Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Cuma Little Mermaid, Inilah Ledenda Putri Duyung Dari Seluruh Dunia

Putri Duyung atau lebih populer dengan sebutan Mermaid, merupakan makhluk mitologi yang konon memiliki layaknya seorang perempuan dari pinggang sampai kepala, namung bagian bawah tubuhnya menyepupai ikan. Dalam berbagai cerita rakyat yang ada, putri duyung sering digambarkan sebagai makhluk yang menggoda para pelaut dengan paras cantiknya hingga membuat mereka lalai saat mengemudikan kapal dan menemui ajal mereka dengan tragis. Namun dalam kisah lain, ada pula yang menggambarkan Putri Duyung sebagai makhluk baik hati yang akan memberikan segalanya ketika mereka jatuh cinta pada manusia.

Dalam budaya modern, kisah Putri Duyung dikemas dalam cerita dongeng garapan Disney, yaitu "The Little Mermaid." Lewat ceita karangan penulis terkenal, Hans Cristian Andersen ini ceritakan ada seorang putri duyung cantik bernama Ariel yang jatuh cinta dengan seorang pangeran tampan yang kebetulan ia lihat di atas kapal saat Ariel bermain di hingga ke permukaan laut. Karena cintanya ini Ariel bahkan rela memberikan suara indahnya agar bisa berubah menjadi manusia seutuhnya dan bisa hidup bersama pangeran yang ia cintai.

Dongeng "The Little Mermaid," ini begitu populer hingga saat ini hingga saat ada yang menyebutkan tentang putri duyung maka biasanya sosok Little Mermaid yang akan muncul pada benak kebanyakan orang.

Tapi apakah benar kisah putri duyung dan sosoknya sesuai dengan gambaran The Little Mermaid milik Disney?  Jawabanya ternyata tidak, karena sosok putri duyung memiliki gambaran yang cukup beragam dan muncul dalam berbagai kisah mitologi di seluruh dunia. Nah kisah dari putri duyung dari seluruh dunia inilah, yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya kali ini, berikut ulasanya.. 

Ceasg


Ceasg atau dibaca "Kee-ask" merupakan legenda putri duyung asal daratan tinggi Skotlandia yang digambarkan memiliki sosok setengah wanita dan setengah ikan salmon. Menurut legendanya Ceasg tergolong makhluk yang cukup sakti, karena dapat mewujudkan 3 permintaan orang yang berhasil menangkapnya. Namun hal ini tak mudah karena dalam legendanya Ceasg juga di gambarkan sebagai makhluk yang memiliki kemampuan untuk memikat lelaki. Sahabat anehdidunia.com para lelaki yang sudah terpikat dengan Ceasg, biasanya akan meninggal dengan tragis dan satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri adalah dengan membunuh si putri duyung.

Namun untuk bisa membunuh Ceasg, bukanlah hal yang mudah, karena makhluk ini konon menempatkan jiwanya pada "Horcrux" (benda mati) mirip dengan karakter Voldemort pada film Harry Potter. Jadi meski tubuhnya dilukai atau bahkan di bakar, Ceasg tak akan pernah mati karena jiwanya ada di tempat lain. Mereka baru akan mati jika Horcruxnya berhasil ditemukan dan dihancurkan. Horcrux para Ceasg ini sendiri biasanya berupa cangkang siput atau kerang laut yang mereka sembunyikan di dasar laut agar tak bisa ditemukan manusia.

Selain kisah di atas yang cukup menyeramkan, Ceasg sebetulnya masih memiliki legenda lain yang menyebutkan jika ada orang yang berhasil memjalin cinta sejati dengan putri duyung ini maka Ceasg akan berubah menjadi manusia dan hidup di darat. Jika sudah begini konon Ceasg bukan hanya akan mengabulkan 3 permintaan, pria yang ia cintai namun juga membawa keberuntungan pada kehidupan pria itu hingga akhir hayatnya. Meski terdengar seperti dongeng namun, beberapa keluarga di Skotlandia mengklain bahwa mereka merupakan keturunan dari pasangan putri duyung dan manusia. Ada-ada saja ya..

Keluarga Duyung Millalobo


Tak seperti kebanyakan legenda Putri Duyung yang di dominasi oleh duyung wanita, di Chile terdapat sebuah kisah mitologi tentang duyung laki-laki bernama "Milalbobo" yang merupakan separuh manusia dan separuh singa laut. Asal usul dari Millalobo juga sedikit berbeda dengan kebanyakan legenda duyung lain yang biasanya digambarkan sebagai makhluk mistis. Menurut legenda yang ada Milalbobo merupakan anak dari seorang wanita yang jatuh cinta pada seekor singa laut. Cukup aneh kan?

Tapi keanehan kisah Millalobo ini tak hanya sampai di sini saja, karena konon setelah dewasa Milalbobo kemudian menikahi seorang wanita dan melahirkan seorang putra bernama Pincoy, dan dua anak perempuan, bernama Sirena dan Pincoya. Keluarga duyung inilah yang konon menguasai lautan Chile dan menjadi pelindung bagi para nelayan.

Warga Chile mempercayai jika Pincoy merupakan penjaga lautan yang akan membantu orang yang hilang di laut. Sedangkan Pincoya yang digambarkan sebagai duyung yang sangat cantik dipercaya sebagai pembawa pesan dari laut. Sahabat anehdidunia.com saat muncul Pincoya biasanya akan duduk di atas batu dan menari dan jika Picoya menari sambil menghadap laut maka itu berarti para nelayan akan mendapatkan banyak ikan pada tahun itu. Begitu pula sebaliknya jika Pincoya menari sambil menghadap ke pantai, maka tahun itu akan menjadi tahun paceklik bagi para nelayan saat mencari ikan. 

Menurut legendanya Pincoy dan Picoya sendiri akhirnya setelah keluarga duyung ini tak lagi diperbolehkan untuk menjalin hubungan dengan manusia. Dan tahun 1632, menurut pengakuan seorang nelayan Pincoy menampakan diri di atas laut sambi menggendong bayi hasil pernikahanya dengan Pincoya. peristiwa ini juga merupakan terakhir kalinya keluarga duyung Milalbobo terlihat oleh manusia, karena semenjak keluarga duyung ini tak pernah lagi menampakan diri di depan manusia.

Mami Wata


Kisah putri duyung kali ini mungkin bisa dibilang sebagai yang paling positif jika dibandingkan dengan cerita putri duyung pada umumnya. Di kenal dengan sebutan "Mami Wata" atau yang kurang lebih berarti "Ibu dari laut" legenda putri duyung dari semenanjung Afrika Selatan ini digambarkan sebagai dewi yag penuh kasih sayang sekaligus Ibu bagi seluruh makhluk lautan. Karena itu selain dikisahkan sebagai putri duyung Mami Wata juga sering pula dianggap sebagai Dewi dan bahkan di puja di beberapa wilayah, termasuk kepulauan Karibia.

Sosok Mami Wata sendiri konon bisa berubah menjadi Ikan, Wanita atau Putri Duyung, namun ia paling sering menampakan diri sebagai wanita berambut ikan dengan ular melingkar di atas bahunya. Menurut legendanya Mami Wata konon sering muncul baik di sungai, laut atau bahkan danau dimanapun ia di butuhkan. Warga di sekitar Karibia bahkan mempercayai jika Mami Wata merupakan Dewi pelindung mereka yang senantiasa melindungi mereka dari bahaya ataupun menyembuhkan wabah penyakit yang terjadi. Jadi tak heran jika di Karibia terdapat banyak patung terdapat Mami Wata, termasuk di toko suvenir yang banyak menjual miniatur patung Mami Wata sebagai cindera mata bagi para turis.

Melusine


Sahabat anehdidunia.com kalian tentu sudah tak asing dengan logo Starbucks, bukan? Dalam logo salah satu waralaba kopi terbesar di dunia ini, terlihat seorang wanita yang mirip dengan putri duyung tapi memiliki 2 sirip. Logo ini ternyata terinspirasi oleh sebuah ilustrasi yang ada di Katedral Otranto, Italia. Ilustrasi yang berasal dari abad ke-7 konon merupakan penggambaran dari legenda Milusine, peri air dalam mitologi Perancis yang konon memiliki wujud layaknya wanita dari pinggang ke kepala dan 2 sirip pada bagian bawah tubuhnya.

Melusin sendiri digambarkan sebagai makhluk suci yang dapat membawa keberuntungan pada manusia yang ia jumpai, Karena itu selama berabad-abad banyak seniman dan pelukis yang memgambar sosok Melusine yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan. Sosok Melusine ini juga dipercaya sebagai peri pelingdung kerajaan Inggris mengingat banyaknya literatur yang menggambarkan sosok Milusine dalam lukisan tentang sejarah Britania Raya.

Lara


Menurut legenda yang ada di Brazil, dulu konon ada seorang ksatria wanita asal Amazon bernama "Lara" yang konon sangat cerdas dan tangguh. Lara bahkan jauh lebih kuat dari pada saudara laki-lakinya. Karena itu ia begitu di hormati di sukunya kala itu. Namun justru di sinilah masalah kemudian muncul, akibat rasa cemburu yang begitu besar saudara-saudara laki-laki Lara berkomplot untuk membunuhnya. Setelah berhasil di bunuh imayat lara kemudian di buang ke sungai amazon oleh saudara-saudaranya.

Dari sinilah legenda putri duyung asal Brazil bermula, menurut legenda yang ada salah satu dewa bernama Jaci (Dewa Bulan) yang merasa iba dengan nasib Lara kemudian menghidupkan kembali Lara dalam bentuk Putri Duyung. Sayangnya setelah hidup kembali sebagai putri duyung Lara, rupanya menyimpan dendam pada manusia khususnya laki-laki. Karena itu ia mulai memburu lelaki yang aada di sungai dan menenggelamkan mereka. Sampai suatu hari ia bertemu dengan seorang pria bernama Jaraguari dan keduanya kemudian saling jatuh cinta. Setelah bertemu dengan Lara, Jaraguari bahkan berpamitan pada Ibunya untuk dapat hidup bersama dengan putri duyung cantik yang  baru ia temui. Keduanya konon kemudian hidup bersama di dasar sungai Amazon dan tak pernah terlihat lagi. Sejak itu pula konon kemarahan Lara pada manusia telah reda dan ia tak pernah mengganggu manusia lagi.

Ningyo


Ningyo atau biasa dilafalkan sebagai Ning-yo-u (secara harfiah berarti "manusia ikan", seringkali diterjemahkan sebagai "putri duyung"), merupakan makhluk dengan wujud setengah ikan dan setengah manusia yang ada dalam cerita rakyat, masyarakat Jepang. Menurut cerita yang ada sosok Ningyo digambarkan sebagai ikan dengan sisik keemasan yang memiliki wajah layaknya manusia namun tak bisa berbicara dan hanya mengeluarkan suara nyaring seperti burung atau seruling. 

Sebagai makhluk mistis banyak cerita seputar Ningyo yang cukup terkenal, diantaranya adalah cerita tentang daging Ningyo yang konon dapat memberikan umur yang panjang bagi siapapun yang memakanya. Namun meski begitu sangat jarang orang yang berani menangkap ataupun memakan Ningyo. Hal ini didasarkan pada kepercayaan orang Jepang yang percaya bahwa penangkapan Ningyo dapat mendatangkan malapetaka. Karena itu jika ada nelayan yang tanpa sengaja menangkap Ningyo, maka mereka harus segera melepaskanya kembali kelaut jika tak ingin tertimpa kemalangan. Seekor ningyo yang terdampar di pantai dipercaya sebagai pertanda akan adanya perang atau musibah besar.

Jiaoren


Selain di Jepang, salah satu negara di Asia yang memiliki kisah legenda Putri Duyung adalah Cina. Di negara yang bisa dibilang sebagai gudangnya kisah mitologi ini, terdapat sebuah cerita tentang seorang putri duyung cantik bernama Jiaoren. Sosok Jiaoren digambarkan sebagai wanita yang sangat cantik dan memiliki kemampuan khusus untuk menenun kain yang tak akan pernah basah walau terkena air. Kain ini sendiri konon du buat dengan "Benang Naga," sebuah benang spesial yang hanya bisa di buat oleh Jiaoren.

Kisah Jiaoren ini sendiri mulai muncul pada era Dinasti Jing, dimana kala itu konon ada seorang putri duyung yang muncul untuk menjual benang naga pada manusia. Kemunculan Jiaoren ini sendiri kala itu di percaya sebagai ujian bagi manusia, karena jika ada orang baik yang menawarkan tempat tinggal untuk Jiaoren tanpa ada pamrih, maka Jiaoren akan berterima kasih pada mereka dengan memberikan mutiara yang ia hasilkan dari air matanya.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kisah legenda putri duyung yang ada di seluruh dunia ini, menurut kalian mana yang paling menarik? '

Referensi: 
http://www.toptenz.net/10-mermaid-legends-from-around-the-world.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Mermaid
https://en.wikipedia.org/wiki/Ningyo