Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Buruk Marah Pada Kesehatan Yang Jarang Di Ketahui Orang

Marah merupakan perasaan dimana emosi manusia meningkat, karena suatu hal yang tak menyanangkan. Setiap orang pasti pernah marah, baik itu dalam skala kecil atau besar. Marah sendiri tergolong sebagai emosi yang tak baik, karena seringkali berakhir dengan peristiwa buruk, mulai dari perkelahian hingga pembunuhan bisa terjadi saat orang marah.

Selain itu amarah juga ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa kita sadari saat marah tubuh akan mengeluarkan energi yang jauh lebih besar dari biasanya. Hal ini jika terus terjadi selama kurun waktu yang lama dapat memicu berbagai macam penyakit mulai dari strees hingga penyakit yang parah dan mematikan. Sahabat anehdidunia.com berikut ini adalah sedikut ulasan tentang dampak buruk marah pada tubuh manusia..

Stress


Marah itu melelahkan, naiknya emosi serta tensi dalam tubuh membuat marah membutuhkan banyak energi. Sayangnya energi yang banyak ini, keluar tanpa kita sadari. Hal ini secara tak sadar akan nembuat kita lelah dan merasa tertekan setelah marah.

Perasaan tertekan ini jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama akan memicu ketidakstabilan emosi yang berujung pada munculnya Stress. Hal ini tentu berbahaya karena stress merupakan pintu masuk bagi berbagai penyakit berbahaya.

Serangan Jantung


Serangan jantung merupakan salah satu momok paling mengerikan bagi manusia, penyakit ini bahkan merupakan pembunuh manusia nomer satu di dunia. Serangan jantung yang kerap kali datang secara tiba-tiba membuat penakit ini sering kali tak mendapatkan penanganan yang tepat hingga berujung pada kematian.

Banyak faktor bisa menjadi pemicu serangan jantung, salah satunya adalah marah. Saat marah detak jantung akan meningkat drastis dalam tempo yang singkat. Detak jantung ini juga akan terus naik selama seseorang marah. Hal inilah yang kemudian akan memicu serangan jantung. Karena itulah seorang sangat dilarang untuk marah karena bisa memicu serangan jantung.

Insomnia


Saat marah tanpa kita sadari akan banyak perubahan hormon dalam tubuh. Hotmon dalam tubuh yang bergejolak secara tak stabil ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatab tubuh. Salah satunya adalah Insomnia atau ganguan tidur.

Perubahan hormon dalam tubuh saat kita marah, akan memunculkan perasaan dongkol dalam hati. Perasaan inilah yang akan terus muncul di pikiran dan membuat kita sulit tidur.

Darah Tinggi Dan Sakit Kepala


Meningkatnya detak jantung saat marah juga dapat membuat tekanan darah naik. Hal ini oleh masyarakat biasanya disebut sebagai "darah tinggi", saat tekanan darah meningkat tubuh biasanya akan terasa tak nyaman. Rasa tak nyaman ini biasanya terjadi di daerah tengkuk leher yang kemudian bisa memicu sakit kepala. Hal ini terjadi karena saat tekanan darah meningkat, maka pembuluh darah yang ada di otak akan berdenyut dengan liar. Karena setelah marah biasanya orang akan merasa pusing dan pegal di area sekitar tengkuk leher. Naiknya tekanan darah ini juga berbahaya bagi jantung dan dapat memicu kerusakan permanen.

Memicu Asma


Asma merupakan salah satu penyakit kronis atau yang muncul dalam jangkan panjang. Penyakit ini menyerang saluran pernafasan yang ditandai dengan munculnya sesak pada dada dan kesulitan untuk bernafas. Penyebab kemunculan penyakit ini sebenarnya belum bisa di pastikan secara rinci. Banyak faktor bisa memicu munculnya asma mulai asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan tingginya tingkat amarah seseorang.

Marah ternyata dapat memicu gangguan pernafasan yang satu ini, saat orang marah maka ia akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini jika terulang secara terus-menerus dapat memicu munculnya penyakit asma.

Stroke


Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, saat marah peredaran darah pada pembuluh darah otak akan menjadi liar. Nah hal ini bisa juga membuat pembuluh darah di otak pecah akibat besarnya tekanan yang ada. Kalau sudah begini maka bisa di tebak apa yang akan terjadi. Saat pembuluh darah pada otal meledak maka tubuh akan mengalami kelumpuhan pada sebagian bagian tubuh.

Kondisi seperti ini oleh masyarakat biasa di kenal dengan sebutan Stroke, salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh orang saat ini. Stroke sendiri merupakan penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan, butuh waktu yang sangat lama untuk kembali memulihkan tubuh yang telah lumpuh. Itpun belum tentu pulis seratus persen, belum lagi ancaman kematian yang selalu mengintai. Jadi lebih baik jaga amarah dan emosi kota agar tak sampai mengalami penyakit yang satu ini.

Silahkan share pada temen atau saudara kamu yang sering marah-marah :)

Referensi:
https://m.merdeka.com/sehat/8-efek-negatif-dari-marah-pada-tubuh.html