PLARIUSMODIFIKASI101

Mengenal Dabbawala, Jasa Pengantar Makanan Terbaik Di Dunia

Wednesday, May 30, 2018
Seiring dengan perkembangan jaman, manusia kian hari semakin dipermudah dengan berbagai jasa layanan yang membuat aktivitas harian semakin mudah. Salah satu contohnya adalah dengan adanya jasa transportasi online yang memudahkan kita untuk pergi kemanapu tanpa harus ribet menunggu angkutan. Transportasi online juga menawarkan jasa lain yang cukup membantu yaitu "deliveri food." Sahabat anehdidunia.com jasa pengiriman makanan ini tentu sangat membantu khususnya bagi warga perkotaan yang enggan untuk terjebak kemacetan saat membeli makanan. Karena itu jasa pengiriman makana ini begitu populer saat ini karena dinilai sangat efisien.

Tapi benarkah moda jasa pengiriman makanan ini sudah termasuk yang efisien dan efektif? jawabanya ternyata tidak, karena diluar sana ternyata masih ada jasa pengiriman makanan yang jauh lebih efektif dan efisien. Jasa pengataran makanan ini bahkan sudah ada sejak lama sebelum adanya kemajuan teknologi seperti sekarang. 

Siapakah mereka? mari kita berkenalan dengan Dabbawala, jasa pengirimian makanan di kota Mumbai, India yang kini telah mendapat predikat sebagai "Jasa Pengiriman Makanan Terbaik Di Dunia," dengan rasio keberhasilan mencapai 99,9%. Penasaran seperti apa kisahnya? berikut ini adalah sedikir ulasan tentang Dabbawala, versi anehdidunia.com

Asal Usul Dabbawala


Untuk mengenal apa sebenarnya Dabbawala, pertama tentu kita harus terlebih dulu mengenal asal para pengantar makanan paling efisien di dunia ini. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1890 oleh seorang pria bernama "Mahadeo Havaji Bachche," Dabbawala awalnya memulai jasa pengiriman makanan dengan sekitar seratus orang. Sahabat anehdidunia.com saat itu mereka menawarkan jasa pada keluarga-keluarga yang suaminya bekerja di kota untuk mengirimkan bekal makan ke kantor atau tempat kerja langsung dari rumah orang itu. Para Dabbawala ini akan langsung mendatagi rumah untuk membawa bekal makan yang biasanya di rangsung dalam rantang aluminium dan membawanya menggunakan sepeda ke Satsiun Kereta dan sampai akhirnya ke tempat tujuan.

Tapi tak hanya sekedar mengantar makanan, mereka juga akan mengambil rantang makan yang sudah kosong dan mengirimkanya kembali ke rumah. Jadi setiap harinya para pengantar makana ini akan sellau terlihat sedang membawa rantang makanan khas India ini. Dari sinilah sebutan Dabbawala kemudian muncul, Dabbawala dalam bahasa India kurang lebih berarti "Orang yang membawa bekal makan." Sebutan ini berasal dari kata "Dabba" yang berarti rantang makan khas India (biasanya terbuat dari aluminium) dan "Wala" yang berarti orang yang membawa/menjinjing.

Mengusung Sistem Pengiriman yang Unik


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain mengantar makanan  Dabbawala ini juga membawa kembali kotak bekal makan yang telah kosong kembali ke rumah. Hal ini sebenarnya tak akan jadi masalah kalau seorang Dabbawala hanya mengirim benerapa bekal makan saja, tapi percaya atau tidak seorang Dabbawala seharinya bisa mengirim hingga puluhan hingga ratusan kotak bekal makan dalam seharinya. Jadi bagaimana para Dabbawala ini bisa dengan tepat membawa kotak bekal makan kembali ke orang yang sama tanpa melakukan kesalahan?

Jawabanya ternyata cukup rumit, karena para Dabbawala ini mengembangkan sebuah sistem pengiriman yang cukup unik dan bahkan menggunakan rumus matematika. Sistem ini mencakup beberapa kode warna dan juga nomor yang disesuaikan dengan wilayah pengiriman dan juga pengambilan bekal makan. Dalam kotak/rantang makan yang biasa di bawa oleh Dabbawala biasanya akan terdapat tulisan berupa angka dan huruh dengan berbagai warna. Nah kode inilah yang menunjukan bekal makan itu milik siapa dan harus di antar pada siapa. Tugas Dabbawala hanya harus menghapalkan setiap kode yang ada agar tak salah kirim.

Disinilah kehebatan Dabbawala sesungguhnya, karena meski mengirim hingga puluhan bekal tiap harinya mereka nyaris tak pernah melakukan kesalahan. Dari catatan yang ada dalam 1.000 pengiriman setiap harinya rata-rata hanya ada satu atau dua kesalahan saja. Dengan reputasinya ini maka jangan heran jika Dabbawala sudah bertahan selama 127 tahun dan mendapat lebel sebagai jasa pengantar makanan paling akurat di seluruh dunia.

Kenapa Masyarakat India Memakai Jasa Dabbawala


Dengan rasio keberhasilan pengiriman yang mencapai 99.9%, tentu tak akan ada yang meragukan kehebatan para Dabbawala dalam mengirim. Tapi bukankah akan lebih mudah bagi orang India untuk membeli makanan dari pada harus mengirimnya langsung dari rumah. Jadi kenapa masyarata India tetap menggunakan jasa Dabbawala hingga saat ini.

Hal ini ternyata berhubungan dengan kultur orang India yang percaya bahwa makanan terbaik untuk seorang suami adalah yang dimasak oleh istri mereka sendiri. Karena itu meski sedikit repot mereka tetap akan berusaha mengirim makan siang pada suaminya yang bekerja di kota. Sahabat anehdidunia.com selain itu konsep ini juga mungkin ada hubunganya dengan sistem kasta yang dipakai dalam tatanan sosial di India. Seperti yang sudah kita tahu terdapat beberapa kasta di India, dalam sistem kasta ini diantaranya terdapat aturan dimana kasta yang lebih tinggi tak boleh memakan makanan yang dimasak oleh kasta yang lebih rendah. Karena itu beberapa dari mereka tak bisa membeli makanan secara sembarangan dan lebih memilih makan masakan rumah.

Tarif Pengiriman Murah Meriah


Selain faktor tadi, mungkin yang menjadi alasan banyak orang di India menggunakan jasa dari Dabbawala adalah karena tarif jasa antar mereka yang tergolong sangat murah. Bayangkan saja untuk jasa pengiriman bekal selama sebulan penuh, seorang Dabawala biasanya hanya mematok tarif 450 ruppe atau kurang dari 100 ribu rupiah. Angka ini tentu tergolong sangat kecil jika dibandingkan dengan tingkat keakuratan dan ketepatan yang ditawarkan Dabbawala.

Tapi bagaimana jasa ini bisa begitu murah dan apakah para Dabbawala ini tetap meraih untung? Jawabanya Ya, karena meski mematot tarif yang sangat murah tapi setiap hari seorang Dabbawala paling tidak bisa mengirimkan puluhan bekal. Jadi meski tarif perorang yang mereka patok kecil, seorang Dabbawala tetap bisa memperoleh penghasilan yang lumayan dengan mengirim untuk banyak orang. Mereka juga menerapkan sitem berlangganan dengan hanya menerima pembayaran perbulan, dengan begini jika di akumulasikan maka penghasilan seorang Dabbawala terbilan cukup besar untuk ukuran orang India. 

Bagaimana Dabbawama Membawa Puluhan Bekal Makan Sekaligus


Selain kecepatan dan ketepatanya, satu hal lagi yang menjadi poin plus Dabbawala adalah kemampuan mereka untuk membawa luluhan bekal makan sekaligus. Hal ini bisa dilakukan karena mereka memiliki alat khusus yang mereka buat. Jika dulu para Dabbawala biasanya menggunakan sepeda saat mengantarkan bekal makan. Maka saat ini mereka lebih memilih menggunakan sejenis rak kayu yang mampu menampung lebih banyak kotak bekal.

Dengan menggunakan rak kayu ini, seorang Baddawala bisa membawa hingga puluhan kotak bekal makan setiap harinya. Saat ini sendiri setiap harinya seorang Dabbawala rata-rata membawa kotak bekal yang beratnya bisa mencapai 45 kg. 

Berasal Dari Satu Desa


Saat ini di kota Mumbai setidaknya ada 5.000 orang Dabbawala yang melakukan setidaknya 200.000 pengiriman bekal makan tiap harinya. Tapi darimanakah para Dabbawala ini berasal, apakah mereka adalah para pendatang dari seluruh India yang merantau ke kota Mumbai? Jawabanya ternyata tidak, karena mayoritas dari para Dabbawala ini ternyata berasal dari satu Kota.

Kota tersebut adalah "Pune" yang jauhnya 2 jam perjalanan di tenggara kota Mumbai. Kota ini sendiri merupakan bagian dari Provinsi Maharasta yang merupakan Provinsi ke dua terbesar di India Setelah Mumbai. Sahabat anehdidunia.com dari kota dengan penduduk mencapai 3.3 juta jiwa inilah kebanyakan Dabbawala berasal. Oh ya kota ini ternyata juga merupaka kota dimana permainan Bulu Tangkis pertama kali ditemukan. Wah kota asal para Dabbawala ini ternyata lumayan bersejarah juga ya..

Sahabat anehdidunia.com itulah sedikit fakta menarik dari Dabbawlala, semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi dan manfaat.

Referensi:
https://www.independent.co.uk/life-style/food-and-drink/dabbawalas-food-delivery-system-mumbai-india-lunchbox-work-lunch-tiffin-dabbas-a7859701.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Dabbawala
https://en.wikipedia.org/wiki/Pune


close