan meninggal pada hari Sabtu, tepatnya pada tanggal 23 Juli tahun 2011, tepat di apartemen pribadinya di kota London. Tentu saja berita itu sangat menggemparkan semua penggemarnya dan penduduk dunia. 

Namun, lagi-lagi penyebab pasti dari kematiannya belum juga bisa dungkap dengan jelas. Menurut pemeriksaan polisi setempat, Amy mengalami over dosis karena pemakaian obat-obatan terlarang secara berlebihan. Amy memang yang terkenal sebagai pecandu narkoba, pecandu minuman alkohol, dan dia sudah memiliki banyak sekali masalah kesehatan yang diakibatkan kecanduannya itu. Sempat dikabarkan juga, bahwa Amy memang sudah beberapa lama mengalami gangguan pada paru-parunya, yanitu penyakit Pulmonary Ailment Emphysema, dan juga beberapa jenis penyakit yang lainnya. Sang rockstar ini dinyatakan meninggal tepat pada 23 Juli tahun 2011 lalu. Sahabat anehdidunia.com banyak yang menduga, dia mati karena keracunan minuman alkohol, ada juga yang mengatakan bahwa dia mengalami depresi dan akhirnya terlalu banyak memakai heroin. Namun, sampai saat ini kematian Amy masih menjadi sebuah misteri. Amy tercatat meninggal pada usia 27 tahun lebih 312 hari.

Janis Joplin


Pada puncak karirnya, Janis Joplin memang terkenal sebagai Sang Ratu Rock and Roll,  dan juga Sang Ratu Psychedelic Soul. Namun, Joplin telah ditemukan tewas oleh salah seorang manajernya yang bernama John Cooke, tepat di Hotel Landmark Motor, di kota Los Angeles. Janis Joplin pada saat itu memang seorang musisi yang mengalami kecanduan pada heroin, dan diyakini juga dia selalu menyuntikkan heroin seharga 200 USD per harinya. Yang pada akhirnya, heroin itu pulalah yang berhasil mengakhiri hidup serta karirnya. Dugaan sementara mengatakan bahwa Joplin meninggal karena over dosis heroin dan alkohol. Wajib anda ketahui, Janis Joplin merupakan seorang musisi yang memiliki kualitas vokal yang sangat khas dan tidak ada duanya di dunia. Karakter dari vokalnya itu diakui sangat prima dan berkarakter di saat memainkan musik beraliran soul, rock, dan musik blues. Setiap detail nada yang dia nyanyikan selalu disertai kualitas vokal yang khas dan menggertarkan jiwa para pendengarnya.

Namun karir dan kegemilanngan Janis terbilang sangatlah singkat, karena dia harus mati muda di usia 27 tahun. Kekuatan pada kharisma serta musiknya itu telah menjadi warisan suci di sejarah musik rock dunia. Di mana semalam sebelum kematiannya, Joplin terlihat sedang dalam proses rekaman untuk album terbarunya yang rencananya berjudul “Pearl”. Setelah Joplin kembali pulang ke kamar hotelnya, tidak ada seorangpun yang tahu kisah selanjutnya. Karena esok harinya Joplin sudah ditemukan tergeletak tanpa nyawa. Pernyataan secara resmi dari pihak sang keluarga mengatakan bahwa Janis Joplin sedang mengalami gangguan kesehatan pada sistem pernafasannya, dan juga karena diakibatkan oleh penggunaan heroin yang berlebihan. Sampai saat ini, kematian Janis Joplin masih menyimpak misteri, luka, dan kenangan tersendiri.

Referensi :
https://www.brilio.net/selebritis/10-musisi-dunia-ini-semuanya-mati-di-usia-27-tahun-misterius-sekali-1610196.html
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2011/07/110725_musiciandeath
https://id.wikipedia.org/wiki/Jimi_Hendrix
http://kakilangit-bnd.blogspot.co.id/2014/06/sejarah-dan-misteri-kematian-jimi.html
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20140807121851-227-1238/kematian-jim-morrison-versi-si-bandar
http://hiburan.metrotvnews.com/read/2015/01/15/345324/menguak-misteri-kematian-kurt-cobain
https://www.gadis.co.id/Ngegosip/Kematian+Mengejutkan+Amy+Winehouse
https://dubidudamdam.wordpress.com/2013/11/08/janis-joplin-drama-seorang-bintang-yg-kesepian/


close